Mengenal Zozibini Tunzi, Miss Universe yang Membuktikan Cantik Gak Harus Putih

Zozibini Tunzi

Zozibini Tunzi, perempuan cantik asal Afrika Selatan terpilih sebagai ratu kecantikan sejagat tahun 2019. Di gelaran malam grand final Miss Universe 2019, Zozibini Tunzi berhasil mengungguli pesaingnya dari Puerto Rico dan Meksiko. 

Zozibini Tunzi lahir pada 18 September 1993 di Tsolo, Afrika Selatan. Dia dilahirkan di sebuah desa Sidwadweni. 

Zozibini Tunzi
Zozibini Tunzi, wakil dari Afrika Selatan Miss Universe 2019 (Instagram/@missuniverse)

Keluarganya merupakan kalangan terdidik, ibunya adalah seorang kepala sekolah, sementara ayahnya pegawai di Departemen Pendidikan setempat. 

Sejak kecil, Tunzi gemar membaca. Berbagai kategori buku telah dibacanya, mulai dari fiksi sampai buku-buku non-fiksi berbobot. 

Yuk, langsung saja simak fakta-fakta menarik tentang Zozibini Tunzi seperti dikutip dari berbagai sumber: 

1. Menyabet gelar Miss South Africa 2019 

Zozibini Tunzi
Menyabet gelar Miss South Africa 2019 (Instagram/@zozitunzi)

Di negara asalnya, Afrika Selatan, Zozibini Tunzi sudah dua kali mengikuti kontes kecantikan Miss South Africa

Pertama, pada tahun 2017 dia menjadi kontestan dan masuk 26 besar. Sayangnya, dia tereliminasi dan gagal masuk ke 12 besar. 

Namun, dua tahun berikutnya, tepatnya pada tahun 2019, Tunzi mencoba peruntungan kembali, dan berhasil keluar sebagai juaranya. 

Karier Tunzi di dunia modeling semakin moncer setelah menjadi juara Miss South Africa. Tiga bulan sebelum gelaran Miss Universe, dia diundang menjadi salah satu peraga di ajang fesyen bergengsi New York Fashion Week (NYFW). 

Dia berjalan di atas catwalk untuk memeragakan brand asal Afrika Selatan, Maxhosa. Penampilannya pun dipuji banyak desainer dan penonton yang datang. 

Baca juga: Gaya Miss Universe Catriona Gray yang Cantik Banget

2. Perempuan ketiga dari Afrika Selatan yang memenangkan Miss Universe

Zozibini Tunzi
Perempuan ketiga dari Afrika Selatan yang memenangkan Miss Universe (Instagram/@zozitunzi)

Tunzi merupakan wanita Afrika Selatan ketiga yang berhasil memenangkan gelaran bergengsi ini. Wanita Afrika Selatan pertama yang pernah mendapatkan mahkota Miss Universe adalah Margaret Gardiner pada tahun 1978. 

Beda dengan Tunzi yang telah berusia 26 tahun saat mendapatkan mahkota, Gardiner justru telah menyabetnya saat usianya baru menginjak 18 tahun. 

Wanita kedua adalah Demi-Leigh Nel-Peters, yang berhasil mengalahkan seluruh wanita cantik  di dunia pada tahun 2017 silam.

Meski sama-sama berasal dari Afrika Selatan, Tunzi satu-satunya wanita berkulit hitam dari tanah South Afrika yang lolos menjadi ratu kecantikan sejagat.

3. Seorang aktivis yang rajin menyuarakan hak-hak perempuan 

Zozibini Tunzi
Seorang aktivis yang rajin menyuarakan hak-hak perempuan (Instagram/@zozitunzi)

Zozibini Tunzi juga dikenal sebagai seorang aktivis di Afrika Selatan. Dia sangat lantang menyuarakan soal hak-hak, dan kesetaraan perempuan. 

Dia aktif di beberapa lembaga, salah satunya lembaga nirlaba bentukan PBB, HeForShe. Salah satu kegiatannya adalah, mengadvokasi para pria maupun wanita untuk tak segan-segan berkompetisi dalam berbagai hal. 

Tujuannya tentu saja untuk menggelorakan semangat kesetaraan gender yang selama ini masih belum terwujud karena kultur. 

Dalam menjalankan kegiatan advokasinya, Tunzi tak sendirian, dia ditemani tokoh-tokoh dunia lain. Salah satunya, aktris Emma Watson. 

4. Bekerja sebagai Public Relations Specialist 

Zozibini Tunzi
Bekerja sebagai Public Relations Specialist (Instagram/@zozitunzi)

Tunzi sangat senang berinteraksi dengan banyak orang. Level kecakapannya dalam berbicara dan berdiskusi tak perlu diragukan lagi. 

Itu sebabnya, dia mengambil jurusan Public Relations di Cape Peninsula University of Technology dan lulus tahun 2018. 

Dia sempat bekerja di bagian hubungan kemasyarakatan perusahaan advertising dunia Ogilvy yang berkantor di Cape Town. 

Kemenangan Tunzi ini membuktikan stigma cantik tidak hanya identik dengan kulit putih dan berambut panjang saja, tetapi kecantikan juga bisa dilihat dari dalam diri. 

Dalam sambutannya, Zozibini Tunzi mengatakan, “Saya tumbuh di dunia dimana perempuan seperti saya, memiliki kulit dan rambut seperti saya tidak pernah dianggap cantik. Saya rasa sekaranglah saatnya untuk menghentikan stigma tersebut hari ini.”

“Saya mau anak-anak melihat saya dan wajah saya dan saya mau melihat refleksi wajah mereka di wajah saya,” lanjutnya.

Itulah empat fakta menarik Zozibini Tunzi, perempuan berkulit hitam asal Afrika Selatan yang menjadi Miss Universe 2019. Selamat ya! (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →