Yang Kamu Musti Ketahui tentang Kredit Sepeda Motor

Membeli sepeda motor dengan cara kredit mempermudah kita dalam memperoleh kendaraan dengan cara cepat walau tabungan masih kurang. Banyak orang memilih cara transaksi ini karena kebutuhan akan kendaraan yang mendesak.

Namun tak jarang pula orang membeli motor dengan cara kredit demi memenuhi keinginan mendapatkan kendaraan keluaran baru. Ujung-ujungnya, terjadi masalah dalam proses pelunasan kredit karena tidak adanya rencana keuangan yang matang dan kurangnya pemahaman soal fasilitas itu.

Karena itu, sebelum memutuskan mengambil kredit motor, pahami dulu kondisi keuangan kamu. Selain itu, cari tahu tentang hal-hal seputar kredit motor via leasing agar tidak mengambil keputusan yang keliru.

Dengan membeli motor lewat kredit, berarti kamu bisa langsung membawa pulang motor walau belum melunasi pembayaran. Tapi ada sejumlah syarat yang harus kamu penuhi. Salah satunya, kamu harus mengangsur sejumlah uang yang disepakati sebelumnya. Jika kamu tidak sanggup melunasinya atau telat membayar, akan ada sanksi dari leasing.

Skema pembiayaan sepeda motor

Leasing menawarkan pilihan jangka waktu pelunasan beragam, misalnya 11 bulan, 17 bulan, dan 23 bulan bahkan lebih. Berikut ini contoh simulasi kredit motor Honda Scoopy FI dengan cara kredit selama 23 bulan:

  • Harga motor: Rp15.000.000
  • Uang muka: Rp3.000.000
  • Angsuran per bulan: Rp700.000

Maka, penghitungan total pembayaran bisa diperoleh dengan rumus berikut.

Uang muka + (angsuran x jangka watu kredit)

Rp3.000.000 + (Rp700.000 x 23) = Rp19.100.000

Total pembayaran itu belum termasuk biaya administrasi yang berkisar Rp200.000, tergantung nominal kredit dan leasing. Untuk mengambil motor, biaya yang dikeluarkan adalah angsuran pertama+uang muka+biaya administrasi, yaitu Rp3.900.000.

Inti pembelian suatu barang lewat kredit adalah meringankan beban konsumen. Jadi, hitung pendapatanmu, apakah mencukupi untuk melunasi angsuran. Kamu harus memilih cicilan yang paling meringankan. Semakin besar uang muka, semakin kecil cicilan per bulan. Minimal uang muka menurut peraturan adalah 20 persen dari harga motor.

Jika kamu hidup di Jakarta, berstatus lajang, dan pendapatanmu sekitar Rp3.000.000 per bulan, angsuran Rp700.000 masih masuk akal. Sebab, kamu masih menyisakan Rp2.300.000 untuk hidup sebulan.  Jangan sampai angsuran melebihi setengah dari pendapatan per bulan.

Itu keuntungan membeli motor lewat kredit. Dengan membayar Rp3.900.000, kamu sudah bisa memiliki motor sendiri. Ini berbeda dengan pembelian lewat tunai. Jika harga kendaraan Rp15.000.000, otomatis duit yang harus kamu sediakan sama dengan harga itu.

Berikut ini syarat umum dokumen pembelian motor lewat kredit.

  • Kartu tanda penduduk dan kartu keluarga.
  • Nomor pokok wajib pajak/surat pemberitahuan pajak.
  • Rekening 3 bulan terakhir.
  • Slip gaji karyawan/surat keterangan penghasilan.

Dokumen pengajuan kredit motor

Jangan lupakan dokumen-dokumen yang dibutuhkan saat pengajuan kredit motor murah adira dan perusahaan leasing atau bank lainnya. Apa saja? 

Dokumen/Jenis Pekerjaan Karyawan Wirausaha Profesional Perusahaan
Fotokopi KTP/KITAS
Bukti Penghasilan (Slip Gaji/SKP/SPT) X X
Fotokopi Rekening Tabungan (2 bulan) X X
Fotokopi Surat Izin Profesi X X X
NPWP
Fotokopi Akta Pendirian/SIUP/TDP X X

Cara kerja kredit motor 

Sebagai pihak yang mengajukan kredit motor, kamu diharuskan membayar uang muka atau down payment (DP) minimal sesuai peraturan atau kebijakan yang ditetapkan pemerintah, yaitu 20 persen. Kamu boleh memberikan DP lebih dari itu sehingga angsuran kredit pun akan semakin rendah. Namun kembali lagi tergantung pada dari tenor atau masa pelunasan alias jangka waktu dan suku bunga. 

Setelah pengajuan aplikasi kredit motor disetujui untuk mendapatkan jasa kredit motor dari suatu institusi baik bank ataupun leasing, maka institusi tersebut akan meminta agunan dari pihak yang mengajukan kredit tersebut sebagai jaminan. Biasanya, agunan yang diminta oleh pihak bank atau leasing adalah BPKB dari motor tersebut.

Maksimum kredit motor yang diperbolehkan

Pada dasarnya, pemberian kredit motor memiliki aturan dan ketentuan dari Pemerintah yang berlaku. Adapun kebijakan yang mengatur pembatasan pembiayaan ini tertuang dalam Peraturan Bank Indonesia Nomor 17/10/PBI/2015 tentang Rasio Loan To Value atau Rasio Financing To Value untuk Kredit atau Pembiayaan Properti dan Uang Muka untuk Kredit atau Pembiayaan Kendaraan Bermotor.

Kebijakan uang muka yang harus dipenuhi oleh debitur atau nasabah dalam rangka Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) atau kredit motor syariah (KKB Syariah) ditetapkan sebagai berikut ini. 

  • Minimal 20 persen untuk pembelian kendaraan bermotor roda dua.
  • Minimal 20 persen untuk pembelian kendaraan bermotor roda tiga atau lebih untuk keperluan produktif.
  • Minimal 25 persen untuk pembelian kendaraan bermotor roda tiga atau lebih yang tidak memenuhi persyaratan sebagaimana dimaksud dalam sebelumnya.

Selain itu, dalam kebijakan ini juga disebutkan terdapat beberapa kriteria dalam penentuan batas maksimum kredit motor yang bisa diperoleh nasabah atau debitur, yaitu berdasarkan jenis kendaraan dan tipe penggunaan kendaraan. Dengan mempergunakan kombinasi dari parameter tersebut maka akan menghasilkan persentase Loan To Value maksimum bagi nasabah yang mengajukan kredit motor.

Kelebihan dan kekurangan kredit motor 

Tak ada salahnya sebelum memutuskan mengambil kredit motor tanpa DP, kamu mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan kredit motor ini. Adapun kelebihannya sebagai berikut ini

  1. Jauh lebih ringan dibandingkan membeli motor secara tunai karena cukup membayar uang muka dan cicilan pertama saja.
  2. Besarnya cicilan kredit motor dapat disesuaikan dengan penghasilan per bulan.
  3. Asal tidak melebihi batas maksimum cicilan, keuangan tetap bisa diatur dan terjaga dengan baik.
  4. Bisa langsung membawa pulang motor meski bulan lunas, tanpa harus menunggu uang tunai terkumpul.

Sedangkan kekurangan dari mengambil kredit motor bisa disimpulkan sebagai berikut.

  1. Harga motor yang dibeli secara kredit lebih mahal dibandingkan bila membeli secara tunai. 
  2. Jangan pernah terlambat untuk membayar cicilan kredit motor karena konsekuensi membeli motor secara kredit adalah berurusan dengan bank atau leasing.  
  3. Makin lama tenor yang kamu ambil, maka akan makin besar pula bunga kredit yang harus kamu bayarkan. 

Selain mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya, lebih baik lagi untuk mempelajari hal-hal berikut ini.

1. Fasilitas

Tanyakan fasilitas apa saja yang akan kamu dapatkan. Negosiasikan diskon agar lebih mendapat keringanan. Biasanya kamu akan ditawari barang sebagai hadiah. Jika memungkinkan, pilihlah diskon lebih besar tanpa barang.

2. Denda keterlambatan

Hitung denda jika terlambat membayar angsuran. Jangan sampai besaran denda memberatkan keuangan. Tanyakan tenggat pembayaran angsuran dan batas toleransi.

3. Asuransi

Umumnya, pembelian motor secara kredit sudah dilengkapi dengan asuransi all risk dan/atau asuransi TLO. Kamu bisa tanyakan asuransi dari perusahaan apa, kerusakan apa saja yang ditanggung, dan bagaimana klaim asuransinya.

Khususnya jika terjadi musibah kehilangan motor, apakah ganti rugi yang diberikan berbentuk uang tunai atau unit motor baru.

4. BPKB

Tanyakan pula kapan BPKB bisa kamu pegang. Kalau bisa, kamu harus mendapatkan BPKB begitu angsuran lunas.

Perusahaan pembiayaan motor

Kalau kamu sudah yakin dan memiliki pilihan motor yang ingin dibeli, berikut ini perusahaan yang menyediakan layanan kredit motor.

1. PT Federal International Finance (FIF Group)

FIF Group adalah perusahaan cicilan motor yang bisa dijadikan pilihan. Apalagi kalau kamu ingin mengajukan kredit motor Honda, maka FIF adalah pilihan tepat. 

Perusahaan ini tak hanya melayani kredit motor baru saja, namun juga melayani kredit motor bekas yang masih berkualitas. Ya, karena motor bekas di FIF ini harus melalui proses rekondisi atau ditangani oleh mekanik profesional. Selain itu, meskipun motor bekas tapi FIF juga menyediakan kartu garansi servis resmi.

2. Adira Finance

Perusahaan leasing lainnya adalah Adira Finance yang juga menyediakan kredit motor baru maupun bekas. Meski demikian, Adira Finance tak hanya menyediakan kredit motor saja, namun juga menyediakan layanan dan produk lainnya. 

Adira Finance menyediakan dua sistem pembayaran yakni kredit motor konvensional atau kredit motor syariah.

3. CS Finance 

CS Finance adalah perusahaan yang menyediakan kredit motor dan merupakan bagian dari PT Bank Central Asia Tbk (BCA). Seperti halnya FIF Group dan Adira Finance, CS Finance juga menyediakan kredit motor baru dan bekas. 

Perusahaan ini menjadi salah satu perusahaan pembiayaan yang diminati banyak orang karena kerap menawarkan program yang menarik bagi konsumennya.

4. Summit Oto Finance (OTO Finance)

Seperti ketiga perusahaan pembiayaan di atas, OTO Finance juga menyediakan kredit motor baru dan bekas. Namun menariknya, perusahaan ini menawarkan beberapa paket motor bekas yang disediakan yang bisa kamu pilih. 

Tak hanya itu, kalau kamu mengakses situs OTO Finance, maka kamu akan bisa memilih motor, harga, dan perbandingan pilihan motor kamu.

Itulah hal-hal yang penting untuk diketahui seputar kredit kendaraan bermotor.  Semua orang bisa mendapatkan fasilitas kredit ini. Yang penting, pastikan memahami seluk-beluknya sebelum mengajukan kredit motor agar mendapatkan keuntungan maksimal.

Jangan lupa lindungi motor barumu nanti dengan asuransi motor. Dengan memiliki asuransi motor, kamu akan terlindungi dari pengeluaran yang besar akibat harus memperbaiki kerusakan yang ringan maupun berat. Bahkan jika kau mengalami kehilangan motor akibat kecurian, perusahaan asuransi akan memberikan penggantian satu unit baru lho.

Jika kamu masih memiliki pertanyaan terkait prosedur dan biaya-biaya terkait pembelian motor secara kredit, langsung aja tanyakan di Lifepal.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →