Ingin Bisnis Kamu Sukses? Coba Gunakan Jasa Startup Ini!

Moka

Moka, startup penyedia layanan Point of Sale meluncurkan kegiatan berbasis edukasi teknologi digital untuk UKM bertajuk A Cup of Moka (ACOM).

Program edukasi A Cup of Moka (ACOM) berfokus pada penyelenggaraan lokakarya tatap muka berisi edukasi bisnis untuk komunitas dan UKM di berbagai kota di Indonesia.

Melalui A Cup of Moka (ACOM), Moka menginisiasi sebuah wadah yang mempertemukan para pelaku UKM dengan para ahli di bidang yang berkaitan dengan pengembangan UKM. Nantinya untuk dapat meningkatkan daya saing dan kreativitas, serta memiliki tingkat kompetisi yang setara dengan bisnis besar lainnya.

Hal ini sejalan dengan visi Pemerintah Indonesia dalam Revolusi Industri 4.0 untuk memajukan UKM Indonesia agar bisa besaing dan mampu berinovasi dengan teknologi.

Salah satu cara utama untuk mencapai visi tersebut adalah melalui pemberdayaan UKM Go-Online yang patut didukung dengan upaya UKM agar melek digital.

UKM Melek Digital Masih Minim

Di Indonesia sendiri, jumah UKM yang melek digital masih berada di bawah angka 20 persen dari total UKM.

Padahal, pemanfaatan teknologi dapat mendorong produktivitas UKM untuk tumbuh dan berkembang. Dimana salah satu solusi yang dapat dijalani adalah dengan memberi pelatihan UKM di sektor digital.

Moka selaku startup asal Indonesia ingin turut berkontribusi dalam membantu pemerintah untuk memaksimalkan upaya tersebut. Caranya dengan memfasilitasi para pelaku UKM dalam mendalami pengetahuan yang berguna bagi kegiatan bisnisnya. Hal ini agar dapat naik kelas dan berkelanjutan dengan memanfaatkan teknologi digital.

Inisiasi A Cup of Moka (ACOM) bertujuan untuk memberikan dua manfaat utama bagi pelaku UKM.

  1. Melalui konten edukatif berisi materi data driven yang terbagi menjadi dua topik utama. Diantaranya business practice dan business inspiration di mana A Cup of Moka (ACOM) memadukan antara ilmu praktikal dan inspirasi bisnis.

Mulai dari ilmu pemasaran UKM, manajemen keuangan, manajemen operasional, penggunaan sosial media untuk UKM, hingga berbagi ilmu dalam fotografi untuk bisnis.

  1. Wadah kolaborasi di mana ACOM dapat menjadi medium bagi komunitas dan UKM yang ingin berkolaborasi langsung dengan program yang diadakan oleh A Cup of Moka (ACOM).

Misalnya, untuk mempromosikan komunitas, networking, atau berpartisipasi dalam acara-acara komunitas UKM yang memiliki pesertanya sendiri.

Adapun, A Cup of Moka (ACOM) telah menjalankan piloting program di 5 kota yaitu Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, serta Bandung. Mereka juga berhasil memberikan manfaat kepada lebih dari 200 pelaku UKM serta menggandeng puluhan mitra dari industri yang berbeda.

Vice President Brand & Marketing Moka, Bayu Ramadhan menjelaskan, bahwa Moka kini sedang membangun Moka Learning Hub. Tujuannya sebagai pusat berbagi ilmu dan inspirasi seputar bisnis melalui dua medium, baik offline maupun online.

Target 2019

Untuk memaksimalkan inisiatif A Cup of Moka (ACOM) yang bersifat online, publik dapat mengakses Moka Blog dan konten edukasi. Bentuknya berupa e-book seputar tren bisnis dengan tema berbeda-beda setiap bulannya, yang dapat diunduh secara gratis secara onlinedari manapun dan kapanpun.

“Sebagai startup yang memberikan solusi kemudahan operasional bagi bisnis. Kami di Moka sangat mengharapkan agar para pelaku UKM dapat berkembang dan semakin maju melalui A Cup of Moka (ACOM). Berdasarkan riset yang ditemukan oleh tim data di Moka, diketahui bahwa salah satu hal yang pelaku UKM harapkan dari startup di Indonesia adalah media untuk belajar mengenai bisnis yang dijalani,” ujar Bayu.

Moka menargetkan sepanjang tahun 2019 akan mengadakan gelaran A Cup of Moka (ACOM) paling sedikit mencapai 37 kali. Juga memfasilitasi lebih dari 2.000 pelaku UKM serta mencakup kota-kota di luar pulau Jawa.

Kedepannya, A Cup of Moka (ACOM) juga terbuka untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak seperti pemerintahan, penyelenggara swasta, akademis, LSM, dan lainnya.

“Bangkitnya startup teknologi di Indonesia tidak terlepas dari kontribusi dan kepercayaan para pelaku UKM. Untuk itu, saat inilah kita bisa hadir membantu mereka dalam mengembangkan bisnisnya menjadi semakin cerdas dan berkualitas.” pungkas Bayu.

Editor: Ayyi Achmad Hidayah

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →