Lebaran ala Negeri Paman Sam, Yuk Lihat Uniknya Tradisi Perayaan Thanksgiving

thanksgiving

Tradisi pulang kampung gak hanya dilakukan oleh masyarakat Indonesia aja ketika momen Lebaran. Warga Amerika Serikat setiap tahunnya juga memanfaatkan perayaan Thanksgiving buat pulang ke kampung halaman atau sekedar berkumpul bersama teman atau saudara dekat. Yuk kita lihat kebiasaan apa yang suka dilakukan oleh mereka saat perayaan Thanksgiving.

Bermula pada tahun 1620-an di mana sekelompok penganut religius yang berasal dari Britania Raya mencoba buat mencari tempat tinggal baru dengan menyeberangi lautan. Setelah terombang-ambing selama kurang lebih 2 bulan, sampailah mereka di sebuah wilayah dikenal dengan Massachusetts, Amerika Serikat.

Setelah mendapatkan tempat buat tinggal di area tersebut, para kelompok yang dulu dikenal dengan sebutan Puritan ini mengadakan sebuah pesta buat merayakan hasil panen pertamanya pada November 1621.

Selama hampir 3 hari mereka marayakan acara tersebut bersama dengan beberapa suku asli setempat. Nah, sejarah perayaan panen inilah yang dipercaya banyak pihak sebagai awal mula perayaan Thanksgiving di Amerika Serikat.

Walaupun ketika itu mereka sendiri gak menyebutnya dengan nama yang kita kenal sekarang, mengutip dari Britannica.

Baca juga: Berhiaskan 3 Ribu Berlian, Ini Telur Paskah Termahal yang Harganya Rp 135 Miliar!

Thanksgiving di rayakan hari kamis di minggu keempat bulan November

thanksgiving
Perayaan yang identik dengan menyantap ayam kalkun ini mirip Lebaran lho, (static.politico.com).

Setiap tahunnya para masyarakat Amerika Serikat selalu merayakan acara ini setiap hari kamis di minggu keempat bulan November.

Waktu tersebut diambil hampir bersamaan dengan sejarah terbentuknya tradisi tersebut oleh kelompok Puritan bersama suku asli Amerika lainnya.

Namun yang unik adalah gak setiap negara di dunia yang merayakan hari tersebut pada waktu yang sama dengan Negeri Paman Sam. Contohnya seperti di Kanada yang rutin mengadakannya setiap hari senin minggu kedua bulan Oktober.

Baca juga: 5 Pengeluaran yang Gak Terduga dan Bikin Pusing Saat Mudik Lebaran!

Diperkirakan 54 juta orang pergi dalam waktu yang bersamaan

thanksgiving
Diperkirakan 54 juta orang pergi dalam waktu yang bersamaan,(Latimes.com).

Karena memiliki jumlah penduduk yang sangat banyak maka gak aneh kalau macetnya jalanan saat perayaan Thanksgiving di Amerika Serikat menyaingi kebiasaan pulang kampung yang ada di di Indonesia selama ini.

Tercatat pada momen perayaannya di 2018 ada kurang lebih 54 juta warga Amerika Serikat yang berpergian keluar kota. Di mana 49 juta di antaranya menggunakan kendaraan pribadi.

Angka tersebut naik sekitar 4,8 persen dari tahun sebelumnya dan mencatatkan rekor tertinggi semenjak tahun 2005.

Kalau udah gitu tentu aja kondisi lalu lintas khususnya di jalan bebas hambatan (red: jalan tol) kemacetan yang parah banget. Salah satu kota yang paling berdampak akan kejadian ini adalah Los Angeles, dikutip dari Standard.

Baca juga: 7 Tips Aman Mudik Lebaran Menggunakan Mobil

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Identik dengan menu makanan ayam kalkun

thanksgiving
Identik dengan menu makanan ayam kalkun, (independent.co.uk).

Setelah sampai tujuan dan beristirahat sejenak, mereka yang telah bermacet-macetan ria bakal mengadakan pesta puncaknya dengan menyediakan menu ayam kalkun.

Kenapa yang jadi hidangan utama Thanksgiving ayam kalkun? Karena ayam kalkun adalah binatang asal wilayah Amerika yang mudah ditemukan dan udah jadi tradisi semenjak dulu masyarakat asli Amerika.

Harganya yang lumayan mahal bikin daging yang satu ini gak terbiasa disajikan setiap hari di meja makan. Bisa dibilang tekstur dari ayam kalkun sedikit lebih lembut daripada ayam yang kita konsumsi sehari-hari. Kamu pernah coba belum?

Di mana ada Thanksgiving di situ ada diskon Black Friday

thanksgiving
Di mana ada Thanksgiving di situ ada diskon Black Friday, (Ilustrasi/Pixabay).

Buat yang hobi belanja pasti pernah dengar sama yang namanya diskon Black Friday. Diskon gila-gilaan yang diberikan oleh seluruh retail offline maupun online di Amerika Serikat ini merupakan event buat menyemarakkan hari libur nasional tersebut.

Virus-virus tersebut bahkan udah menyerang beberapa negara lainnya yang ikut-ikutan mengadakan Black Friday tetapi dengan nama yang berbeda-beda.

Salah satunya adalah di Indonesia yang dikenal dengan nama Hari Belanja Online Nasional atau lebih dikenal Harbolnas. Potongan harga diberikan juga gak kalah banyak sama yang ada di Amerika Serikat sana lho.

Negara lain yang mengadakan Thanksgiving

thanksgiving
Perayaan Thanksgiving juga banyak dirayakan di negara lain, (Ilustrasi/Pixabay).

Gak dirayakan di Amerika Serikat aja, perayaan hasil panen ini juga digelar di beberapa negara barat lainnya seperti di Jerman, Kanada dan kepulauan Norfolk.

Sedangkan buat negara bagian timur ada beberapa yang mengikutinya seperti China, Jepang, Vietnam serta Korea Selatan. Hanya aja perayaannya gak sebesar di Amerika Serikat.

Nah, itulah beberapa sejarah dan fakta tentang perayaan Thanksgiving yang ada di Amerika Serikat. Walau gak sama persis dengan perayaan Idul Fitri kayak di Indonesia tetapi kebiasaan yang dilakukan gak berbeda jauh sama apa yang kita lakukan yakni berkumpul bersama orang terdekat. Berminat buat liburan ketika momen itu? (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →