Uang 100 Ribu Buat Apa? Ini 7 Hal yang Bisa Didapatkan

Uang 100 ribu bisa buat apa? Pertanyaan tersebut sempat menjadi pembicaraan beberapa waktu lalu. Ada yang berpendapat bahwa uang 100 ribu kini cukup kecil.

Benar saja sih memang cukup kecil nilainya dibandingkan dengan beberapa tahun silam sebagaimana terdapat faktor inflasi mata uang dan lain-lain.

Uang 100 Ribu Buat Apa? Ini 7 Hal yang Bisa Didapatkan
https://www.youtube.com/ministryoffinancerepublikindonesia

Mari kita bandingkan nilai uang tersebut dengan 10 tahun silam.

Cara menentukan nilai uang adalah dengan membandingkan kurs mata uang rupiah dengan dolar Amerika Serikat. Dolar Amerika Serikat memang menjadi benchmark atau patokan. Apalagi dengan nilai mata uang rupiah yang tergerus dari tahun ke tahun.

Asumsi sederhana, Rp100 ribu hampir setara dengan US$10.

Uang 100 ribu di tahun 2009:

  • Kurs Rp9.447 per US$ 1
  • Rp9.447 x US$10 = Rp94.470

Uang 100 ribu di tahun 2019:

  • Kurs Rp14.378 per US$1
  • Rp14.378 x US$10 = Rp143.780

Dari hitungan di atas, terdapat selisih antara uang Rp100 ribu di tahun 2009 dan tahun 2019 sebesar Rp49.310.

Dapat disimpulkan bahwa Rp100 ribu tahun 2009 silam hampir setara dengan Rp150 ribuan sekarang. Artinya Anda bisa membelanjakan uang 100 ribu dahulu untuk barang-barang senilai Rp150 ribu sekarang.

Meski nilai uang 100 ribu sekarang tampak lebih sedikit, bukan berarti Anda tidak bisa menggunakannya untuk hal-hal berguna. Semua bergantung kepada gaya hidup Anda. Faktanya dengan jumlah segitu, bahkan Anda yang single dapat gunakan untuk makan seminggu.

Berikut delapan hal yang bisa Anda lakukan dengan uang 100 ribu berdasarkan skala prioritas. Anda bisa habiskan uang tersebut dalam waktu beberapa jam hingga dalam waktu seminggu bahkan sebulan!

1. Nongkrong Sendiri di Coffee Shop

Nongkrong Sendiri di Coffee Shop

Uang 100 ribu dapat habis begitu saja dalam waktu beberapa jam, tergantung di mana Anda menghabiskannya. Misalnya, nongkrong di coffee shop ternama.

Agar kenyang, Anda membeli makanan dan minuman di coffee shop tersebut. Satu cangkir kopi berukuran kecil Frappuccino dibanderol sekitar Rp46 ribu, sementara Smoked Beef Sandwich dibanderol Rp53 ribu. Totalnya adalah Rp99 ribu.

Duh, Rp100 ribu langsung ludes setelah makan dan minum di sana. Apakah layak dinikmati? Anda yang akan menentukannya sendiri.

2. Makan Berdua di Restoran

Makan Berdua di Restoran

Jika mau menurunkan standar tempat nongkrong, bermodalkan 100 ribu saja Anda sudah dapat makan berdua, lho! Contoh, Anda memesan makanan dengan harga Rp30 ribuan dan minuman belasan ribu saja. Masing-masing berarti tidak sampai Rp50 ribu.

Beberapa restoran cepat saji biasanya menyediakan menu makanan dan minuman dengan harga demikian.

3. Makan Berempat di Warung Tenda

Makan Berempat di Warung Tenda
http://www.jajanbeken.com

Turunkan lagi standar Anda, maka kini mentraktir teman-teman pun bisa tercapai dengan uang Rp100 ribu saja.

Coba bayangkan mentraktir teman-teman di warung tenda pecel ayam. Di Jakarta, harga pecel ayam umumnya dibanderol Rp16 ribu sampai Rp20 ribu per porsi. Sudah termasuk nasi, lho! Sementara itu, teh tawar dibanderol seribu atau Rp2.000 per gelas. Sebagian warung memberikan fasilitas refill gratis pula!

Jadi, pecel ayam Rp20 ribu + Teh tawar Rp2.000 = Rp22 ribu.

Total: Rp 22 ribu x 4 orang = Rp88 ribu.

Perut kenyang dan batin senang karena bisa mentraktir teman-teman. Malah nyatanya bujet tersebut surplus Rp12 ribu. Lumayan untuk ditabung, bukan?

4. Uang 100 Ribu untuk Makan Satu Keluarga

Uang 100 Ribu untuk Makan Satu Keluarga

Apabila berpatokan pada biaya hidup dan bukan gaya hidup, uang 100 ribu bahkan cukup untuk makan sekeluarga sehari. Berikut salah satu contoh menu makanan sehari hari untuk satu keluarga yang terdiri dari empat orang:

Ayam 1 ekor, Rp35 ribu

Sayuran kentang dan wortel, Rp20 ribu

Bumbu-bumbu, Rp15 ribu

Beras 1 kg, Rp11 ribu

Total: Rp 81 ribu

Syukurlah, satu keluarga bisa makan untuk sehari deh!

5. Makan Selama Seminggu untuk Satu Orang

Makan Selama Seminggu untuk Satu Orang

Malah dengan uang 100 ribu, satu orang yang masih single bisa makan selama hampir seminggu. Tidak percaya?

Kalau Anda masak sendiri dan memilih menu-menu dengan bujet murah, Anda dapat bertahan hidup seminggu dengan Rp100 ribu saja. Misalnya, Anda bujetkan Rp15 ribu untuk masak per hari. Coba deh simak menu masakan murah di artikel ini untuk lebih detailnya.  

6. Paket Internet Sebulan

layanan internet

Uang 100 ribu dapat digunakan untuk kebutuhan internet sebulan. Ada beberapa paket internet dengan kuota data mulai dari 10GB yang dibanderol dengan harga tersebut. 

Satu sisi, paket internet ini bisa Anda gunakan untuk usaha. Misalnya, menjadi penulis lepas untuk sebuah situs online atau menjadi penerjemah untuk perusahaan takarir. Dengan begitu, Anda pun berpeluang untuk balik modal, bukan?

7. Bayar Asuransi untuk Dua Bulan

benefit dalam asuransi

Yang pasti, uang sejumlah ini ternyata bisa Anda manfaatkan untuk proteksi masa depan. Salah satunya membeli produk asuransi, seperti misalnya asuransi demam berdarah atau tipes dari Lifepal senilai Rp50 ribu per bulan. Jadi, kita bahkan sudah bisa manfaatkan untuk dua bulan.

Melihat daftar di atas, terlihat bahwa uang 100 ribu sebenarnya dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan. Asalkan digunakan dengan bijaksana, nilai di balik Rp100 ribu bisa sangat bermanfaat. Jika ada sisa, lebih baik disimpan, ya!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →