Terapkan 5 Cara Positive Thinking Ini Agar Hidup Lebih Sejahtera

hidup lebih sejahtera

Bebas dari masalah finansial bisa dibilang sebagai tujuan hidup semua manusia di muka bumi. Siapa sih yang gak mau sukses secara finansial? Lalu bagaimana sih cara membangun kesuksesan finansial? Jawabannya adalah dengan positive thinking alias berpikir positif.

Ternyata, positive thinking dapat membantu kita hidup lebih sejahtera loh. Kok bisa? Ketika kita mengubah cara pandang keuangan menjadi lebih positif,  kita akan melihat uang dari segi yang berbeda, begitu pula dengan cara mengelola keuangan.

Pola pikir negatif tentang uang, seperti membenci uang dan membenci orang kaya akan sangat merugikan. Orang tersebut gak akan pernah berubah menjadi lebih sejahtera jika masih memiliki pola pikir negatif terhadap uang.

Sebaliknya, saat kita berpikir positif, ada kekuatan yang membuat kita lebih mengetahui cara mengelola uang dengan lebih baik dan menemukan cara yang lebih baik untuk mencapai kesejahteraan finansial.

Saat krisis atau badai finansial menerpa seperti di-PHK atau menjelang pensiun pasti gak orang mengalami kejatuhan secara moral.

Coba terapkan 5 cara positive thinking dalam mengurus keuangan ini agar hidup kamu lebih sejahtera.

1. Mulai dengan Mensyukuri Keadaan Saat Ini

hidup lebih sejahtera
Bersyukur masih diberi umur dan sehat ya! (Orang Bersujud / Jokosusilo)

Ada dua hal yang membuat seseorang gak bahagia. Yaitu lupa bersyukur dan membandingkan diri dengan orang lain. Coba introspeksi, lihat kehidupan dan dunia tempat kita tinggal.

Siapkan waktu untuk menyadari bahwa banyak hal yang luar biasa, mulai dari keluarga, kesehatan, pekerjaan, teman, koneksi, teknologi yang mempermudah hidup dan lain sebagainya.

Mensyukuri keadaan kita saat ini, bukan berarti berhenti untuk melakukan perbaikan agar lebih baik lagi. Justru dengan bersyukur, kita akan lebih mudah melakukan perbaikan. Akan ada lebih banyak harapan akan masa depan yang lebih baik, khususnya masa depan finansial.

2. Lakukan Visualisasi Tujuan Kita

Setiap orang yang ingin sukses, mulai dari atlet, para Direktur perusahaan, motivator, pasti akan memvisualisasikan tujuan mereka.

Wujudkan impian menjadi sebuah kenyataan dengan cara menggambarkan atau visualisasi.

Apa saja yang dapat dilakukan untuk memvisualisasi mimpi Anda? Di antaranya:

– Memiliki rencana keuangan sebagai panduan untuk mewujudkan tujuan-tujuan keuangan

– Membuat anggaran pengeluaran bulanan mulai dari kebutuhan pribadi sampai dengan liburan

– Membuat anggaran pemasukan dengan detail darimana saja sumber pemasukan tersebut termasuk menambah sumber pemasukan.

– Mulai miliki gaya hidup yang lebih sehat dengan berolahraga, konsumsi asupan yang bergizi dan kebiasaan baik lainnya. Ternyata hal ini dapat membantu menghemat biaya bulanan.

– Siapkan rencana cadangan untuk kondisi-kondisi yang gak terduga dengan cara menyiapkan dana darurat dan asuransi. 

3. Ucapkan dengan Lantang dan Penuh Keyakinan

hidup lebih sejahtera
Bangun pagi langsung senyum ya sis biar energinya positif (Bangun Tidur / Liputan6)

Selain membuat gambaran kondisi ideal, katakan dengan lantang tujuan-tujuan keuangan kita, ulangi lagi dan lagi. Tujuannya adalah agar otak menerima afirmatif positif dan hukum law of attraction mengalir.

Menurut Rhonda Byrne dalam bukunya berjudul The Secret mengatakan, seluruh alam semesta dan diri kita akan terdorong sesuai dengan apa yang kita pikirkan.

Coba katakan: saya ingin keluar dari jeratan utang, saya ingin pensiun muda dan kaya. Saya ingin menjadi lebih sejahtera, saya ingin mencapai kebebasan keuangan, saya ingin berguna untuk lebih banyak orang dan lainnya.

Setelah itu segera lakukan langkah-langkah perubahan, mulai dari perubahan yang kecil dan mudah saja dulu.

4. Tuliskan Pencapaian-Pencapaian dalam Bidang Finasial

Mulailah membuat catatan keuangan pribadi dalam bentuk apapun yang kamu suka. Bisa saja berupa seperti buku diary atau file di laptop.

Catat tujuan, target hingga pencapaian keuangan kamu di situ. Dari situ kamu bisa memonitor sudah digunakan untuk apa saja uang kamu selama ini.

hidup lebih sejahtera
Duit tuh musti dihitung dan disayang, nyarinya kan susah bro! (Hitung Uang / Webpraktis)

5. Bagikan Hal-Hal Positif dengan Berbagi ke Orang Lain

Bagikan dan tularkan hal-hal positif kepada sesama. Supaya gak hanya kamu saja yang dapat hidup sukses, tetapi orang-orang di sekelilingmu juga.

Mulailah dengan menularkan aura positif, cara-cara untuk menjadi positif, membantu sesama, beramal (membayar zakat, perpuluhan dan donasi).

Banyak orang masih bingung apa yang harus dilakukan untuk menjadi lebih sejahtera secara finansial. Salah seorang psikologi dan ahli perdagangan saham, Dr. Alexander Elder mengatakan, bahwa pola pikir adalah kekuatan hebat yang dimiliki oleh setiap orang. Kekuatan itu bisa menjadi menghancurkan kita jika berpikiran negatif. Dan sebaliknya kekuatan tersebut dapat menguatkan jika berpikiran positif.

Jangan hanya punya pemikiran yang positif, tapi jagalah pemikiran tersebut dengan cara selalu memulai hari dengan pemikiran positif. Membangun lingkungan keluarga, lingkungan kerja yang positif serta menghabiskan waktu bersama orang-orang yang berpikiran positif.

Yang terkait artikel ini;

[Baca: Jangan Iri dengan Kesuksesan Orang Lain Kamu Juga Bisa Sukses Kok dengan 10 Cara Ini]

[Baca: Kenapa Sih Susah Banget Jadi Orang Kaya 10 Alasannya]

[Baca: Jadilah Jomblo Bahagia Fokus Keuangan Kamu]

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →