Biar Gak Dikatain Anti-sosial! Ini 6 Langkah Seimbangkan Pekerjaan dan Personal

Sebagai karyawan, tanggung jawab kerja emang harus banget kamu kedepankan. Namun, bila porsi pekerjaan dan kehidupan pribadi udah gak seimbang bisa jadi masalah. Pasalnya, kamu bakal stres sendiri, bahkan bisa membuat kesehatanmu menurun.

Ada baiknya, tanggung jawab kerja jalan dengan lancar, namun kamu pun masih bisa menikmati waktu istirahat.

Sebenarnya simpel kok buat menyeimbangkan tanggung jawab kerja dan kehidupan pribadi.

Bagaimana caranya? Ikuti aja enam langkah sederhana berikut ini:

Bikin perencanaan tugas

Perencanaan tugas
Perencanaan tugas

Langkah sederhana pertama yang bisa kamu lakukan adalah bikin perencanaan tugas. Dengan adanya perencanaan, kamu bisa membagi waktu dan memprediksi kapan pekerjaanmu selesai.

Biar makin mudah lagi, coba deh kerjakan tugas yang mudah terlebih dahulu. Jadi, kamu gak bakal membuang waktu karena stuck.

Kamu bisa bikin jadwal mulai dari pagi hingga sore hari pas jam bekerja selesai. Bagi-bagi waktu tersebut dengan cara membuat timeline tugas-tugas yang harus diselesaikan hari itu.

Dengan begitu, kamu gak perlu deh bawa tugas kantor ke rumah. Sebab, kamu udah kelarin pekerjaan kamu di hari itu. Asyik, kan?

Baca juga:

Mengapa Banyak Orang Mencari Pekerjaan Baru di Januari? Ini Alasannya

Gunakan waktu istirahat semaksimal mungkin

Memanfaatkan waktu istirahat
Memanfaatkan waktu istirahat

Fokus menyelesaikan pekerjaan di hari itu bukan berarti kamu gak ada waktu istirahat sama sekali. Ini pula gunanya timeline pekerjaan.

Membagi waktu selama jam kantor tentu harus termasuk waktu buat istirahat. Kalau emang waktunya istirahat, maka pergunakanlah semaksimal mungkin. Misalnya, pas istirahat makan siang, kamu ya makan siang.

Bahkan, kamu harus sebisa mungkin menghindari makan siang di meja kerja. So, kamu benar-benar rehat sejenak dari beban pekerjaan.

Baca juga:

Dari Go-Jek, Tokopedia hingga Bukalapak, Pekerjaan Ini Bergaji Dua Digit Lho 

Matikan notifikasi pekerjaan saat di luar kantor

Memanfaatkan notifikasi saat di luar kantor
Memanfaatkan notifikasi saat di luar kantor (Bos/HRM Online)

Tanggung jawab kerja di hari itu udah beres? Kalau ya, saatnya kamu segera pulang dari kantor. Kemudian, matikan notifikasi pekerjaan kalau emang memungkinkan.

Ini berlaku bukan cuma saat pulang kantor, tapi juga saat cuti dan weekend. Tak perlu terlalu khawatir terhadap pekerjaan dengan mengecek e-mail terus-menerus. Nikmati waktumu, kawan!

Nikmati olahraga

Menikmati momen olahraga
Menikmati momen olahraga

Menyeimbangkan antara tanggung jawab kerja dan personal juga bisa kamu lakukan dengan olahraga. Kenapa?

Tubuh kita butuh dilatih buat tetap bugar. Sementara biasanya pekerja kantoran terbiasa buat duduk seharian tanpa pergerakan berarti.

Daripada tubuh kamu makin lemah dan kurang sehat karena kurang olahraga, yuk mulai sekarang sisihkan waktu. Ssst, banyak penyakit yang menghantui mereka yang gak menjaga tubuh mereka tetap fit!

Manfaatkan weekend buat istirahat atau bersama keluarga

Memanfaatkan waktu weekend bersama keluarga
Memanfaatkan waktu weekend bersama keluarga

Seperti yang udah sempat disinggung sebelumnya, kalau memang Weekend atau cuti, maka jangan pikirkan pekerjaan.

Pergunaan waktu weekend kamu buat bersama keluarga atau istirahat. Sayang aja kan karena terlalu mikirin tanggung jawab kerja, kamu malah melupakan keluarga dan diri kamu sendiri.

Batasi pembicaraan soal kantor dan pekerjaan

Batasi pembicaraan soal pekerjaan dan pribadi
Batasi pembicaraan soal pekerjaan dan pribadi

Biar makin “waras”, kurang-kurangi pembicaraan soal kantor dan pekerjaan, khususnya bila di luar kantor. Bahkan, bila kamu kamu sedang mengobrol bersama rekan kerja.

Cara ini juga bermanfaat buat bikin sekat antara kehidupan pribadi dan pekerjaan dengan rekan kantor.

Dengan gitu, urusan pekerjaan biarlah dibicarakan saat di kantor. Sementara urusan pribadi ya tetap jadi urusan pribadi tanpa dibawa ke kantor.

Kamu pun gak bakal terbebani dengan teringat terus pada tugas kantor, tugas kantor, dan tugas kantor. Duh!

Bagaimana? Yuk, coba deh buat seimbangkan antara tanggung jawab kerja dan kehidupan pribadi. Buat kehidupan yang lebih seimbang sehingga kamu pun bisa lebih produktif bekerja. (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →