Tips Sukses yang Bisa Dilakukan dengan Mudah, Hentikan Pemikiran-Pemikiran Ini!

Wanita sukses (Shutterstock).

Jika kamu sudah banyak menerapkan tips sukses yang sudah banyak beredar saat ini namun masih merasa gagal, mungkin ada yang perlu diubah. Hal yang patut diubah itu adalah pemikiran-pemikiran yang sekiranya bukan untuk memotivasi, namun malah membuat kamu makin pesimis. 

Pemikiran positif adalah kunci untuk menyemangati diri sendiri bergerak menjadi lebih baik. Demi meraih kesuksesan, kamu pasti menanamkan sugesti positif agar mendatangkan hal baik di kemudian hari. 

Namun, meski sudah selalu berpikiran positif faktanya masih banyak orang yang pesimis dan mendominasi. Hal itu akan berdampak pada sikap pesimis dan tidak bekerja dengan baik. Kalau sudah begitu mereka akan jauh dari kesuksesan. 

Pasalnya, pikiran negatif akan membawa kamu pada dampak yang buruk. Ada baiknya kamu menyingkirkan hal itu secepat mungkin. Meskipun merasa lelah dengan pekerjaan, ada baiknya kamu berpikir, masih banyak diluar sana yang membutuhkan pekerjaan. Tanamkan selalu hal positif agar kesuksesan dapat diraih. 

Berikut ini beberapa pemikiran buruk yang sebaiknya kamu hindari ya. 

1. Sudah terlambat

Seorang laki-laki tertunduk lesu (Shutterstock).
Seorang laki-laki tertunduk lesu (Shutterstock).

Tips sukses pertama adalah meresapi bahwa tidak ada kata terlambat untuk mencapai kesuksesan. Banyak orang sukses di dunia ini dengan usia yang sudah jauh dari angka muda. Usia tidak pernah menjamin kesuksesan, tetapi bagaimana proses itu sendiri. 

Sebagai contoh, jika si A berusia 25 tahun sudah sukses memimpin sebuah perusahaan, namun kamu yang sudah berusia 35 tahun masih jadi pegawai biasa, bisa jadi kesempatanmu memang belum tiba. Tidak perlu iri dengan kesuksesan seseorang, yang terpenting adalah kamu bisa segera mencapai kesuksesanmu sendiri. 

Terkadang, terlambat melakukan sesuatu masih jauh lebih baik ketimbang tidak melakukannya sama sekali lho! Meski kadang hasilnya tidak maksimal, tetapi kamu sudah berani mencobanya ketimbang berdiam diri saja.

2. Tidak yakin bisa melakukannya

Seorang wanita terduduk lesu (Shutterstock).
Seorang wanita terduduk lesu (Shutterstock).

Kunci penting untuk melakukan sesuatu adalah keyakinan. Tanpa keyakinan kamu akan sulit untuk mencapai tujuan dalam hidup. Kamu harus percaya diri mampu melakukannya meski dirasa sulit. Lewati segala ujian hidup dengan yakin, bahwa kamu semakin dekat dengan kesuksesan jika bisa menghadapinya dengan baik. 

Kalau terkadang ada pemikiran negatif yang mengatakan kamu tidak mampu melewatinya, buang jauh-jauh hal itu. Jangan hanya fokus pada kegagalan, kamu akan merugi jika terus meratapi hal buruk. Perbaiki diri yang kurang, fokus pada kelebihan yang kamu miliki, agar bisa mendekati kesuksesan. 

3. Sudah ada yang melakukan hal itu

Seorang pria menatap cemas pada layar laptopnya (Shutterstock).
Seorang pria menatap cemas pada layar laptopnya (Shutterstock).

Pemikiran “Ah sudah ada yang melakukan itu” juga lebih baik kamu buang jauh-jauh. Kamu bisa sukses tanpa harus melakukan sesuatu hal yang baru kok. Bisa jadi hal yang sudah dilakukan orang, bisa jauh lebih baik ketika ada di tanganmu kan? Meski telah ada yang melakukannya, hal itu bukan jadi penghalang untuk meraih kesuksesan di jalan yang sama. 

Kuncinya adalah kamu berani melakukan perubahan dari yang sudah ada itu. Gali ide sekreatif mungkin, fokus untuk merealisasikannya. Dengan demikian pikiran negatif bahwa hal itu sudah dilakukan orang lain tidak akan menghambat kamu untuk menjadi sukses. 

4. Hmm, ini belum sempurna

Pria yang merasa belum sempurna (Shutterstock).
Pria yang merasa belum sempurna (Shutterstock).

Di dunia ini memang tidak ada yang sempurna. Kalau kamu terlalu perfeksionis memikirkan kesempurnaan yang ada tidak akan pernah sukses. Tidak ada satupun pekerjaan yang sempurna di dunia ini. Kamu harus bisa mengalahkan ego tersebut demi mencapai kesuksesan. 

Jika yang kamu pikirkan hanya kesempurnaan, kamu justru akan kehilangan momen penting dalam membangun kesuksesanmu tersebut. Kamu tidak akan pernah merasa puas nantinya. Hilangkan pemikiran seperti itu dan tentukan taraf kesempurnaan yang sewajarnya saja. 

5. Apa kata orang ya?

Memikirkan perkataan orang hanya akan membawa efek buruk (Shutterstock).
Memikirkan perkataan orang hanya akan membawa efek buruk (Shutterstock).

Duh, hal seperti ini memang harus dijauhkan dari segala aspek kehidupan. Memikirkan apa yang orang bicarakan tentang usaha dan kerja kerasmu gak akan ada habisnya. Percaya deh! Perasaan khawatir akan pendapat atau cibiran dari orang lain hanya akan menurunkan semangatmu dalam membangun kesuksesan. 

Memang kritik pedas terkadang membantu kamu untuk terus semangat, tetapi hal itu jangan mendominasi pemikiranmu ya! Jangan jadikan itu sebuah hantaman yang tak bisa kamu atasi. Sebaliknya, cibiran pedas dari orang lain harus bisa menyemangatimu untuk menjadi yang lebih baik lagi dari hari ini. 

Daripada fokus mendengarkan cibiran orang, ada baiknya kan membuktikan bahwa kamu memang berhasil dan sukses. Jadi fokuslah pada tujuan yang akan diraih saja. 

6. Malu pada kegagalan

Seorang wanita merasa malu karena telah gagal (Shutterstock).
Seorang wanita merasa malu karena telah gagal (Shutterstock).

Jangan pernah takut pada kegagalan, apalagi malu mengakuinya. Pengalaman adalah guru paling berharga, meski harus gagal berkali-kali. Untuk mencapai kesuksesan, kamu pasti akan mengalami banyak kegagalan di luar sana. Jangan menyerah! Apalagi sampai putus asa! 

Apabila pemikiran negatif mengenai kegagalan di hari kemarin terus menghantui, maka kamu tidak akan bisa bergerak maju dan melangkah ke hal baik. Sehingga kesuksesan pun menjadi sulit untuk diraih. 

Ubahlah pemikiran mengenai kegagalan menjadi sesuatu yang positif. Kamu harus bisa mengalahkan kegagalan tersebut dengan mengevaluasi apa yang sudah kamu lakukan hingga hari ini. Ini bisa menjadi tips sukses yang mudah dipahami.

Orang-orang sukses selalu berusaha memikirkan hal-hal yang baik. Dengan begitu mereka paham bahwa pemikiran buruk hanya akan menjerumuskan, bukan malah membawa pada kesuksesan. Tips sukses yang seperti ini mudah untuk dilakukan bukan? Semoga bisa menginspirasi ya! (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis