Menyusun Surat Riwayat Hidup dengan Benar Supaya Bisa Kerja

pria menulis surat

Kita semua tentu tahu, kesan pertama itu sangat penting untuk mendapat peluang. Hal ini pun berlaku saat sedang melamar kerja. 

Sebelum mendapatkan kesempatan untuk mengenalkan keahlian kita, perusahaan akan melakukan seleksi secara administrasi dengan cara memilihnya dari surat lamaran yang kita kirim. 

Oleh sebab itu, sangat penting bagi kita untuk menyusun surat riwayat hidup yang menjawab kebutuhan perusahaan. Plus, menarik perhatian HRD. 

Pentingnya Surat Riwayat Hidup saat Melamar Kerja 

Asuransi refund

Kita adalah marketing bagi diri kita sendiri. Kalimat ini mungkin terasa janggal dan aneh, tapi bila diresapi dengan mendalam, kalimat tersebut tidaklah salah. Apalagi jika dikaitkan dengan konteks melamar kerja. 

Mendambakan pekerjaan yang baik telah menjadi harapan semua orang. Untuk menjemput hal tersebut, kita harus melewati berbagai tahapan mendapatkannya. 

Umumnya dimulai dari kebutuhan perusahaan untuk merekrut sejumlah tenaga kerja pada beberapa posisi. Selanjutnya, masyarakat yang mengetahui posisi lowong tersebut mengirimkan surat permohonan untuk bisa bergabung dalam perusahaan. 

Pada tahap ini, surat permohonan terbilang penting. Surat permohonan atau yang sama disebut surat riwayat hidup akan menjadi dasar perusahaan untuk memutuskan menggunakan jasa kita sebagai tenaga kerja. 

Surat riwayat hidup adalah dokumen pemasaran yang menyajikan informasi soal perjalanan karier dan pendidikan. Boleh dibilang, dokumen ini juga menampilkan kisah hidup kita. 

Berikut sejumlah alasan mengapa surat riwayat hidup adalah penting. 

  • Membuat kesan pertama perusahaan tujuan.
  • Komunikasi pertama yang mungkin akan menjadi calon atasan langsung kita.
  • Sebagai indikasi awal soal potensi dan pengalaman kita.
  • Cerminan akan diri kita yang sesungguhnya. 

Perhatikan Hal-Hal Ini dalam Surat Riwayat Hidup

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Menabung

Surat riwayat hidup atau CV menjadi bagian yang penting sebagai bagian dari komunikasi pertama kita dengan pemberi kerja. Boleh dibilang juga menjadi salah satu yang menentukan peluang kita bergabung dengan perusahaan yang dituju. 

Maka, Lifepal sarankan dalam menyusun surat riwayat hidup dirancang dan ditulis dengan cermat. Ini akan membuat orang yang dituju akan memberikan respons positif dan mengundang kita menuju tahap seleksi berikutnya. 

Agar perusahaan tertarik untuk mengundang kita, ada baiknya dalam resume kita berisi secara detail dan lengkap soal pengalaman dan potensi kita. Ini penting, sebab orang yang membaca surat riwayat hidup kita belum pernah bertemu dengan kita. 

Maka, jagalah agar tidak ada kesalahan dalam menyusun surat riwayat hidup. Sadari bahwa surat riwayat hidup adalah cerminan pribadi kita sendiri. 

Berikut yang sebaiknya ada dalam surat riwayat hidup kita. 

  • Berisi tentang pandangan positif. 
  • Tunjukan kekuatan yang memang sejujurnya kita miliki dan sesuai dengan bidang dicari perusahaan tersebut. 
  • Tunjukkan kalau kita berpotensi menjadi karyawan yang potensial.

Yang harus Dimasukkan di Surat Riwayat Hidup 

fungsi dan format surat izin orang tua

Surat riwayat hidup terbagi dalam beberapa bagian. Sifatnya yang sangat personal menjadikannya tidak akan ditemukan kesamaan dalam penulisan surat riwayat pribadi. 

Unsur apa saja yang harus berada dalam surat riwayat pribadi? Semua tergantung dari penulisnya. Hanya saja, umumnya surat pribadi berisikan hal-hal sebagai berikut. 

1. Ringkasan pribadi

Berisi tentang identitas diri, alamat rumah dan identitas lain yang terbilang personal.  

2. Tujuan karier 

Menyertakan tujuan karier kita dalam surat riwayat hidup sangat bagus karena menandakan bahwa kita memiliki konsep diri dalam bekerja. 

3. Riwayat pekerjaan

Riwayat perjalanan pekerjaan akan membantu pelamar untuk mengetahui pekerjaan apa saja yang telah dilalui. Perekrut dapat secara awal menempatkan posisi calon pelamar nantinya. 

4. Kualifikasi akademik

Membantu perekrut untuk mengetahui keahlian dari pelamar. Meski tidak selalu demikian, lowongan pekerjaan yang diisi harus berasal dari latar pendidikan tertentu. Hanya saja, semakin tinggi kualifikasi akademik, maka pelamar akan mendapat kesempatan ke jenjang karier yang lebih baik.  

5. Referensi

Sebagai legalitas bahwa kita memiliki kompetensi yang sesuai dengan harapa perekrut. Refrensi berasal dari pengalaman orang yang mungkin pernah bekerja atau proyek yang pernah kita kerjakan. 

Tips Membuat Surat Riwayat Hidup

Waspada

Surat riwayat hidup atau CV memang menjadi faktor penentu kita untuk bisa diterima di sebuah perusahaan, namun keputusan paling besar mempekerjakan seseorang itu berasal dari hasil tes dan wawancara yang dilakukan perusahaan. 

Meski begitu, seorang perekrut tidak hanya melihat surat riwayat hidup saja. Wawancara dan tes adalah dua penentu bahwa kita bisa direkrut. 

Lifepal membagi-bagikan tips dalam menyusun surat riwayat hidup yang menarik dan menggugah perekrut. 

1. Jelas 

Buat surat riwayat hidup tidak bertele-tele dan langsung pada poin yang hendak dimaksud. Ini akan membantu perekrut dalam mengambil keputusan. 

2. Berkualitas  

Surat riwayat hidup yang berkualitas adalah memenuhi syarat dan paling cocok untuk perusahaan. Jadi, pastikan surat riwayat hidup yang dibuat memuat informasi tentang keahlian kita. 

3. Relevan

Selain sesuai dengan keahlian atau spesifikasi yang dibutuhkan, pekerja juga harus memperhatikan syarat atau batasan yang ditetapkan perusahaan. Jangan mencoba untuk menabrak ketentuan yang telah dibuat. Sebab nama kita kemungkinan menjadi yang pertama akan dicoret dalam daftar panggilan pekerjaan.  

4. Berguna

Perekrut hanya akan memilih calon pekerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Maka, surat riwayat hidup yang disusun baiknya membawa input atau masukan baru bagi standar pekerja di perusahaan. Alangkah baiknya, surat riwayat hidup yang dibuat membawa inspirasi atau meningkatkan standar kompetisi pekerja. 

5. Jangan lebih dari dua atau tiga lembar

Surat riwayat hidup yang terlalu panjang akan membuat perkenalan tidak efisien. Sekalipun kita punya banyak pengalaman, pencapaian ada baiknya dicantumkan per poin saja tidak perlu dengan penjelasan. Pada saat wawancara lah akan menjadi kesempatan kita menjelaskannya.  

6. Perbarui surat riwayat hidup

Pencapaian sekecil apa pun yang kita raih bisa menjadi prestasi bahkan faktor penentu keberhasilan kita mendapat panggilan pekerjaan. Jangan sampai hal-hal semacam ini terlewatkan. 

Contoh Format Surat Riwayat Hidup 

tips buat cv menarik

Setelah mengetahui konsep surat riwayat hidup dan telah memiliki ide untuk menyusunnya. Sekarang waktunya menulis surat riwayat hidup. 

Apabila masih bingung untuk memulainya, Lifepal memberikan contoh format surat riwayat hidup yang dapat kamu pertimbangkan saat nanti melamar pekerjaan. 

Informasi kontak 

  • Nama.
  • Alamat.
  • Nomor telepon.
  • Nomor telepon selular.
  • Surel.

Informasi pribadi

  • Tanggal dan tanggal lahir.
  • Kewarganegaraan.
  • Jenis kelamin.
  • Status pernikahan.

Riwayat pekerjaan

Urutkan secara kronologis, termasuk detail posisi dan tanggal di tiap jenis pekerjaan yang pernah dimiliki. Jika ada, sertakan juga pengalaman membuat penelitian dan mengikuti suatu pelatihan tertentu.

Pendidikan

  • Tanggal memulai kuliah, jurusan, perincian gelar, pelatihan, dan sertifikasi.
  • Pelatihan pendidikan profesional.
  • SMU.
  • Universitas.

Kualifikasi profesional

  • Sertifikasi dan akreditasi.
  • Keahlian komputer.
  • Penghargaan pribadi.
  • Publikasi.
  • Keanggotaan profesional.
  • Minat.

Demikian informasi tentang surat riwayat hidup. Semoga dapat membantu bagi yang sedang menyusunnya. Lifepal doakan semoga sukses mendapat pekerjaan yang lebih baik!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →