Mulai Rp 1 Jutaan Aja, Kamu Bisa Menikmati Keeksotisan Karimunjawa

Karimunjawa sudah sejak lama menjadi destinasi liburan menarik di Pulau Jawa. Pemandangan lautan biru dengan air yang jernih menjadi daya tarik.

Spot wisata Karimunjawa juga beragam, mulai dari pantai, hingga dataran tinggi yang cocok untuk menikmati lautan luas.

Selain itu, akses untuk menuju ke sana yang gak terlalu mahal membuat destinasi ini layak untuk dikunjungi.

Bagi warga di kota-kota di Pulau Jawa, untuk menuju ke Karimunjawa bisa menggunakan transportasi kereta atau bis menuju Jepara. Kemudian dari Jepara kalian bisa menaiki kapal feri untuk menyebrang. Gak cuma dari Kabupaten Jepara, kamu juga bisa menyebrang dari Semarang.

Nah kalau wisata Karimunjawa menjadi salah satu agendamu, berikut ini kita kasih referensi spot-spot menarik dan indah tentunya yang bisa kamu kunjungi.

Baca juga: Visit the Heart of Borneo Menjadi Momentum Kebangkitan Pariwisata Kalimantan

Mengenal spesies kupu-kupu di Taman Kupu-Kupu

Taman Kupu-Kupu di Karimun Jawa (Instagram).

Spot wisata Karimunjawa ternyata gak cuma pantai dan lautan biru saja, tapi kamu juga bisa berkunjung ke Taman Kupu-Kupu. Taman ini memiliki luas kurang lebih 800 meter persegi yang di dalamnya terdapat berbagai macam koleksi kupu-kupu dari Indonesia.

Taman ini didirikan pada tahun 2014, tujuannya untuk memperkenalkan kepada masyarakat luas tentang keanekaragaman kupu-kupu di Indonesia.

Kalau kamu membawa anak-anak, tempat ini juga bisa menjadi sarana edukasi bagi mereka lho. Dijamin deh mata kamu bakalan segar melihat cantiknya kupu-kupu terbang berseliweran.

Gak cuma untuk spot wisata, ternyata taman ini juga dijadikan sebagai konservasi dan sarana penelitian bagi para ilmuwan.

Menikmati indahnya bawah laut Pulau Menjangan Kecil

Pulau Menjangan Kecil (Instagram).

Kalau ke Karimunjawa yang menjadi primadonanya adalah pulau-pulau kecil di sekitarnya. Kamu bisa mengambil paket island hopping ke beberapa pulau. Biasanya sih, paket tur tersebut menawarkan 4 destinasi, salah satunya adalah Pulau Menjangan Kecil.

Biaya turnya juga gak mahal kok, sekitar Rp 150 ribu sampai Rp 200 ribu per orang. Tapi kalau kamu mau lebih eksklusif lagi, bisa menyewa kapal dengan Rp 500.000 per orangnya.

Menjangan Kecil menjadi salah satu spot snorkeling dan diving terbaik di Karimunjawa, jadi sangat sayang untuk dilewatkan. Bahkan keindahannya disebut-sebut setara dengan bawah laut di Raja Ampat lho!  

Ketika kamu tiba di pulau, pantai panjang berpasir putih akan menyapamu. Jernihnya air laut membuat siapa saja tertarik untuk nyemplung melihat keindahan bawah lautnya. Ketika sudah berada di bawah kamu bakalan takjub berenang bersama dengan ikan-ikan kecil seperti nemo atau clownfish, serta terumbu karang yang berwarna-warni.

Untuk bisa menikmati keindahannya, kamu harus membayar biaya retribusi sebesar Rp 10.000. Tapi kalau menggunakan paket tur, kayaknya biaya seperti ini sudah diurus oleh pihak agen.

Baca juga: Keunikan Budaya Dayak Jadi Daya Tarik dan Kekuatan Festival Budaya Isen Mulang

Menguji adrenalin berenang bersama hiu di Pulau Menjangan Besar

Pulau Menjangan besar (Instagram).

Letak Menjangan Besar dan Menjangan Kecil tidak terlalu jauh. Keduanya menawarkan keindahan bawah laut yang menakjubkan. Bedanya, kalau di Menjangan Kecil, kalian mungkin bisa berenang-renang lucu dengan ikan-ikan kecil yang menggemaskan. Tapi, kalau di Menjangan Besar, salah satu spot menariknya adalah berenang bersama Hiu.

Di sini ada tempat penangkaran hiu yang memungkinkan kamu untuk bisa berenang bersama hewan mamalia yang menakutkan ini. Tenang saja, hiu di sini jinak kok, jadi kamu gak perlu takut kena gigit. Jika keberanianmu tinggi, jangan lupa untuk berswafoto di momen langka seperti ini.

Tapi meski jinak sempat ada kasus, seperti dikutip di Merdeka.com seekor hiu menggigit wisatawan. Alhasil penangkaran tersebut ditutup untuk sementara.

Ada kabar menyedihkan lagi yang baru terjadi. Dikutip dari CNN, sebanyak 110 hiu di Menjangan besar mati mendadak. Penyebabnya pun masih diteliti oleh para ilmuwan. Tapi, spekulasi yang beredar adalah karena polusi air laut, tapi spekulasi tersebut tidak kuat karena ikan-ikan lainnya tidak ada yang mati, alias hanya hiu saja.

WWF sendiri dikutip dari detikcom mengatakan kalau ikan hiu memang sebaiknya tidak dipelihara di penangkaran melainkan dilepaskan ke lautan bebas.

Bersantai-santai menikmati deburan ombak di Pulau Geleang

Pulau Geleang (Shutterstock).

Sama seperti pulau-pulau lainnya, Pulau Geleang juga menawarkan keindahan pantai dengan pasir putih dengan air laut yang super jernih. Belakangan, pulau ini lebih asyik untuk dijadikan spot bersantai setelah seharian lelah snorkling atau bermain air.

Suasana yang tenang dengan suara deburan ombak serta angin sepoi-sepoi jadi momen yang tepat untuk bersantai-santai. Agar lebih mantap lagi, gak ada salahnya sambil menikmati hidangan santap siang yang kamu bawa atau disediakan pihak kapal.

Tenang saja, udaranya di pulau ini gak panas-panas banget kok, karena ada banyak pohon-pohon besar yang bisa kamu jadikan untuk tempat berteduh sambil memandang birunya laut.

Baca juga: Pemerintah Tetapkan Enam Langkah Strategis Dongkrak Devisa Pariwisata

Menjelajah hutan mangrove

Menjelajah hutan mangrove di Karimun Jawa (Shutterstock).

Gak cuma pulau-pulau cantik dengan lautan biru, spot wisata Karimunjawa yang bisa dijadikan alternatif lainnya adalah hutan mangrovenya. Hutan mangrove ini terletak di Desa Kemujan dengan luas sekitar 10 kilometer persegi.

Tanaman mangrove di sini sudah memiliki tinggi yang lumayan, jadi sangat menarik ketika kamu melintasi di tengah-tengahnya. Tenang saja, sudah ada jalurnya yang terbuat dari bambu kok, jadi meungkinkan kamu untuk mengeksplor hingga ke dalamnya. Setiap sudutnya sangat menarik untuk dijadikan background foto, instagramable banget deh!

Untuk bisa menjelajah di sini, kamu perlu merogoh kocek gak mahal kok, hanya Rp 10.000 saja.  

Akses menuju ke Karimunjawa

Karimun Jawa (Shutterstock)

Jika merencanakan berlibur ke sini, ada banyak pilihan transportasi yang bisa digunakan. Kamu bisa menyebrang dari Semarang atau Kabupaten Jepara. Di dua tempat penyeberangan itu akan ada kapal feri yang siap membawamu. Tapi, jadwalnya gak setiap hari dan jam ada, mereka memiliki jadwal tertentu untuk berangkat

Dari Jepara, ada dua kapal yang beroperasi, yaitu KMP Siginjai dengan biaya sekitar Rp 150 ribu – Rp 200 ribu untuk pulang pergi, dan KMC Bahari Express sekitar Rp 150 ribu – Rp 180 ribu untuk perjalanan pulang pergi.

Jadwalnya:

– Siginjai: Senin (07.00 WIB), Rabu (07.00 WIB), Jumat (06.30 WIB), Sabtu (07.00 WIB)

– Bahari Express: Senin (09.00 WIB), Selasa (09.00 WIB), Jumlat (09.00 WIB), Sabtu (10.00 WIB)

Sedangkan dari Semarang, ada beberapa pilihan transportasi yang bisa kamu pilih, yaitu kapal dan pesawat. Kalau kapal kamu bisa menggunakan Bahari Express dengan jadwal penyeberangan setiap hari Jumat pukul 08.40 WIB dengan durasi perjalanan sekitar 2 jam.

Tapi kalau mau singkat dan cepat, kamu juga bisa menggunakan pesawat terbang dengan lama tempuh sekitar 30 menit. Maskapai yang menyediakan penerbangan dari Semarang ke Karimun Jawa salah satunya adalah Wings Air dengan biaya sekitar Rp 400 ribuan.

Penginapan yang beragam

Sama seperti tempat wisata lainnya, jika kamu ingin wisata ke Karimunjawa ada banyak pilihan penginapan. Semuanya tergantung dari bujet liburan kamu, misalnya kamu liburan dengan bujet pas-pasan, lebih baik untuk menginap di penginapan-penginapan murah atau hostel.

Ada banyak penginapan murah yang bisa kamu lihat di situs-situs seperti Traveloka. Salah satu yang populer ada The Panorama Karimunjawa. Hotel sederhana ini menonjolkan suasana pinggir pantai yang eksotis.

Terdapat dua pilihan kamar, yaitu tanpa AC, dan dengan AC. kalau rasa dengan kipas angin saja sudah cukup, kamu bisa memilih kamar yang gak dilengkapi fasilitas AC dengan harga per malamnya Rp 250 ribuan. Tapi kalau kamu mau yang ada ACnya, kamu perlu merogoh kocek sekitar Rp 350 ribuan permalam.

Bujet bukanlah penghalang buat kamu? Ada juga hotel berbintang yang bisa kamu pilih. Di Traveloka, salah satu yang populer ada Royal Ocean View Beach Resort Karimunjawa. Hotel yang satu ini termasuk ke dalam kategori bintang 4. Mereka memiliki kolam renang yang menghadap langsung ke lautan biru. Indah banget deh buat menghabiskan waktu sore hari kamu. Uang yang perlu kamu siapkan untuk menginap di sini sekitar Rp 900 ribuan sampai Rp 1,5 jutaan.

Setelah mengetahui spot-spot wisata Karimunjawa yang menarik serta pilihan transport dan hotel yang tersedia, segera rencanakan liburanmu. Kalau dihitung-hitung untuk liburan dalam waktu tiga hari dua malam sih gak nyampe sekitar Rp 1 jutaan, tapi itu perhitungan kasar jika kamu memilih penginapan yang murah ya. Seandainya kamu memilih penginapan mahal ya harganya pasti di atas segitu. Dan lagi, biaya segitu belum termasuk ongkos dari kota asalmu ke Semarang atau Jepara ya!  (Editor: Winda Destiana Putri).

 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →