Dari Aktivis hingga Jadi Komisaris Lippo Cikarang, Ini Fakta-fakta Theo L. Sambuaga

Theo L. Sambuaga

Theo L. Sambuaga pastinya berbangga hati sebab anaknya, Jerry Sambuaga, ditunjuk buat menjabat posisi Wakil Menteri Perdagangan. Jerry Sambuaga yang resmi dinyatakan sebagai Wamen pada Jumat (25/10) bakal mendampingi Menteri Perdagangan Agus Suparmanto.

Sosok Theo L. Sambuaga sendiri dikenal aktif berpolitik di Partai Golkar. Berkat keaktifan di partai berlambang pohon beringin tersebut, Theo mendapat kesempatan menjadi bagian dari Pemerintah dengan menduduki posisi anggota dewan hingga menjadi menteri.

Anaknya, Jerry Sambuaga, pun juga diketahui aktif di Partai Golkar sejak masih remaja sebagaimana diungkap di website resminya jerrysambuaga.id. Sejumlah posisi pernah ditempati anak Theo. Salah satunya menjadi Fungsionaris tingkat Pusat DPP Partai Golkar.

Lalu, gimana dengan Theo L. Sambuaga yang sebelum menjadi Komisaris PT Lippo Cikarang, Tbk. ternyata aktif di pemerintahan? Berikut ini fakta-faktanya dirinya yang kini menjadi duduk di kursi komisaris Lippo Cikarang.

Baca juga: Gaji Capai Ratusan Juta per Bulan, Ini Daftar 5 Bos BUMN Berharta Ratusan Miliar Rupiah!

1. Theo L. Sambuaga punya gelar sarjana dari Universitas Indonesia dan master dari John Hopkins University

Theo L. Sambuaga
Theo L. Sambuaga punya gelar sarjana dari Universitas Indonesia dan master dari John Hopkins University, (Ilustrasi/Shutterstock).

Theo L. Sambuaga lahir di Manado pada 6 Juni 1949. Nama Sambuaga di belakangnya menjadi bukti kalau dirinya merupakan putra Minahasa.

Theo diketahui menempuh pendidikan tingginya di Universitas Indonesia. Ia menyelesaikan pendidikannya dengan gelar Sarjana dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik pada Oktober 1977.

Gak cuma gelar sarjana, Theo juga meraih gelar master dari John Hopkins University. Ia mendapat gelar tersebut setelah menyelesaikan pendidikannya di School of Advanced International Studies (SAIS) pada tahun 1990.

Baca juga: Berdiri Megah Di Hong Kong, Ini 5 Fakta Lippo Centre Milik Keluarga Riady

2. Aktif berpolitik dengan mulai bergabung dalam Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI)

Theo L. Sambuaga
Ia pun juga kerap aktif di beberapa organiasi, (Wikipedia).

Boleh jadi persinggungan Theo dimulai ketika dirinya aktif di Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI). Bahkan, di organisasi yang berdiri di Surabaya pada 23 Maret 1954 tersebut, Theo sempat berada dalam struktur pimpinan.

Di GMNI pula ia berkenalan dengan tokoh-tokoh politik nasional lainnya. Tokoh-tokoh yang berkawan dengan Theo di GMNI antara lain Awang Faroek Ishak, Taufik Kiemas, hingga Soerjadi.

Hingga kini Theo diketahui masih terbilang aktif dalam GMNI. Ia tercatat sebagai Ketua Dewan Pakar Persatuan Alumni Gerakan Nasional Indonesia (PA GMNI).

Baca juga: Bakal Bangun 100 Ribu Rumah, Seperti Ini Performa Saham Lippo Karawaci

3. Kegiatan politiknya berlanjut ke Partai Golkar hingga akhirnya menjadi anggota DPR dan Menteri

Theo L. Sambuaga
Kegiatan politiknya berlanjut ke Partai Golkar hingga akhirnya menjadi anggota DPR dan Menteri, (Ilustrasi/Shutterstock).

Setelah dari GMNI, keaktifan Theo L. Sambuaga berlanjut dengan terlibat aktif di Partai Golongan Karya (Golkar). Beberapa kali namanya tercatat sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang mewakili partai tersebut.

Theo tercatat sebagai anggota DPR Fraksi Karya Pembangunan dari Jawa Timur (1987-1997). Kemudian ia juga menjadi anggota DPR Fraksi Karya Pembangunan dari Sulawesi Utara (1997-1998). Sebelumnya posisi anggota DPR udah pernah ia jabat pada 1982 sebagai wakil dari Golongan Pemuda.

Theo pernah dipercaya menjadi Menteri Tenaga Kerja dalam Kabinet Pembangunan VII (1998). Begitu juga saat B.J. Habibie menjadi Presiden RI, ia dipercaya sebagai Menteri Negara Perumahan dan Permukiman (1998-1999). Terakhir, Theo diketahui menjabat Ketua Komisi I DPR (2004-2009).

4. Menjadi komisaris di Lippo Cikarang dan banyak perusahaan terbuka lainnya

Theo L. Sambuaga
Menjadi komisaris di Lippo Cikarang dan banyak perusahaan terbuka lainnya, (Lippo Group).

Bukan cuma berkecimpung di dunia politik, Theo L. Sambuaga juga terlibat aktif di dunia bisnis. Ia mendapat kepercayaan di beberapa perusahaan Tbk. dengan menjadi komisaris. Salah satunya dengan menjadi Presiden Komisaris di PT Lippo Cikarang, Tbk. (LPCK) yang terus dijabatnya hingga tahun 2020.

Selain di PT Lippo Cikarang, Tbk., Theo juga pernah menjabat posisi Presiden Komisaris PT Lippo Karawaci, Tbk. (2004), Presiden Komisaris PT Multipolar, Tbk. (2011), Komisaris di PT Matahari Putra Prima, Tbk. (2011), Presiden Komisaris PT First Media, Tbk. (2013), Komisaris PT Siloam International Hospitals, Tbk. (2011-sekarang), Komisaris di PT Gowa Makassar Tourism Development, Tbk. hingga sekarang.

Nah, itu tadi informasi seputar Theo L. Sambuaga yang aktif berpolitik dan berbisnis dengan menjadi komisaris di perusahaan-perusahaan besar. Semoga informasi di atas bermanfaat! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →