Trik-Trik Sukses yang Udah Terbukti Bisa Menaikkan Produktivitas Kerja

Kerja keras aja belum cukup buat mengoptimalkan hasil kerja. Perlu yang namanya produktivitas kerja agar hasilnya maksimal.

Namun, gak sedikit orang yang bingung gimana caranya meningkatkan produktivitas kerja. Apalagi kalau punya kebiasaan menunda-nunda pekerjaan. Sulitnya bukan main tuh buat produktif.

Emang benar, menunda pekerjaan itu awalnya terasa menyenangkan. Sampai kemudian kita tersadar kalau ada pekerjaan yang harus diselesaikan.

Namun, jangan berharap memulai lagi bekerja setelah sekian lama menunda bisa memberi hasil yang bagus. Justru produktivitas kerja menurun dibandingkan dengan sebelum-sebelumnya.

Makanya banyak orang yang menyesal karena suka menunda pekerjaan. Mereka pun berharap menemukan cara agar produktivitas kerjanya meningkat kembali.

Nah, buat kamu yang pengin meningkatkan produktivitas kerja, berikut ini adalah beberapa trik sukses yang bisa kamu lakukan seperti yang dikutip dari Inc.. Pokoknya trik-trik ini dijamin gak sulit buat dilakukan.

Baca juga: Buka 24 Jam Tanpa Henti, Big Bad Wolf 2019 Targetkan 1 Juta Pengunjung

1. Selalu bangun lebih pagi

Bangun pagi (Shutterstock).

Terdengar klise, tapi trik sukses ini udah terbukti meningkatkan produktivitas kerja. Banyak hal yang bisa kamu lakukan lho dengan bangun lebih pagi dari biasanya.

Malahan nih karena bangun pagi, banyak pekerjaan yang bisa kamu selesaikan. Kalau dalam sehari bisa menyelesaikan pekerjaan buat dua hari, udah pasti memberi hasil yang optimal, bukan?

2. Susun jadwal yang harus dikerjakan

Menyusun jadwal kerja (Shutterstock).

Dengan menyusun jadwal pekerjaan, kamu lebih teratur dan disiplin dalam menjalankan kewajibanmu. Hasilnya, pekerjaan selalu selesai tepat waktu dan hasil pekerjaan sesuai dengan yang diharapkan.

Selain itu, adanya jadwal pekerjaan bisa mendorong kamu agar lebih semangat dan berusaha lagi agar apa yang dikerjakan selesai tepat waktu. Di sinilah produktivitas kerja meningkat berkat adanya jadwal yang tersusun ini.

Baca juga: Lakukan Hal Ini Jika Ingin Menjadi Kaya Raya Saat Tua Nanti

3. Lakukan sedikit-sedikit daripada sekaligus

Selalu menyelesaikan pekerjaan tepat waktu (Shutterstock).

Hindari melakukan pekerjaan sekaligus. Sebab menyelesaikan semua pekerjaan sekaligus bisa memberi tekanan besar terhadap dirimu.

Lebih melakukan sedikit-sedikit atau istilahnya mencicil sedikit demi sedikit pekerjaan. Dengan begitu, pekerjaan bisa selesai tepat waktu dan kondisi psikologis kamu gak terbebani sehingga produktivitas kerja meningkat dengan sendirinya.

4. Lampaui waktu penyelesaian kerja dari hari ke hari

Fokus bekerja
Fokus bekerja

Anggaplah ini menyelesaikan pekerjaan sebagai permainan. Kamu bisa menguji seberapa cepatnya kamu dalam menyelesaikan pekerjaan.

Cara melakukan hal ini cukup mudah kok. Kamu cuma perlu atur timer selama 50 menit kemudian selesaikan pekerjaan dengan konsentrasi penuh.

Ambil waktu istirahat selama 10 menit ketika 50 menitmu udah habis. Setelah itu, bekerjalah lagi selama 50 menit. Ulangi siklus ini sampai semuanya selesai.

Baca juga: Gak Pengin Keluar Bujet Lebih, Ini Tips Hemat Wisata di Singapura

5. Bikin komitmen pada rekan kerja

Mengenal rekan kerja satu sama lain (Shutterstock).

Kalau udah berkomitmen, penuhi apa yang pengin kamu capai. Ibaratnya nih komitmen ini sama dengan janji yang seharusnya ditepati.

Namun, berkomitmen pada diri sendiri kadang-kadang diingkari. Karena itu, daripada mengucapkan komitmen pada diri sendiri, lebih baik diucapkannya kepada rekan kerja.

Sebab nantinya rekan kerja kamu bisa memantau sejauh mana usaha kamu dalam mewujudkan komitmen. Terus kalau ada yang keliru, rekan kerja bisa mengingatkan kamu.

Nah, itu tadi trik-trik sukses yang bisa kamu terapkan buat meningkatkan produktivitas kerja. Semoga bermanfaat ya! (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →