Terkuak! Ini Sumber Kekayaan UAS Selain dari Berdakwah

Ustadz Abdul Somad sejak menceraikan sang istri, Mellya Juniarti pada 4 Desember 2019 semakin jadi sorotan. Semua hal tentangnya, termasuk sumber uang Ustadz Abdul Somad turut menjadi perhatian.

Kabar perceraian Ustadz Abdul Somad hingga saat ini masih terus jadi topik hangat pembicaraan. Pasalnya, kehidupan rumah tangga sang dai kondang itu tak pernah diterpa isu miring.

Namun, permohonan talak cerai pria yang menikahi Mellya Juniarti pada tahun 2012 itu dikabulkan Pengadilan Agama Bangkinang Kelas 1B, Riau. 

ustadz abdul somad
Ustadz Abdul Somad saat menikahi Mellya Juniarti pada tahun 2012 (Instagram/@mizyanhadziq)

Pengadilan telah mengabulkan permohonan Cerai Talak yang diajukan Ustadz Abdul Somad sejak bulan Juli 2019 lalu.

ustadz abdul somad
Mantan istri UAS, Mellya Juniarti dan buah hati mereka (Instagram/@mizyanhadziq)

Terlepas dari perceraian pria yang akrab disapa UAS dan sang istri, ada hal menarik dari kehidupan sang pendakwah. Yaitu, terkait sumber uangnya.

Pasalnya, selain berdakwah dan mengelola chanel YouTube, Ustadz Abdul Somad ternyata memiliki beragam bisnis yang dikelolanya.

Pendakwah yang akrab disapa UAS itu diketahui menjual beragam produk mulai dari baju muslim, buku, hingga peci.

Apa saja sumber uang Ustadz Abdul Somad? Yuk, simak deretan pabrik uangnya seperti dikutip dari berbagai sumber:

Ceramah 

ustadz abdul somad
Ceramah (Instagram/@ustadzabdulsomad_official)

Sebagai pendakwah kondang, UAS lewat laman Instagramnya kerap kali membagikan aktivitas atau kegiatannya saat mengisi suatu acara.

Sebagai penceramah kondang, UAS yang memiliki penggemar cukup banyak memang banjir tawaran berdakwah.

Pasalnya, pria kelahiran 18 Mei 1977 ini dikenal jenaka saat menyampaikan dakwahnya hingga disenangi banyak orang.

Meski kerap diundang di berbagai acara, UAS ternyata tidak memasang tarif ceramah. Hal itu pernah diungkapkannya dalam suatu kajian.

Menurut, tujuannya berdakwah bukanlah untuk memperoleh uang, melainkan untuk mendapatkan cinta Allah SWT. Dia sangat senang ketika banyak yang mengundang. Untuk itu, para pengundang biasanya akan membayar seikhlasnya. 

Karena semua alasan itu, hampir setiap hari UAS disibukkan kegiatan dakwah di berbagai kota. Selain kota-kota di Indonesia, ayah satu anak itupun kerap berdakwah sampai ke luar Negeri.

Baca juga: Rumah Sederhana hingga Belanja di Pasar, Gini Potret Kehidupan Nyata Ustadz Abdul Somad

Kelola YouTube

ustadz abdul somad
Kelola YouTube (Social Blade)

Selain berdakwah dari satu kota ke kota lain dan dari satu negara ke negara lain, UAS juga dikenal sebagai ustadz yang berceramah lewat media YouTube.

Lewat channel YouTube bernama Ustadz Abdul Somad Official, UAS membagikan video-video tentang dakwah.

Akun YouTube miliknya hingga saat ini sudah memiliki 392 ribu subscribers. Lewat Social Blade.com, perolehan bulanan hingga tahunan UAS dari akun YouTube-nya itu dapat diketahui. 

Yaitu mulai dari US$ 939 hingga US$ 15 ribu atau setara Rp 13,1 juta hingga Rp 210,2 juta per bulan, dan US$ 11,3 ribu hingga US$ 180,2 ribu atau setara Rp 158,3 juta hingga Rp 2,5 miliar per tahun.

UAS Original Store 

ustadz abdul somad
UAS Original Store (Instagram/@uas_originalstore)

Selain berdakwah baik secara langsung maupun lewat YouTube, UAS juga diketahui menambah pundi-pundi uangnya lewat bisnis. Salah satunya, UAS Original Store. 

Di UAS Original Store, terdapat beragam produk yang dijual. Dilansir dari laman Instagram resminya, UAS menjual beraneka macam aksesori atau perlengkapan ibadah khusus wanita dan pria. 

Produk yang dijualnya khusus untuk konsumen pria antara lain, peci beraneka warna, celana muslim, kaos, kemeja koko, hingga tas.

Sementara untuk perempuan, ada beragam jilbab syari, serta pakaian gamis. Selain itu, ada juga buku-buku tentang keagamaan, hingga payung dengan stok terbatas. 

Tak hanya menjual produknya saja, UAS juga sering menggelar give away spesial untuk menarik konsumen. 

Toko Buku Amanah

ustadz abdul somad
Toko buku Amanah (Instagram/@uas_originalstore)

Di Toko Buku Amah, dijual beberapa buku tentang Agama Islam. Toko Buku Amanah ini berada di Jl. Datuk Setia Maharaja No. 16 C, Bukit Raya, Pekanbaru, Riau.

Buku tentang Agama Islam ini ditulis sendiri oleh UAS. Beragam buku keagamaan yang dijual antara lain Tanya Jawab Seputar Sholat, Hadist Zikir & Doa, Kisah saat Maut Menjemput hingga Tanya Jawab Umrah.

Itulah empat sumber uang Ustadz Abdul Somad yang hingga saat ini masih menjadi topik hangat pembicaraan karena perceraiannya menyeruak ke publik.