Deretan Kerajaan Bisnis Tommy Soeharto yang Bikin Dirinya Kaya Raya!

Anak Soeharto

Tommy Soeharto sempat dihujat gara-gara komentarnya di program TV Mata Najwa. Ketika itu dia bilang kalau korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN) di Indonesia makin parah. Dia juga dihujat karena komentar mengenai bertambahnya utang luar negeri.

Sejumlah petinggi partai koalisi Presiden Joko Widodo berkomentar balik dengan menyinggung isu KKN pada era Presiden ke-2 Indonesia, Soeharto, yang gak lain adalah bapaknya Tommy.

Udah bukan rahasia lagi, isu KKN adalah topik yang sering banget dibicarakan publik usai pak Harto lengser dan reformasi bergulir. Beberapa pejabat era Orde Baru ditangkap atas tuduhan korupsi, dan gak sedikit juga pengusaha yang jadi buron.

Sementara Tommy Soeharto sendiri gak lolos dari masalah. Tommy pernah merasakan dinginnya sel penjara pada 2002 atas pembunuhan Hakim Agung Syarifuddin Kartasasmita yang terjadi pada 2001. Meski divonis 10 tahun penjara, dia bebas lebih awal pada 2006.

Walau sosoknya kontroversial, anak kelima mantan Presiden Soeharto ini tetap tercatat sebagai orang terkaya di RI ke-60 versi majalah bisnis Globe Asia lho. Dan kabarnya, kekayaan Tommy kini mencapai US$ 670 juta atau setara dengan Rp 9,6 triliun!

Jika dibandingkan dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno, Tommy jelas lebih tajir. Kekayaan bang Sandi setelah jadi pejabat publik dikabarkan merosot hingga saat ini total asetnya “cuma” US$ 300 juta atau setara Rp 4,3 triliun.

Penasaran dengan bisnis mas Tommy Soeharto? Yuk kita cari tahu di bawah ini.

1. Grup Humpuss

Menurut Globe Asia, sumber kekayaan Tommy Soeharto berasal dari perusahaan yang bernama Grup Humpuss.

Humpuss merupakan perusahaan induk yang memiliki anak usaha di bidang transportasi dan shipping (PT Humpuss Intermoda Transportasi dan Humpuss Transportasi Curah), energi (PT Humpuss Pengolahan Minyak dan PT Humpuss Patragas), hingga investasi (PT Humpuss Trading), properti (Humpuss Land). Totalnya ada 10 anak usaha.

Sebetulnya Grup Humpuss merupakan produsen mobil nasional pada era 1990an. Generasi zaman old pasti tahu dong sama mobil sedan merek Timor yang diluncurkan PT Timor Putra Nasional? Nah, perusahaan itu adalah anak usaha Grup Humpuss.  

Kabarnya, pria bernama asli Hutomo Mandala Putra ini memiliki 347 juta lembar saham di Humpuss. Sementara itu, Sigit yang gak lain adalah kakaknya Tommy, memiliki 231 juta lembar saham.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

2. Lor International Hotel Group (Lor In Hotel)

Kamu pernah menginap di Hotel Lor In? Hotel yang terletak di Solo, Jawa Tengah ini adalah hotel bertaraf internasional. Dan itu adalah salah satu bisnis milik Tommy, lebih tepatnya di bawah perusahaan bernama Lor International Hotel Group.

Asal kamu tahu nih, Lor In itu bukan cuma punya banyak cabang, mereka juga memiliki hotel-hotel lain dengan segmentasi yang berbeda.

Kalau namanya Lorin Hotel aja, maka itu adalah hotel bintang lima. Tapi kalau Lorin terus ditambah nama kota, misalnya Lorin Sentul, maka itu adalah hotell bintang empat. Ada juga yang namanya D’Wangsa Hotel yang merupakan hotel bintang tiga.

Selain itu ada juga hotel-hotel bujet seperti Loji Hotel Solo, Amantis Demak, dan Noormans Hotel Semarang. Gak ketinggalan, mereka juga punya hotel syariah yang ada di Solo.

3. Diisukan punya saham di Lamborghini

Sebuah dokumen keuangan berskala internasional pernah mengungkap soal keberadaan investasi-investasi tersembunyi konglomerat dunia (Paradise Paper). Gak cuma Ratu Elizabeth dan Donald Trump aja, nama Tommy Soeharto pun disebut dalam dokumen tersebut.

Kabarnya, Tommy memiliki V-Power Corp, perusahaan yang pemegang saham milik Automobili Lamborghini, menurut catatan Securities and Exchange Commision.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Meski demikian, laporan soal saham Tommy di Lamborghini ini belum dikonfirmasi. Pengacara Tommy Soeharto pada saat itu mengaku bahwa dirinya belum mendiskusikan hal ini.

Itulah deretan usaha milik sang Ketua Umum Partai Berkarya. Gak heran ya kalau dia tercatat di daftar orang terkaya di Indonesia versi Globe Asia. Wong banya gitu bisnisnya.

Dalam pemilihan umum mendatang, Tommy bakal mencalonkan diri sebagai anggota DPR dari daerah pemilihan Papua. Dia maju lewat Partai Berkarya, yang menurutnya adalah “Golkar yang sesungguhnya.”

Kira-kira bakal lolos gak nih mas Tommy Soeharto jadi anggota DPR? Kita tunggu aja.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →