Ini Waktu Terbaik untuk Beli Tiket Pesawat Murah untuk Libur Akhir Tahun

Beli tiket pesawat untuk liburan akhir tahun memang susah-susah gampang. Pasalnya, selain harga yang pasti melonjak tajam, kamu juga akan dihadapkan pada sulitnya mencari kursi kosong. Libur tahun baru menjadi salah satu high season yang menyebabkan kenaikan harga pesawat juga sangat drastis. 

Libur akhir tahun selalu dijadikan momen bercengkrama dengan anggota keluarga setelah satu tahun bekerja dan sulit untuk berlibur. Selain itu, momen akhir tahun juga selalu dijadikan ajang kumpul keluarga, dimana penerbangan menjadi akomodasi yang paling banyak dicari. 

Akhir tahun juga menjadi ajang mengumpulkan tenaga kembali untuk menyambut tahun depan yang penuh semangat. Biasanya hal itu dilakukan dengan berlibur, atau bepergian untuk melepas penat. 

Jika kamu memang berencana untuk terbang di akhir tahun nanti, simak langkah apa yang bisa dilakukan untuk menyiasati masalah kehabisan tiket seperti mengutip dari laman Traveloka berikut ini.

Baca juga: Pekerjaan Kekinian Ini Bakal Ngajak Kamu Travelling Gratis Lho! Pengin?

Pesan tiga belas pekan sebelumnya 

Beli Tiket Pesawat
Pesan tiket pesawat harus dari jauh hari (Shutterstock).

Bagi yang tidak ingin kehabisan tiket untuk liburan akhir tahun, kamu bisa mulai booking tiket penerbangan sejak tiga belas pekan sebelum keberangkatan. Itu berarti jika kamu akan terbang pada akhir Desember atau sekitar tanggal 25 ke atas, maka pada akhir September tiket sudah harus didapatkan. 

Dilansir dari situs pembanding harga tiket, Skyscanner, tiga belas pekan sebelum keberangkatan liburan akhir tahun adalah saat terbaik di mana kamu bisa menghemat bujet hingga 29 persen.

Tanggal 9 dan 10 Oktober 

Beli Tiket Pesawat
Ada dua tanggal di bulan Oktober untuk kamu bisa pesan tiket pesawat (Shutterstock).

Di bulan Oktober, ada dua tanggal di mana kamu berkesempatan untuk mendapatkan tiket liburan akhir tahun dengan harga terbaik. Untuk keberangkatan liburan di dekat-dekat perayaan natal, kamu bisa membeli tiket di tanggal 9 Oktober. Sedangkan untuk penerbangan pada malam tahun baru, bisa memesannya di tanggal 10 Oktober. 

Pastikan memesan tiket pada jam lima hingga tujuh pagi pada dua tanggal tersebut karena harganya cenderung murah. Bisa juga di malam hari setelah jam delapan malam. Sebaliknya, hindari jam-jam sibuk seperti delapan hingga sepuluh pagi dan lima sore hingga tujuh malam karena harganya cenderung mahal. 

Minggu ketiga bulan November

Beli Tiket Pesawat
Minggu ketiga di bulan November juga baik untuk memesan tiket pesawat (Shutterstock).

Masih melansir dari Skyscanner, minggu ketiga bulan November juga menjadi saat yang tepat bagi kamu untuk memesan tiket pesawat liburan akhir tahun. Lebih spesifiknya, kamu bisa memesan tiket pesawat pada tanggal 21 November ke atas. Di waktu ini, kamu bisa mendapatkan tiket murah dan berpeluang melakukan penghematan hingga 4.14 persen. 

Tanggal terbaik untuk keberangkatan liburan akhir tahun adalah 26-31 Desember. Sedangkan, tanggal kepulangan terbaik adalah pada 1-3 Januari. Jadi, kamu bisa memilih tanggal-tanggal tersebut untuk merencanakan liburan akhir tahun. 

Beberapa hari terakhir menjelang keberangkatan

Beli Tiket Pesawat
Tiket pesawat bisa didapat dengan mencari promo di beberapa bulan sebelum hari H (Shutterstock).

Banyak yang mengatakan bahwa memesan tiket mendekati waktu terbang akan meningkatkan persentase mendapatkan tiket dengan harga paling mahal. Hal ini memang benar jika kamu memesan tiket liburan akhir tahun, tepat di tanggal 25 Desember. Memesan tiket tepat di hari Natal akan membuatmu mengeluarkan bujet 24 persen lebih tinggi daripada hari lain di bulan Desember.

Namun, bila memesan tiket liburan akhir tahun di tanggal 26 dan sepanjang pekan terakhir bulan Desember, maka penghematan sebesar 6.72 persen – 11 persen bisa dilakukan. Ini karena pada tanggal tersebut, tingkat permintaan tiket lebih menurun setelah hari Natal lewat. Tapi, tetap pastikan bahwa kamu tidak memesan tiket pada menit atau detik terakhir karena selain harganya lebih mahal, kamu juga berisiko tinggi untuk kehabisan tiket. 

Pastikan sudah merencanakan dengan matang waktu keberangkatan dan kepulangan liburan akhir tahun sebelum membeli tiket penerbangan. Tentukan juga ada berapa orang yang akan ikut bepergian. Hal ini dilakukan demi meminimalkan kerugian jika tiba-tiba meng-cancel penerbangan yang sudah di-booking dengan susah payah. Atau, skenario terburuk kamu tidak mendapatkan tiket jika tidak merencanakan dengan baik jadwal liburan akhir tahun. 

Perlu diingat, meskipun ada beberapa waktu yang disarankan menjadi saat yang tepat bagi kamu membeli tiket liburan akhir tahun, membandingkan harga di berbagai situs dan maskapai tetap harus dilakukan. Pasalnya, berbagai situs dan maskapai memiliki penawaran yang sudah pasti berbeda satu sama lainnya.

Nah itu tadi beberapa cara untuk beli tiket pesawat. Jangan sampai rencana libur akhir tahun kamu berantakan hanya karena kehabisan tiket ya! Semoga beruntung! (Editor: Winda Destiana Putri).