5 Tokoh Dunia yang Berhasil Mendirikan Perusahaan di Usia Belasan Tahun

orang terkaya

orang terkaya

Siapa bilang kesuksesan tidak bisa diraih sedari remaja? Kamu gak harus menunggu waktu sampai usia 40 tahunan, atau memiliki tabungan yang banyak untuk bisa mendirikan perusahaan sendiri. 

Sudah banyak kok contohnya, perusahaan-perusahaan besar yang didirikan oleh tokoh dunia saat mereka masih muda, contohnya seperti Facebook. Platform media sosial dengan jumlah pengguna terbanyak di dunia ini didirikan oleh Mark Zuckerberg

Sekarang Zuckerberg masuk ke jajaran 10 orang terkaya di dunia dengan kekayaan mencapai Rp 800 triliunan. 

Tapi kamu tahu tidak kalau dia dulu mendirikan Facebook saat usianya masih 19 tahun. Waktu itu ia cuma mahasiswa Harvard yang tinggal di asrama. Kemudian ia menciptakan platform komunikasi antar mahasiswa Harvard yang kini kita kenal dengan Facebook. 

Selain Zuckerberg, banyak tokoh dunia lainnya yang sukses menjadi pendiri perusahaan-perusahaan top di usia yang belum genap 20 tahun. 

1. Michael Dell, mendirikan perusahaan teknologi Dell di usia 19 tahun 

Michael Dell
Michael Dell

Kamu mungkin sudah pernah mendengar produk Dell, baik itu dalam bentuk laptop atau monitor. Ternyata, pendirinya Michael Dell mendirikan perusahaan teknologi ini pada saat usianya 19 tahun. 

Tokoh dunia yang memiliki kekayaan US$ 31 miliar atau Rp 426 triliunan ini pada tahun 1984 hanya seorang mahasiswa baru di University of Texas. Tapi saat itu ia doyan ngotak-ngatik komputer di kamar asramanya untuk di-upgrade ke yang lebih canggih lagi. 

Sampai akhirnya hobi otak-atiknya itu berhasil memberikan ia penghasilan mencapai US$ 80.000. Dell memutuskan untuk berhenti kuliah dan fokus mengembangkan bisnis komputernya itu dan mendirikan perusahaan sendiri yang kini dikenal dengan Dell Inc. 

2. Fred DeLuca, pendiri restoran cepat saji Subway di usia 17 tahun 

Fred DeLuca
Fred DeLuca

Nama Fred DeLuca mungkin asing di telingamu, tapi bagaimana dengan nama restoran cepat saji Subway? Buat yang doyan jalan-jalan ke luar negeri pasti sering deh makan di Subway. Siapa sangka kalau gerai fast-food yang telah mendunia ini dulunya didirikan oleh Fred DeLuca pada usia 17 tahun. 

Fred mendirikan bisnisnya sendiri ini untuk memberikan tambahan biaya kuliahnya. Hingga akhirnya ia diajak untuk bekerja sama dengan seorang ilmuwan nuklir bernama Peter Buck. 

Keduanya pun sepakat mendirikan gerai sandwich yang diberi nama Pete’s Subway tahun 1965 di Connecticut, AS. Beberapa tahun kemudian Pete’s Subway berganti nama menjadi Subway dan menjadi franchise sandwich terlaris di AS. 

Kini Subway telah memiliki ribuan gerai yang tersebar di seluruh penjuru dunia, termasuk di Lebanon, Singapura, dan Malaysia. 

3. Matt Mullenweg, saat usia 19 tahun ia mendirikan WordPress 

Matt Mullenweg
Matt Mullenweg

Buat yang doyan nulis-nulis di blog pasti tahu dengan WordPress. Situs hosting yang memungkinkan kamu untuk berbagai sesuatu di internet ini paling laris digunakan saat ini, gak cuma oleh blogger kecil atau UMKM saja, tetapi juga perusahaan-perusahaan besar pada pakai WordPress, seperti BBC Amerika misalnya. 

Nah sistem hosting ini ditemukan oleh Mullenweg saat usianya baru 19 tahun lho! Kini WordPress sudah melayani lebih dari 20 miliar website, dengan jumlah kunjungan lebih dari 400 juta setiap bulannya. 

4. Palmer Luckey, si pencetus perangkat VR Oculus saat usianya masih 17 tahun

Palmer Luckey
Palmer Luckey

Palmer Luckey memiliki ketertarikan dengan gema realitas virtual saat usia 15 tahun. Dari ketertarikannya itu ia akhirnya menciptakan prototipe perangkat VR di usia 17 tahun. Bisa dibilang sosok yang berjasa dalam pengembangan teknologi VR untuk dunia game saat ini. 

Agar fokus, Luckey pun mendirikan perusahaannya sendiri yang diberi nama Oculus. Saat usianya masih 21 tahun, ia pun memutuskan untuk menjual Oculus ke Facebook dengan nilai US$ 2 miliar. 

Berkat akuisisi dari Facebook, bisnis Oculus VR berkembang lebih pesat, hingga bisa dipasarkan ke seluruh dunia. 

5. Pete Cashmore, mendirikan media berita Mashable saat umurnya 19 tahun 

Pete Cashmore
Pete Cashmore

Saat usianya masih 19 tahun, tepatnya di tahun 2005, Pete Cashmore mendirikan Mashable di Skotlandia. Mashable ini tadinya diperuntukan untuk blog yang berfokus pada dunia teknologi. 

Tapi seiring dengan berkembang pesatnya bisnis ini ia merubah Mashable menjadi situs media global yang meliput berbagai kanal, gak cuma teknologi saja. Kini Mashable telah beredar di berbagai negara termasuk Asia Tenggara dengan total 45 juta pengunjung per bulannya. 

Itulah lima tokoh dunia yang berhasil meraih kesuksesan sejak usia remaja. Banyak pelajaran berharga yang bisa kamu petik dari mereka, diantaranya cobalah untuk terus berinovasi sedari muda. Selain itu, jangan takut untuk melakukan berbagai hal di usia muda, siapa tahu saja bisa jadi kesuksesanmu di masa yang akan datang. (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis