Tabungan Berjangka BCA dan Bunganya [Plus Cara Daftar Online]

Tabungan berjangka BCA

Tabungan berjangka BCA bisa menjadi salah satu solusi terbaik buat kamu yang ingin mengumpulkan uang, tapi gak bisa menabung.

Ya, memang bisa dibilang gak sedikit orang yang menyepelekan dan menganggap menabung itu perkara mudah. Tapi, faktanya masih banyak orang yang selalu gagal menabung.

Penyebabnya pun beragam, mulai dari yang tiba-tiba ada kebutuhan mendesak, ada cicilan yang harus dilunasi dan beribu alasan lainnya.

Tapi, secara gak sadar, biang kerok yang membuat banyak orang selalu gagal menabung adalah karena faktor gaya hidup.

Tapi tenang aja, bukan berarti kamu gak bisa men-stop kebiasaan burukmu itu kok. Kamu tetap bisa menabung sedikit demi sedikit menggunakan strategi, yaitu dengan menggunakan tabungan berjangka.

Tabungan berjangka adalah salah satu fasilitas menabung, di mana uangmu akan ditarik otomatis oleh bank dari rekening tabungan induk di tanggal yang sudah ditetapkan.

Selain itu, tabungan berjangka juga memiliki jangka waktu menabung. Jadi, kamu gak bisa tuh menarik uangmu suka-suka.

Nah, kali ini Lifepal ingin mengulas tentang tabungan berjangka BCA yang menawarkan banyak keuntungan, mulai dari fasilitas bebas biaya administrasi hingga fasilitas asuransi yang mencapai Rp 1,5 miliar.

Gak usah berlama-lama, yuk langsung simak aja ulasannya di bawah ini seperti yang dikutip dari situs resmi Bank BCA.

Jenis-jenis tabungan berjangka BCA

Jika kamu tertarik menabung di tabungan berjangka, BCA punya dua program tabungan berjangka yang cocok buat kamu. Berikut ini daftarnya.

  • Tabungan Berjangka BCA
  • Tabungan Berjangka SiMuda

1. Tabungan Berjangka BCA

Tabungan Berjangka BCA diperuntukkan bagi individu usia 12 sampai 60 tahun, dengan batas waktu menabung maksimal sampai tepat di usia 65 tahun.

Untuk bisa mengikuti pilihan tabungan BCA ini, kamu harus memiliki produk yang lain, seperti Tahapan, Tahapan Gold, Tahapan Xpresi atau Tapres BCA.

Selain menawarkan produk tabungan bercangka, BCA juga menawarkan pilihan asuransi kesehatan, asuransi jiwa, dan asuransi umum dengan premi bersahabat. Yuk, lihat ulasan lengkap perusahaan di laman Asuransi BCA! 

2. Tabungan Berjangka SiMuda

Tabungan Berjangka SiMuda ini sebenarnya gak jauh beda sama Tabungan Berjangka BCA di atas. Hanya saja, tabungan ini lebih dikhususkan bagi kaum milenial, yaitu kalangan usia 18 sampai 30 tahun.

Agar bisa memiliki Tabungan Berjangka SiMuda, kamu harus terlebih dulu memiliki produk TabunganKu.

Mungkin sebagian kamu bertanya-tanya, kenapa harus memiliki tabungan lain di BCA sebelum membuka Tabungan Berjangka BCA atau Tabungan Berjangka SiMuda?

Syarat ini dimaksudkan agar kamu ‘terpaksa’ rutin menabung. Dengan sistem tersebut, uang tabungan kamu akan secara otomatis masuk ke rekening tabungan berjangka setiap bulannya.

Fitur tabungan berjangka BCA

Beberapa fitur tabungan berjangka BCA yang kamu dapatkan, yaitu:

  • Jangka waktu menabung cukup lama yaitu minimal 12 bulan dan maksimalnya 240 bulan.
  • Autodebet akan ditarik langsung dari rekening sumber dana, seperti Tahapan, Tahapan Gold, Tahapan Xpresi, atau Tapres BCA.
  • Setoran bulanan kecil yakni mulai dari Rp 500 ribu per bulan dan kelipatan Rp 50 ribu.
  • Dana tidak dapat ditarik selama jangka waktu menabung.
  • Mendapatkan fasilitas e-statement setiap bulan sampai dengan 2 tahun berjalan di KlikBCA Individu dan KlikBCA Bisnis.
  • Nasabah dapat memiliki lebih dari 1 rekening tabungan berjangka.
  • Kemudahan pengecekan saldo di KlikBCA Individu dan KlikBCA Bisnis.

Keuntungan tabungan BCA berjangka

Ada beberapa keuntungan yang ditawarkan tabungan berjangka BCA, seperti:

  • Bebas biaya administrasi bulanan.
  • Suku bunga di atas tabungan reguler.
  • Bisa menambah dana menabung sewaktu-waktu di luar setoran bulanan.
  • Nasabah tidak perlu repot melakukan setoran bulanan, karena akan ada proses autodebet dari rekening sumber dana.
  • Rekening yang telah jatuh tempo akan ditransfer ke rekening sumber dana dan nasabah akan mendapat pemberitahuan melalui SMS/Email.
  • Mendapat perlindungan asuransi jiwa selama menjadi nasabah tahapan berjangka yang manfaatnya dibedakan dari waktu lamanya menabung, dengan rincian:
    • <1 tahun, mendapatkan uang pertanggungan maksimal Rp 750 juta jika nasabah meninggal karena kecelakaan.
    • >1 tahun, mendapatkan uang pertanggungan maksimal Rp 750 juta jika nasabah meninggal karena sakit dan Rp 1,5 miliar jika nasabah meninggal karena kecelakaan.
    • Mendapat santunan uang kematian sebesar Rp 5 juta sebagai tambahan dari uang pertanggungan.

Persyaratan tabungan BCA berjangka

Kamu bisa membuka rekening tabungan berjangka di semua cabang Bank BCA. Berikut persyaratannya:

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Usia minimal 12 tahun dan maksimal 60 tahun
  • Mengisi formulir pembukaan tabungan berjangka.
  • Membawa identitas diri seperti KTP, SIM atau Paspor dan melampirkan foto kopinya.
  • Memiliki rekening di Bank BCA.

Biaya-biaya tabungan BCA berjangka

Tabungan berjangka BCA juga menawarkan beberapa biaya layanan gratis, seperti:

  • Biaya transaksi setoran di counter
  • Biaya administrasi bulanan
  • Biaya gagal debet
  • Biaya premi asuransi

Meski kamu dibebaskan dari beberapa tagihan di atas, namun perlu diketahui juga bahwa masih ada biaya yang perlu dibayarkan jika ingin menutup rekening sebelum jatuh tempo.

Dalam hal ini kamu akan dikenakan biaya 1% dari saldo akhir Tahapan Berjangka dengan ketentuan sebagai berikut.

  • Minimal biaya yang wajib dibayarkan adalah Rp50 ribu
  • Maksimal biaya yang wajib diayarkan adalah sebesar akumulasi bunga yang sudah dibayarkan kepada nasabah

Berbeda jika nasabah terpaksa melakukan penutupan rekening karena meninggal dunia, maka tidak akan dikenakan biaya.

Suku bunga tabungan BCA berjangka

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, suku bunga tabungan berjangka lebih besar daripada suku bunga tabungan reguler.

Di bawah ini adalah besaran suku bunga per tahun pada tabungan berjangka BCA, berdasarkan besaran iuran rutin bulanan.

Namun perlu kamu ketahui, besaran bunga ini dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung pada perkembangan pasar.

  • < Rp 500 ribu: 1,50 persen per tahun
  • < Rp 500 ribu – < Rp 1 juta: 2,5 persen – 3,50 persen per tahun.
  • > Rp 1 juta: 3 persen hingga 3,50 persen per tahun.

Hal-hal yang harus diperhatikan

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum memutuskan untuk mengalokasikan uangmu ke tabungan berjangka. Berikut di antaranya:

  • Jika di tanggal pendebetan tidak ada dana atau dana tidak mencukupi, maka akan dilakukan pendebetan ulang di akhir bulan.
  • Jika pendebetan gagal dilakukan dalam kurun waktu tiga bulan berturut-turut, maka rekening tabungan berjangka otomatis akan ditutup dan dana dikembalikan ke rekening sumber dana.
  • Nasabah tidak dapat melakukan penarikan dana sebelum waktu jatuh tempo berakhir. Jika tetap ingin dilakukan, maka akan dikenakan biaya penalti.

Cara buka rekening tabungan berjangka BCA

Gimana, tergiur gak dengan segala fasilitas dan keuntungan yang kamu peroleh dengan memiliki tabungan berjangka BCA? Sebenarnya sih segala fasilitas itu hanya nilai tambah aja buat kamu.

Sebab, yang lebih penting dalam keputusan kamu untuk mulai membuka tabungan ini adalah bahwa kamu udah sadar pentingnya menabung. Dengan menabung, kamu berarti udah mulai memikirkan masa depan kamu.

Nah, sekarang, gimana cara membuka rekening di tabungan berjangka BCA? Salah satu caranya adalah dengan kamu pergi ke cabang BCA manapun, lalu mendatangi customer service untuk minta dipandu dalam pembukaan rekeningnya.

Tapi, kalau kamu terlalu sibuk buat pergi ke bank, ternyata ada lho cara cepat buat membuka rekening ini. Bahkan, ini bisa kamu lakukan dengan laptop, komputer dekstop, bahkan smartphone yang terhubung ke internet.

Langkah pembuatan rekening tabungan berjangka lewat KlikBCA

Ya, caranya adalah dengan melalui fasilitas internet banking BCA, yakni KlikBCA Individual. Caranya mudah:

  • Kamu tinggal akses KlikBCA kamu dengan masukan username dan password seperti biasa.
  • Kemudian masuk ke menu “Pembukaan Rekening”.
  • Setelah itu, klik menu “Tahapan Berjangka” di laman selanjutnya.
  • Dari situ, kamu akan diarahkan ke laman Pembukaan Rekening – Tahapan Berjangka.
  • Pada bagian “Setoran Rutin Bulanan” isi jumlah dana yang sanggup kamu setorkan tiap bulan ke rekening tabungan berjangka. Minimal dana yang bisa disetorkan adalah Rp 500 ribu.
  • Ingat, pertimbangkan baik-baik jumlahnya, jangan sampai terlalu besar sehingga bisa mengganggu keuangan kamu tiap bulan. Putuskan jumlah tertentu yang sekiranya tidak akan bikin pemenuhan kebutuhan bulananmu terganggu.
  • Setelah itu, pilih jangka waktunya. Seperti disebutkan di atas, minimal 12 bulan dan maksimal 240 bulan.
  • Selanjutnya, pilih tanggal di mana BCA bakal meng-auto debet dana yang udah kamu tentukan tadi ke rekening tabungan berjangka kamu tiap bulannya.
  • Kemudian, berturut-turut, isi kolom “Tujuan” dengan tujuan penggunaan dana tabungan kamu, nomor handphone, dan email.
  • Jangan lupa juga untuk memilih satu dari tiga pilihan notifikasi yang disediakan, yaitu SMS, email, atau keduanya.
  • Selebihnya, ikuti panduan selanjutnya seperti memasukkan kode dengan token Key BCA kamu.

Gampang kan?

Nah, itu dia ulasan singkat tentang tabungan berjangka BCA yang bisa menjadi pilihanmu untuk mewujudkan impian memiliki dana di beberapa waktu mendatang. Untuk informasi lebih lengkap, kamu bisa langsung menghubungi Halo BCA di 1500888. 

Selain menabung, pastikan kamu juga terproteksi dengan asuransi kesehatan, ya! Percuma kan jika uang tabungan akhirnya harus digunakan jika terjadi risiko kesehatan. Biar gak salah pilih polis asuransi, konsultasikan terlebih dahulu dengan ahli asuransi secara gratis melalui Tanya Lifepal!

 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →