Susah Dapat Kerja? Jangan Galau Tingkat Kecamatan, Lakukan Hal-hal Ini

susah dapat kerja

Artikel DuitPintar.com ini pernah ditayangkan oleh partner content kami, Malesbanget.com 

 

Andra terduduk lesu di kamarnya. Tiba-tiba Andra berdiri di depan cermin dan mulai deh marah-marah sendiri. Emang ada apa sih dengan Andra? Putus cinta?

 

Oh, ternyata Andra tuh sudah lulus dari perguruan tinggi setahun yang lalu. Sejak lulus, Andra dengan semangat 45 melamar kerjaan ke sana-sini. Tapi sudah setahun berjalan belum ada satupun yang nyangkut.

 

Sepertinya balada nganggur lama tuh bukan dialami Andra seorang ya. Kota besar macam Jakarta emang keras bro, cari kerja gak gampang. Emang sih banyak yang gampang banget gonta-ganti kerjaan, tapi gak sedikit yang sampai jungkir balik salto buat dapet kerja. Ya, kayak si Andra gitu deh. Susah dapat kerja. 

 

Jangan langsung menyerah lalu galau tingkat kecamatan sampai mau loncat dari atas jembatan layang ya. Hindari juga deh yang namanya sibuk mencari kambing hitam.

 

Ayo, coba introspeksi diri kamu sendiri deh. Banyak kisah sukses di luar sana yang awalnya juga gak mulus kok. Ya anggap saja kamu memang harus melalui proses yang menyakitkan ini, beuh udah macam diselingkuhin pacar aja!

 

Mengevaluasi diri sendiri emang gak enak, karena manusia cenderung pinter menilai orang lain. Jadi pribadi yang beda dengan berani mengkritisi kesalahan sendiri. Kalau kamu termasuk yang susah dapet kerja alias kelamaan nganggur, coba lakukan hal-hal ini deh.

 

[Baca: Eee Warga Jakarta Nyok Ikut Pelatihan Kerja Gratis di Berbagai Bidang]

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

 

 

1. Perbaiki CV

Curriculum Vitae (CV) adalah salah satu elemen penting buat ngelamar kerja. Terkadang kamu malas kan ngutak-ngatik CV dengan ide dan kreatifitas. Padahal gak ada salahnya kok evaluasi cv dan lihat apa yang sekiranya masih salah atau bisa diperbaiki.

 

susah dapat kerja

Jangan cuma kreatif ngebully temen dong, bikin CV juga musti cetar badai

 

 

Bisa jadi tampilannya sangat monoton dan kaku jadi bikin HRD males duluan deh bacanya. Zaman sekarang yang namanya CV udah gak harus formal kok. Kamu bisa bikin CV sesuai dengan kreasi selama masih bisa dibaca dengan baik tapi ya. Gak dipenuhi dengan gambar bunga atau naruto juga sih.  

 

2. Jangan bosan

Manusia suatu saat pasti akan merasakan yang namanya jenuh dan bosan, apalagi jika melakukan suatu hal yang sama terus-menerus dalam waktu yang lumayan lama. Sama juga halnya dengan melamar pekerjaan. Sebulan sampai 3 bulan mungkin kamu masih baik-baik saja. Tapi coba deh kalau udah setahun bahkan lebih kayak si Andra.

 

Rasa bosan itu harus kamu lawan. Salah satu caranya mungkin dengan memberi jeda waktu pada diri sendiri. Misalnya saja, kalau kamu sudah terus-menerus melamar pekerjaan, interview dan tes sana-sini selama 3 bulan berturut-turut, coba ambil waktu istirahat sejenak.

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

 

Stop dulu kegiatan melamar kerjaan dan review deh perusahaan dan posisi apa saja yang sudah kamu coba selama seminggu. Sambil mengistirahatkan pikiran dan tenaga kamu juga. Termasuk istirahatin dompet.

 

3. Rajin cari informasi

Zaman sekarang kan serba canggih. Informasi tentang apapun mudah didapat, so jangan malas deh cari informasi yang berguna. Baik itu soal lowongan kerja yang sesuai dengan minat atau bidang kamu, cari juga dong informasi lain seputar trik interview atau lolos tes biar cepat dapat kerja.

 

4. Jangan malu bertanya

Hari gini malu bertanya sesat di jalan loh. Kalau emang bisa tanya-tanya sama saudara, teman atau kenalan baru tentang lowongan kerjaan sah-sah aja kok. Jangan pernah gengsi tanya sana-sini yang udah pengalaman juga supaya bisa dapet tambahan informasi.

 

5. Lakukan kegiatan yang positif

 

susah dapat kerja

Hati-hati mbak masaknya jangan serius-serius gitu ah hehehe

 

 

Nganggur bukan aib bro. Gak usah malu, kan kamu juga bukannya gak berusaha. Dunia luar masih luas dan banyak hal positif yang bisa kamu lakukan loh. Gabung sama komunitas yang sering bikin kegiatan bakti sosial ke anak-anak jalanan misalnya. Biar gak cuma diam aja di rumah sampai lumutan.

 

Aktif berkegiatan di luar profesi juga bisa loh nemuin dan menggali kemampuan kamu yang lain. Kita gak pernah tahu ya, siapa tahu dari situ kamu mendapat jalan untuk dapet kerjaan. Emangnya mau bengong aja di rumah dan gak tahu apa yang terjadi di luar. Nganggur bukan alasan buat kudet.

 

[Baca: Emang Mau Kerja Seumur Hidup Ini Strategi Jitu untuk Pensiun Dini]

 

 

6. Berhemat

 

susah dapat kerja

Masih muda jangan foya-foya bro, inget kita bakal tua juga hehehe

 

 

Poin yang ini penting banget. Buat yang nganggur tapi masih dapat sokongan dana dari orangtua mungkin enak ya, karena gak harus terlalu khawatir dengan uang. Ya tapi gak enak juga dong kalau memanfaatkan keadaan tersebut dengan terus-terusan minta orangtua. Tahu diri juga keles.

 

Bergaul dan terlibat kegiatan di luar wajib dan boleh banget selama nganggur. Tapi ingat, pilah-pilah juga ya, jangan kebanyakan hangout yang gak jelas apalagi keseringan jajan di cafe atau kedai kopi.

 

Prihatin dulu deh sebelum kamu dapat kerja dan punya penghasilan sendiri. Tahan diri dulu untuk gak belanja-belanji baju dan barang-barang lain.

 

7. Review standar kerja

Boleh-boleh aja sih setelah lulus punya idealisme pengin kerja sesuai dengan jurusan yang selama ini digeluti. Tapi terkadang kenyataan gak seindah impian. Gak sedikit loh para pekerja di luar sana yang istilahnya ‘melacurkan jurusan.’ Kuliah sih jurusan ekonomi tapi ternyata rejekinya malah jadi HRD misalnya.

 

Intinya jangan membatasi kemampuan diri kamu. Emang sih alangkah indahnya dunia kalau kamu bisa memperoleh pekerjaan sesuai dengan jurusan atau passion. Tapi dunia kerja menuntut kemauan dan kerja keras. Selama kamu diberi kesempatan untuk menjelajah dunia dan tantangan yang baru kenapa gak?

 

Kerja freelance juga gak apa-apa kalau emang ada yang nawarin, dengan kata lain korbankan sedikit idealisme kamu deh. Sambil menunggu dapet kerjaan tetap yang kamu idamkan daripada buang waktu percuma.

 

[Baca: Yang Kejar Setoran Nih 10 Situs Kerja Freelance Lokal dan Mancanegara]

 

 

So, gimana sekarang, udah semangat lagi kan. Masih nganggur bukan akhir dari dunia bro. Selama masih sehat dan mampu ya tetap lah berusaha. Orang yang mudah menyerah adalah ciri oang yang bakalan gagal.  Gak mau dong jadi pecundang.

 

 

Kesempatan buat kamu di luar sana sudah ada kok, hanya tinggal menunggu waktu yang tepat saja. Kamu harus punya motivasi yang kuat. Doa dan usaha harus berjalan beriringan. Kalau cuma doa aja tapi kerjaannya setiap hari cuma tidur ya mana bisa. Begitu pula sebaliknya.

 

 

 

Image Credit:

  • http://img12.deviantart.net/10c4/i/2011/199/1/4/creative_vitae_or_cv_by_argatraffic-d40mgjx.jpg
  • https://zerg.malesbanget.com/mbdcposts/2016/03/14/1457939488-rsz_farah-queen-demo.jpg
  • https://zerg.malesbanget.com/mbdcposts/2016/01/26/1453804133-save-money.jpg
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →