Teman Kamu Susah Dapat Kerja? Yuk Bantu Dia dengan Lakukan 4 Hal Ini!

Susah cari kerja bisa diatasi dengan lakukan hal ini

Mengikuti perkembangan zaman, tren lapangan pekerjaan berubah. Kini, rata-rata di perkotaan besar membutuhkan tenaga kerja terampil, berpengalaman, dan berpendidikan tinggi. Kondisi tersebut kadang membuat beberapa orang susah mencari kerja.

Saat ada yang kita senangi, entah itu kantor ataupun posisinya, saingan kita juga banyak. Jadi jangan harap kamu bisa langsung diterima begitu saja.

Persaingan memperebutkan pekerjaan di kota besar juga mulai sulit. Sekalipun kamu lulusan universitas negeri ternama, kalau kamu gak bisa bersaing saat interview dengan yang lulusan swasta, ya bakal tersingkir.

Hal seperti itu terjadi oleh siapa saja para pencari kerja, gak cuma kamu lho! Teman kamu pasti juga merasakannya.

Sedih sih kalau kita sudah bekerja, tapi masih ada teman seperjuangan yang sibuk mencari kerja karena begitu susahnya mencari kerja. Dan yang ditakutkan, temanmu bisa terserang depresi.

Sebagai teman, kamu tentu tetap harus mendukungnya. Bagaimana caranya? Simak, tips berikut seperti dilansir dari theladders.com:

1. Memberikan dukungan

Memberikan dukungan
Memberikan dukungan

Ini sih otomatis ya, namanya teman pasti saling mendukung. Studi membuktikan, sahabat yang saling mendukung akan mencapai keberhasilan lebih besar, khususnya dalam hal karier.

Bahkan, studi di Harvard menyebutkan kalau sikap saling mendukung antarsahabat bisa membuat kita jadi lebih tangguh terhadap kegagalan, dan meraih kesuksesan di tempat kerja.

Jadi, kalau kamu mau sukses karier dan persahabatan, mulailah saling mendukung bagaimanapun keadaan temanmu. Beri dia semangat agar tak mudah menyerah dalam mencari pekerjaan.

Baca juga: Kerja Keras Bagai Kuda tapi Gak Kaya-Kaya? 8 Meme Ini Bisa Mewakili Perasaanmu

2. Berikan jaringan pergaulan maupun pekerjaan

Jaringan pergaulan
Jaringan pergaulan

Bukan rahasia kalau membangun sebuah jaringan pertemanan baru bisa membantu kita mendapatkan informasi lebih banyak dan lebih cepat lagi, termasuk dalam hal lowongan pekerjaan.

Jika kamu memiliki teman yang belum bekerja, coba ajak dia bergabung dalam persahabatanmu lainnya. Misalnya, ajak dia kumpul dengan rekan kantormu, atau rekan alumni kuliahmu saat akhir pekan.

Dengan bertambahnya jaringan, temanmu jadi bisa mendapatkan informasi yang gak pernah didapatkan sebelumnya di lingkungan pertemanannya.

Atau, kalau kamu ada informasi lowongan coba jangan pelit-pelit untuk dibagikan. Apalagi, kalau lowongan itu adanya dari kantormu, kan seru bisa sekantor dengan teman dekat.

Baca juga: Lagi Cari Kerja Sampingan Online? Ini 5 Pilihan yang Layak Dicoba

3. Tetap luangkan waktu untuknya

Tetap meluangkan waktu
Tetap meluangkan waktu

Kayaknya semua orang bakalan stres deh kalau gak juga dapat kerja. Susah cari kerja, ditambah dengan tuntutan pengeluaran maupun orangtua akan membuat tekanan semakin menumpuk.

Untuk mencegah hal ini terjadi sama teman kamu, coba tetap menjalin persahabatan yang baik meski kamu sudah sibuk bekerja.

Bangun hubungan emosional agar bisa meyakinkan dirinya bisa mendapat kerja dalam waktu dekat, dan dia jadi bersikap terbuka sama kamu.

Manfaatkan kedekatan kamu untuk saling berbagi hal-hal positif agar teman kamu gak stres karena susah mencari kerja.

Hal ini bisa dibangun dengan komunikasi yang rutin, gak harus ketemu langsung, kamu bisa kok menghubungi temanmu melalui pesan singkat WhatsApp (WA) atau Line. Kalau ada waktu lowong, bisa agendakan waktu bertemu di akhir pekan sambil ngopi bareng.

4. Tawarkan bantuan ke temanmu

Tawarkan bantuan untuknya
Tawarkan bantuan untuknya

Namanya juga teman pasti harus saling membantu. Tapi, terkadang beberapa orang sedikit sungkan meminta bantuan ke temannya. Padahal, meminta bantuan itu adalah hal yang wajar, karena kamu gak bisa hidup sendirian.

Jadi jangan ragu-ragu untuk tawarkan bantuan ke temanmu, dan yakinkan dirinya bahwa kamu orang yang tepat untuk dimintai bantuan.

Dengan begitu, setidaknya kita bisa mengurangi beban yang mereka tanggung, sekaligus menghindarkannya dari tekanan-tekanan yang bisa membuat dia merasa depresi.

Misalnya, kalau ada temanmu yang minta tolong untuk mendengarkan curhatnya, sebisa mungkin kamu dengarkan, jangan ditolak.

Pasalnya, itu merupakan salah satu cara untuk meluapkan unek-uneknya. Daripada dipendam sendirian akan membuat dia stres, kena tekanan darah tinggi, bahkan hingga jantungan.

Itulah empat tips yang bisa kamu terapkan untuk membantu teman kamu yang tengah mengalami kesulitan mendapat pekerjaan.

Banyak faktor yang menyebabkan temanmu mengalaminya, apalagi kalau dia baru lulus kuliah. Di antaranya kurangnya pengalaman, skill yang tidak mumpuni, memasukkan lamaran ke tempat yang gak sesuai kualifikasi, atau terlalu selektif mendapatkan kerja yang bergaji besar.

Sebenarnya, untuk meningkatkan nilai tambah dari temanmu yang susah cari kerja itu mudah. Sambil menunggu panggilan untuk posisi full time, gak ada salahnya mencoba program internship di beberapa perusahaan.

Tujuannya, untuk menambah pengalaman dalam dunia kerja. Bisa juga mengisi waktu luang pascalulus dengan mengikuti berbagai kursus, mulai dari kursus komputer hingga bahasa. (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →