Pengin Banyak Pelanggan? Ini Tips agar Bisnis Online Kamu Laku

Bisnis online saat ini emang tengah menjamur dan lagi banyak dilakoni semua orang. Coba aja pas kamu lihat di laman Instagram pasti banyak banget orang yang melakukan bisnis online. Barang yang diperjual belikan juga beraneka ragam nih di bisnis online ini.

Saking banyaknya, bahkan persaingannya bisa dibilang sangat ketat. Karena bisnis online saat ini udah menjadi cara yang baru bagi para milenial demi menambah pundi-pundinya.

Bisnis ini  juga terbilang praktis dan lebih menguntungkan ketimbang bisnis konvensional yang mesti membuka ruko atau toko. Bisnis ini bahkan bisa dijalankan tanpa mesti keluar modal yang banyak banget.

Kamu juga bisa bekerja dari manapun dan kapanpun saat menjalankan bisnis online. Itu sebabnya kenapa biaya operasionalnya jadi sangat murah dan banyak orang yang menggeluti bisnis ini.

Baca juga: Pengin Dagangan Kamu Laku Keras, Ini Strategi Jitu Bisnis Online Shop

Tapi kemudahan tersebut juga gak menjamin kalau kamu bakal untung gede lho. Karena berbisnis gak sekedar menjual barang aja. Ketika kamu menawarkan produk yang dijual, sebagai penjual kamu mesti memastikan pembeli mendapatkan informasi yang tepat.

Penyebaran informasi ini adalah salah satu hal yang mesti kamu perhatikan saat menjalankan bisnis online, biar pelanggan senang dan mau balik lagi belanja.

Nah, pengin tahu gimana bisnis kamu laku keras dan punya banyak pelanggan? Ini hal-hal wajib perlu diketahui oleh kamu yang lagi menjalankan bisnis online atau baru pengin menjalankan agar barang bisnis online milikmu dibeli pembeli dikutip dari entrepreneur

1. Janji

Saat menjalankan bisnis online sebisa mungkin janji yang kamu berikan ke pelanggan mesti terlaksana lho, (Ilustrasi/Pixabay).

Janji ini jadi salah satu aspek penting ketika kamu menjual barang dagangan bisnis online. Kamu mesti memberikan janji ke pembeli soal manfaat apa yang bakalan pembeli  terima. Cantumkan janjimu di caption akun bisnis online milikmu semenarik mungkin.

Dengan ini, kamu udah menarik perhatian banyak orang dan memastikan para pembeli terhadap manfaat yang akan mereka terima. Misalnya, ketika kamu berjualan ponsel pintar dengan harga murah, tulislah caption yang menjanjikan “ponsel pintar termurah se-Indonesia, dijamin awet sampai tua.”

Baca juga: Keluarkan 3 Fitur Baru, Instagram Masuk Bisnis Online Shopping?

Tulislah secara jujur jangan berbohong, kalau bohong kamu bakalan mendapatkan masalah, ditinggal pelanggan, bahkan dilaporkan ke polisi. Duh jangan sampai deh.

2. Jujur

Jujur salah satu kunci sukses bisnis online mu agar banyak pelanggan dan laku keras, (Ilustrasi/Pixabay).

Berikan informasi dagangan bisnis milikmu secara jujur. Berikan setiap detail produkmu agar pembeli gak merasa terjebak saat membelinya. Tunjukkan kelebihan barang yang ada di bisnis online kamu. Berikan keterangan yang jujur hingga pertanyaan para pembeli “kenapa saya harus membelinya saat ini?” terjawab.

Baca juga: Jelang 2019, Ini Lho Cara Baru Berbisnis Online Buat para Pemula

Jika kamu jujur, lamban laun pelanggan bakal menaruh rasa kepercayaan ke bisnis yang sedang dijalankan.

3. Harga

Harga juga merupakan salah satu faktor bisnis online mu laku keras, (Ilustrasi/Pixabay).

Cantumkan harga barang jualan mu secara keseluruhan agar calon pembeli mengetahui secara detil. Karena dalam bisnis ini, soal biaya atau harga gak hanya produkmu aja, tapi ada beberapa layanan misalnya seperti ongkos kirim, atau biaya ketemuan jika menggunakan metode cash on delivery.

Cantumkan biaya tersebut kalau perlu dengan secara jelas biar informasi itu gak berulang kali. Penentuan harga juga bukan hal yang sembarangan lho. Emang susah sih buat menentukan harga yang pas sesuai dengan keinginan kantong pembeli. Jadi, kamu mesti mempertimbangkan harga berdasarkan beberapa aspek.

Salah satunya adalah dengan menghitung jumlah modalmu. Berapa sih biaya total yang kamu keluarkan buat menjalankan bisnis ini. Kemudian jumlah tersebut kamu tambahkan sedikit sesuai dengan keinginanmu sebagai harga jualnya. Nah, coba kamu tentukan berapa persen mau mengambil keuntungan.

Kedua juga bisa dari harga pasaran, kamu mesti cari tahu dulu harga pasaran produk yang dijual, dilihat dari para kompetitormu. Kemudian tentukan apakah pengin menetapkan harga yang sama atau sedikit lebih tinggi. Yang penting, harganya udah bisa nutupin modal kamu ya.

Nah, itu tadi aspek penting yang mesti kamu perhatikan agar pembeli mau membeli produk bisnis milikmu. Tapi buat kamu yang masih bingung mau memulai bisnis online kita dari MoneySmart.id juga pengin ngasih tips biar lancar kedepannya. Yuk, kita simak bareng-bareng di bawah ini: 

Lebih kreatif

Kreatif juga salah satu cara agar bisnis online mu laku keras, (Ilustrasi/Pixabay).

Nah, bisnis ini juga udah banyak banget nih dan menjamur malahan, produk yang dijual antar penjual bisa saja sama bahkan dengan harga yang sama. Biar gak sama juga, coba kamu lebih kreatif lagi dalam mengelola bisnis milikmu ini.

Kreatif bisa dalam berbagai aspek, misalnya dari paket daganganmu. Kamu bisa kok berkreasi dengan desain packagingnya semenarik mungkin. Jadi meskipun barang yang dijual sama kompetitor lainnya, tapi setidaknya ada unsur perbedaannya. Kalau lebih menarik semakin besar kesempatanmu menarik pembeli.

Respons cepat terhadap calon pembeli

Respons yang cepat juga salah satu kunci sukses nih buat kamu tengah menjalankan bisnis online, (Ilustrasi/Pixabay).

Kalau kamu memiliki bisnis online, ada baiknya kamu memiliki respons yang cepat terhadap pembeli. Terutama dalam menjawab segala pertanyaan pembeli, apalagi kalo mereka komplain. Gak ada alasan juga bagi kamu buat gak memberikan respons yang cepat. Karena namanya bisnis ini, semuanya udah dapat dilakukan melalui ponsel dan internet, jadi lebih praktis.

Kalau kamu kelamaan balesnya, yang ada nanti pembeli malah marah dan kecewa malah bikin bisnis online kamu reputasinya jadi jelek deh.

Boleh sih respons cepat, tapi kamu juga perlu memberikan waktu atau jam kerja kamu buat meresponsnya. Jangan sampai malam hari ketika kamu sedang terlelap, telepon atau chat datang dari pelangganmu. Cantumkan saja di akun bisnis online milikmu jam operasional kamu. Dengan begitu, jadwal istirahat kamu tidak terganggu, dan bisnis online jadi lancar deh. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma). 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →