Syarat Pengajuan Kartu Kredit Berbagai Bank di Indonesia

pengajuan kartu kredit di bank

Pengajuan kartu kredit yang benar harus memenuhi beberapa persyaratan pribadi dan dokumen agar bisa disetujui oleh pihak bank.

Hal ini wajib dilakukan karena pihak bank ingin mendapatkan jaminan bahwa pemohon adalah orang yang memiliki kredibilitas dan secara finansial mampu memenuhi tanggung jawab pelunasan tagihan kartu kredit yang dimilikinya nanti.

Supaya kamu bisa memahaminya, mari kita cari tahu selengkapnya mengenai pengertian kartu kredit dan setelah itu baru kita bahas syarat-syarat pengajuan kartu kredit yang benar. 

Daftar Isi

Pengertian dan keuntungan kartu kredit

Kartu kredit adalah alat pembayaran pengganti uang tunai dalam bentuk kartu yang diterbitkan bank untuk nasabahnya melakukan beragam bertransaksi. Mulai dari pembayaran di toko online, bepergian, berlibur, berbelanja sampai melakukan transaksi penarikan tunai. 

Dalam sistem kerjanya, bank seperti meminjamkan konsumen uang dan bukan mengambil uang dari rekening. 

Kemudian, si pemegang kartu alias konsumen tersebut berkewajiban membayar pada waktu yang disepakati baik dengan pelunasan secara sekaligus (charge card) atau pembayaran secara angsuran.

Adapun keuntungan kartu kredit, antara lain:

  • Memberikan sejumlah kepraktisan dan kemudahan kepada kamu sebagai pemegangnya karena gak perlu membawa uang tunai dalam jumlah banyak di dalam dompet atau tas saat bepergian. 
  • Gak harus repot-repot mencari mesin ATM untuk menarik uang tunai
  • Pengalaman berbelanja yang lebih mudah dan nyaman meskipun uang tunai atau uang di ATM tidak cukup
  • Tersedia promosi kartu kredit dan berbagai program yang tersedia untuk berbagai keperluan dan bagi berbagai kalangan. Misalnya dapat frequent flier miles atau travel points yang  
  • Kartu kredit bisa menjadi alat yang membantu kamu dalam melakukan pembayaran untuk berbagai macam kondisi darurat apabila kebetulan uang tunai sulit diperoleh dengan cepat atau tidak tersedia.
  • Kartu kredit menawarkan cara pembayaran tagihan secara penuh atau dengan cara mencicil. Fasilitas ini mempermudah kamu dalam merencanakan anggaran keuangan 
  • Sebagian besar kartu kredit diterima dan dapat digunakan di berbagai toko atau penjual di seluruh dunia yang menyediakan fasilitas pembayaran dengan menggunakan kartu kredit.  

Lantas, seberapa aman bertransaksi memakai kartu kredit? Jawabannya, aman. Karena setiap transaksi kartu kredit dilengkapi prosedur keamanan, seperti memberikan verifikasi melalui tanda tangan atau memasukan nomor PIN pada mesin EDC. Hanya saja, kamu harus benar dalam menyimpannya!

Jika kamu memiliki kartu kredit, peluang untuk mengajukan beragam produk pinjaman seperti Kredit Tanpa Agunan (KTA) atau Kredit Pemilikan Rumah (KPR) pun lebih besar, apalagi jika kamu memiliki histori pembayaran yang sehat.

Namun, ada limit dalam kartu kredit. Yaitu, penggunaan dana maksimal yang diberikan. Di mana setiap penerbit kartu akan memberikan limit sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada masing-masing bank.

Selain itu, ada pula beberapa indikator penentu limit yang dikenakan pada kartu, yaitu jumlah pendapatan tahunan, jenis kartu yang diinginkan, dan catatan penggunaan kredit yang baik.

Syarat umum pengajuan kartu kredit

Untuk melakukan pengajuan kartu kredit, calon nasabah diharuskan memenuhi beberapa persyaratan umum sebagai berikut.

1. Umur

  • Pemegang kartu utama: minimum 21 tahun, maksimum 65 tahun.
  • Pemegang kartu tambahan: minimum 17 tahun, maksimum 65 tahun.
  • Pengajuan aplikasi kartu kredit memiliki batas umur yang wajib dipenuhi.

2. Penghasilan(sesuai level kartu)

  • Silver: Rp36 juta/tahun
  • Gold: Rp45 juta/tahun
  • Platinum: Rp120 juta/tahun
  • Infinite: Rp600 juta/tahun

3. Dokumen yang dibutuhkan

  • Kartu identitas (KTP/SIM/Paspor)
  • Fotocopy keterangan penghasilan/slip gaji
  • Tagihan kartu kredit 3 bulan terakhir (untuk yang sudah memiliki)
  • Fotokopi rekening koran 3 bulan terakhir (untuk pengusaha)
  • Fotokopi akta pendirian perusahaan (TDP) & SIUP (untuk pengusaha)
  • Fotokopi keterangan izin praktik (untuk profesional).

Nah, selain syarat-syarat umum tersebut, ada beberapa persyaratan dari setiap bank yang harus dipenuhi nasabah yang mana tiap bank tentu memiliki karakteristik dan kebijakan tersendiri. Yuk, cek syarat pengajuan kartu kredit dari bank-bank berikut.

Syarat-syarat pengajuan kartu kredit BCA

Kartu kredit BCA menjadi salah satu kartu kredit yang diburu banyak orang di Indonesia. Bank BCA sendiri menawarkan beberapa jenis kartu kredit.

1. Kartu kredit BCA Card

Kartu kredit ini ditawarkan dalam beberapa jenis, yaitu BCA Everyday Card, BCA Card Platinum, dan BCA Card Indomaret.

BCA Everyday Card

Jenis kartu kredit BCA yang pertama adalah BCA Everyday Card dengan tagline “Tiap hari belanja, tiap hari untung”. Adapun fitur yang bisa kamu dapatkan dalam BCA Everyday Card ini meliputi:

  • Cicilan BCA 0,5 persen sepanjang tahun.
  • Cashback 5 persen di SPBU (non subsidi).
  • Cashback 5 persen jika berbelanja di Hypermart, Transmart, Lotte Mart, dan Giant.

BCA Everyday Card ini juga bisa digunakan sebagai flazz untuk membayar tol, parkir, commuter line, dan busway. Untuk dapat memiliki BCA Everyday Card, kamu harus memiliki penghasilan minimal Rp3 juta per bulan. Iuran tahunan kartu pertama adalah Rp125 ribu dan iuran tahunan kartu tambahan adalah Rp100 ribu.

BCA Card Platinum

Jenis kartu kredit BCA yang kedua adalah BCA Card Platinum dengan tagline “Kartu istimewa untuk pribadi istimewa”. Adapun fitur yang bisa kamu dapatkan adalah fasilitas BCA sistem pembayaran autodebet.

Dengan layanan ini kamu bebas administrasi dan gratis iuran tahunan untuk pemakaian limit lebih dari 30 persen per bulannya. Untuk syarat pengajuannya adalah memiliki penghasilan minimal Rp10 juta. Iuran tahunan kartu pertama adalah Rp250 ribu dan iuran tahunan kartu tambahan adalah Rp175 ribu.

BCA Card Indomaret

Jenis kartu kredit BCA yang ketiga adalah BCA Card Indomaret dengan tagline “semakin mudah dalam berbelanja”. 

Fitur yang diberikan adalah gratis iuran tahunan jika pemakaian per bulan minimal Rp500 ribu, diskon 5 persen untuk produk yang berlabel Indomaret, diskon pembelanjaan langsung senilai Rp25 ribu saat weekend, dan diskon Rp15 ribu saat weekdays dengan minimum pembelian Rp150 ribu. Kamu bisa memiliki BCA Card Indomaret ini jika penghasilanmu minimal Rp3 juta per bulan.

2. BCA Mastercard

Kartu kredit ini terbagi ke dalam beberapa jenis. Mulai dari BCA Mastercard Platinum, BCA Mastercard Black, hingga BCA Mastercard Matahari.

BCA Mastercard Platinum

BCA Mastercard Platinum ini mengusung tagline “My Card My Lifestyle Partner”. BCA MasterCard Platinum memiliki fitur utama bunga cicilan hanya 1,25 persen untuk tenor maksimal 9 bulan dan cicilan 0,75 persen untuk tenor hingga 36 bulan.

Selain itu dengan transaksi belanja ritel senilai Rp1.000, kamu bisa mendapatkan 1 poin reward yang bisa ditukarkan dengan berbagai hadiah menarik. Untuk syarat minimal penghasilan bulanan adalah Rp3 juta.

BCA Mastercard Black

Jenis kartu kredit BCA yang kelima adalah BCA Mastercard Black dengan tagline “Experience the ultimate privilege”. Kartu ini memiliki fitur layanan BCA Travel Service yang siap membantu kamu saat mengurus paspor, dokumen perjalanan, pemesanan tiket serta hotel tanpa biaya surcharge.

Kamu juga akan dibebaskan dari iuran tahunan jika penggunaan kartu melebihi 30 persen setiap bulan. Minimal penghasilan bulanan yang disyaratkan adalah Rp10 juta per bulan.

BCA Mastercard Matahari

Selanjutnya ada BCA Mastercard Matahari dengan “tagline Belanja seru sepanjang tahun”. Jenis kartu kredit BCA MasterCard Matahari ini memberikan keuntungan saat kamu berbelanja di Matahari Dept Store.

Keuntungan yang didapat adalah cashback sebesar Rp60 ribu untuk minimal transaksi Rp600 ribu per bulan, program cicilan BCA 0 persen dengan minimum transaksi Rp1 juta melalui mesin EDC BCA. Syarat minimum penghasilan sangat terjangkau yakni Rp3 juta per bulan.

3. BCA Visa Card

Sementara BCA Visa Card terbagi ke dalam lima jenis. Sebut saja BCA Visa Batman, BCA Visa Black, BCA Visa Platinum, BCA Singapore Airlines KrisFlyer Visa Signature, dan BCA Singapore Airlines PPS Club Visa Infinite.

BCA Visa Batman

Jenis kartu kredit BCA yang ketujuh adalah BCA Visa Batman dengan tagline “My Card My Superhero”. Fitur disini memberikan banyak penawaran yang bersifat lifestyle, mulai dari nonton di bioskop, makan di restoran, dan lain sebagainya.

Kamu bisa menikmati promo beli 1 gratis 1 tiket di bioskop tertentu pada hari Sabtu. Limit kartu yang diberikan adalah Rp14 juta per bulan dengan syarat minimal penghasilan per bulan Rp5 juta.

BCA Visa Black

Jenis kartu kredit BCA yang kedelapan adalah BCA Visa Black dengan tagline “Experience the ultimate privilege”. Fitur utama dari jenis kartu kredit BCA Visa Black ini adalah layanan BCA Travel yang membantu kamu menyiapkan perjalanan tanpa dikenakan biaya surcharge.

Kamu juga dapat menikmati program cicilan 0 persen saat bertransaksi di luar negeri dengan masa tenor cicilan 12 bulan. Limit yang diberikan BCA Visa Black ini bisa mencapai Rp15 juta per bulan dengan penghasilan minimum per bulan adalah Rp10 juta.

BCA Visa Platinum

BCA Visa Platinum ini mengusung tagline “The platinum classic card”. Fitur dalam kartu ini khusus dirancang untuk kamu yang mapan secara finansial dan memiliki mobilitas tinggi karena limit yang diberikan mencapai ratusan juta rupiah.

Dengan menggunakan BCA Visa Platinum, kamu bisa mendapatkan kenyamanan saat melakukan perjalanan bisnis. Untuk syarat minimal penghasilan yang diberikan adalah Rp15 juta per bulan.

Lalu, apa saja yang mesti disiapkan buat mengajukan kartu kredit BCA? Berikut ini syarat-syaratnya.

Syarat/Dokumen Wiraswasta Karyawan Dokter/Notaris WNA Ibu rumah tangga
Gaji minimal Minimal Rp3 juta per bulan
Usia Kartu utama: min. 21 tahun/maks. 65 tahun

Kartu tambahan: min. 17 tahun/maks. 65 tahun

Fotokopi KTP/Paspor Ya Ya Ya Ya Ya
Fotokopi KITAS Tidak Tidak Tidak Ya Tidak
Surat keterangan penghasilan Tidak Ya Tidak Ya Tidak
Fotokopi rekening 3 bulan terakhir Ya Tidak Ya Tidak Ya
Fotokopi surat izin praktik Tidak Tidak Ya Tidak Tidak
Fotokopi akta pendirian perusahaan/SIUP Ya Tidak Tidak Tidak Tidak
Fotokopi tagihan kartu kredit/fotokopi kartu kredit Ya Ya Ya Ya Ya
Fotokopi NPWP Ya Ya Ya Tidak Ya

Selain dengan mengajukan kartu kredit BCA di kantor cabang terdekat, kini pengajuan kartu kredit BCA juga bisa secara online. Berikut ini cara pengajuan kartu kredit BCA online.

  • Masuk ke situs BCA, pilih ‘Perorangan’, lalu ‘Produk dan Layanan’, lalu ‘Kartu Kredit
  • Klik di ‘Apply Now’ yang tombolnya ada di bawah 
  • Masuk ke eform BCA yang memberikan tiga pilihan, yaitu (1) apply online untuk nasabah baru; (2) minta dihubungi pihak BCA; (3) untuk nasabah eksisting, permintaan penambahan kartu baru. Pilih apply online
  • Setelah masuk ke apply online, kamu memilih jenis kartu kredit yang ingin diajukan. Untuk membantu, BCA memberikan sejumlah kriteria untuk menentukan jenis kartu yang paling sesuai dengan kebutuhan atau keinginan kamu
  • Isi data pribadi secara online yang meliputi data pribadi, data pekerjaan, data bank, dan kontak darurat.
  • Setelah pengisian data selesai, kamu perlu memberikan persetujuan atas perjanjian pengajuan kartu kredit. 
  • Setelah itu, pihak BCA akan melakukan proses verifikasi dan analisa dengan mengecek dokumen, menghubungi pihak – pihak terkait (aplikan, kantor, saudara) dan melakukan analisa sebelum mengambil keputusan setuju atau tidak.

Syarat-syarat pengajuan kartu kredit Mandiri

Banyak orang yang ingin mengajukan kartu kredit Mandiri karena sarat dengan keuntungan dan tentu saja reputasi Bank Mandiri yang unggul. Ada beberapa pilihan kartu kredit yang ditawarkan oleh Bank Mandiri. 

1. Mandiri travel

Bank Mandiri menawarkan beberapa jenis kartu kredit buat kamu yang suka travel. Mulai dari Mandiri Signature, Mandiri JCB Precious, hingga Mandiri Skyz Card.

2. Mandiri automotives

Buat kamu yang hobi otomotif, Bank Mandiri menawarkan kartu kredit khusus otomotif nih, yaitu Mandiri Pertamina Card.

3. Mandiri golf

Kalau kartu kredit yang satu ini, Bank Mandiri menyediakannya buat mereka yang gemar olahraga golf. Pilihan kartu kredit yang ditawarkan yaitu Mandiri Golf Signature, Mandiri Golf Platinum, hingga Mandiri Golf Gold.

4. Mandiri Lifestyle

Buat pemenuhan kebutuhan gaya hidup, Bank Mandiri menyediakan kartu kredit Mandiri Lifestyle. Beberapa kartu yang bisa dipilih yaitu Mandiri Platinum, Everyday Card, hingga Mandiri Gold.

5. Mandiri Hypermart

Kartu kredit yang satu ini diperuntukkan buat kamu yang sering belanja kebutuhan di Hypermart. Kartu ini menggunakan jaringan Visa.

6. Mandiri World Elite

Kartu ini spesial diberikan kepada nasabah Bank Mandiri yang berstatus nasabah Private Banking Bank Mandiri.

7. Mandiri Corporate

Kalau kartu kredit yang ini, Bank Mandiri menyediakannya buat kebutuhan transaksi dan perjalanan bisnis perusahaan.

Berikut ini adalah syarat-syarat yang mesti dipenuhi kalau mau membuat kartu kredit Mandiri. Cek daftarnya dalam tabel di bawah ini.

Dokumen Karyawan Wirausaha Profesional
Fotokopi KTP/KITAS Ya Ya Ya
Slip gaji/SKP/SPT Ya Tidak Ya
Fotokopi rekening tabungan Tidak Ya Tidak
Fotokopi Surat Izin Profesi Tidak Tidak Ya
NPWP Ya Ya Ya
Fotokopi akta pendirian/SIUP/TDP Tidak Ya Tidak

Untuk melakukan pengajuan kartu kredit Bank Mandiri secara online, kamu dapat mengikuti tahap-tahap berikut.

  • Buka situs Mandiri Kartu Kredit
  • Pilih menu “Apply Now” untuk mulai mengajukan kartu kredit secara online.
  • Pilih jenis kartu kredit yang paling sesuai dengan kebutuhan. Setelah itu pilih lanjut untuk meneruskan proses pengajuan.
  • Upload foto Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan foto selfie bersama KTP. Setelah itu kamu masukkan data diri kemudian ketuk “Lanjut”.
  • Masukkan kode OTP yang dikirimkan Bank Mandiri lewat SMS kemudian ketuk “Verifikasi”.
  • Masukkan data perusahaan dan ketuk menu “Lanjut”.
  • Masukkan data keluarga dekat yang tidak serumah dan ketuk “Lanjut”.
  • Pilih alamat pengiriman kartu kredit, kemudian ketuk “Lanjut”. Lalu ketuk “Setuju” pada halaman syarat dan persetujuan.
  • Kamu akan mendapatkan SMS dari Bank Mandiri yang berisikan “Terimakasih atas pengajuan mandiri kartu kredit. Aplikasi kamu sedang kami proses. Informasi status pengajuan aplikasi akan kami infokan melalui SMS.”
  • Bank Mandiri akan menghubungi kamu bila pengajuan kartu kredit telah diterima. 

Syarat-syarat pengajuan kartu kredit BRI

Berikutnya adalah kartu kredit BRI yang dicari-cari banyak orang. Kartu kredit ini juga cukup banyak pilihannya, yaitu:

  1. BRI Easy Card Mastercard
  2. BRI Platinum Mastercard
  3. BRI JCB Platinum Mastercard
  4. BRI Wonderful Indonesia Mastercard
  5. BRI World Access Mastercard
  6. BRI Touch Visa
  7. BRI Business Card Mastercard
  8. BRI Infinite Visa

Kalau sudah memilih salah satu yang pas buat kamu, tinggal penuhi aja nih syarat-syarat pengajuan kartu kredit BRI berikut ini.

  • Isi form Aplikasi Kartu Kredit BRI, baik online maupun offline.
  • Usia minimal 21 tahun atau telah menikah.
  • Punya penghasilan minimal Rp3 juta per bulan.
  • Fotokopi KTP atau paspor.
  • Slip gaji bulan terakhir/surat keterangan penghasilan/SPT
  • NPWP

Cara pengajuan kartu kredit BRI online

Berikut ini langkah-langkah cara membuat kartu kredit BRI online.

  • Masuk ke situs kartukredit.bri.co.id
  • Pilih ‘apply kartu kredit’ yang terdapat di bagian kanan atas. Saya klik bagian ini.
  • Pilih Kartu Ingin Diajukan
  • Kamu akan diminta untuk melakukan Tanda Tangan Elektronik sebagai legalitas penggajuan yang sudah diakui keabsahannya oleh Kominfo dan OJK menggunakan Privy.
  • Isi Formulir Aplikasi Kartu Kredit dan upload dokumen seperti data diri, ambil foto KTP, Selfie dan NPWP wajib menggunakan kamera ponsel, isi data Kontak Darurat, data pekerjaan, dan lain-lain.
  • Setelah semua selesai, klik submit aplikasi dan menunggu follow up dari Bank BRI untuk proses pembuatan kartu kredit.

Syarat-syarat pengajuan kartu kredit BNI

Ada banyak pilihan kartu kredit yang disediakan Bank BNI buat kamu yang ingin mengajukannya. Berikut ini pilihan-pilihannya.

1. Kartu reguler BNI

Kartu kredit ini disediakan dalam enam pilihan, yaitu BNI Visa Infinite, BNI MasterCard World, BNI Visa Platinum, BNI JCB Precious, BNI Style Titanium, hingga BNI Silver & Gold Card.

2. Co-branding card BNI

Bank BNI menawarkan kartu kredit ini dalam lima pilihan, yaitu Garuda BNI Card, BNI Lottemart Card, BNI Pertamina Card, BNI Sumsel Babel, hingga BNI-Bank BJB.

3. Affinity Card BNI

Ada tiga tipe affinity Card yang ditawarkan Bank BNI. Mulai dari Kartu Kredit BNI Affinity-Universitas, kartu kredit BNI Affinity – Ikatan Alumni, hingga Kartu Kredit BNI Affinity – Organisasi. Semua kartu kredit itu disediakan dalam jaringan Visa.

4. Corporate card BNI

Kartu kredit BNI yang satu ini diperuntukan buat perusahaan. Kartu ini terdiri dari BNI Corporate Card Gold dan BNI Corporate Card Platinum.

5. Business Card BNI

Buat memperlancar bisnismu, gunakan kartu kredit bisnis dari BNI ini deh. Kartu yang disediakan adalah BNI American Express Business Card.

Di bawah ini adalah dokumen-dokumen atau syarat-syarat pengajuan kartu kredit BNI yang harus kamu penuhi.

Dokumen Karyawan/ TNI/Polisi Dokter/ Profesional lainnya Pengusaha Pemegang Kartu Kredit Bank Lain
Fotokopi KTP/SIM/Paspor Ya Ya Ya Ya
Slip Gaji, SPT atau bukti penghasilan lainnya Ya Ya Ya Ya
Fotokopi Akta Pendirian/SIUP/TDP Tidak Tidak Ya Tidak
Surat Izin Profesi Tidak Ya Tidak Tidak
Nomor kartu kredit bank lain Tidak Tidak Tidak Ya
NPWP Ya Ya Ya Ya

Ada dua cara untuk melakukan pengajuan kartu kredit BNI secara online, yaitu via aplikasi BNI Credit Card Mobile dan situs BNI. 

Via aplikasi BNI Credit Card Mobile

  • Download dan install aplikasi BNI Credit Card Mobile lewat Play Store atau App Store. Pastikan ponsel kamu selalu terhubung dengan internet selama proses pengunduhan dan pemasangan aplikasi tersebut.
  • Buka aplikasi BNI Credit Card Mobile yang sudah terpasang di ponsel pintar. Kemudian, ketuk menu “Apply now” yang berada di bagian bawah layar ponsel.
  • Pilih menu “Pilih kartu” pada kotak jenis kartu kredit pilihan. Lalu klik “Apply kartu” untuk melanjutkan proses pembukaan kartu kredit.
  • Isi data diri pada halaman yang disediakan, lalu klik menu “Next”. Layar ponsel akan menampilkan status “Aplikasi berhasil disubmit”, setelah kamu mengisi seluruh data pribadi.
  • Customer Service BNI kartu kredit akan segera menghubungi via telepon bila pengajuan kamu diterima.

Via situs resmi BNI

  • Kunjungi laman BNI Credit Card.
  • Setelah itu, klik Apply Now pada bagian bawah halaman.
  • Muncul persyaratan membuat kartu kredit BNI, klik lanjut.
  • Muncul tabel biaya kartu kredit BNI, klik lanjut.
  • Isi formulir data diri dengan lengkap, klik submit.
  • Data diri sudah tersimpan.
  • Customer Service BNI kartu kredit akan segera menghubungi via telepon bila pengajuan kamu diterima.

Syarat-syarat pengajuan kartu kredit CIMB Niaga

Pilihan kartu kredit CIMB Niaga ternyata ada banyak sekali, yaitu dimulai dari kategori reguler, special, hingga premium. Tiga kartu kredit CIMB Niaga bahkan ditawarkan tanpa iuran tahunan alias gratis.

Berikut ini pilihan-pilihan kartu kredit CIMB Niaga.

1. CIMB Niaga regular

Kartu kredit ini disediakan dalam lima pilihan: Mastercard Platinum, Visa Platinum, Gold, Syariah Gold, hingga Classic. Tiga di antaranya bebas dari iuran tahunan, yaitu Mastercard Platinum, Gold, dan Classic.

2. CIMB Niaga special

Buat kartu special, Bank CIMB Niaga menawarkan empat pilihan, yaitu CIMB Niaga Precious, CIMB Niaga Platinum Le Club AccorHotels, CIMB Niaga Syariah Platinum, hingga CIMB Niaga Wave n Go.

3. CIMB Niaga premium

Premium card dari CIMB Niaga terdiri dari lima pilihan: CIMB Niaga Ultimate, CIMB Niaga World, CIMB Niaga World Le Club AccorHotels, CIMB Niaga Visa Infinite, hingga CIMB Niaga Preferred Visa Infinite.

Berikut ini adalah dokumen atau syarat pengajuan kartu kredit CIMB Niaga yang wajib dipenuhi.

Dokumen Karyawan Pengusaha Profesional Ekspatriat
Fotokopi KTP/Paspor Ya Ya Ya Ya
Fotokopi Slip Gaji/Asli Surat Keterangan Penghasilan/Fotokopi SPT PPh 21 Ya Tidak Tidak Ya
Fotokopi Rekening Koran/Tabungan (3 bulan terakhir) Tidak Ya Ya Tidak
Fotokopi Akta Perusahaan dan/atau SIUP/surat izin praktik Tidak Ya Ya Tidak
Personal/ Company Guarantee Tidak Tidak Tidak Ya
Fotokopi KITAS / KITAP Tidak Tidak Tidak Ya
Fotokopi NPWP (batas limit > Rp50 juta) Ya Ya Ya Ya

Berikut ini langkah melakukan pengajuan kartu kredit CIMB NIaga secara online.

  • Buka situs  OCTO Click, melalui browser. 
  • Masukkan user id dan password untuk mengaktifkan akun CIMB Click.
  • Pilih menu “New product & service” lalu lanjutkan memilih “Credit card”. 
  • Pilih menu “Register” untuk memulai proses pengajuan kartu kredit.
  • Pilih salah satu dari tiga tipe kartu kredit yang ditawarkan CIMB Click. 
  • Isi data diri secara lengkap dan ketuk “Submit”. Kamu juga dapat mendatangi kantor cabang Bank CIMB Niaga terdekat dengan membawa dokumen yang dibutuhkan.
  • Setelah itu kamu akan dibantu customer service untuk melanjutkan proses pengajuan kartu kredit.

Suku bunga kartu kredit

Setelah mengetahui apa saja syarat-syarat pengajuan kartu kredit dari setiap bank, tentunya kita penasaran berapa sih suku bunga kartu kredit di Indonesia?

Tingkat suku bunga antar kartu kredit ternyata sangat bervariasi, dimulai dari 2,75% sampai 3% perbulan atau 33% sampai 36% per tahun. 

Semakin cepat melunasi tagihan tersebut, maka akan semakin sedikit bunga yang akan dibayarkan setiap bulannya.

Di mana tempat pengajuan kartu kredit?

Kalau kamu sudah tahu jenis kartu kredit yang ingin diajukan, sekarang tinggal pilih tempat membuat kartu kredit. 

Sebenarnya kalau ingin membuat kartu kredit sekaligus konsultasi secara langsung, lebih baik langsung datang ke cabang bank terdekat. Tetapi kalau malas keluar rumah, kamu juga bisa mengajukan kartu kredit secara online.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini tempat untuk mengajukan kartu kredit.

1. Kantor cabang bank

Kalau bank gak terlalu ramai, biasanya membutuhkan waktu setidaknya 15-30 menit untuk proses pembuatan kartu kredit. 

Kelebihan membuat kartu kredit di kantor cabang adalah kamu bisa konsultasi secara langsung dengan pihak bank dan mendapatkan informasi mengenai bunga, biaya, cara pembayaran, sampai promo yang tersedia dengan mudah. 

Jangan lupa bawa persyaratan lengkapnya, ya!

2. Mall atau pusat perbelanjaan

Tempat membuat kartu kredit selanjutnya adalah mall. Biasanya di beberapa mall, terutama mall-mall besar, akan ada sales kartu kredit melakukan promosi.   

Jika kamu memang berniat membuat kartu kredit, gak ada salahnya menerima tawaran sales tersebut. Terlebih pengajuan kartu kredit di mall biasanya punya peluang tinggi disetujui, serta syarat yang mudah. Sebab, pengunjung mall dinilai sebagai individu konsumtif yang telah mapan sehingga dianggap layak memiliki kartu kredit. 

3. Melalui situs resmi bank

Kalau ini cara paling mudah yaitu memanfaatkan layanan pengajuan kartu kredit online melalui website. 

Kamu hanya perlu mengikuti petunjuk yang diberikan hingga selesai. Kemudian kamu hanya perlu menunggu pihak bank menghubungi kembali. 

4. Melalui aplikasi 

Selain via situs resmi, beberapa bank yang menyediakan layanan pengajuan aplikasi online melalui handphone, seperti Bank CIMB Niaga dan Bank Mandiri. 

Cara ini sebetulnya gak jauh berbeda dengan apply via situs. Hanya saja semua proses dilakukan melalui handphone. 

5. Melalui marketplace atau fintech

Selain langsung via bank, kamu juga apply kartu kredit di perusahaan fintech atau via e-commerce. Di Indonesia ada beberapa e-Commerce yang membuka layanan daftar kartu kredit. Sebut aja Tokopedia, Blibli, hingga JD.

Enaknya apply kartu kredit di pihak ketiga ini, kamu bisa dapat promo kartu kredit tertentu. Misalnya, promo cashback, promo penerbangan, promo menginap di hotel, diskon buat transaksi tertentu, voucher belanja, dan masih banyak lagi. 

Tips agar pengajuan kartu kredit diterima

Meskipun sekarang mengajukan kartu kredit semakin mudah, tetapi gak berarti semua pengajuan bakal disetujui, Sebab pengajuanmu bisa aja mendapat penolakan dari bank. 

Makanya agar pengajuanmu gak ditolak, ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti, antara lain:

1. Pastikan riwayat IDI baik

Informasi Debitur Individual (IDI) merupakan syarat utama yang akan diminta oleh bank tempat kamu mengajukan kartu kredit. IDI bisa diperoleh dari Bank Indonesia yang bertindak sebagai pihak pengelola SID.

IDI diperlukan untuk memastikan dan melihat kemampuan dan komitmenmu dalam menggunakan kartu kredit. Apabila terdapat reputasi atau riwayat transaksi yang buruk, maka bank yang bersangkutan gak akan langsung menerima permohonan kamu, bahkan bisa berdampak pada penolakan permohonan kartu kredit oleh bank. 

2. Riwayat cash flow pribadi

Riwayat cash flow pemohon juga menjadi faktor lain agar pengajuan kartu kredit disetujui bank. Biasanya bank akan memperhatikan riwayat cash flow tiga bulan terakhir. 

Dari riwayat cash flow bank akan meneliti dan memperhatikan tentang jumlah saldo dan perputaran dana di dalam tabungan kamu. Apabila dalam 3 bulan terakhir kondisi tersebut baik dan mencukupi untuk pengajuan kartu kredit, kemungkinan besar permohonan akan dikabulkan.

3. Pilih bank yang sama dengan payroll gaji dari kantor 

Pemilihan bank tempat pengajuan kartu kredit juga harus dipertimbangkan. Memilih bank penerbit yang sama akan memudahkan pihak bank dalam melakukan pengecekan terhadap riwayat cash flow kamu.

Apabila gak ingin menggunakan penerbit yang sama dengan payroll kantor, Anda bisa memilih penerbit kartu yang sama dengan bank yang digunakan untuk menabung.

4. Ajukan limit kartu kredit sesuai penghasilan 

Bank biasanya memasang persyaratan rata-rata minimum gaji calon nasabahnya di angka tiga juta rupiah. Apabila gaji kamu di bawah tiga juta maka permohonan pengajuan bisa langsung ditolak. 

Berbeda jika gaji melebihi tiga juta namun belum berstatus karyawan tetap, bank akan mempertimbangkan persyaratan lain sebagai pendukung. 

5. Lengkapi semua dokumen pendukung 

Kelengkapan dokumen pendukung juga menjadi faktor penting pengajuan kartu kredit diterima. Dokumen yang diberikan juga harus dalam keadaan yang bisa dilihat dengan jelas. Jika ada dokumen yang buram hingga tidak terbaca, maka dokumen akan dianggap tidak sah. 

Apabila pengiriman dokumen melalui email, sebaiknya dikirim terlebih dahulu ke alamat email pribadi untuk memastikan penerima dapat mengunduh dokumen tersebut.

FAQ seputar pengajuan kartu kredit

Apa itu kartu kredit?

Kartu kredit adalah sebuah alat pembayaran dalam bentuk kartu yang diterbitkan oleh Bank untuk memudahkan para nasabahnya bertransaksi, dengan sistem pinjaman/kredit dari bank melalui kartu tersebut.   

Apakah bisa mengajukan aplikasi lebih dari satu bank secara bersamaan?

Bisa, kamu harus melengkapi masing-masing aplikasi secara terpisah.

Informasi apa saja yang harus dipersiapkan untuk mendaftarkan kartu kredit?

Secara umum kamu akan diminta untuk melengkapi informasi dasar tentang diri seperti nomor KTP, SIM, tanggal lahir, alamat dan pendapatan per tahun. Serta informasi pelengkap lainnya untuk keperluan verifikasi pengajuan. 

Berapa lama waktu yang akan dibutuhkan untuk mendapatkan kartu kredit?

Waktu tunggu dapat bervariasi. Beberapa penyedia kartu kredit dapat memberikan persetujuan secara instan, sementara beberapa penyedia lainnya memerlukan waktu bahkan sampai hitungan minggu. Biasanya, semakin baik peringkat kredit, semakin cepat waktu respon aplikasi kartu kredit yang diajukan. Setelah keputusan dibuat kamu akan diberitahu melalui surat, e-mail atau keduanya.

Apakah pendaftaran kartu kredit online itu aman?

Saat ini hampir seluruh penerbit kartu kredit telah menggunakan pendaftaran melalui online. Jangan khawatir semua data yang diberikan di dalam aplikasi tersebut dilindungi dengan fitur Secure Socket Layer (SSL), sebuah teknologi yang memastikan tingkat keamanan tertinggi di internet yang melibatkan enkripsi data canggih sehingga informasi kamu aman.

Apa itu CVV dan CVC?

CVV (untuk VISA) atau CVC (untuk Mastercard) adalah fitur keamanan pembayaran elektronik dan online yang diterbitkan oleh pihak penyedia kartu kredit untuk mempercayai transaksi online yang dilakukan dalam jumlah besar. Kode CVV/CVC ini terletak pada tiga digit angka terakhir yang ada di bagian belakang kartu kredit kamu.

Apa Itu Expire Date Kartu Kredit?

Expire date atau masa berlaku kartu kredit biasanya akan ditulis Valid Thru yang terdiri dari bulan dan tahun. Masa berlaku tersebut dapat bervariasi, mulai dari 2, 3, hingga 5 tahun. Jika masa berlaku ini telah habis, bank akan mengirimkan kartu kredit baru sebagai pengganti.

Apa itu Gesek Tunai Kartu Kredit?

Gesek tunai kartu kredit adalah aksi menarik sejumlah uang dengan cara menggesekkan kartu kredit ke mesin melalui Electronic Data Capture (EDC) di merchant tertentu, atau pada penyedia jasa gesek tunai lainnya.

Apa itu pembayaran minimum Tagihan Kartu Kredit?

Pembayaran minimum adalah jumlah minimal yang harus dibayarkan kepada bank oleh nasabah pengguna kartu kredit selambat-lambatnya saat jatuh tempo. Tujuan dari pembayaran minimum adalah memastikan bahwa rekening kartu kredit tidak bermasalah ke depannya. Biasanya, pembayaran yang diperbolehkan pada kartu kredit sebesar 10 persen dari total tagihan.  

Apa itu Biaya Surcharge Kartu Kredit?

Biaya surcharge kartu kredit dapat diartikan sebagai biaya yang dikenakan pada pemegang kartu saat bertransaksi menggunakan kartunya di sebuah merchant. Adanya biaya surcharge ini dilatarbelakangi oleh kerja sama antar-merchant dan pihak penerbit kartu kredit.

Nah, itu tadi syarat-syarat pengajuan kartu kredit bank-bank di Indonesia. Tinggal dicari saja nih mana kartu kredit yang cocok buat kamu gunakan. 

Oya jangan lupa lindungi dirimu dengan asuransi jiwa supaya jika kamu atau kerabatmu yang mengalami musibah bisa mendapatkan pertanggungan tunai dari perusahaan asuransi. 

Jadi berkat pertanggungan tunai ini, uang yang didapatkan bisa digunakan untuk melunasi tagihan kartu kredit andai nasabah asuransi tidak bisa melanjutkan  bekerja seperti sedia kala lagi.

Semoga bermanfaat ya!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →