Deretan Sutradara Perempuan Indonesia Karyanya Diakui Panggung Perfilman Dunia!

Sutradara Indonesia sejak dulu karyanya udah banyak diakui di panggung perfilman internasional, bahkan ada yang tembus pangsa pasar Hollywood. Nah, kali ini MoneySmart.id bakal mengulas deretan sutradara perempuan Indonesia yang memiliki karya membanggakan nih. 

Kamu pasti udah gak asing lagi ya dengan deretan sutradara Tanah Air seperti Garin Nugroho, Joko Anwar, Rudi Soedjarwo, Riri Riza hingga Hanung Bramantyo. Karya-karya mereka emang spektakuler banget lho! Kalau tadi sutradara banyak dominasi kaum hawa, kali ini kaum hawa pun juga unjuk gigi nih. 

Nama-nama seperti Mira Lesmana hingga Nia Dinata bisa dibilang sutradara perempuan yang cukup eksis di panggung layar perak Tanah Air. Sampai hari ini paling gak udah ada 5 nama perempuan sukses yang udah mencatatkan dirinya sebagai sutradara Indonesia. Bahkan filmnya udah diakui dunia lho! Yuk, kita simak langsung aja siapa aja sih mereka. 

Baca juga: 10 Seleb Terkaya Sejagad Tahun 2019, Mana Idolamu?

1. Mira Lesmana salah satu sutradar Indonesia berbakat

sutradara indonesia
Mira Lesmana salah satu sutradara Tanah Air yang karyanya cukup diminati pecinta film, (Instagram/@mirles).

Sutradara Indonesia pertama yang namanya udah dikenal banyak orang adalah Mira Lesmana. Perempuan yang satu ini lahir di Jakarta pada tanggal 6 Agustus 1964 lalu merupakan pasangan dari aktor senior Mathias Muchus.

Walaupun lebih banyak berperan sebagai produser, namun Mira Lesmana sempat memproduksi film “Kuldesak” di tahun 1998 dan berperan sebagai sutradara. Sedangkan untuk film yang diproduseri olehnya adalah “Ada Apa Dengan Cinta”, “Gie” dan “Laskar Pelangi”.

Baca juga: Garap Avengers Ala Indonesia, Ini Fakta Unik Joko Anwar Sutradara Film Gundala

2. Nia Dinata sutradara Indonesia yang karya sangat humanis

sutradara indonesia
Nia Dinata salah satu sutradara yang karyanya juga banyak disukai oleh peminat film Indonesia, (Instagram/@ibunia).

Kedua ada Nia Dinata yang lahir pada tanggal 4 Maret 1969. Sutradara kondang ini memiliki portofolio film yang terbilang kece. Film Nia Dinata emang khas banget dengan kehidupan realita warga Jakarta, sebut aja “Arisan!” dan “Berbagi Suami”.

Gak cuma dua film itu aja, perempuan yang kerap disapa Ibu Nia ini juga menyutradarai film “Ca Bau Kan” dibintangi oleh Ferry Salim dan Lola Amaria. Semasa bangku kuliah Nia Dinata menghabiskan waktunya di Program NYU Tisch School of Art, Amerika Serikat.

Baca juga: Dipacarai Sutradara Kondang Jose Purnomo, Ini Sumber Duit Angel Karamoy

3. Lola Amaria

sutradara indonesia
Lola Amaria salah satu sutradara berbakat Indonesia yang karyanya diakui dunia, (Instagram/@lola.amaria).

Selanjutnya ada aktris sekaligus sutradara Indonesia yakni Lola Amaria. Perempuan asal Jakarta yang lahir tanggal 30 Juli 1977 ini pernah membintangi judul film “Minggu Pagi di Victoria Park” di tahun 2010.

Uniknya di film yang sama tersebut Lola Amaria juga merangkap peran sebagai sutradara. Aktris lainnya yakni Titi Sjuman berhasil memenangkan Indonesia Movie Award tahun 2011 untuk kategori Pemeran Wanita Utama.

4. Livi Zheng

sutradara Indonesia
Livi Zheng salah satu sutradara yang karyanya juga diakui dunia, (Instagram/@livizheng).

Keempat ada perempuan yang lahir pada 3 April 1989 dan belakangan ini banyak dibicarakan oleh netizen karena debatnya dengan Joko Anwar di salah satu acara tv swasta.

Livi Zheng sendiri adalah sutradara dari film “Bali: Beats of Paradise” yang dibintangi oleh Judith Hill dan Don Hall. Beberapa karya filmnya disebut-sebut masuk dalam daftar nominasi penghargaan film Oscar, tetapi masih belum ada kepastian tentang isu tersebut.

5. Mouly Surya

sutradara Indonesia
Mouly Surya salah satu sutradara yang karyanya diakui dunia, (Instagram/@moulysurya).

Terakhir ada Mouly Surya yang lahir pada tanggal 10 September 1990 di Jakarta ini juga bisa dibilang salah satu sutradara Indonesia yang karyanya diacungi jempol. Selain menjadi sutradara, ia juga handal dalam menulis skenario film.

Pada tahun 2009, Mouly Surya mendapatkan penghargaan “Sutradara Terbaik” dalam ajang Festival Film Indonesia (FFI) untuk film yang berjudul “Fiksi”.

Nah, itulah 5 perempuan yang sukses menjadi sutradara Indonesia sampai hari ini. Semoga kedepannya makin banyak sosok lainnya yang mengikutinya! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).