Sama Sekali Gak Mewah, Begini Tempat Tinggal Jack Ma Sebelum Tajir

Jack Ma. (Shutterstock)

Bos Alibaba Jack Ma udah pasti punya tempat tinggal mewah. Kabarnya nih, harga propertinya termahal kedua di dunia.

Emang sih itu udah dibantah sendiri olehnya di surat kabar lokal. Jack Ma pernah bilang kalau dia gak pernah punya waktu buat menikmati kekayaannya sendiri. Tapi ya tetap aja, gak mungkin orang seperti Jack Ma gak tinggal di tempat bagus.

Daripada kita menebak-nebak gimana penampakan tempat tinggal Jack Ma saat ini, gimana kalau kita lihat aja apartemen beliau sebelum jadi orang terkaya di Cina?

Selain berfungsi sebagai tempat tinggal, apartemen ini merupakan kantor pertama Alibaba Group lho. Apartemen yang ada di Hangzhou ini dia tempati bersama sang istri.

Yuk simak ulasannya di bawah ini.

1. Mirip rusun tapi balkonnya luas

Tempat tinggal Jack Ma. (cnbc.com)
Tempat tinggal Jack Ma. (cnbc.com)

Dari foto, tempat tinggal Jack Ma tahun 1999 gak jauh beda sama rumah susun di Jakarta. Yang membedakan adalah, balkon di bangunan berwarna krem itu sedikit lebih luas.

Walaupun luas ,palingan juga dipakai jadi tempat jemuran baju. Ya gak?

Kalau diperhatikan, bangunannya juga udah berumur. Wajar aja, Jack Ma udah tinggal di sini sejak tahun 1990an. Bisa jadi bangunannya udah ada dari tahun 1980an.

2. Gak seperti tempat tinggal

Tempat tinggal Jack Ma. (cnbc.com)
Tempat tinggal Jack Ma. (cnbc.com)

Mengingat tempat tinggal Jack Ma emang merupakan kantor pertama Alibaba, maka suasana yang kamu temukan ketika masuk ke dalam apartemen ini gak jauh beda sama kantor.

Kabarnya, karyawan-karyawan Alibaba dulu kerja keras bagai kuda di sini. Mereka sampai gak pernah libur demi kejar target.

Di apartemen inilah lahir Alipay, TMall, dan TaoBao. Produk-produk itulah yang akhirnya menjadi penyumbang keuntungan terbesar bagi Alibaba.

3. Ada enam kamar dan punya fasilitas lengkap

Tempat tinggal Jack Ma. (cnbc.com)
Tempat tinggal Jack Ma. (cnbc.com)

Apartemen ini terdiri dari enam kamar dan punya fasilitas lengkap, terutama dalam hal olahraga. Lapangan basketnya aja ada dua, ada yang indoor dan ada juga yang outdoor.

Selain lapangan basket, di situ juga ada lapangan sepak bola, tempat main biliar, ping-pong, gym hingga kafe dan tempat makan.

Kabarnya, walau karyawan-karyawan Alibaba dituntut kerja keras, mereka ternyata senang bekerja di sana. Bisa jadi hal itu karena tempat kerjanya yang nyaman dan dilengkapi banyak fasilitas. Pengin cari makan aja gampang.

4. Listrik di apartemen ini dulu sering padam

Tempat tinggal Jack Ma. (cnbc.com)
Tempat tinggal Jack Ma. (cnbc.com)

Apartemen ini sering mati listrik. Wajar aja, mungkin itu disebabkan karena aktivitas kerja karyawan dan daya listrik yang kurang mendukung pada saat itu.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Di tahun 2003, Cina dihantam oleh gelombang panas yang bikin sebagian wilayah di Hangzhou harus menjatah konsumsi listrik.

Bahkan ada saat dimana pada siang hari AC gak boleh dinyalakan. Pemadaman listrik secara bergilir pun kerap dilakukan.

Alhasil tempat tinggal Jack Ma yang jadi satu sama kantornya terpaksa harus mati listrik sementara. Tapi siapa sangka, dari kantor yang mati listrik itu ternyata Alibaba jadi salah satu perusahaan raksasa di kemudian hari.

5. Karyawan dan istri Jack Ma makan di ruang makan yang sama

Tempat tinggal Jack Ma. (cnbc.com)
Tempat tinggal Jack Ma. (cnbc.com)

Jadi, dapur di apartemen Jack Ma itu jadi satu dengan ruang makan. Tempat itu menjadi tempat makan Jack Ma, istrinya, dan seluruh karyawan Alibaba.

Bisa dibilang, Jack Ma udah gak punya privasi ketika tinggal di sana. Semua orang yang kerja di Alibaba bisa dengan mudah tahu seperti apa rumah tangga Jack Ma.

Buat sebagian orang, tentu hal ini gak nyaman. Tapi buat orang yang telah menjadi salah satu orang terkaya di Negeri Tirai Bambu ini, dia gak masalah dengan hal itu.

Itulah tempat tinggal Jack Ma yang juga menjadi tempat lahirnya Alibaba.

Pada intinya, di mana pun kamu tinggal, kamu bisa mendirikan usaha dan menjadikannya sebagai kantor. Tapi ya otomatis hal itu bakal mengganggu privasi jika kamu udah berkeluarga.

Tertarik mendirikan usaha di tempat tinggal sendiri? Semangat aja, gak sedikit kok usaha yang bisa kamu rintis, ya termasuk yang modelnya kayak Alibaba ini.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →