Susunan Pernikahan Adat Jawa yang Khidmat dan Penuh Makna

pernikahan adat jawa

Pernikahan adat Jawa dianggap memiliki banyak prosesinya bahkan dianggap ribet? Gak juga kok! Prosesi yang harus kamu jalankan memang banyak sih tapi semuanya punya makna yang mendalam. 

Jadi, panjangnya prosesi yang harus kamu jalani kalau mau menikah dengan adat Jawa sebanding dengan doa baik yang didapat. Worth it! Kamu mendambakan menikah dengan adat Jawa? Kayaknya, kamu perlu tahu dulu urutan prosesi yang harus dijalani. 

Mulai dari hajatan sampai acara inti pernikahan yang mengusung adat Jawa memang panjang dan khidmat lho. Biar kamu bisa tahu apa saja yang perlu dipersiapkan dan gak ada prosesi yang terlewat. 

Kalau terlewat satu aja, sayang banget lho! Kamu juga perlu tahu makna di tiap-tiap prosesi yang dijalani, biar makin bangga sebagai suku Jawa. Apa saja sih prosesi yang harus kamu jalani kalau menikah menggunakan adat Jawa? Berikut susunannya lengkap dengan makna di tiap-tiap prosesi yang perlu kamu tahu.

Prosesi hajatan

Sebelum rentetan inti acara pernikahan, terdapat prosesi hajatan yang harus dilakukan seluruh keluarga besar dan calon pengantin. Prosesi yang penuh makna ini bertujuan agar seluruh rangkaian acara pernikahanmu nanti bisa berjalan dengan lancar tanpa halangan.

Yuk simak apa saja prosesi hajatan yang perlu kamu lakukan!

 Pasang tratag, tarub, dan bleketepe

Masih ingatkan saat Presiden Joko Widodo menggelar hajatan pernikahan putrinya, Kahiyang Ayu? Salah satu ritual yang dilakukan adalah memasang bleketepe.  Hal itu memang jadi salah satu prosesi awal yang harus dijalani dalam prosesi pernikahan adat Jawa. Tapi gak hanya itu aja, lho, masih ada rentetan yang harus dilakukan. 

Pertama-tama yang harus dilakukan adalah memasang tratag atau yang biasa disebut dekorasi tenda dan tarub atau peneduh yang dihiasi janur melengkung. Setelah itu, barulah orangtua mempelai perempuan memasang bleketepe berupa anyaman daun kelapa tua.

Tratag dan tarub dipasang sebagai tanda ada acara hajatan mantu. Sedangkan janur kuning melengkung yang dipasang sebagai dekorasi merupakan doa agar kedua mempelai mendapatkan berkah dalam pernikahannya.

Pasang kembang mayang

Kembar mayang adalah ornamen yang dibuat dari akar, batang, daun, bunga, dan buah. Biasanya dekorasi ini dipasang di batang pisang, ditambah janur yang dibentuk seperti gunung, keris, cambuk, paying, burung, dan juga belalang. Kembar mayang merupakan simbol agar pengantin bijaksana dalam menjalani kehidupan bersama.  

Pasang tuwuhan

Tuwuhan biasanya dipasang sebelah kanan dan kiri gerbang tempat dalam prosesi siraman sebelum mempelai perempuan duduk di plaminan. Pasang tuwuhan biasanya dihiasi dengan tumbuh-tumbuhan seperti pisang raja, kelapa muda, batang padi, daun randu, dan janur. Tak sembarangan lho, tumbuhan yang dipasang itu berisi harapan agar pengantin punya keturunan yang sehat, berbudi baik, berkecukupan, dan hidupnya selalu bahagia. Dalam sekali ya maknanya?

Siraman

Siraman dilakukan oleh tujuh orang dengan menggunakan tujuh air dari sumber yang berbeda. Dalam budaya Jawa, tujuh memang punya arti yang istimewa. Tujuh atau dalam bahasa Jawa disebut pitu berarti pitulungan (pertolongan).

Siraman dilakukan untuk membersihkan diri pengantin sebelum menjalani pernikahan. Siraman terakhir harus dilakukan ayah mempelai perempuan. Setelah itu ayah juga harus menggendong anaknya menuju kamar pengantinnya.

Adol dawet

Ini nih salah satu prosesi paling unik dalam pernikahan adat Jawa, adol dawet! Orangtua mempelai perempuan harus berjualan dawet kepada para tamu undangan tapi bayarnya bukan pakai uang melainkan kreweng atau pecahan dari tembikar. Pecahan yang bahannya dari tanah liat ini merupakan simbol kalau hidup manusia berasal dari tanah.

Ibu mempelai perempuan akan berjualan dawet, sedangkan ayah harus memayunginya. Prosesi ini bertujuan memberi contoh pada mempelai kalau mereka harus saling bantu dalam berumah tangga, gak boleh egois dan mau menang sendiri.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Potong tumpeng

Prosesi potong tumpeng tidak hanya ada saat acara ulang tahun atau peresmian gedung aja, tapi ada juga dalam pernikahan. Sebab dalam budaya Jawa tumpeng ini identik dengan simbol kemakmuran dan kesejahteraan. 

Tujuannya tentu sebagai doa agar mempelai bisa hidup makmur dan sejahtera. Siapa yang memotong tumpeng? Ayah dan ibu mempelai perempuan. Caranya dengan mengambil bagian puncak tumpeng dan lauk pauknya.

Dulangan pungkasan

Setelah itu, pengantin akan disuapi terakhir kalinya oleh ayah dan ibu. Ini adalah tanda tanggung jawab kedua orang tua sudah berakhir karena anaknya akan segera menikah.

Ngerik

Dalam pernikahan adat Jawa, pengantin perempuan dibuatkan pola paes di dahi. Nah, sebelum itu rambut halus yang ada di dahi harus dikerok dulu oleh perias. 

Tujuannya untuk membuang sial. Setelah itu, rambut yang sudah dikerok ditanam sebagai doa agar terjauh dari segala hal buruk yang mungkin bakal ditemui saat berumah tangga nanti.

Melepas ayam

Gak sembarang ayam yang dilepaskan tapi harus ayam jantan hitam, ya. Ini sebagai simbol kalau kedua orangtua sudah ikhlas menikahkan anaknya dan percaya bisa hidup mandiri seperti ayam mencari makanannya sendiri.

Midodareni

Inilah prosesi yang cukup menegangkan menjelang acara inti. Pengantin perempuan harus dipingit, tidak boleh kemana-mana, saat malam midodareni. Pengantin akan ditemani oleh keluarga saja, tidak boleh ketemu pengantin laki-laki, dan akan dinasehati seputar pernikahan dan kehidupan rumah tangga. Jadi harus sabar walaupun hati rasanya deg deg ser!

Prosesi inti pernikahan

Nah, setelah kesepuluh prosesi hajatan itu selesai, hari berikutnya kamu harus sudah siap untuk acara inti pernikahan. Prosesi inti ini juga ada macam-macam lho. Maknanya gak kalah dalam dengan prosesi hajatan yang sudah kamu lakukan di hari sebelumnya.

Misalkan kamu kerap menghadiri pernikahan teman atau sahabat yang menggunakan adat Jawa pasti sering melihatnya. Namun, apa saja sih rentetan yang biasa kamu lihat dan apa maknanya? Yuk intip ulasannya di bawah sini. 

Ijab kabul atau upacara pernikahan

Pertama-tama, kedua pengantin akan melakukan prosesi pernikahan secara keagamaan. Ini bisa dilakukan di tempat ibadah atau langsung di lokasi pernikahan, sesuai pilihanmu.

Biasanya dalam prosesi ini, kedua pengantin pakai baju adat Jawa berwarna putih yang melambangkan kesucian dan kesakralan prosesi pernikahan ini.

Panggih

Nah, setelah pernikahan sah secara agama dan dinyatakan sah oleh penghulu, prosesi selanjutnya adalah panggih. Panggih artinya bertemu, inilah saat di mana kedua pengantin bertemu dengan status yang baru, suami istri! 

Pasti saat prosesi ini, kedua pengantin bakal senyum-senyum malu karena sudah menyandang status baru. Namun, kamu harus ingat, masih ada rangkaian prosesi yang harus dilakukan dalam panggih, berikut urutannya. 

Balangan gantal

Setelah ketemu buat pertama kalinya dengan status yang baru, kedua pengantin harus saling lempar gantal atau sirih yang sudah diikat dengan benang putih. Pengantin pria melempar gantal ke dada pengantin perempuan sebagai simbol sudah mengambil hatinya. Sedangkan pengantin perempuan melempar gantal ke arah lutut pengantin pria sebagai tanda bakti.

 Ngidak endog atau tigan

Setelah itu, pengantin pria akan menginjak telur ayam mentah sebagai doa agar cepat mendapat momongan. Pengantin perempuan lalu akan mencuci kaki pengantin pria atau disebut wijikan. Caranya dengan membasuh air ke kaki sebanyak tiga kali sebagai tanda bakti dan kasih sayang serta membersihkan dari segala halangan.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Sinduran

Prosesi ini dilakukan oleh ayah pengantin perempuan. Ayah akan membawa kedua pengantin ke pelaminan dengan dibalut kain sindur berwarna merah putih. Dengan ini diharapkan keduanya punya keberanian untuk memulai hidup baru bersama-sama.

Bobot timbang

Eits, tugas ayah pengantin perempuan belum selesai lho! Setelah sampai di pelaminan, ayah harus memangku kedua pengantin. setelah itu ibu pengantin perempuan akan bertanya pada ayah, siapa yang lebih berat. Ayah akan menjawab keduanya punya berat yang sama.

Apa artinya? Artinya, kedua orang tua akan menyayangi anak dan menantunya dengan porsi yang sama, gak pilih-pilih karena sudah dianggap anak sendiri.

Minum rujak degan

Minum rujak degan ini dilakukan bergantian, satu gelas untuk satu keluarga. Ayah akan minum pertama kali, lalu ibu, dan kedua pengantin. Air serutan kelapa muda ini diibaratkan sebagai air suci yang akan membersihkan batin seluruh anggota keluarga.

Kacar kucur

Sebagai simbol keseriusan pengantin pria dalam menikahi pengantin perempuan, ada prosesi kacar kucur yang harus dilakukan. Pengantin pria akan memberikan uang logam dan kebutuhan pokok seperti beras kepada pengantin perempuan. Tandanya dia sudah siap untuk memberi nafkah keluarga.

Dulangan

Jika di awal tadi udah ada ritual saling lempar, sekarang kedua pengantin harus saling menyuapi sebanyak tiga kali. Ini jadi simbol kalau kedua pengantin akan saling sayang sampai tua nanti. So sweet!

Sungkeman

Inilah prosesi terakhir yang paling menguras emosi, bikin nangis! Bagaimana tidak? Dalam sungkeman, kedua mempelai akan berlutut dan minta doa restu kepada orang tua, sekaligus berterima kasih karena selama ini udah merawat mereka hingga siap menikah.

Gak heran prosesi ini berlangsung lama karena biasanya baik pengantin ataupun orang tua akan sama-sama terharu dan berurai air mata. Orang tua juga bakal kasih nasihat agar kedua pengantin hidup rukun dan saling menjaga satu sama lain.

Setelah semua prosesi ini berakhir, kamu sudah bisa menjalani acara selanjutnya yakni resepsi. Seluruh tamu undangan bakal datang memberi ucapan dan doa baik buat kalian berdua.

Panjang juga ya prosesi pernikahan adat Jawa! Meski begitu, ternyata prosesi yang panjang ini indah banget dan sayang buat dilewatkan karena masing-masing mengandung doa yang baik buat kedua pengantin.

Jadi, kamu sudah siap belum buat menggelar pernikahan adat Jawa? Jangan lupa satu hal ya, siapkan calonnya!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →