5 Sutradara Film Paling Tajir di Dunia, Paling Kaya Hartanya Rp66 Triliun!

Telah Ditinjau: Avatar Aulia Akbar
sutradara tampak belakang

Bukan cuma aktor ataupun aktris yang memiliki kekayaan yang melimpah, sosok di balik layar seperti sutradara film juga diam-diam mempunyai harta mencapai miliaran dollar Amerika Lho.

Film yang bagus bukan hanya disebabkan oleh akting para pemeran utama yang membintangi sebuah judul film. Seluruh crew yang berada di belakang layar pun ikut berkontribusi atas pencapaian yang diraih.

Salah satu peran krusial yang sering dilupakan oleh penonton adalah sutradara. Padahal, produksi sebuah film kece gak akan berjalan bila kursi yang satu ini bukan diisi oleh sosok yang tepat.

Dari sekian banyak sutradara film Hollywood dan dunia yang ada hari ini, kira-kira siapa yang memiliki harta kekayaan terbanyak, ya? Nah daripada berlama-lama lagi mending kita simak yuk daftar lengkapnya berikut ini.

5. Michael Bay – Rp 5,8 triliun

michael bay
Michael Bay. (Shutterstock)

Sutradara film pertama yang masuk dalam daftar adalah Michael Bay. Sosok yang satu ini memiliki ciri khas banyak menggunakan efek ledakan pada setiap film yang dibuatnya.

Beberapa film yang pernah ia sutradarai adalah Transformer, Pearl Harbour dan Bad Boys. Dalam setahun Michael Bay bisa mendapatkan bayaran sekitar US$ 120 juta untuk beberapa film yang diproduksi.

Sementara itu, untuk harta kekayaannya sendiri mencapai US$ 430 juta atau setara Rp 5,8 triliun.

4. Peter Jackson – Rp 6,1 triliun

peter jackson
Peter Jackson. (Shutterstock)

Sutradara film keempat yang memiliki harta kekayaan terbanyak adalah Peter Jackson. Buat kamu yang masih asing dengan namanya, ia merupakan pembuat film terkenal King Kong, trilogi The Lord of The Rings dan film The Hobbit.

Untuk gajinya sendiri diperkirakan sebesar US$ 20 juta. Sedangkan harta kekayaannya mencapai US$ 450 juta atau setara Rp 6,1 triliun

3. Sutradara film James Cameron – Rp 9,5 triliun

james cameron
James Cameron. (Shutterstock)

Selanjutnya ada nama James Cameron yang menduduki posisi 3 besar. Namanya dikenal melalui film-film kece seperti The Terminator, Titanic dan Avatar.

Dengan hasil kerja keras sebanyak itu James Cameron dibayar sekitar US$ 15 juta per film. Sedangkan untuk kekayaannya mencapai US$ 700 juta atau setara Rp 9,5 triliun.

2. Steven Spielberg – Rp 50 triliun

steven spielberg
Steven Spielberg. (Shutterstock)

Duduk di urutan runner up ada sutradara film Steven Spielberg. Pria yang satu ini udah sukses menciptakan banyak film keren di Box Office seperti Jurassic Park, Indiana Jones, hingga Saving Private Ryan.

Honornya per film bisa mencapai US$ 150 juta per tahunnya, sedangkan total hartanya mencapai US$ 3,7 miliar atau setara Rp 50 triliunan.

1. George Lucas – Rp 66 triliun

george lucas
George Lucas. (Shutterstock)

Gelar sutradara film paling tajir di dunia dipegang oleh George Lucas. Ia merupakan sosok di balik franchise film Star Wars. Harta kekayaannya berlipat ganda semenjak Disney membeli franchise Star Wars pada tahun 2012 yang lalu sebesar US$ 4 miliar atau setara Rp 54 triliun.

Pantes aja kalau George Lucas memiliki harta kekayaan mencapai US$ 4,9 miliar atau setara Rp 66 triliunan.

Nah itulah 5 sutradara film paling tajir di dunia hari ini. Dari kelima nama tersebut, mana nih yang karyanya paling kamu suka? (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →