Stres Gara-Gara Pekerjaan? Simak Tips Sukses Berkarier ala Rene Suhardono

“Think less feel more. worry less do more” Rene Suhardono

Setiap harus berangkat ke kantor rasanya berat dan gak bersemangat. Rasanya malas bangun pagi dan berharap cepat segera weekend. Alhasil tanggal merah pun jadi hari yang paling dinantikan. Sementara setiap di kantor, waktu terasa berjalan begitu lambat.

Pernah mengalaminya atau bahkan sedang berada dalam situasi tersebut? Waduh!

Wajar aja merasa bosan dengan rutinitas harian. Tapi, sudah bahaya kalau sampai merasa tertekan. Dalam sehari, mayoritas waktu yang kita miliki dihabiskan di kantor. Jika dihabiskan dengan perasaan stres dan tak bersemangat, sayang banget gak sih?

Meski begitu, kondisi di atas terkadang tak terhindarkan. Siapa pun pasti berharap bisa menikmati profesi yang dimiliki. Namun, faktanya tak sedikit yang merasa “terjebak” dan tak punya pilihan selain menjalani. Kalau sudah begini, harus gimana dong?

Beberapa tips dari seorang career coach, Rene Suhardono ini mungkin bisa menjadi solusinya. Yuk, simak ulasannya bersama. Inilah 6 tips yang perlu dilakukan saat kamu gak happy lagi dengan karier yang dijalani.

1. Kenali diri dalam karier

Kenali diri sendiri dalam karier penting dilakukan (Ilustrasi).

Untuk bekerja secara optimal, pertama kita harus mengenal diri kita sendiri. Salah satu caranya bisa dilakukan dengan menemukan cara kerja terbaik berdasarkan gaya belajar. Ada orang dengan tipe visual, kinestetik, atau auditori. Tak ada yang lebih unggul atau kurang unggul. Namun yang terpenting adalah mengetahui metode yang sesuai dengan diri agar bisa berkarya secara optimal.

2. Berlatih komunikasi secara efektif

Komunikasi dapat membantu kita mencapai tujuan pekerjaan (Ilustrasi).

Dalam karier kemampuan komunikasi efektif merupakan salah satu keahlian penting. Sekalipun profesimu tak mengharuskan selalu tampil sebagai pembicara. Komunikasi dapat membantu kita mencapai tujuan pekerjaan serta menunjukan siapa kita dan seperti apa kita ingin diperlakukan.

Bahkan menurut riset yang dilakukan di Massachusetts Institute of Technology (MIT), keahlian komunikasi efektif mampu meningkatkan pengembangan diri sekaligus peningkatan karier.

3. Mengenali misi hidup

Apakah kamu merasa bangga dengan profesimu? (Ilustrasi).

Rene Suhardono mendefinisikan misi sebagai arah hidup. Bukan soal berapa banyak uang yang ingin kamu kumpulkan, berapa mobil atau rumah yang ingin dimiliki.

Untuk mengetahui apakah karier kamu sejalan dengan misi hidup yang kamu punya, tanyakan pada diri apakah kamu merasa nyaman dengan pekerjaan yang kamu jalani?

Apakah kamu merasa bangga dengan profesimu?

4. Menyikapi passion dengan tepat

Bekerja dengan passion (Ilustrasi).

Sering mendengar kalimat: “Gw mau resign ah, ternyata gak sesuai sama passion” dan pelbagai ungkapan sejenis?

Rene terkenal sebagai career coach dan penulis  yang selalu tekankan pentingnya passion dalam karier. Sayangnya, banyak yang salah paham mengartikannya. Passion dapat membuat beban pekerjaan bisa terasa lebih ringan. Namun, meninggalkan pekerjaan dengan alasan passion adalah sikap yang kurang bertanggung jawab.

Bukan passion yang perlu digembar-gemborkan ke orang-orang, melainkan karya yang tercipta dari passion tersebut.

5. Pekerjaan milik organisasi tapi karier milikmu sendiri

Bekerja dalam tim (Ilustrasi).

Sesuai slogan dalam bukunya nih, menurut Rene Suhardono “your job is not your career”. Pekerjaan adalah posisi yang diberikan pada perusahaan tapi karier adalah profesi yang kamu bangun sendiri.

Dengan pemahaman ini, gak ada tuh malas kerja lalu performa kantor jadi menurun. Sebab, kamu membangun kariermu sendiri. Pekerja profesional akan setia pada profesi dan bertanggung jawab pada profesi yang dimiliki.

Pada akhirnya, karier yang kamu jalani adalah keputusan yang kamu buat sendiri. Jadi, jika kamu merasa perusahaan membuat kariermu mentok, kamu punya pilihan untuk membuat perubahan atau hanya mengeluh.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →