7 Stasiun Kereta Tersibuk di Dunia yang Layani 3,6 Juta Penumpang Sehari

Stasiun Kereta Paling Sibuk di Dunia Ada di Asia (Shutterstock).

Untuk menunjang mobilitas masyarakat yang tinggi, pemerintah tentunya menyediakan berbagai fasilitas transportasi yang memadai seperti stasiun kereta api.

Baru-baru ini PT KAI berencana untuk memindahkan beberapa jalur kereta yang tadinya berpusat di wilayah Gambir, Jakarta Pusat berpindah ke daerah Manggarai, Jakarta Selatan.

“Manggarai nanti ada commuter line, ada KA Jarak jauh (main line) yang selama ini berhenti di Gambir, dan KA bandara,” terang Supandi yang menjabat sebagai  Kasubag Humas Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan pada tanggal 7 Oktober 2019, mengutip dari Detik.

Hal tersebut direncanakan bakal mulai terlaksana pada tahun 2021 nanti dan masih belum final karena masih perlu beberapa pertimbangan lainnya dari pemerintah.

Selain di 2 lokasi tersebut ternyata di belahan dunia lainnya terdapat beberapa stasiun kereta yang terbilang sangat padat. Apa aja? Yuk kita lihat daftar lengkapnya berikut, melansir dari World Atlas.

7. Stasiun Kereta Flinders Street – Australia

Stasiun Kereta
Stasiun Flinders Street, Australia

Di urutan paling bawah ada Flinders Street yang berada di kota Melbourne, Australia. Bangunan ini dibangn pada tahun 1909 dan menjadi salah satu ikon di kota tersebut. Setiap harinya fasilitas publik ini bisa menampung sekitar 92 ribu penumpang.

6. Hamburg Hauptbahnhof – Jerman

Stasiun Kereta
Stasiun Hamburg

Sesuai namanya, Hamburg Hauptbahnhof berada di negara Jerman yang pertama kali dibangun ada tahun 1906 yang lalu.

Setiap harinya stasiun Hauptbahnhof mampu menampung sekitar 480 ribu penumpang yang pengin menggunakan transportasi kereta api.

5. Stasiun kereta London Waterloo – Inggris

Stasiun Kereta
Waterloo Station

Selanjutnya London Waterloo yang berlokasi di kota London. Pertama kali dibangun pada tahun 1848 serta pernah mengalami renovasi besar dan dibuka kembali pada tahun 1922.

Setiap harinya fasilitas publik ini bisa menampung sekitar 651 ribu penumpang yang datang dan pergi dari kota London.

4. Gare du Nord – Paris

Stasiun Kereta
Gare du Nord Station

Gare du Nord merupakan stasiun kereta api yang berada di kota Paris, Perancis. Pertama kali dibuka pada tahun 1846 dan sempat melakukan renovasi besar 1864. Setiap harinya Gare du Nord mampu menampung sekitar 700 ribu penumpang.

3. Howrah Junction – India

Stasiun Kereta
Howrah Junction

India merupakan salah satu negara yang masyarakatnya sangat memanfaatkan transportasi publik kereta api untuk bekerja. Howrah Junction sendiri berada di wilayah Bengal Barat.

Setiap harinya Howrah Junction bisa menampung sekitar 700 ribu penumpang.

2. Stasiun kereta Grand Central – New York

Stasiun Kereta
Stasiun Grand Central (Shutterstock).

Beralamat di 42nd Street, New York, stasiun ini melayani perjalanan dari dan menuju daerah Duchess, Westchester dan Putnam. Selain itu tempat ini juga memiliki akses langsung menuju kereta bawah tanah. Setiap harinya Grand Central Terminal melayani sekitar 750 ribu penumpang.

1. Shinjuku Station – Jepang

Stasiun Kereta
Stasiun Shinjuku (Shutterstock).

Berada di urutan paling atas ada Shinjuku Station yang berlokasi di prefektur Tokyo. Stasiun ini dibangun pada tahun 1885 dan mampu menampung sekitar 3,6 juta penumpang setiap harinya! Itu lebih dari 4 kali lipat dari yang biasa ditampung oleh Grand Central di New York lho.

Nah itulah sedikit informasi tentang stasiun kereta paling sibuk di dunia. Apakah kamu salah satu dari pengguna kereta api nih, guys? (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →