Contoh Surat Pengalaman Kerja dan Cara Membuat Surat yang Benar

surat pengalaman kerja

Surat pengalaman kerja dikeluarkan oleh perusahaan atau instansi untuk menerangkan status kerja seseorang selama periode tertentu. 

Umumnya, surat kerja ini hanya diberikan kepada karyawan yang memiliki catatan riwayat kerja yang baik dan telah bekerja lebih dari satu tahun. Itu sebabnya, surat ini menjadi poin penting dalam meyakinkan HRD bahwa pelamar memiliki pengalaman kerja yang baik di perusahaan sebelumnya.

Karena itulah, surat ini harus dibuat sejelas dan semenarik mungkin. Berikut adalah beberapa tips yang dapat kita terapkan. Simak, yuk! 

Pengertian Surat Pengalaman Kerja

Surat pengalaman kerja adalah pernyataan berakhirnya hubungan kerja karyawan dengan perusahaan. Adapun isi surat pengalaman  mencantumkan pengalaman karyawan tersebut selama bekerja. 

Adapun keterangan yang tertulis dalam surat ini  yaitu:

  • Deskripsi pekerjaan yang dilakukan 
  • Lamanya hubungan kerja antara karyawan dan perusahaan
  • Bagaimana karyawan menunaikan pekerjaannya
  • Keterangan penyebab berakhirnya hubungan kerja
  • Fungsi Surat Pengalaman Kerja 

    Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, surat keterangan ini dapat menunjukkan kinerja dan prestasi kerja seseorang selama di perusahaan sebelumnya. Dengan kata lain, surat ini memiliki employee benefit dan berperan penting dalam membantu meningkatkan karier kita selanjutnya.

    Selain digunakan untuk menunjukkan prestasi kerja, surat ini juga menjadi salah satu syarat pencairan dana tunjangan sosial, yaitu BPJS Ketenagakerjaan atau BPJS Ketenagakerjaan

    Namun, jangan khawatir jika tidak memiliki surat pengalaman kerja, kita bisa meminta surat keterangan kerja sebagai penggantinya. Tanpa melengkapi persyaratan tersebut, dana JHT seorang karyawan tidak akan bisa dicairkan. 

    Selain itu, surat ini juga menjadi persyaratan wajib ketika ingin mendaftarkan diri dalam program beasiswa dari pemerintah hingga institusi swasta. Jadi, jangan lupa untuk meminta surat pengalaman selama kerja ketika memutuskan untuk mengundurkan diri di suatu perusahaan atau instansi, ya! 

    Alasan karyawan butuh surat pengalaman kerja

    Alasan ini erat kaitannya dengan kebutuhan rekomendasi karyawan dari perusahaan sebelumnya. Surat pengalaman kerja secara tidak langsung adalah rekomendasi bahwa karyawan telah bekerja dengan baik. 

    Berikut alasan kenapa surat keterangan kerja dibutuhkan karyawan:

  • Membuktikan pengalaman bekerja
  • Sebagai syarat administrasi untuk melamar
  • Sebagai bukti bukan kutu loncat
  • Penarikan dana BPJS 
  • Tidak lupa, ketika ingin melamar pekerjaan di perusahaan baru, perhatikan juga format surat melamar kerja kamu, ya. Supaya HRD lebih tertarik dan proses melamar kerja lebih mudah. 

    Poin Penting dalam Surat Pengalaman Kerja 

    Surat keterangan kerja sebenarnya tidak memiliki format pasti yang harus diikuti oleh setiap perusahaan. Justru surat kerja tersebut perlu disesuaikan dengan fungsinya. 

    Meski begitu, ada beberapa poin penting yang perlu selalu tercantum dalam surat keterangan kerja. Berikut di antaranya: 

    1. Kop surat

    Kop surat menjadi salah satu persyaratan penting dalam membuat surat pengalaman kerja yang resmi. Kop surat atau kepala surat terdiri dari nama instansi atau perusahaan, logo, alamat, alamat surel, dan nomor telepon yang dapat berfungsi sebagai identitas perusahaan atau instansi. Umumnya kop surat ini diletakkan pada bagian atas surat. 

    2. Nama dan Nomor Induk Karyawan (NIK)

    Pembuat surat juga perlu mencantumkan nama dan Nomor Induk Karyawan (NIK). NIK adalah angka unik sebagai bentuk identitas resmi karyawan yang diciptakan oleh perusahaan.

    3. Periode dan jabatan kerja 

    Cantumkan juga periode kerja karyawan tersebut. Jangan lupa cantumkan juga jabatan kerja dan hubungan struktural antara penulis surat pengalaman kerja dengan karyawan tersebut. 

    4. Kontribusi dan keterampilan

    Surat pengalaman kerja tentu tidak akan lengkap tanpa menjelaskan keterampilan dan pencapaian apa saja yang dimiliki oleh karyawan tersebut. Pastikan keterampilan yang dicatat dalam surat relevan dengan posisi yang akan ditempati karyawan tersebut nantinya. 

    5. Stempel resmi

    Surat pengalaman kerja juga perlu dilengkapi dengan stempel yang berfungsi sebagai tanda persetujuan atas nama pihak perusahaan atau instansi tersebut. Stempel resmi perusahaan umumnya menggunakan tinta dengan warna dasar, yaitu hitam, biru, atau merah. 

    Contoh Surat Pengalaman Kerja 

    Jika masih bingung bagaimana cara membuat surat keterangan kerja yang baik dan benar, berikut kami cantumkan beberapa contohnya sebagai bahan referensi. 

    1.  Contoh surat pengalaman kerja karyawan

    PT ELANG LAUT SEMESTA

    Jl. Elang Laut No. 22, Pantai Indah, Jakarta Utara

    Telpon : (021) 123456, Fax :(021) 654321

    SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA

    Nomor : 01/SPK-03/ELS/IX/2019

    Yang bertanda tangan di bawah ini :

    Nama : Raditya Setiawan

    Jabatan : Human Resource Department 

    Alamat : Jl. Elang Laut No. 22, Pantai Indah, Jakarta Utara

    Menerangkan dengan sebenarnya bahwa: 

    Nama : Hana Tania

    Jabatan : Sales Executive 

    NIK : 71101982640325

    Telah bekerja untuk PT Elang Laut Semesta sejak tanggal 1 Februari 2015 hingga 13 September 2019 dengan jabatan terakhir sebagai Sales Executive. 

    Selama menjadi karyawan kami, Saudari Hana Tania telah menunjukkan dedikasi tinggi terhadap pekerjaan dan berhasil mencapai target yang ditentukan setiap bulannya. 

    Demikian surat ini kami buat dengan sebenarnya agar dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya.

    Jakarta, 13 September 2019

    Human Resource Department

    PT Elang Laut Semesta,

    Raditya Setiawan

    2. Surat pengalaman kerja Bahasa Inggris 

    PT ELANG LAUT SEMESTA

    Jl. Elang Laut No. 22, Pantai Indah, North Jakarta

    Phone: (+62) 21 23456, Fax :+62) 21 654321

    WORK EXPERIENCE CERITIFCATE

    No : 01/SPK-03/ELS/IX/20199

    The undersigned below :

    Name : Raditya Setiawan

    Position : Human Resource Department 

    Address : Jl. Elang Laut No. 22, Pantai Indah, Jakarta Utara

    Truthfully explained that: 

    Name : Hana Tania

    Position : Sales Executive

    Registration : 71101982640325

    Number of Employees

    Was a permanent employee in this company and working since February 1st  2014 until September 13th 2019 15, with her last position as a Sales Executive. He quit this job based on personal whim. While working in these companies, he has given good results for the company’s progress and manage to meet the monthly target . For his dedication and good conduct during working with us, we thank you. We wish you nothing but the best in your future endeavors

    Jakarta, September 13th 2019

    Human Resource Department

    PT Elang Laut Semesta,

    Raditya Setiawan

    Sebagai informasi tambahan, sebetulnya tidak ada peraturan pemerintah yang mewajibkan suatu perusahaan atau instansi untuk mengeluarkan surat ini. Maka dari itu, sifat pemberian surat ini bukan sesuatu yang wajib.

    Namun tentu di dalam kehidupan profesional yang ideal, perusahaan dan pekerja selayaknya menjaga hubungan baik. Dalam hal ini, sewajarnya perusahaan bisa memberi pekerjanya yang memutuskan resign suatu pernyataan tertulis yang baik, apalagi jika dia telah berprestasi.

    Pada penerapannya, jika permintaan karyawan tersebut disetujui, maka surat kerja ini umumnya akan diterbitkan paling lama sehari sebelum periode kerja berakhir.

    Lain surat keterangan kerja, lain lagi surat keterangan kerja. Meskipun sama-sama memuat keterangan bekerja, perlu diingat bahwa penggunaan dua surat ini amat berbeda. 

    Mengapa surat pengalaman kerja dibutuhkan HRD

    HRD membutuhkan surat keterangan kerja untuk mencari kandidat yang berkualitas. Bagi HRD, surat tersebut berguna sebagai bahan pertimbangan untuk menerima lamaran kerja. 

    Surat tidak hanya merujuk tentang hardskill dan jobdesc, tetapi juga mengenai sikap karyawan selama bekerja di perusahaan sebelumnya. 

    Untuk itulah surat ini dibutuhkan HRD untuk melihat gambaran sikap dan loyalitas karyawan di perusahaan sebelumnya. 

    Pertanyaan seputar surat pengalaman kerja

    Surat pengalaman kerja adalah surat pernyataan berakhirnya hubungan kerja karyawan dengan perusahaan. Adapun isi surat tersebut mencantumkan pengalaman karyawan tersebut selama bekerja.

    Surat keterangan ini dapat menunjukkan kinerja dan prestasi kerja seseorang selama di perusahaan sebelumnya. Dengan kata lain, surat ini berperan penting dalam membantu meningkatkan karier kita selanjutnya. Selain digunakan untuk menunjukkan prestasi kerja, surat ini juga menjadi salah satu syarat pencairan dana tunjangan sosial, yaitu BPJS Ketenagakerjaan.

    Poin penting surat keterangan kerja yakni kop surat, nama dan Nomor Induk Karyawan (NIK), periode dan jabatan kerja, kontribusi dan keterampilan, serta stempel resmi.