Perhatikan Saat Wawancara Kerja, 6 Outfit dan Aksesoris Ini Bisa Bikin Kamu Ditolak

Ada beberapa hal yang mesti kamu perhatikan saat wawancara kerja di calon tempat kerja barumu. Mengenakan outfit atau aksesoris berlebihan justru bakal memberikan kesan yang gak baik bagi pewawancara. 

Begitu pula sebaliknya, sang pewawancara pun bisa jadi kehilangan simpatik atau berubah pikiran untuk merekrut yang bersangkutan karena satu dan lain hal. 

Menurut Baron Christopher Hanson, CEO dari perusahaan konsultan organisasi perusahaan di Amerika Serikat, RedBaron Consulting, LLC, pakaian yang kamu pakai bisa menentukan kesuksesanmu dalam wawancara kerja di perusahaan, masa iya?

“Bagaimana cara kamu mengenakan pakaian, bersolek, dan menggunakan aksesoris, akan diperhatikan secara detail ketika kamu rapat atau menghadiri beberapa acara penting sebuah perusahaan. Dalam wawancara ‘kesopanan’ soal berpakaian juga akan dinilai,” demikian pernyataan Hanson di Reader’s Digest.

Hanson pun memberikan detail mengenai outfit atau aksesoris seperti apa yang kiranya gak boleh kamu pakai saat menghadiri proses wawancara pekerjaan. Mau tahu lebih lanjut? Cek di bawah sini yuk.

Baca juga: Ini 5 Hal yang Bikin Generasi Milenial Bertahan Lama di Perusahaan

1. Outfit yang “gak sesuai” dengan budaya perusahaan 

wawancara kerja
Pakai pakaian atau busana sesuai dengan perusahaan yang menginterview kamu, (Ilustrasi/Shutterstock).

Saat melakukan wawancara kerja, kamu mesti menyesuaikan pakaian dan aksesoris dengan budaya perusahaan yang didatangi. Biasanya nih di setiap lowongan pekerjaan tertulis dan dijelaskan gambaran dresscode baik itu kasual maupun formil.

Jadi kamu mesti menyesuaikan outfit dengan dresscode perusahaan saat menghadiri wawancara kerja di perusahaan yang bersangkutan. 

Jika memang kamu sedang diwawancarai di perusahaan startup, agensi, media, datanglah dengan pakaian kasual. Pakai celana jeans, chino, dengan atasan kemeja santai tentunya lebih baik. 

Namun jika wawancaranya di perusahaan perbankan, atau BUMN, gunakan pakaian formal ya.

Baca juga: Bahasa Asing yang Perlu Dipelajari Selain Inggris, Agar Cepat Dapat Pekerjaan!

2. Heels yang membuatmu gak nyaman

wawancara kerja
Hindari pemakaian heels yang bikin kamu gak nyaman saat interview kerja, (Ilustrasi/Shutterstock).

Buat kamu para perempuan mengenakan heels mungkin bisa membuatmu lebih percaya diri saat menjalani wawancara kerja. Namun kalau kamu gak terbiasa menggunakan heels tentu hal ini bisa berbahaya. 

Bikin dirimu senyaman mungkin saat melakukan interview di tempat kerja yang baru. Jangan sampai kamu merasa gak nyaman lantaran kaki lecet, perih atau mengalami insiden keseleo. Kalau udah begini rasa percaya diri dan rasa gak nyaman bakal muncul nih.

Baca juga: 30 Perusahaan Terbesar di Indonesia yang Punya Nilai Tinggi dan Aset Jumbo

3. Mengenakan pakaian atau aksesoris dengan warna mencolok

wawancara kerja
Hindari pemakaian warna yang mencolok saat wawancar di kantor baru, (Ilustrasi/Shutterstock).

Bagi kamu yang menyukai warna cerah ada baiknya menghindari pemakaian pakaian atau aksesoris dengan warna mencolok. Pakailah warna yang sewajarnya agar gak terlalu mencolok saat interview berlangsung. 

Warna memang merepresentasi kepribadianmu tapi jangan sampai menggunakan warna yang kiranya bakal membuatmu jadi perhatian orang sekantor. Pilih saja warna biru muda atau putih dan hitam serta warna-warna pastel.

4. Bling-bling yang berlebihan

wawancara kerja
Penggunaan perhiasan berlebihan sebisa mungkin dihindari ya, (Ilustrasi/Shutterstock).

Berlian mungkin jadi adalah sahabat para perempuan, namun wawancara kerja bukanlah ajang untuk pamer berlian lho ya. Bagi perempuan yang tengah menjalani interview kerja ada baiknya menghindari pemakaian berlian atau perhiasan berlebihan. 

Perusahaan gak bakal peduli dengan jenis perhiasan di walking closet milik mu. Apakah itu bermerek Tiffany, Chopard, Cartier, atau brand-brand lainnya. 

Gak dipungkiri bahwa berlian juga menentukan kedudukan status sosial. Nah pamer status sosial saat interview juga sangat gak bijak lho. Kenakanlah aksesoris yang sederhana dan gak mencolok perhatian.

5. Pakaian dengan potongan mini atau seksi

wawancara kerja
Menggunakan pakaian terlalu seksi juga gak disarankan nih saat interview kerja, (Ilustrasi/Shutterstock).

Buat kamu para perempuan yang bakal menjalani wawancara kerja ada baiknya memilih busana dengan potongan sopan. Hindari pemakaian busana dengan potongan mini atau seksi. 

Hindari pemakaian busana yang mini atau seksi saat interview kerja. Hal ini dilakukan bertujuan menghindari kesan gak sopan. 

6. Tas terlalu berat karena penuh dengan isinya

wawancara kerja
Mengenakan tas yang terlalu berat dan penuh isinya juga gak disarankan nih, (Ilustrasi/Shutterstock).

Gak cuma pakaian dan aksesoris, isi tas juga harus kamu perhatikan. Tas mengglembung yang makan tempat kabarnya bakal sangat mengganggu jika dilihat. Apalagi, kamu memutuskan untuk menaruhnya di atas meja.

Pilihlah tas yang ramping, atau kalau gak ya atur saja isi tasmu agar gak terlihat terlalu menggendut alias mengglembung.  Bawalah barang secukupnya seperti laptop dan chargernya, CV dan portfolio yang sudah kamu siapkan dalam bentuk hardcopy. 

Itulah enam outfit dan aksesoris yang kiranya gak perlu dikenakan atau dibawa saat wawancara kerja. Bikin kesan pertama dengan baik saat menginjakkan kaki di ruangan wawancara kerja. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis