Tol Balikpapan Samarinda Sepanjang 99 KM Diresmikan! Segini Biaya Pembangunannya

Tol Balikpapan Samarinda

Tol Balikpapan Samarinda

Pulau Kalimantan memiliki jalan tol pertama yang menghubungkan daerah Balikpapan dan Samarinda sejauh 99 Kilometer. Peresmiannya langsung dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

“Kita harapkan dari pembangunan ini kecepatan efisiensi bagi mobilitas orang maupun barang, logistik semua bisa betul-betul kita dapatkan,” ungkap Jokowi kepada media saat peresmian di Balikpapan, Kalimantan Timur tanggal 17 Desember 2019, seperti dikutip dari Detik.

Sebagai Provinsi yang bakal menjadi Ibu Kota baru menggantikan DKI Jakarta, nantinya Kalimantan Timur idealnya memiliki segala sarana dan prasana yang memadai untuk mendukung aktivitas ekonomi maupun pemerintah secara maksimal.

Salah satu aspek yang terus digenjot oleh pemerintah ialah, membangun infrastruktur mulai dari gedung pemerintahan dan jalan tol. Uang yang digelontorkan pemerintah pun gak sedikit!

Lantas, berapa biaya pembangunan tol Balikpapan Samarinda dan apa saja fakta unik di baliknya? Yuk, simak pemaparannya di bawah ini:

Tol Balikpapan Samarinda memakan biaya sekitar Rp 9 triliunan

Tol Balikpapan Samarinda
Tol Balikpapan Samarinda memakan biaya sekitar Rp 9 triliunan (Instagram/@kemenpupr)

Untuk membangun jalan bebas hambatan sepanjang 99,3 Kilometer, pemerintah harus menyiapkan dana sekitar Rp 9,9 triliunan atau hampir Rp 10 triliun. 

Selain masalah biaya yang mahal, salah satu kendala yang dialami pemerintah adalah permasalahan pembebasan lahan dengan warga.

Sekadar diketahui, uang sebanyak itu berasal dari negara China dengan skema pinjaman dan investasi  dari Jasamarga.

Hal semacam ini lumrah terjadi jika terdapat proyek besar terutama jalan tol yang memang menjadi fokus utama pemerintahan Jokowi membangun ekonomi Indonesia.

Baca juga: Dibuka 15 Desember, Jalan Tol Layang Jakarta Cikampek Telan Dana Rp 355 Miliar per Kilometer

Proses pembangunan tol Balikpapan Samarinda masih terus berjalan

Tol Balikpapan Samarinda
Proses pembangunan tol Balikpapan Samarinda masih terus berjalan (Instagram/@kemenpupr)

Pada saat peresmian, jalan tol Balikpapan Samarinda yang selesai dikerjakan berjumlah tiga seksi dari total lima seksi yang bakal rampung April 2020 jika sesuai rencana.

“Dari lima seksi yang ada, telah selesai tiga seksi sepanjang 58 km dari total 99,3 km. Jadi kurang dua seksi lagi,” jelas Jokowi.

Tiga seksi yang sudah rampung, yaitu 2,3 dan 4a menghubungkan wilayah Samboja sampai Simpang Pasir.

Baca juga: Beli Jalan Tol dari Waskita Rp 2 Triliun, Ini 4 Fakta Road King Infrastructure

Berapa tarif tol Balikpapan Samarinda?

Tol Balikpapan Samarinda
Berapa biaya Tol Balikpapan Samarinda?

Untuk masyarakat Kalimantan Timur mungkin poin ini yang paling dinanti, yaitu tentang harga tarif tol yang bakal dikenakan kepada pengguna. Nominalnya sekitar Rp 1.000 per kilometernya.

“Levelnya (tarif) Rp 1.000 per kilometer, lalu juga akan dilihat nanti saat pengoperasian,” papar Danang Parikesit Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

Nantinya jika sudah beroperasi secara penuh, jarak tempuh dari Balikpapan ke Samarinda atau sebaliknya akan memakan memakan waktu sekitar satu jam saja dengan kendaraan darat dari yang sebelumnya mencapai tiga jam.

Baca juga: Resmi! Presiden Jokowi Pindahkan Ibu Kota ke Pulau Kalimantan

Itulah sedikit informasi tentang biaya pembangunan tol Balikpapan Samarinda dan sedikit fakta di baliknya. Semoga dengan dibangunnya infrastruktur tersebut bisa meningkatkan perekonomian masyarakat setempat! (Editor: Chaerunnisa)