Ngantor Terasa Horor, Tapi Gak Bisa Resign Kerja? Harus Gimana?

Pengin resign kerja tapi kondisi sedang gak memungkinkan. Pernahkah kamu mengalaminya?

Sebenarnya kamu sudah merasa gak betah dengan lingkungan kantor. Tiap bertemu hari Senin rasanya jadi horor. Di kantor, waktu terasa berjalan lama banget. Begitu terus setiap hari.   

Tapi, memutuskan keluar dari pekerjaan juga bukan hal yang sederhana. Susahnya cari kerja bikin kamu mikir 1.000 kali buat kirim surat resign ke atasan. Belum lagi, gaji yang kamu dapat sekarang belum tentu bisa kamu dapatkan di tempat lain.

Gak betah tapi gak bisa resign kerja. Gimana dong?

Saat mengalami masalah di kantor yang bikin kerja jadi gak nyaman, resign kerja memang gak selalu bisa jadi solusi. Jika kamu berada dalam situasi seperti ini, 5 hal inilah yang benar-benar perlu kamu lakukan.

1. Kenali penyebab

resign kerja

Sadarilah apa yang jadi penyebab masalahmu ini. Konflik dengan rekan sekantor? Gak cocok dengan atasan? Stres kerjaan segudang? Coba telusuri faktor-faktor yang mungkin jadi penyebab rasa gak nyamanmu itu.

Setelah menyadari dan mengakuinya, baru deh kamu bisa mencari solusinya. Jika berhubungan dengan urusan pekerjaan, jangan ragu bicarakan masalahmu pada atasan.

2. Tingkatkan keterampilan

resign kerja

Bosan karena merasa minim tantangan di pekerjaanmu saat ini? Buatlah target-targetmu sendiri. Tanyakan pada dirimu, hal apa yang masih bisa kamu kembangkan menjadi lebih baik. Hari-hari yang kamu jalani pun akan terasa lebih bermakna. Dengan begitu, perasaan gak nyaman pelan-pelan tergantikan keseruanmu bekerja sambil terus belajar meningkatkan keterampilan diri.

3. Terapkan pesan Gandhi ini

“Jadilah perubahan yang kamu ingin lihat di dunia.”

Itulah salah satu quotes Mahatma Gandhi yang cukup terkenal. Dalam konteks ini, alih-alih berharap pihak-pihak lain yang melakukan sesuatu atau berubah demi membuatmu merasa betah di kantor, kamulah yang perlu berubah.

Cobalah untuk memahami rekan kerja atau atasanmu. Komunikasikan perasaanmu dengan baik agar tidak terus-terusan memendam apalagi sampai mendendam.

4. Ciptakan sendiri kondisi yang menyenangkan

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan agar mood jadi lebih baik, termasuk saat bekerja. Temukan cara yang paling cocok denganmu.

Misalnya, bekerja sambil mendengarkan musik, menyediakan minuman atau camilan favorit di meja kerja, dan sebagainya. Jika belum tahu dan penasaran apakah bakal berpengaruh positif, coba aja dulu satu per satu.

5. Buatlah rencana akhir pekan

resign kerja

Biar gak stres, pikiran juga perlu di-refresh. Kalau kamu merasa suntuk dengan situasi kerja, seimbangkan dengan waktu istirahat dan bersenang-senanglah yang cukup.

Sediakan waktu di akhir pekan untuk melakukan hal-hal yang kamu suka atau berkumpul bersama yang tersayang.

6. Ingat motivasimu bekerja

Masih ingat alasan pertama kali kamu bekerja di kantormu saat ini? Selain motivasi yang kamu punya, ada banyak hal yang bisa kamu dapatkan di mana pun kamu bekerja.

Misalnya, kamu jadi punya kesempatan mengembangkan diri, belajar memahami orang dengan berbagai karakter, meningkatkan skill, hingga mewujudkan berbagai tujuan keuangan yang telah lama diimpikan.

Meski terdengar klise, hal lain yang cukup ampuh buat dilakukan adalah perbanyak rasa syukur dan melakukan kebaikan-kebaikan kecil seperti memberi pujian pada rekan kerja.

Terakhir, kamu pasti sepakat kan bahwa secapek-capeknya kerja, masih lebih capek nganggur di rumah. Betul gak?

Wajar aja merasa gak nyaman di kantor karena satu atau dua hal. Tapi, jangan sampai hal tersebut bikin kinerja jadi terganggu, apalagi sampai buru-buru resign kerja. Yuk, berlatih jadi karyawan bermental baja!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →