Memahami Pengertian Unit Link dan Cara Kerjanya

Cara Melihat Harga Unit Link Prudential

Asuransi Unit link adalah produk asuransi yang memiliki manfaat proteksi dan investasi. Proteksi yang didapatkan berupa perlindungan terhadap nilai ekonomi seseorang jika meninggal dunia. Sedangkan manfaat investasi yang ditawarkan berkaitan erat dengan pasar modal.

Produk asuransi yang menggabungkan manfaat proteksi dan investasi ini dianggap lebih menarik dibandingkan dengan produk asuransi yang tidak memberikan keuntungan investasi. Sebab, peserta bisa memperoleh keuntungan ganda, yaitu preminya akan dikelola menjadi uang pertanggungan dan bisa berbuah investasi.

Berbeda dengan asuransi murni, premi yang dibayarkan dianggap hangus jika tidak ada klaim selama masa pertanggungan atau masa perlindungan telah berakhir. Inilah yang menjadi alasan mengapa asuransi unit link sering dipilih.

Mekanisme Pengelolaan Premi pada Unit Link

Pengelolaan Premi Pada Unit Link

Ketika Anda menyetorkan iuran atau premi unit link, artinya iuran yang Anda bayarkan tidak sepenuhnya untuk membayarkan proteksi melainkan ada yang disetorkan untuk kebutuhan investasi.

Investasi yang digunakan dalam unit link adalah investasi pasar modal. Pasar modal adalah tempat untuk jual beli surat berharga seperti saham, reksa dana, surat utang dan lain-lain. Masing-masing instrumen tersebut memiliki risiko yang berbeda. Ada yang risikonya tinggi dan ada yang risikonya rendah.

Artinya di dalam investasi selalu ada dua sisi yang perlu dipertimbangkan yaitu keuntungan dan risiko kerugian. Risiko tinggi maksudnya keuntungan yang akan Anda dapatkan cukup tinggi tapi risiko kerugian cukup tinggi. Sama halnya dengan risiko rendah, keuntungan yang didapatkan rendah dengan risiko kerugian lebih kecil.

Nah, perusahaan asuransi akan menginvestasikan dan yang sudah terkumpul dari peserta asuransi ke dalam pasar modal. Jika Anda mengikuti unit link, artinya Anda pun ikut di dalam mekanisme permainan pasar modal yang disebutkan tadi.

Itulah sebabnya, produk asuransi unit link disarankan hanya bagi peserta asuransi yang sudah memahami mekanisme atau aturan main di dalam pasar modal. Karena unit link memang mengandung nilai investasi yang berisiko, terlepas dari risikonya itu rendah ataupun tinggi.  

Contoh Alokasi Dana dalam Asuransi Unit Link

Pembagian Premi Proteksi/Akusisi Investasi
Tahun Pertama 100% 0%
Tahun Kedua 60% 40%
Tahun Ketiga 15% 85%
Tahun Keempat 15% 85%
Tahun Kelima 15% 85%
Tahun Keenam 0% 100%

Dengan melihat ilustrasi tersebut Anda bisa memperkirakan berapa besar keuntungan yang didapatkan dari pembagian premi tersebut.

Cara Kerja Unit Link

Cara Kerja Unit Link

Cara kerja unit link memang sedikit kompleks, tetapi dengan cara ini Anda bisa memahami risiko dan keuntungan yang bisa didapatkan dari unit link.

  • Premi yang dibayarkan pada tahun pertama akan dipotong biaya proteksi (pertanggungan dasar dan pertanggungan tambahan) dan akuisisi (Biaya pertanggungan dan penerbitan polis) secara berjenjang dalam lima tahun pertama.
  • Biaya akuisisi dibagi lagi untuk perusahaan asuransi dan komisi agen asuransi
  • Selain biaya akuisisi, premi lima tahun pertama juga akan dipotong biaya administrasi, biaya pengelolaan dana, dan biaya perubahan alokasi dana investasi.
  • Premi akan dialokasikan sepenuhnya untuk investasi setelah memasuki tahun ke-6 tanpa menghilangkan manfaat proteksi.
  • Nilai tunai atau nilai polis baru terasa setelah melewati masa 5 tahun pertama.
  • Peserta bisa mengambil uang dari nilai polis yang ada selama sisanya masih bisa membayar biaya lainnya.
  • Jika nilai polis tidak bisa membayar biaya yang ada, peserta harus menambahkan dananya artinya menambahkan biaya preminya.
  • Konsekuensi jika nilai polis kurang untuk menutupi biaya yang ada, polis asuransi akan berhenti dan peserta tidak lagi mendapatkan proteksi.
  • Unit link tidak menjamin peserta bisa mendapatkan return atau keuntungan dari investasi karena akan sangat bergantung dari risiko yang dihadapi.
  • Jika mengalami kerugian, otomatis peserta harus menjaga nilai polisnya tetap aman agar proteksinya tidak hilang.

Itulah secara ringkas cara kerja unit link. Jenis asuransi ini lebih banyak ditawarkan sebagai solusi pendidikan dan jaminan hari tua. Karena nilai tunainya bisa dimanfaatkan atau bisa diambil saat dibutuhkan.

Keuntungan dan Kekurangan Unit Link

Menentukan besaran uang

Dari pemaparan di atas, kini Anda sudah bisa mengambil kesimpulan tentang keuntungan dan kerugian asuransi unit link.

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

Keuntungan produk unit link 

Tentu saja manfaat investasi yang ditawarkan. Dengan catatan, Anda harus sudah paham bahwa yang namanya investasi bisa untung atau rugi. Jadi, bukan keuntungan yang pasti berupa bunga setiap bulannya.

Kekurangan produk unit link

Sangat terasa pada nominal preminya. Yang mana premi yang harus Anda bayarkan menjadi lebih mahal dibandingkan dengan asuransi murni. Pasalnya, nominal premi tersebut nantinya akan dialokasikan tidak hanya untuk manfaat proteksi tetapi juga unit investasi.

Karena premi yang dibagi dua, untuk manfaat proteksi dan investasi sekaligus. Hal tersebut membuat proteksi yang Anda peroleh pun terasa kurang maksimal. Oleh karena itu, bagi Anda yang menginginkan premi terjangkau dengan proteksi maksimal, asuransi murni bisa Anda pertimbangkan ketimbang unit link.

Kesimpulannya, saat Anda memilih asuransi unit link maka pastikan Anda memahami risiko dan konsekuensinya.

Supaya lebih jelas, Anda bisa menghubungi tim Lifepal yang akan memberikan pertimbangan tentang produk asuransi yang cocok selain unit link. Ada beragam jenis asuransi yang menarik yang bisa Anda pilih tanpa harus melalui agen asuransi.

Dengan begitu, keputusan benar-benar ada di tangan Anda. Karena Anda sendiri yang memutuskan mana yang benar-benar penting dan perlu bagi masa depan Anda.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →