Banyak yang Diet Habis Lebaran, Yuk Coba Bisnis 5 Jajanan Sehat Ini!

usaha modal kecil

Mendirikan usaha modal kecil tentu bisa jadi solusi buat kamu yang pengin memperbaiki kondisi keuangan usai lebaran.

Kamu cuma butuh modal Rp 600 ribu aja, dengan untung bisa sampai jutaan rupiah alias lebih dari dua kali lipat.

Kok bisa? Ya bisa dong. Selama yang kamu jual adalah makanan, maka kamu bisa ambil untung lebih dari 100 persen. Dan emang hukumnya ya gitu.

Gak sedikit orang memilih diet guna menurunkan berat badan yang meroket akibat opor ayam, sambal goreng, dan kue-kue kering lainnya yang dikonsumsi selama lebaran. Jadikan aja mereka sebagai target pasar.

Apa produk yang cocok? Ya tentu aja jajanan sehat rendah lemak dan kalori.

Tapi sebelum memulai usaha itu, siapkan dulu yuk modal buat membeli bahan baku di bawah ini.

– Tepung Gandum Taj Mahal 1 kilogram : Rp 20 ribu
– Rolled oats reguler 1 kg: Rp 34 ribu
– Dried fruit (Mix Berry, kismis, kurma, dll) 1 kg: Rp 160 ribu
– Baking soda 1 kg: Rp 9.900
– Minyak zaitun 250 mililiter: Rp 45 ribu
– Madu nusantara 250 ml: Rp 40 ribu
– Telur 1 kg: Rp 22 ribu
– Susu UHT 1 liter: Rp 12 ribu
– Dark Chocolate: Rp 55 ribu
– Pisang 500 gram: Rp 17 ribu
– Mentega Forvita 500 gram: Rp 7 ribu
– Diabetasol 50 saset: Rp 30 ribu
– Yogurt plain 200 ml: Rp 29 ribu
– Almond 110 gram: Rp 25 ribu
– Tepung terigu 1 kg: Rp 8.500
– Garam 500 gram: Rp 8 ribu
– Pumpkin dan SunFlower seed 500 gram: Rp 50 ribu
– Chia seed 150 gram: Rp 25 ribu

Total : Rp 597.400

Setelah bahan baku terkumpul, yuk kita kepoin resep jajanan diet sehat ala MoneySmart. Nantinya jajanan itulah yang bakal jadi dagangan utama kamu.

1. Oatmeal cookies

usaha modal kecil
Oatmeal Cookies (LINE)

Cookies yang satu ini kaya serat dan karbohidrat kompleks. Kandungan satu cookies aja udah hampir setara sama sepiring nasi. Cukup deh makan dua cookies ini sebelum olahraga pagi.

Berikut bahan bakunya.

– 225 gram tepung gandum utuh
– 150 gram rolled oat
– 1 sendok teh baking powder
– 125 ml minyak zaitun
– 125 ml madu
– 2 putih telur
– Kismis atau kurma secukupnya

Cara bikin:

– Siapkan dulu oven 175 derajat celcius, lalu letakkan rak pemanggang di tengah
– Siapkan mangkuk besar tempat mencampur semua adonan. Masukkan terlebih dulu bahan-bahan kering: tepung gandum utuh, rolled oat, baking powder. Aduk jadi satu.
– Masukan bahan basah ke mangkuk: minyak zaitun, madu, dan putih telur. Aduk rata.
– Masukkan kurma kering cincang, dan aduk hingga rata. Masukkan adonan ke dalam kulkas selama 10 menit biar menyatu dan melekat.
– Ambil adonan, bentuk jadi bulat-bulat lalu padatkan dengan jari tangan yang telah dibasahi dengan air biar gak lengket. Jika adonan retak dan merekah, satukanlah kembali.
– Tata di atas baking tray, beri jarak. Panggang sekitar 20 menit.
– Keluarkan dan sajikan.

2. Brownies kukus pisang

usaha modal kecil
Brownies kukus pisang (Youtube)

Menu kedua di usaha modal kecil barumu bisa kue brownies. Tapi tentu browniesnya beda sama yang dijual di pasaran ya. Punya kamu ini lebih rendah gula.

Berikut bahan bakunya.

– 5 pisang yang udah matang dan dihaluskan
– 125 gram dark chocolate
– 100 gram terigu
– 2 telur ayam kocok lepas
– 3 sendok makan mentega
– 1 sdt garam
– 1 sdt baking powder
– 4 saset diabetasol
– Kismis secukupnya

Cara bikin:

– Haluskan pisang dan sisihkan
– Kocok telur dan sisihkan juga
– Campur terigu, diabetasol, baking powder, dan garam. Ayak dengan ayakan tepung. Sisihkan.
– Lelehkan dark chocolate dengan cara ditim di rantang. Tunggu sampai mencair. Angkat, lalu masukkan mentega. Aduk rata. Sisihkan.
– Panaskan dandang, bungkus tutupnya dengan kain biar uap air gak menetes ke brownies
– Siapkan cetakan. Biar gak lengket, buat adonan carlo di cetakannya. 1/2 sdm terigu, 1/2 sdm mentega, 1/2 sdm minyak, aduk sampai tercampur rata. Olesi permukaan dalam cetakan dengan carlo tersebut.
– Ambil wadah besar, campurkan pisang, adonan coklat, dan telur yang udah dikocok. Aduk hingga rata.
– Tambahkan adonan terigu sedikit demi sedikit. Setelah diaduk rata masukkan ke dalam cetakan. Taburi kismis secukupnya.
– Kukus cetakan dalam dandang selama kurang lebih 45 menit.
– Angkat dan sajikan.

3. Granola Muesli

usaha modal kecil
Granola Muesli (Tribunnews)

Daripada beli granola muesli di toko yang harganya Rp 80 ribuan, mending bikin sendiri aja. Toh kamu punya rolled oats kan.

Yuk intip bahan bakunya.

Pumpkin seed secukupnya
– 500 gram rolled oats
– Kismis
Sunflower seed
– Kacang allmond
– 2 sampai 3 sendok makan madu
– 2 sendok makan minyak zaitun

Cara bikin:

– Campur semua bahan di wadah besar kecuali kismis.
– Tambahkan madu dan minyak zaitun, lalu aduk hingga rata.
– Siapkan oven 165 derajat dan loyang, panggang adonannya sampai kecoklatan.
– Setelah itu, keluarkan campuran bahan bakunya dari loyang dan segera masukkan kismis dan aduk selagi masih panas.
– Diamkan. Setelah dingin granolanya pun jadi lebih gurih.

4. Yogurt Mix Berry

usaha modal kecil
Mixed Berry (Kompas)

Menu ini adalah menu yang paling gampang. Daripada bikin smoothies mesti modal blender, dan susah pas ngirim, mending bikinkan aja menu Yogurt dengan buah-buahan ini. 

Berikut bahan bakunya.

– 1 gelas Yogurt Plain

Topping :
– Mix Berry
– Granola
– Kacang almond.

Cara bikin:

Tuang aja yogurt plain-nya di gelas dan kreasikan sendiri topingnya sekreatif mungkin. Oh ya, kamu juga bisa menaruh pisang sebagai tambahan toping bila perlu.

5. Kue kukus oatmeal

usaha modal kecil
Kue kukus (Merdeka)

Menu terakhir ini gampang buatnya dan enak rasanya.

Berikut bahan bakunya.

– 2 butir telur
– 2 buah pisang
Rolled oats secukupnya
– Tepung gandum
– Diabetasol secukupnya

Cara bikin:

– Kocok telur dan masukkan satu saset Diabetasol sampai mengembang.
– Lumatkan pisang hingga halus, lalu masukan ke kocokan telur tersebut.
– Tambahkan tepung gandum. Jangan sampai terlalu kental.
Rolled oats yang udah diblender.
– Masukann ke loyang, kukus selama 45 menit.
– Setelah itu, angkat dan sajikan.

Mulailah usaha modal kecil tersebut dengan sistem preorder

Demikianlah resep kita kali ini. Kamu udah bisa mulai menjual jajanan-jajanan sehat ini. Impian mendirikan usaha modal kecil bisa terealisasi nih usai lebaran.

Oiya, bar gak rugi, pakai aja sistem preorder. Kamu bisa minta uang muka untuk beli bahan baku. Jadi ya kamu gak perlu keluar uang sama sekali.

Jangan lupa manfaatkan media sosial buat promosi usahamu ini. Belajar juga buat mengambil gambar dengan baik biar orang-orang bisa mendadak lapar pas liat foto daganganmu.

Selamat mencoba usaha modal kecil ini. Semoga sukses ya.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →