Mau Bulan Madu Aman dan Bebas Gangguan Keuangan? Lakukan 6 Hal Ini

Pasangan suami istri tengah berbulan madu di Santorini (Shutterstock).

Butuh tips bulan madu yang tokcer? Tokcer di sini tentu berkaitan dengan perencanaan keuangan lho ya. Bulan madu memang 11:12 sama liburan. Tanpa itinerary (rencana perjalanan) dan perencanaan keuangan yang tepat, yang ada kita cuma keluar duit saja dan gak bisa memaksimalkan momen itu dengan baik.

Gak mau kan momen bulan madumu jadi gak berkesan sama sekali karena kesalahan ini? Buat kamu ingin bulan madunya berkesan, yuk simak beberapa tips bulan madu cerdas dari Lifepal.

1. Luar negeri atau dalam negeri?

Jalan-jalan ke luar negeri (Pixabay).
Jalan-jalan ke luar negeri (Pixabay).

Tips bulan madu pertama adalah menentukan destinasinya dulu. Mau bulan madu di luar kota saja atau luar negeri sekalian. Tentukan ini jauh-jauh hari, kalau bisa malah sebelum kamu menggelar resepsi pernikahan.

Tujuannya adalah agar bulan madumu menjadi lebih terorganisir. Setidaknya, kamu sudah ada bayangan, mau jalan ke mana saja saat sudah sampai di sana dan mau ngapain aja. Rencana perjalanan ini tentu bisa diatur jauh-jauh hari agar sudah ada bayangan.  

2. Tentukan waktu berangkat dan pulang honeymoon

Bagasi (Pixabay).
Bagasi (Pixabay).

Selanjutnya adalah tentukan tanggalnya. Ini penting sekali karena tanggal akan mempengaruhi harga tiket pesawat yang kamu pesan. Hindarilah bulan madu pada high season, karena bukan apa, harga pesawat, penginapan, dan lain sebagainya bisa naik. Belum lagi destinasi yang kamu tuju juga bisa jadi malah terlalu padat wisatawan.

3. Atur pengeluaran dari sekarang

Struk belanja (Shutterstock).
Struk belanja (Shutterstock).

Mereka yang berbulan madu, umumnya bakal menghabiskan waktu tujuh hari. Paling cepat ya empat hari tiga malam.

Biaya paket bulan madu yang disediakan para travel agency umumnya berkisar antara Rp 5 jutaan per pax untuk empat hari tiga malam. Namun, tentu saja buat yang gak menggunakan  jasa travel agent, kamu bisa mengatur biaya itu sendiri dengan mekanisme seperti ini.

Akomodasi dan transportasi

Tiket pesawat Rp xxx
Total Hotel/Resor  Rp xxx
Upgrade dekorasi kamar  Rp xxx
Total Sewa mobil/motor Rp xxx
Total Transportasi lain Rp xxx
Jumlah Rp xxx

 

Aktivitas saat bulan madu

 

Spa/massage Rp xxx
Special request hotel Rp xxx
Outbound Rp xxx
Sightseeing Rp xxx
Nonton pertunjukan Rp xxx
Belanja suvenir Rp xxx
Lain-lain Rp xxx
Jumlah Rp xxx

 

Biaya makan (perhari)

 

Sarapan Rp xxx
Makan siang Rp xxx
Candle light dinner Rp xxx
Wine & cocktail Rp xxx
Jumlah Rp xxx

 

Beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menghemat biaya makan adalah menyewa penginapan yang sudah termasuk dengan sarapan. Otomatis, pengeluaran khusus untuk sarapan pagi bisa diminimalisir dong.

4. Ada rekening khusus tabungan bulan madu

Celengan honeymoon (Shutterstock).
Celengan honeymoon (Shutterstock).

Punya lebih dari satu rekening bank? Gak ada salahnya kok untuk menggunakan salah satu rekeningmu untuk keperluan bulan madu dari urusan booking tiket pesawat dan lainnya.

Kelebihannya punya rekening khusus adalah kondisi keuangan pribadimu gak akan terganggu karena pengeluaran ini. Transaksi debit atau apapun bisa menggunakan rekening yang satu ini.

Selain itu, kamu juga bisa menabung biaya bulan madu dengan cara top up dana tiap bulan. Gak kerasa, ketika H-1 honeymoon uangnya sudah terkumpul banyak. Buat kamu yang hanya punya satu rekening, buka saja tabungan digital baru untuk keperluan ini. Mengapa tabungan digital?

Pertama adalah karena proses buka rekeningnya praktis, gak perlu menyambangi cabang bank terkait. Yang terakhir adalah, tabungan ini bebas biaya administrasi, terutama jika saldo di rekeningmu lebih dari Rp 1 juta. 

5. Packing dengan cerdas

Tas perjalanan (Shutterstock).
Tas perjalanan (Shutterstock).

Tips bulan madu selanjutnya adalah soal cara cerdas packing atau berkemas. Tujuan dari bulan madu ini adalah untuk liburan berdua kan? Bukan untuk belanja, jadi gak perlu deh keluar uang demi koper baru, backpack lama pun jadi dan masih bisa dipakai.

Gunakan koper jika memang kamu berbulan madu ke luar negeri di musim dingin atau ketika kamu ke luar kota untuk waktu tujuh hari. Untuk kondisi seperti ini, kamu memang butuh tempat menyimpan pakaian yang cukup besar. Akan tetapi jika bulan madunya empat hari tiga malam, buat yang pria sih bawa backpack saja. Bisa masuk kabin dan lebih praktis. 

6. Investasi jangka pendek untuk bulan madu

Bagi kamu yang cashless banget jangan lupa investasi
Bagi kamu yang cashless banget jangan lupa investasi, (Shutterstock).

Bagaimana caramu untuk menabung biaya bulan madu ini? Apakah dengan cara menyisihkan gaji perbulan? 

Menyisihkan gaji perbulan tentu wajib, tapi ada kok investasi jangka pendek dengan risiko yang juga kecil. Tentunya penghasilan pasif ini sangat membantu untuk menambah penghasilan lewat investasi ini. Beberapa investasi rendah risiko yang bisa kamu coba antara lain adalah:

Reksa dana pasar uang

Instrumen investasi yang satu ini bisa jadi pilihan lantaran risikonya kecil, so modal awal mu tidak akan tergerus begitu saja. Sementara itu, returnnya di atas deposito. 

Berikut pilihan reksadana yang bisa kamu beli di aplikasi agen penjual reksa dana.

Reksa dana Harga per unit Estimasi returns pertahun
Maybank Dana Pasar Uang Rp 1.549 6,93%
Mega Dana Kas Rp 1.656 7,27%
Sucorinvest Money Market Fund Rp 1.451 7,33%
Sucorinvest Sharia Money Market Fund Rp 1.104 7,76

P2P lending

Platform P2P lending juga bisa jadi alternatif investasi jangka pendek untuk mengumpulkan uang buat bulan madu. Berikut pilihan situs P2P lending yang telah terdaftar dan berizin Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

 

Platform P2P lending Modal awal pendanaan Tingkat imbal hasil pertahun
Investree Rp 1 juta 16,1%- 18%
Amartha Rp 4 juta Up to 15%
Koinworks Rp 100 ribu  18,89%
Akseleran Rp 100 ribu 14 – 18 %
Modalku Rp 100 ribu Up to 20%

 

Seperti itulah tips bulan madu yang cerdas dalam hal keuangan. Intinya, bulan madu memang gak boleh dianggap remeh. Mahal belum tentu berkesan, tapi “yang sesuai bujet” pasti lebih aman dari segi keuangan. Mau gimana juga, aktivitas ini memang butuh banyak uang sama halnya dengan traveling.

Oleh karena itu, perencanaanmu memang harus matang. Tanpa perencanaan seperti enam poin di atas, hati-hati deh sama pengeluaranmu di kemudian hari. Gak lucu kan kalau pulang honeymoon malah jadi ribut sama pasangan gara-gara kondisi keuangan makin berantakan. (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →