5 Tempat Wisata Semarang di Bawah Rp 20 Ribu yang Cocok untuk Habiskan Libur Akhir Tahun

Masjid Agung Jawa Tengah Menjadi Salah Satu Tempat wisata Semarang di Bawah Rp 20 Ribu yang Cocok untuk Habiskan Liburan Akhir Tahun (Shutterstock).

Sebagai Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah, tak ayal membuat Semarang banyak dikunjungi wisatawan. Selain letaknya yang dekat dari Jakarta, hanya berkisar kurang lebih enam jam saja menjadikan tempat wisata Semarang kian diminati. 

Apalagi dalam menyambut libur akhir tahun seperti saat ini. Daripada bingung mau kemana, gak ada salahnya kan mampir ke kota yang khas dengan Lumpia nya ini. Meskipun dijuluki sebagai kota industri, Semarang memiliki banyak tempat wisata. Mulai dari wisata air, museum, taman rekreasi bahkan wisata religi dapat kamu temui disini.

Kamu bisa juga belajar sejarah atau datang ke destinasi wisata baru yang keren serta murah meriah lho. Nah kali ini Lifepal bakalan bahas beberapa tempat wisata murah di bawah Rp 20 ribu yang ada di Semarang merangkum dari pelbagai sumber, yuk kita simak ulasan berikut ini. 

1. Klenteng Sam Po Kong

Tempat wisata Semarang
Klenteng Sam Po Kong (Shutterstock).

Objek yang satu ini sangat terkenal di Semarang. Klenteng ini berada di Jalan Simongan No.129, Bongsari, Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah. Mengutip laman Brilio, objek wisata ini merupakan tempat peribadatan masyarakat Konghucu yang selalu ramai setiap harinya.

Bangunannya yang megah serta arsitekturnya yang unik memberikan nuansa seperti di negeri Cina. Dalam kompleks ini juga terdapat patung Laksamana Cheng Ho berdiri di depan klenteng. Cukup dengan uang sebesar Rp 5 ribu saja, kamu udah bisa masuk dan berkeliling ke dalam klenteng ini lho. Murah banget kan! 

2. Lawang Sewu

Tempat wisata Semarang
Lawang Sewu (Shutterstock).

Lawang Sewu adalah gedung bersejarah di Indonesia yang berlokasi di Kota Semarang, Jawa Tengah. Gedung ini, dahulu yang merupakan kantor dari Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS. Dibangun pada tahun 1904 dan selesai pada tahun 1907. Terletak di bundaran Tugu Muda yang dahulu disebut Wilhelminaplein.

Masyarakat setempat menyebutnya Lawang Sewu karena bangunan tersebut memiliki pintu yang sangat banyak, meskipun kenyataannya, jumlah pintunya tidak mencapai seribu. Bangunan ini memiliki banyak jendela yang tinggi dan lebar, sehingga masyarakat sering menganggapnya sebagai pintu (lawang).

Bangunan kuno dan megah berlantai dua ini setelah kemerdekaan dipakai sebagai kantor Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia (DKARI) atau sekarang PT Kereta Api Indonesia. Selain itu pernah dipakai sebagai Kantor Badan Prasarana Komando Daerah Militer (Kodam IV/Diponegoro) dan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Perhubungan Jawa Tengah. 

Pada masa perjuangan gedung ini memiliki catatan sejarah tersendiri yaitu ketika berlangsung peristiwa Pertempuran lima hari di Semarang (14 Oktober – 19 Oktober 1945). Gedung tua ini menjadi lokasi pertempuran yang hebat antara pemuda AMKA atau Angkatan Muda Kereta Api melawan Kempetai dan Kidobutai, Jepang. Maka dari itu Pemerintah Kota Semarang dengan Surat Keputusan Wali Kota Nomor. 650/50/1992, memasukan Lawang Sewu sebagai salah satu dari 102 bangunan kuno atau bersejarah di Kota Semarang yang patut dilindungi.

Untuk masuk ke dalam bangunan bersejarah ini, kamu wajib mengeluarkan kocek sebesar Rp 10 ribu aja guys. Lokasinya juga strategis kok, Lawang Sewu berada di Jl. Pemuda, Sekayu, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah. 

3. Goa Kreo

Tempat wisata Semarang
Goa Kreo (Tribunnews)

Goa Kreo juga menjadi salah satu tempat wisata Semarang yang gak boleh ketinggalan kamu kunjungi ya. Kawasan ini merupakan sebuah goa yang dipercaya sebagai petilasan Sunan Kalijaga saat mencari kayu jati untuk membangun Masjid Agung Demak. Menurut legenda, Sunan Kalijaga bertemu dengan sekawanan kera yang kemudian disuruh menjaga kayu jati tersebut. 

Kata “Kreo” berasal dari kata Mangreho yang berarti peliharalah atau jagalah. Kata inilah yang kemudian menjadikan goa ini disebut Goa Kreo dan sejak itu kawanan kera yang menghuni kawasan ini dianggap sebagai penunggu. Untuk sampai ke mulut Goa, kamu perlu melewati pelbagai anak tangga yang cukup curam. Kalau mau bersantai sejenak sambil menikmati pemandangan air terjun juga bisa. Air terjun tersebut berasal dari mata air jernih yang gak akan kering meski musim kemarau tiba. 

Untuk masuk ke objek wisata ini gak mahal kok guys! Kamu cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 4 ribu aja. Lokasinya ada di Jl. Raya Goa Kreo, Kandri, Kec. Gn. Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah. 

4. Masjid Agung Jawa Tengah

Tempat wisata Semarang
Masjid Agung Jawa Tengah (Shutterstock).

Wisata religi yang satu ini ada di Jalan Gajah Raya, Gayamsari, Semarang, Jawa Tengah. Disini, kaum Muslim bukan hanya datang untuk sembahyang saja, tetapi setelahnya dipakai untuk berkeliling melihat kemegahan Masjid dari dekat. 

Cukup membayar uang sebesar Rp 7 ribu saja kamu udah bisa melihat keindahan kota Semarang dari atas ketinggian 99 meter lho. Kamu hanya perlu masuk dan naik ke atas menara yang ada di Masjid ini. Selain itu, Masjid ini juga memiliki enam payung raksasa seperti masjid Nabawi di Madinah, Masha Allah indah banget kan?

5. Umbul Sidomukti

Tempat wisata Semarang
Umbul Sidomukti (Trip123)

Nah kalau kamu mencari objek wisata dataran tinggi, gak salah kalau pilihannya ke Umbul Sidomukti guys. Kawasan wisata umbul Sidomukti ini merupakan salah satu Wisata Alam Pegunungan di Semarang, berada di Desa Sidomukti Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. 

Disini kamu bisa melihat keindahan kota Semarang dari atas ketinggian kota Ungaran. Dari Kota Semarang kamu bisa mencapainya sekitar satu jam perjalanan. Tiket masuk ke lokasi wisata ini Rp 5.000 untuk hari biasa dan Rp 10.000 untuk akhir pekan. Di sini kamu dapat menikmati kopi, berlesehan di pondok lesehan maupun berenang di kolam renang alam yang lantai dan dindingnya terbuat dari batu alam.

Nah itu tadi lima tempat wisata Semarang di bawah Rp 20 ribu yang bisa bikin liburan akhir tahun kamu semakin menyenangkan. Udah deket dari Jakarta, objek wisatanya murah-murah nih, jadi makin irit bujet dong pastinya. Gimana, tertarik gak nih buat menghabiskan liburan ke kota Lumpia nan bersejarah ini? Selamat berlibur ya! Semoga bermanfaat! (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →