Punya Rp 30 Triliun dan Gemar Beramal, Ini Tips Sukses Dato Sri Tahir

Dato Sri Tahir. (Tempo/Dhemas Reviyanto Atmodjo)

Gempa yang terjadi di Palu menyentuh perasaan banyak orang. Gak terkecuali Bos Mayapada Group, Dato Sri Tahir. Bayangkan aja, saking niatnya membantu, ia menggunakan jet pribadinya buat mengantarkan makanan cepat saji untuk korban bencana.

Selain itu, Dato Sri Tahir berjanji bakal terus memberi bantuan. Ia sampai mengatakan gak ada batasan (no limit) dalam upayanya membantu korban gempa Palu. Gak cuma itu. Tahir juga mengungkapkan rencana buat membangun rumah dan jaringan air bersih di area terdampak.

Sosok yang menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia ini memang dikenal sebagai filantropis alias orang yang gemar beramal. Karena aktivitas kemanusiaanya tersebut, Dato Sri Tahir disebut-sebut sebagai Bill Gates-nya Indonesia.

Menurutnya, kegiatan beramal yang dilakukannya adalah tanggung jawabnya kepada kemanusiaan dan rasa syukurnya kepada Tuhan. Hebat ya! Selain itu, kepiawaian Dato Sri Tahir dalam membangun usaha juga patut mendapat pujian.

Bayangkan aja, saat orang lain merasa beruntung bisa menjadi menantu orang kaya, Tahir malah memilih jalan buat membangun usahanya sendiri. Asal tahu aja nih, Dato Sri Tahir merupakan menantu orang terkaya di Indonesia, yaitu Mochtar Riady, pendiri Lippo Group.

Jatuh bangun dalam menjalankan usaha, Dato Sri Tahir akhirnya mengecap kesuksesan. Berbekal modal dan pengalaman di dunia bisnis, Tahir mendirikan Mayapada pada 7 September 1989.

Perlahan-lahan Mayapada menjelma menjadi grup usaha skala besar. Berbagai sektor usaha digarapnya. Mulai dari jasa keuangan, kesehatan, properti, retail, hingga media. Kesuksesannya tersebut membawa dirinya menjadi orang super tajir dengan kekayaan Rp 30 triliun.

Selain gak pernah nanggung dalam memberikan bantuan, Dato Sri Tahir pun juga dikenal gak pelit dalam membagikan tips suksesnya. Seperti apa? Yuk disimak.

1. Selalu disiplin dalam menjalani keseharian

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Tahir Foundation (@tahirfoundation) on Oct 2, 2018 at 4:22am PDT

Dato Sri Tahir mengaku kalau dirinya itu selalu disiplin. Keseharian yang dilakukannya terjadwal dengan baik. Malahan nih ia ogah menyebut dirinya disiplin. Ia selalu mengatakan kalau ia super disiplin. Luar biasa Pak Tahir ini!

Dalam acara “Supermentor-21: What the Future Looks Like” di Grand Sahid Jaya pada Februari lalu, Tahir mengatakan bahwa dirinya selalu bangun pagi setiap pukul 5.30. Setelah siap buat memulai aktivitas, ia selalu menyempatkan dirinya buat membaca koran berbahasa Mandarin, Inggris, dan Indonesia.

Baginya, dengan mendisiplinkan diri, ia merasa ada tanggung jawab pada dirinya sendiri. Ia gak pengin menjadi orang normal. Ia pengin lebih dari normal.

2. Hindari bersikap be yourself

 

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal
View this post on Instagram

 

A post shared by Tahir Foundation (@tahirfoundation) on Aug 15, 2018 at 6:51am PDT

Selama ini orang berpandangan kalau sikap be yourself adalah sikap yang terpuji. Soalnya, menampilkan diri apa adanya menunjukkan kalau manusia itu pada dasarnya unik.

Namun, Dato Sri Tahir berpandangan lain. Menurutnya, sikap be yourself sebaiknya dihindari. Malahan ia sampai mengklasifikasikan manusia yang pengin menjadi dirinya sendiri sebagai manusia terendah.

Bukan tanpa alasan Tahir berpendapat demikian. Ia berpandangan manusia bisa berada di atas karena tanggung jawab yang diembannya. Sebab tanggung jawab itu lebih tinggi dari kesenangan. Jadi, orang yang punya tanggung jawab ditempatkannya sebagai manusia tertinggi.

3. Tentukan tujuan hidup yang dapat memberi nilai tambah

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Tahir Foundation (@tahirfoundation) on Aug 7, 2018 at 6:15am PDT

Dato Sri Tahir mengatakan setiap orang harus menentukan tujuan hidupnya kalau pengin sukses. Mungkin banyak orang yang menyamakan tujuan hidup dengan cita-cita.

Tapi, menurut Tahir, tujuan hidup lebih dari cita-cita. Tujuan hidup yang dimaksud Tahir lebih kepada menciptakan nilai tambah dan memberi kesejahteraan. Ia pun memilih tujuan hidup yang dapat memberi kebahagiaan kepada orang lain.

4. Bermimpilah dan bekerja keraslah

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Tahir Foundation (@tahirfoundation) on Apr 23, 2018 at 10:17pm PDT

Setiap orang harus punya mimpi. Dengan bermimpi, seseorang bisa mencapai kesuksesan. Inilah yang diyakini Dato Sri Tahir sehingga bisa sukses seperti sekarang ini.

Dengan memiliki mimpi, setiap orang bisa hidup. Namun, mimpi itu bakal percuma tanpa adanya kerja keras. Dato Sri Tahir menekankan setiap orang harus kerja keras kalau mau sukses.

Jangan lupa, seseorang harus jeli dalam melihat peluang. Sebab, kerja keras dan peluang gak dapat dipisahkan dalam mewujudkan kesuksesan.

Udah tahu kan sekarang tips-tips sukses yang bikin Dato Sri Tahir berhasil seperti sekarang. Mudah-mudahan, dengan mulai menerapkan tips-tips tersebut dalam keseharianmu, kesuksesan yang kamu inginkan bukan lagi jadi angan. Selamat mencoba! (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →