Anti-mainstream sih, Tapi 4 Tips Hemat Makan Ini Terbukti Bikin Kantongmu Tetap Aman!

orang makan burger tiga buah

Menerapkan tips hemat dalam kehidupan sehari-hari tentu menjadi salah satu solusi terbaik untuk meraih kemerdekaan finansial secepat mungkin.

Siapa sih orang yang gak mau terbebas dari segala macam masalah keuangan? Gak punya utang, bahkan mau beli apapun gak perlu ngeliat tag harga. Intinya, setiap hari gak perlu mikirin soal duit deh.

Tapi gimana mau merdeka finansial kalau pengeluaran setiap bulan aja masih sering kebobolan dan pos pengeluaran buat makan ternyata menjadi biang keroknya.

Lho, tapi kan setiap hari kita harus makan? Memang benar. Tapi makan yang seperti apa dulu nih? Kalau cuma nongkrong di kafe kekinian doang sih namanya bunuh diri. Senangnya sesaat tapi susahnya seumur hidup. Duh, emang mau hidup kayak gitu?

Tapi bukan berarti kamu jadi anti sosial dan mengurung diri di rumah karena gak mau keluar uang untuk ketemu teman-teman. Namanya hidup tentu tetap harus bersosialisasi dong?

Gak usah khawatir, kamu ternyata tetap bisa lho makan enak di restoran favorit tanpa bikin dompet meringis apalagi tercekik utang. Gimana caranya?

Ada sedikit trik yang bisa dibilang cukup konyol tapi nyatanya terbukti dapat menghemat uangmu hingga beberapa puluh ribu lho. Memang kelihatannya kecil, tapi kalau dikumpulkan tentu penghematannya jadi lumayan bukan?

Memang cukup effort sih, tapi demi menghemat uang tentu hal tersebut bisa banget kamu contek nih. Ingin tahu seperti apa? Berikut lima tips hemat makan anti-mainstream tapi dijamin bikin kantongmu aman dari kebobolan.

1. Order makanan via aplikasi transportasi online meski sudah di restoran

tangkapan layar aplikasi pesan makanan online
Tangkapan layar aplikasi pesan makanan online.

Kehadiran aplikasi transportasi online memang sangat membantu masyarakat. Salah satunya adalah membantu pesan makanan hanya dengan mengandalkan aplikasi.

Selain gak perlu antri untuk order makanan, pihak aplikasi transportasi online juga seringkali memberikan voucher potongan diskon yang cukup besar lho.

Untuk makan di salah satu restoran fast food biasanya kamu harus mengeluarkan uang minimal Rp 50 ribu untuk menyantap menu Paket PaNas Spesial yang sudah termasuk biaya pajak dan service. Tapi beda cerita kalau kamu pesannya di restoran, lewat aplikasi transportasi online pula.

Kamu bisa membeli dua menu Paket PaNas Spesial dengan harga Rp 58 ribu. Kalau dibagi dua dengan teman, maka uang yang harus keluarkan hanya Rp 29 ribu. Hal itu tentu saja berkat potongan diskon sebesar Rp 24 ribu dari Grab. 

Selain itu, kamu gak dikenakan ongkir, karena posisimu memang di restoran tersebut. Komunikasikan saja dengan driver yang menerima pesananmu, katakan bahwa kamu ada di depan restoran tersebut. 

Rada konyol sih memang tapi kalau bisa lebih hemat kenapa gak dicoba. Lumayan kan jadi bisa saving uang beberapa puluh ribu. Setuju? 

2. Manfaatkan banyak promo sekali makan

manfaatkan aplikasi makan
Salah satu aplikasi makan.

Kini sudah banyak sekali bermunculan berbagai aplikasi yang menawarkan segudang promo, mulai dari potongan harga, cashback hingga promo buy 1 get 1.

Namun untuk bisa menikmati fasilitas tersebut, para pengguna diwajibkan untuk men-download aplikasi, melakukan pendaftaran dan top-up dana ke dompet digital yang ada pada aplikasi tersebut. Salah satu contohnya adalah Grab yang menggunakan dompet digital OVO.

Nah, kamu bisa memanfaatkan beberapa promo yang ditawarkan oleh berbagai aplikasi untuk sekali makan. Lho, emang bisa? Jawabannya tentu saja bisa. Tapi harus rela sedikit ribet ya.

Contohnya, kalau makan di Shaburi & Kintan Buffet, maka per orang minimal harus membayar sekitar Rp 250 ribu untuk bisa menyantap makanan di Kintan Buffet dengan menu Regular Buffet Adult.

Biar lebih murah kamu bisa membeli voucher di e-commerce. Contohnya, Tokopedia yang menjual voucher Shaburi & Kintan Buffet seharga Rp 180 ribu untuk mendapatkan voucher senilai Rp 200 ribu. Kemudian, saat membayar di kasir, kamu bisa menggabungkan voucher tersebut dengan potongan diskon lagi dari aplikasi BOGA sebesar Rp 50 ribu.

Kalau sebelumnya kamu harus mengeluarkan uang Rp 250 ribu untuk makan di Shaburi & Kintan Buffet, tapi dengan melakukan trik di atas kamu hanya perlu keluar uang Rp 180 ribu. Tertarik mencoba?

3. Jangan malas isi kuesioner atau review

review restoran di aplikasi
Jangan malas bikin review atau testimoni kalau diminta. (Shutterstock)

Siapa di antara kamu yang kalau pengin beli sesuatu membaca review terlebih dahulu? Hmmm.. kayaknya hampir dilakukan oleh semua orang deh. Ya, tujuannya sederhana banget yakni biar gak kecewa.

Nah, untuk menarik konsumen, banyak restoran yang memberikan rewards atau hadiah kepada pengunjungnya yang mau memberikan komentar positif, baik di media sosial pribadinya dengan menyebutkan nama restoran tersebut maupun di aplikasi pencari tempat makan.

Sebagai gantinya, hadiah yang diberikan pun beragam, mulai dari mendapat minuman gratis hingga potongan diskon. Karena itu, saat pihak restoran meminta bantuanmu untuk mengisi kuesioner atau review sebaiknya jangan ditolak.

4. Beli voucher di situs jual beli

voucher makan di e commerce
Beli voucher di aplikasi e-commerce.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kini banyak sekali situs jual beli yang menjual voucher makan restoran. Gak cuma bisa dapat harga lebih murah, situs jual beli juga umumnya menawarkan diskon tambahan, salah satunya adalah cashback.

Nah, itu dia beberapa tips hemat yang bisa kamu lakukan agar bisa makan enak di restoran favorit tapi kondisi kantong tetap aman sentosa.

Memang sih perlu effort dan sedikit ribet, tapi kalau bisa untung lebih banyak kenapa gak dilakukan. Lagipula caranya juga masih masuk akal kok. So, gak perlu malu demi kesehatan dompet. Setuju? (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →