Tolak Jadi Dirut BTN, Suprajarto Mantan Bos BRI Siap Helat Pernikahan Anak

Suprajarto

Suprajarto Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) menolak keputusan Kementerian BUMN melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang mengangkat dirinya sebagai direktur utama PT Bank Tabungan Negara (Bank BTN).

“Saya sendiri baru tahu setelah membaca berita dari media bahwa saya ditetapkan sebagai direktur utama Bank Tabungan Negara. Di mana saya tidak pernah diajak bicara soal penetapan ini sebelumnya, apalagi diajak musyawarah,” kata Suprajarto dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis 29 Agustus 2019.

Suprajarto pun menegaskan, menolak penetapan dirinya sebagai direktur utama dalam RUPSLB Bank BTN yang digelar Kamis siang kemarin. 

“Saya tidak dapat menerima keputusan tersebut dan saya memutuskan untuk mengundurkan diri dari hasil RUPSLB di Bank Tabungan Negara tersebut,” ungkapnya.

Mengenai rencana ke depan usai tak lagi menjabat Dirut BRI maupun Dirut BTN, Suprajarto belum dapat memberikan kepastian. Dia pun tak mau berandai-andai mengenai peluang berlabuh di perusahaan BUMN lain. 

Yang pasti, dia menyatakan selama ini selalu bekerja secara profesional dan tidak pernah punya persoalan dengan pihak mana pun. Meski belum punya rencana karier selanjutnya, Suprajarto sudah punya satu agenda. 

“Saya mau liburan, yang penting saya happy dan enjoy,” imbuhnya. 

Dalam konferensi pres itu, dia juga menyampaikan sebuah kabar bahagia akan melangsungkan pernikahan sang anak. 

“Saya mohon doa pada Sabtu nanti 31 Agustus 2019, saya ada acara resepsi pernikahan anak saya paling kecil. Mohon doanya semoga lancar. Terima kasih,” tandasnya. 

Baca juga: Mengintip Isi Garasi Rumah Suami Jenny Rachman yang Ternyata Dirut BRI

Pergantian susunan direksi

Suprajarto
Suprajarto (Instagram/@suprajarto_)

RUPSLB Bank BTN memutuskan memberhentikan Maryono sebagai direktur utama. Posisi tersebut kemudian digantikan Suprajarto yang saat ini masih menjabat sebagai Direktur Utama BRI.

Terpilihnya Suprajarto sebagai Dirut BTN membuat dia turun kelas dari dirut bank dengan aset dan laba bersih terbesar di Indonesia jadi dirut bank yang posisi asetnya berada di nomor lima.

Selain mengganti Maryono, RUPSLB juga memberhentikan Sumiyati dari posisi komisaris yang digantikan Marwanto Haryowiryono.

Dengan perubahan tersebut, posisi direktur juga bertambah, Elizabeth Novi menjadi direktur. Adapun susunan direksi BTN hasil RUPLB tersebut sebagai berikut: 

Dirut Suprajarto

Dir HCD Yossi Istanto

Dir Consumer Bankng Budi Satria

Dir Commercial Banking Oni Febrianto

Dir Asset Management Elizabeth Novi

Dir IT Andi Nirwoto

Dir Network Dasuki Amsir

Dir Finance Nixon L Napitupulu

Dir Compliance Mahelan Prabantarikso

Didukung serikat pekerja 

Suprajarto
Suprajarto (Instagram/@suprajarto_)

Hasil Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Bank BTN, 29 Agustus 2019, mendapat sikap dari Serikat Pekerja (SP) Bank BTN dan Serikat Pegawai Bank BRI. 

Mereka mendukung sikap Suprajarto yang menolak hasil RUPSLB Bank BTN dalam poin mengangkat Suprajarto sebagai Dirut Bank BTN.

“Kami juga meminta kepada Menteri Negara BUMN untuk menghormati prinsip-prinsip Good Governance dan pelaksanaan manajemen karir bankir di lingkungan BUMN melalui sistem merit system yang baik dan terbuka,” papar Ketua Umum DPP SP BTN Satya Wijayantara, seperti dilansir dari Sindonews jaringan Lifepal

Pemberian tugas kepada Suprajarto sebagai Dirut Bank BTN setelah sebelumnya menjabat sebagai Dirut Bank BRI pada dasarnya sebuah pelecehan profesi yang berpotensi menimbulkan kemarahan ribuan alumni Bank BRI di seluruh Indonesia. 

“Termasuk juga di Bank BTN karena penugasan diberikan dari Bank BRI kepada Bank BTN yang dari ukuran kapasitasnya Bank BTN jauh lebih kecil dari Bank BRI,” ujarnya. 

Serikat pekerja Bank BTN dan BRI meminta seluruh pejabat di lingkungan BUMN untuk menahan diri dengan tidak mengambil keputusan politik apapun sampai dengan pelantikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 10 Oktober 2019 sesuai dengan himbauan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →