Hidup Sederhana dan Tinggal di Gang Sempit, Ini 6 Fakta Sri Wahyuni Agustiani

Sri Wahyuni Agustiani (instagram @swagustianiii)

Atlet Sri Wahyuni Agustiani memang gagal menyabet medali emas pada cabang olahraga angkat besi Asian Games 2018. Wonder Woman Indonesia yang bertanding di kelas 48 kg itu ditaklukkan oleh Ri Song Gum, lifter asal Korea Utara.

Kekalahan itu lantas membuat Sri Wahyuni menangis. Padahal, perempuan kelahiran Bandung 1994 silam itu sama sekali gak nervous. Alhasil medali yang sama dengan kejuaraan di Rio de Jainero 2016 pun dia raih saat di Asian Games.

https://www.instagram.com/p/BmtHsuJlu0p/?taken-by=swagustianiii

Sejatinya, penampilan Sri Wahyuni kemarin bukanlah yang terburuk. Dan asal kamu tahu, di balik kekuatan yang super dari perempuan yang akrab disapa Yuni ini, ternyata ada kisah yang cukup inspiratif untuk disimak.

Pengin tahu kisah inspiratif apa yang bisa kamu dapat dari perjalanan lifter muda asal Kota Kembang ini? Berikut ulasannya.

1. Sri Wahyuni adalah sosok yang peduli pendidikan

Meskipun dari Olimpiade di Brazil 2016 Sri Wahyuni sudah berhasil mendapat bonus sebesar Rp 2 miliar, dia ternyata gak lantas mengorbankan pendidikannya. Yuni masih tercatat sebagai salah satu mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Bhayangkara di Bekasi angkatan 2014.

Karena prestasinya di bidang olahraga, gak sedikit civitas akademika dari Universitas Bhayangkara yang bangga terhadapnya. Apalagi, sebagai mahasiswa, Yuni terbilang cukup disiplin. Dia gak pernah cabut-cabut tanpa alasan yang jelas selama kuliah.

Pada 2016 lalu, lebih tepatnya saat dia baru saja menyabet medali Perak di Rio, pihak rektorat kampusnya berusaha untuk membebaskan biaya kuliah untuk jenjang S1 dan S2.

Salut deh, memang pendidikan itu yang utama. Semangat terus Yuni!

2. Sangat keras dan sangat fokus dalam hal latihan

https://www.instagram.com/p/BIzknTDgc_x/?taken-by=swagustianiii

Sri Wahyuni sempat dikabarkan menolak wawancara media karena lagi latihan. Padahal, mestinya dia paham kalau gak semua atlet bisa dapat kesempatan diwawancarai media. Selain itu, dia juga bisa jadi tenar jika sering diliput.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Sikap itupun diakui oleh pelatihnya yaitu Supeni. Supeni sendiri mengakui bahwa anak didiknya yang satu ini memang sangat keras karena dia punya target dalam setiap pertandingannya.

Supeni sendiri sempat meminta Yuni secara pribadi untuk berbicara dengan media pada saat itu, namun Yuni tetap menolak.

Dan memang benar sih, kalau kamu perhatikan akun Instagramnya, akun IG Yuni juga gak update dan bahkan dia pun sempat dikabarkan gak pernah memikirkan soal pernikahan. Kelihatan tuh latihan melulu sih.

Tapi lucunya nih, Supeni sendiri pernah bilang bahwa biar kata keras ternyata Yuni masih agak manja dan kekanak-kanakan. Ya maklum saja mungkin hal itu disebabkan karena keluarganya sangat jauh.

3. Dia salah satu tulang punggung keluarga

Candiana yang merupakan ayah Yuni memang pernah bercerita tentang bagaimana bangganya dia terhadap putrinya. Kesuksesan Yuni sebagai atlet ternyata berbuah manis bagi keluarganya.

Lifter yang sudah mengumpulkan lebih dari 30 medali itu ternyata rutin mentransfer uang hasil keringatnya untuk orangtuanya. Uangnya pun dimanfaatkan untuk membiayai pendidikan adik-adik Yuni.

Hebat sekali ya. Bisa dikatakan anak sulung dari empat bersaudara ini adalah seorang yang mandiri. Dia berhasil meringankan beban keluarganya dari jerih payahnya.

4. Hidup sederhana, gak pernah makan mahal-mahal

Bisa dibilang hidup Sri Wahyuni cukup sederhana. Meski dapat bonus miliaran, dia justru terbiasa makan dengan lauk pauk yang murah.

Ibunda Yuni, Rosita, juga mengakui bahwa selama ini putrinya gak pernah neko-neko soal makanan. Makanan favoritnya adalah tahu remas dan ikan pindang. Belakangan ini, dia juga doyan seblak, bakso, juga makaroni goreng yang pedasnya amit-amit.

Supeni sang pelatih juga mengatakan bahwa Yuni memang doyan makanan pedas. Supeni sempat khawatir, hobi Yuni akan makanan pedas akan membuatnya sering minum air hingga berat badannya naik.

Meski demikian, karena konsisten dan fokus dalam latihan, Yuni bisa menjaga berat badan dengan baik. Hebat kan? Itu bukti bahwa dia memang seorang atlet yang berdedikasi tinggi.

5. Dibesarkan di keluarga yang juga sangat sederhana

Peran keluarga tampaknya menjadi salah satu hal yang membuat Yuni menganut gaya hidup sederhana hingga kini.

Rumah Sri Wahyuni di Bandung, terletak di Kampung Bojong Pulus, Desa Banjaran Wetan. Untuk masuk ke rumah Yuni, kamu harus melewati pintu gang yang terbilang cukup sempit.

Kabarnya sih, gang itu hanya bisa dilalui oleh satu motor. Jika ada dua motor yang berpapasan, mau gak mau salah satunya harus ngalah atau bisa tabrakan.

Di keluarganya, Yuni kerap dipanggil dengan sebutan Eneng. Ya sebutan itu adalah panggilan untuk anak perempuan suku Sunda.

Selain membiayai kedua adiknya, kabarnya Yuni juga sedang menabung untuk biaya umrah orangtuanya lho.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

6. Bercita-cita jadi PNS

Dalam artikel di sebuah media, Sri Wahyuni juga pernah blak-blakan mengatakan bahwa setelah karier atletnya selesai dia sudah mantap untuk berkarier sebagai pegawai negeri. Ternyata, gak sedikit instansi pemerintah di Jawa Barat yang sudah nawarin Yuni kerja sebagai PNS.

Selain jadi PNS, ternyata Yuni juga tertarik untuk berbisnis lho. Dia berpikir bahwa, kedua profesi itu memang baik untuk dijalani ketimbang harus jadi pelatih.

Memang sih, jadi pelatih itu sangat berat. Untuk bisa mendidik seorang atlet, banyak makan asam garam di dunia olahraga saja gak cukup. Pelatih juga harus mau belajar keras untuk mentransfer ilmu.

Seperti itulah fakta-fakta menarik dari sosok Sri Wahyuni yang inspiratif. Ternyata selain mengharumkan nama bangsa, dia juga tengah berusaha membahagiakan keluarganya.

Perjuangannya sebagai seorang atlet memang patut diapresiasi. Dia memulai kariernya di dunia olahraga dari nol.

Dan sebagai atlet pun, dia sudah punya pandangan mau jadi apa dia di masa yang akan datang. Itu sebabnya, Yuni gak mau meninggalkan pendidikan begitu saja.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →