Tiket Pesawat Tiba-tiba di Reschedule? Jangan Panik, Gini Cara Mengatasinya Biar Gak Tekor!

Memasuki liburan akhir tahun Natal dan Tahun Baru, sejumlah orang memang berbondong-bondong membeli tiket pesawat untuk melancong ke berbagai tempat wisata, baik domestik maupun luar negeri.

Kenaikan harga tiket pesawat yang menjulang tinggi pun tak menjadi penghalang bagi sebagian orang untuk bisa menikmati liburan di momen spesial tersebut.

Sayangnya, kerapkali terjadi masalah yang tak bisa dipungkiri bikin rencana liburan menjadi berantakan. Salah satunya adalah tiket pesawat yang tiba-tiba di reschedule.

Meski tak dijelaskan secara detail yang membuat penerbangan ditunda atau dimajukan, tapi hal tersebut tentu aja bikin kita jadi keki sendiri. Pasalnya akan ada biaya tambahan di luar planning yang mau gak mau harus dikeluarkan.

Misalnya saja jadwal penerbangan yang dimajukan, maka kamu harus mengeluarkan uang lebih untuk sewa penginapan dan juga kendaraan.

Terlebih lagi kamu juga sudah tahu kalau saat libur Natal dan Tahun Baru semua penginapan maupun sewa kendaraan mengalami kenaikan harga yang cukup drastis. Jadi wajar aja kalau banyak orang yang kesal sendiri saat tiket pesawatnya tiba-tiba di reschedule.

Tapi jangan sampai kejadian tersebut bikin liburan kamu jadi berantakan karena badmood yang tak kunjung berakhir. Mending segera cari solusi yuk agar liburanmu tetap menyenangkan dan yang terpenting gak keluar bujet ekstra.

Gimana caranya? Berikut empat di antaranya:

1. Membeli asuransi keterlambatan pesawat

Tiket pesawat
Travel Insurance (Shutterstock).

Saat membeli tiket pesawat, banyak orang yang melewatkan membeli beberapa asuransi. Salah satunya adalah flight delay insurance.

Dengan membeli asuransi perjalanan tersebut sebesar Rp 48 ribu per orang, maka kamu akan mendapatkan kompensasi uang sebesar Rp 600 ribu jika pesawat mengalami keterlambatan lebih dari 90 menit.

Karena itu, untuk berjaga-jaga terjadi hal tidak menyenangkan tersebut sangat disarankan agar kamu membeli asuransi flight delay untuk meminimalisir kerugian yang akan kamu tanggung.

2. Sewa penginapan dengan sistem per jam atau khusus backpacker

Tiket pesawat
Traveler (Shutterstock).

Saat merencanakan liburan di akhir tahun, bukan hanya tiket pesawat yang sudah dibeli dari jauh-jauh hari tapi juga penginapan.

Nah, ketimbang kamu harus menyewa satu malam lagi yang tentu saja akan sangat menguras isi kantong, sebaiknya cari penginapan yang bisa di sewa per jam atau khusus backpacker.

Soal harga tentu jauh lebih murah ketimbang sewa untuk satu hari. Biasanya banyak juga penginapan yang memotong harga hingga 50 persen jika kamu check in saat sudah malam hari.

Memang butuh effort dan sedikit repot sih, tapi hal itu tentu bisa memangkas beberapa ratus ribu rupiah uang kamu kan?

3. Cari tempat makan yang murah meriah

Tiket pesawat
Cari tempat makan murah (Shutterstock).

Salah satu risiko berlibur di musim liburan adalah kenaikan harga untuk beberapa item, mulai dari tiket pesawat, penginapan dan juga kendaraan.

Nah, agar kamu gak boncos alias ngeluarin bujet besar saat liburan di akhir tahun. Sebaiknya, memilih kulineran di tempat yang murah meriah.

Tapi gimana kalau pengin datang ke tempat hits yang ada di daerah tersebut?

Gak perlu khawatir, kamu bisa mengakalinya dengan makan di tempat makan yang murah untuk mengenyangkan perut, jadi saat datang ke tempat hits tersebut hanya pesan minuman.

Dengan begitu, kamu bisa menghemat pengeluaran kan? Apalagi saat tiket pesawat kena reschedule, tentu pengeluaran untuk makan akan bertambah.

4. Manfaatkan promo

Tiket pesawat
Promo makanan (Shutterstock).

Untuk menekan pengeluaran saat liburan apalagi kamu dipaksa untuk menambah waktu di tempat wisata tersebut, maka salah satu cara yang harus banget kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan promo.

Kamu bisa berlangganan Grab Subscription untuk mendapat potongan harga berkendara atau makan. Kamu juga bisa membeli voucher makan hingga penginapan di berbagai situs jual beli.

Meski selisih harganya hanya puluhan ribu rupiah, tapi tetap saja itu namanya pengiritan. Setuju?

Nah, itu dia empat cara mengatasi tiket pesawat yang tiba-tiba kena reschedule. Jadi, udah gak perlu keki lagi kan saat mengalami kejadian tak menyenangkan tersebut? (Editor: Winda Destiana Putri).