Ini Lho 5 Tipe Kandidat Karyawan Jadi Pesaing Kamu saat Wawancara Kerja

Saat wawancara kerja ini lho para kandidat yang bakal jadi pesaing kamu

Di awal tahun bagi kamu yang tengah mencari kerja pasti sudah mendapatkan undangan buat wawancara atau interview. Nah sebelum kamu melakukan wawancara kerja ada baiknya nih perhatikan tipe-tipe kandidat karyawan jadi pesaing kamu. 

Saat perusahaan tengah mencari posisi yang dibutuhkan, berarti bukan kamu saja mendapatkan undangan interview. Bakal banyak calon karyawan yang menjadi kandidat dan pesaing mu saat wawancara kerja. 

Nah jika kamu dihadapkan dengan kandidat-kandidat lainnya artinya kemampuan mu patut diperhitungkan. Apalagi kalau posisi yang dibutuhkan adalah business core perusahaan itu sendiri. 

Seperti dikutip dari Qerja.com, Senin, (3/2/2020), ada beberapa tipe kandidat karyawan yang menjadi pesaing kamu saat wawancara kerja. Apa saja ya? Yuk baca artikel selengkapnya di sini. 

Waspada dengan kandidat paling siap 

Saat wawancara kerja kamu bakal dipertemukan dengan orang-orang ini
Saat melakukan wawancara kerja, kamu gak bakal sendiri pasalnya ada kandidat lain lho, (Shutterstock).

Kandidat karyawan bakal menjadi pesaing kamu saat wawancara kerja adalah orang yang paling siap. Nah dia ini merupaka calon karyawan yang paling tangguh dan mungkin saja paling dibenci oleh mu. 

Gimana gak, kandidat yang pertama ini bakal mempersiapkan segala sesuatunya saat wawancara kerja. Lawan kamu ini banyak meluangkan waktu lho buat berlatih, mempelajari dan meneliti perusahaan tempat kalian wawancara. 

Selain meneliti dan mempelajari perusahan, ia pun juga berlatih keras buat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang nantinya dilontarkan oleh pewawancara. 

Lawan berikutnya adalah yang pandai bicara 

Tipe lainnya adalah orang yang banyak bicara
Kamu juga bakal dipertemukan tipe kandidat yang banyak bicara, (Shutterstock).

Nah tipe lainnya, kamu bakal dipertemukan dengan lawan mu yang pandai berbicara. Memang terdengar agak “ganggu” ya kalau mendengar orang yang kerap banyak bicara. 

Biasanya nih orang yang satu ini merupakan kebalikan dari kandidat super siap. Kenapa? Biasanya mereka gak punya banyak waktu untuk mempersiapkan banyak hal sebelum wawancara kerja. 

Meskipun begitu, mereka biasanya tahu gimana caranya buat memanfaatkan 20 menit di ruang wawancara kerja dengan sempurna. Orang kayak gini biasanya mudah sekali buat terlibat obrolan asyik dengan pewawancara

Bisa juga mereka adalah kandidat yang memiliki “bakat” menjadi pembicara yang baik. 

Kandidat yang profesional

Tipe yang profesional juga bakal kamu temui saat wawancara kerja
Tipe orang yang profesional juga bakal kamu temui saat interview, (Shutterstock).

Kandidat lainnya bakal kamu temui saat wawancara kerja adalah orang yang profesional. Kandidat ini pada umumnya nyaris sempurna dan ketika kamu bertemu dengannya di ruang tunggu, nyali mu bakal menciut nih. 

Kenapa menciut? Karena kamu sudah mendengar nama almamaternya, pengalaman kerja profesional maupun sukarelawan, prestasi dan perusahaan tempat bekerja sebelumnya. Kamu mesti waspada nih dengan kandidat yang satu ini. 

Kandidat yang sempurna “di atas kertas” 

Orang yang jago di atas kerja juga bakal kamu temui
Orang yang paham akan bisnis dan industri di mana kamu bakal bekerja juga akan ditemui saat interview kerja, (Shutterstock).

Saat menjalani wawancara kerja, kamu juga bakal bertemu dengan orang yang sempurna banget di atas kertas, maksudnya? Nah orang yang satu ini memiliki kualitas dan semua kualifikasi di lowongan pekerjaan. 

Orang yang satu ini pada umumnya memiliki pengalaman dama bidang dan peran sesuai posisi yang ditawarkan. Memahami bisnis dan industri dan pengetahuan khusus merupakan keahlian lawan kamu saat wawancara kerja. 

Jika kalian diterima di posisi yang sama, kemungkinan besar dia bakal menjad pesaing mu dan bersaing di industri ini.

Kandidat yang sombong

Tipe yang sombong juga bakal kamu temui lho saat wawancara
Orang yang sombong saat wawancara kerja juga akan kamu temui sebagai salah satu pesaing mu. Tapi jangan khawatir mereka dengan mudah kok dikalahkan, (Shutterstock).

Kandidat yang satu ini sebenarnya mudah sekali kamu kalahkah lho! Orang yang satu ini mungkin memiliki segala kelebihan, kemudian memamerkannya dengan membusungkan dadanya. 

Cuma orang kayak gini biasanya gak begitu disukai oleh pewawancara lho. Dan hal ini bisa saja membuat kesalahan sendiri. 

Nah itu dia kelima calon kandidat karyawan yang menjadi pesaing kamu saat wawancara kerja. Jika kamu dipertemukan dengan tipe-tipe kandidat ini, ada baiknya dirimu siap menghadapi dan percaya diri agar wawancara kerjanya sukses! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →