Apa Itu Spooring Balancing Mobil? Ini Definisi dan Biayanya

spooring dan balancing

Spooring dan balancing adalah dua jenis perawatan atau service mobil yang perlu kamu lakukan jika pengalaman berkendaramu terasa tidak nyaman. 

Keduanya terkait dengan keseimbangan pada roda mobil yang tentunya akan memengaruhi kenyamanan saat berkendara.

Mengingat ada banyak perawatan dan perbaikan mobil, penting bagi pemilik mobil untuk memiliki produk asuransi mobil terbaik. Alasannya, pemilik mobil enggak perlu keluar banyak biaya untuk perbaikan ini dan itu karena biaya perbaikannya sudah ditanggung asuransi.

Dalam artikel ini akan dijelaskan tentang perbedaan kedua istilah tersebut, kapan kamu harus melakukan service ban, dan biaya yang perlu kamu keluarkan untuk mendapatkan perawatan spooring dan balancing.

Perbedaan spooring dan balancing

Sebelum melakukan service, kenali dulu perbedaan mendasar spooring dan balancing berikut!

Spooring

Spooring adalah service mobil yang berfungsi untuk meluruskan kembali posisi keempat roda mobil yang berpindah posisi. Perpindahan posisi tersebut seringkali terjadi pada mobil yang sudah digunakan dalam jangka waktu lama.

Masalah ini membuat pengalaman menyetir menjadi terganggu, misalnya setir jadi susah dikendalikan. Oleh sebab itu, diperlukan perawatan spooring untuk memperbaikinya.

Balancing

Balancing adalah service mobil yang berfungsi untuk menyeimbangkan keempat ban mobil, terutama setelah melakukan penggantian ban atau velg. Pemilik mobil perlu melakukan balancing jika mobil sudah menempuh jarak kilometer yang cukup jauh.

Kapan harus spooring balancing?

Ada cara khusus untuk mengetahui apakah mobil kamu sudah perlu melakukan perawatan spooring dan balancing atau belum. 

Untuk mengetahui mobil yang sudah perlu di-spooring, cobalah kendarai mobil dengan kecepatan rendah sekitar 40-50 km per jam.

Apabila setir belok sendiri ke kanan dan kiri, artinya sudah butuh service. Ciri lainnya adalah dengan merasakan jika permukaan ban enggak rata dan saat parkir ban susah lurus.

Sementara itu, untuk mengetahui mobil perlu balancing, cobalah mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi, misalnya 100 km per jam.

Kemudian, cek apakah terasa ada getaran pada kabin mobil. Getaran tersebut timbul akibat tidak seimbangnya keempat roda mobil. 

Biaya spooring balancing

Berikut ini adalah daftar biaya di beberapa bengkel spooring dan balancing di Jakarta:

  • Wijaya Berlian Jaya: paket spooring dan balancing Rp174.000 – Rp345.000
  • Bengkel BOS: spooring Rp150.000 – Rp200.000, balancing : Rp20.000 – Rp35.000
  • Sentosa Ban, Jambi: spooring 3D Rp100.000 – Rp150.000
  • My Auto Duren Sawit, Jakarta: spooring Rp150.000 – Rp200.000, balancing Rp30.000 – Rp30.000, paket keduanya Rp225.000
  • WW Auto Jakarta Pusat: paket balancing Rp100.000, paket spooring & balancing mobil sedang Rp360.000, paket spooring & balancing mobil Jepang Rp460.000
  • Bengkel Bridgestone Gading Serpong: paket spooring & balancing : Rp150.000

Bengkel spooring balancing

Berikut adalah daftar beberapa bengkel spooring balancing di beberapa wilayah Indonesia:

Pentingnya asuransi mobil

Selain spooring dan balancing, ada banyak jenis service mobil yang perlu kamu lakukan. Mulai dari service AC, perbaikan cat, ganti oli, sampai ketok magic. Bayangkan, berapa biaya yang bisa kamu keluarkan setahun untuk keperluan tersebut. Belum lagi kalau amit-amit terjadi kecelakaan di jalan!

Inilah pentingnya memiliki asuransi mobil terbaik, supaya kamu enggak perlu keluar banyak biaya lagi. Pasalnya, kalau punya asuransi, berbagai biaya perbaikan mobil bisa ditanggung asuransi!

Kamu hanya perlu membayar premi tahunan yang besarannya tergantung dari harga dan jenis mobil serta domisili tempat tinggal kamu. Supaya lebih mudah menghitungnya, kamu bisa menggunakan Kalkulator Premi Asuransi Mobil berikut:

Nah, asuransi mobil sendiri terdiri dari dua, yaitu asuransi mobil all risk dan asuransi mobil total loss only (TLO). Asuransi mobil all risk menanggung segala jenis kerusakan, mulai dari kecil sampai parah, juga kehilangan mobil. 

Sementara itu, asuransi mobil TLO hanya menanggung kerusakan parah dan kehilangan mobil saja. Coba deh ikutan Kuis Jenis Asuransi Mobil berikut ini, supaya tahu mana yang lebih cocok untuk kamu!

Pertanyaan seputar spooring balancing