6 Tips Yasa Singgih Ini Sukses Besarkan Label Men’s Republic

Yasa Singgih (IG yasasinggih)

Siapa aja bisa sukses, baik dalam karier maupun usaha. Apalagi, menjadi sukses kini gak kenal usia. Terbukti, Yasa Singgih bisa menjadi pengusaha sukses di usia muda.

Pria asal Bekasi kelahiran 1995 ini merupakan pemilik brand sepatu Men’s Republic. Di usianya yang masih terbilang muda, ia udah berhasil membesarkan usahanya hingga dikenal banyak orang.

Jauh sebelum berhasil seperti saat ini, ia sudah membuktikan diri bisa menjadi pengusaha, meski saat itu masih duduk di bangku sekolah. Hebatnya, usaha yang dijalankannya itu tanpa modal lho!

Saat melanjutkan pendidikan ke bangku SMA Regina Pacis, Yasa Singgih memilih usaha menjual kaos.

Menariknya, ia gak membeli kaos buat dijual, tapi menjualnya lebih dulu baru membayarnya ke pedagang di Tanah Abang. Istilahnya sekarang dikenal sebagai reseller.

Dari situlah ia mulai serius berkecimpung ke dunia usaha. Hingga akhirnya mendirikan usaha sepatu Men’s Republic, yang kemudian mencetak omzet sampai Rp 200 juta. Bahkan, berkat usahanya tersebut, dia masuk dalam 30 Under 30 majalah Forbes.

Meski sudah populer sebagai pengusaha sekarang, Yasa Singgih gak pelit membagikan tips suksesnya. Apa aja? Yuk simak di sini:

091. Berani ambil risiko

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Yasa Singgih (@yasasinggih) on Oct 6, 2018 at 12:34am PDT

Menjalankan usaha harus berani ambil risiko. Menurut Yasa Singgih, dengan berani ambil risiko, peluang meraih sukses jadi lebih besar.

Apalagi, buat yang usianya masih muda saat ini. Daripada menyesal saat sudah tua karena gak memulai usaha sejak muda, lebih baik memulainya sejak dini, meski berakhir kegagalan.

Pasalnya, kalau gagal di usia muda, akan lebih cepat untuk memulainya kembali.

2. Jangan takut gagal

 

View this post on Instagram

 

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

A post shared by Yasa Singgih (@yasasinggih) on Oct 2, 2018 at 9:30am PDT

Perasaan takut merupakan suatu hal yang wajar bagi setiap orang. Namun, kamu gak boleh takut gagal saat menjalankan usaha. Gimana pun juga jalankan usaha itu sangat berisiko. Ini yang harus dipahami banyak orang.

Hal itu yang diyakini Yasa Singgih. Menurutnya, usaha gak lepas dari kegagalan. Karena itu, Yassa selalu menekankan kalau mulai usaha itu selagi masih muda.

Yasa pernah mengalami kegagalan menjalankan usaha ketika masih muda. Ia pernah rugi Rp 100 juta dari menjalankan usaha kafe.

Daripada berlarut-larut dalam kesedihan, Yasa bangkit dan memulai usaha baru. Kali ini, ia memilih usaha sepatu dan ternyata berbuah kesuksesan.

3. Bersenang-senang kemudian

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Yasa Singgih (@yasasinggih) on Jul 17, 2018 at 7:22pm PDT

Ada yang bilang, manfaatkanlah waktu buat bersenang-senang selama masih muda. Pemikiran ini bertolak belakang dengan pandangan Yasa Singgih.

Bahkan, Yasa saat diminta menjadi pembicara meminta generasi mudah tidak menyia-nyiakan waktu. Manfaatkan waktu muda dengan menentukan tujuan apa yang pengin dicapai.

Pasalnya, energi dan kreativitas yang dimiliki bakal sia-sia gitu aja karena gak dimanfaatkan menghasilkan uang.

4. Peka melihat peluang

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Yasa Singgih (@yasasinggih) on May 30, 2018 at 3:31am PDT

Pengalaman selama menjalankan usaha memberi pelajaran penting buat Yasa Singgih. Ia jadi paham kesuksesan menjalankan usaha gak lepas dari kepekaan melihat peluang.

Sekadar diketahui, Yasa pernah gonta-ganti usaha sebelum menjalankan bisnisnya saat ini. Pasalnya, ia selalu melihat peluang dari usaha yang dijalankannya.

Meski ada yang gak sesuai ekspektasi, peluang terakhir yang diliriknya pada akhirnya berbuah manis.

5. Bangun relasi

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Yasa Singgih (@yasasinggih) on Jul 16, 2018 at 9:43am PDT

Yasa juga menekankan untuk membangun relasi atau networking. Relasi bakal membantu kamu melihat peluang saat menjalankan usaha.

Tips Yasa ini juga dipegang banyak pengusaha sukses di dunia lho! Mereka mengakui, tanpa adanya relasi, sulit untuk bisa meraih pencapaian seperti sekarang.

Dalam membangun relasi, perlu sekali bersikap baik. Asal kamu tahu aja, orang yang bersikap baik lebih mudah mendapatkan banyak teman.

6. Punya motivasi

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Yasa Singgih (@yasasinggih) on Apr 3, 2018 at 7:32pm PDT

Selama ini, banyak orang yang terus menjalankan usahanya sampai berhasil karena ada motivasi yang bikin mereka tetap semangat.

Awalnya, Yasa Singgih mulai menjalankan usaha karena sang ayah mengorbankan biaya pengobatan agar ia tetap punya biaya bersekolah. Dari situlah, Yasa mulai termotivasi buat menghasilkan uang sendiri. Hitung-hitung bisa membantu ayahnya.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Karena itu, Yasa mengatakan perlunya motivasi agar usaha bisa terus jalan. Dan, kamu tetap semangat menjalankan usaha tersebut.

Udah tahu kan sekarang apa aja tips-tips bisnis yang diterapkan Yasa Singgih yang bikin usaha Men’s Republic miliknya bisa berhasil seperti sekarang. Semoga aja, dengan melakukan tips di atas, kamu bisa sesukses Yasa.

Selamat mencoba! (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →