Asuransi Syariah

Perlindungan Syariah Terbaik Mulai 60rb/bulan!

HEMAT HINGGA 20% Perlindungan Kesehatan 100% Sesuai Syariat Islam. Dapatkan Promo Sekarang!

+62
Tampilkan promo kartu kredit?
 

Daftar Asuransi Syariah Terbaik di Indonesia

Asuransi syariah merupakan asuransi yang memberikan jaminan biaya kesehatan dan santunan serta ganti rugi atas aset berdasarkan prinsip syariat. Berdasarkan objek yang dijaminkan, asuransi syariah ada dua, yaitu asuransi jiwa dan kesehatan serta asuransi umum (kerugian).

Cukup banyak pilihan asuransi syariah di Indonesia. Jika sedang cari asuransi syariah  terbaik bisa pertimbangkan pilihan dari Lifepal berdasarkan beberapa kategori berikut ini.

Berikut brand asuransi syariah atau perusahaan asuransi dengan unit syariah terbaik yang telah bekerja sama dengan Lifepal.

 

JMA Syariah

PT Asuransi Jiwa Syariah Jasa Mitra Abadi TBK, (JMA Syariah) adalah salah satu perusahaan asuransi jiwa syariah yang didirikan oleh KOSPIN Jasa serta para pelaku Koperasi Indonesia. Saat ini produk-produk asuransi yang memiliki label syariah semakin banyak dicari oleh calon konsumen.

Tidak heran jika produk-produk asuransi syariah yang diterbitkan oleh perusahaan asuransi dengan syariat syariah bersaing dengan perusahaan asuransi konvensional lainnya. Kehadiran asuransi syariah saat ini memang belum sepopuler layaknya produk asuransi konvensional.

Namun keuntungan yang didapatkan dari asuransi syariah tidak kalah menguntungkan dengan asuransi konvensional pada umumnya.

Oleh karena itu tujuan hadirnya JMA Syariah dapat dan mampu mengajak serta melayani banyak masyarakat dalam mengelola keuangannya melalui kegiatan ekonomi dengan syariat syariah.

Ringkasan

  • (+) Memiliki sejumlah produk asuransi untuk perorangan maupun untuk perusahaan
  • (+) Memiliki rekanan rumah sakit cukup banyak, baik di Pulau Jawa maupun di luar Pulau Jawa.
  • (+) Memberikan manfaat di setiap produk proteksi maupun investasinya.

FWD Syariah

FWD Life Indonesia yang merupakan pelopor asuransi jiwa berbasis digital di Tanah Air, telah meluncurkan produk asuransi jiwa berbasis syariah yang inovatif untuk membantu masyarakat beragama Islam di Indonesia untuk menyiapkan perencanaan dana Haji yang disebut dengan Asuransi Bebas Tawakal.

Asuransi Bebas Tawakal ialah asuransi jiwa berbasis syariah yang memiliki manfaat investasi optimal guna membantu umat Muslim dalam perencanaan dana Haji. Asuransi Bebas Tawakkal mempunyai banyak fitur utama seperti perlindungan asuransi sampai umur 100 tahun dan alokasi investasi semenjak tahun pertama serta bonus loyalitas yang akan diakumulasikan langsung ke dana investasi nasabah. Sehingga memungkinkan umat Muslim bisa merencanakan ibadah Haji dengan waktu tunggu yang lebih singkat, meskipun dengan kontribusi mulai dari Rp 1 juta per bulannya.

Ringkasan:

  • (+) Salah satu perusahaan asuransi yang telah beroperasi dan melayani nasabah di sejumlah negara di Asia.
  • (+) Situs resmi perusahaan, fwd.co.id, cukup jelas dan mudah dalam navigasi, informasi seputar produk, klaim, hingga daftar rekanan rumah sakit.
  • (+) FWD mengandalkan teknologi dalam proses berasuransi, sehingga tidak menggunakan kertas sama sekali.
  • (+) Produk asuransi yang ditawarkan beragam, dari asuransi jiwa, asuransi kesehatan, unit link, hingga asuransi berbasis syariah.
  • (+) Sistem pembayaran cukup lengkap ditampilkan dalam situs resmi yaitu melalui PadiPay, FinPay, kartu kredit, pembayaran online melalui Portal Pelanggan, hingga Indomaret.

Takaful Keluarga

Takaful Keluarga adalah pelopor perusahaan asuransi jiwa syariah di Indonesia yang didirikan pada 5 Mei 1994. Produk yang telah dikembangkan sesuai ketentuan syariah meliputi perlindungan jiwa, perlindungan kesehatan, perencanaan pendidikan anak, perencanaan hari tua, serta menjadi rekan terbaik dalam perencanaan investasi.

Ringkasan

  • Polis Takaful Dana Pendidikan memberikan dana pendidikan anak mulai dari TK hingga perguruan tinggi.
  • Polis Takafulink Falah Proteksi memberikan santunan meninggal dunia + santunan terdiagnosa penyakit kritis + nilai investasi + pertanggungan rawat inap + rawat jalan + persalinan sekaligus dalam satu polis dengan dana kontribusi Rp300 ribu/bulan.
  • Polis Takafulink Salam Wakaf memberikan santunan meninggal dunia 55% dari UP + 77% nilai investasi + loyalty bonus 77% dari nilai investasi.
  • Memiliki 1.198 rumah sakit rekanan yang tersebar di seluruh Indonesia.
  • Mendapatkan sertifikasi dari  Det Norske Veritas (DNV), Norwegia sebagai bukti manajemen mutu perusahaan.
  • Terdapat layanan Takaful Care Online guna memudahkan nasabah berinteraksi dengan pihak perusahaan melalui SMS, telepon, email, dan WhatsApp.

Takaful Umum

PT Asuransi Takaful Umum merupakan salah satu perusahaan asuransi umum syariah pertama di Indonesia. Pembentukan perusahaan ini tidak terlepas dari peran PT Syarikat Takaful Indonesia (Takaful Indonesia) pada tanggal 24 Februari 1994.

Perusahaan syariah ini menawarkan produk asuransi umum yang memberikan proteksi terhadap kendaraan bermotor, kecelakaan diri, harta benda, pengangkutan, aneka, rekayasa, dan salah satu produk unggulannya adalah asuransi haji dan umroh.

Ringkasan

  • (+) Pengalaman dalam industri asuransi selama lebih dari 20 tahun.
  • (+) Perusahaan Asuransi Takaful Umum memiliki kantor cabang yang tersebar luas di seluruh wilayah Indonesia.
  • (+) Kesehatan keuangan perusahaan yang sangat baik, terbukti rasio solvabilitas perusahaan mencapai 2.028%. Angka tersebut 20 kali lipat lebih tinggi daripada ketentuan pemerintah, 120%.
  • (+) Terdapat asuransi khusus jemaah haji dan umrah, dengan manfaat salah satunya biaya pengobatan apabila mengalami kecelakaan selama ibadah hingga Rp100 juta.

Adira Syariah

Adira Syariah atau asuransi Adira Syariah adalah salah satu produk asuransi yang ditawarkan oleh PT Asuransi Adira Dinamika. Asuransi Adira Dinamika terkenal sebagai salah satu perusahaan asuransi umum dengan produk proteksi kendaraan.

Ringkasan

  • (+) Produk yang tersedia yaitu asuransi kendaraan bermotor, asuransi perjalanan, dan asuransi kecelakaan.
  • (+) Premi terjangkau dan bisa dicek melalui situs resmi Adira.
  • (+) Semua polis asuransi syariah bisa dibeli online.

Askrida Syariah

Asuransi Askrida Syariah adalah produk asuransi yang menggunakan syariat syariah berada di bawah naungan PT Asuransi Askrida Syariah. Perusahan Asuransi dengan berbasis syariah ini didirikan pada 28 September 2017.

Ringkasan

  • Menyediakan layanan asuransi untuk proteksi pembiayaan
  • Menyediakan layanan asuransi kesehatan kumpulan
  • Menyediakan layanan asuransi syariah untuk perjalanan
  • Memberikan layanan asuransi untuk kecelakaan diri serta dengan manfaat santunan apabila peserta meninggal dunia
  • Menyediakan layanan asuransi syariah untuk menjamin dan memberikan kerugian akibat kebakaran
  • Menyediakan layanan asuransi kendaraan dengan memberikan ganti rugi
  • Menyediakan asuransi untuk profesi dokter dengan memberikan segudang proteksi
  • Menyediakan layanan asuransi untuk kejadian pencurian
  • Menyediakan layanan asuransi pengangkutan barang dan memberikan jaminan kerugian maupun kerusakan
  • Menyediakan layanan asuransi uang dengan syariat syariah
  • Situs resmi tidak memberikan informasi seputar rumah sakit rekanan Asuransi Askrida Syariah.

 

 

Pengertian Asuransi Syariah?

Asuransi masih menjadi perdebatan di Indonesia. Sebagian umat Islam di negeri ini masih menganggap asuransi mengandung unsur haram dan riba. Padahal, asuransi membantu siapa saja yang terkena musibah untuk mengurangi risiko kerugian finansial. Melihat polemik tersebut, hadir perusahaan dan produk asuransi syariah baik asuransi jiwa maupun asuransi umum (kerugian).

Secara sederhana, asuransi syariah diartikan sebagai proteksi atau jaminan ganti rugi yang dijalankan dengan prinsip syariah dalam Islam. Asuransi syariah ini berasaskan tolong-menolong dengan mengumpulkan dana dari nasabah atau yang disebut penerima manfaat.

Dalam asuransi syariah, dana kumpulan ini disebut tabarru’ yang dibayarkan nasabah dalam bentuk premi setiap bulan atau periode tertentu sesuai kesepakatan. Dana tabarru’ dapat dikelola oleh perusahaan asuransi syariah dengan catatan tidak boleh diinvestasikan pada usaha-usaha syubhat (samar-samar kehalalannya) apalagi terdapat unsur haram.

Penerima manfaat asuransi syariah tidak mendapatkan pengembalian tunai seperti asuransi konvensional lainnya setelah masa kontrak berakhir. Dana tabarru’ dianggap sebagai dana hibah (pemberian) yang digunakan untuk kepentingan bersama.

Perbedaan Asuransi Syariah dan Konvensional

Asuransi Syariah Asuransi Konvensional
Memakai akad hibah dengan konsep saling menolong, sama-sama tidak mengharap imbalan Mirip transaksi jual-beli, sama-sama berharap bisa ambil untung sebesarnya dan rugi sekecilnya
Dana dimiliki semua peserta asuransi. Perusahaan hanya menjadi pengelola dana dan tidak punya hak memiliki Dana premi yang dibayarkan jadi milik perusahaan karena konsepnya jual-beli, sehingga bebas dipakai buat apapun asal sesuai perjanjian
Dana semaksimal mungkin diolah untuk keuntungan peserta asuransi. Pengelolaannya lebih transparan Perusahaan secara sepihak menetapkan premi dan biaya lain, misalnya administrasi, untuk mendapat keuntungan
Keuntungan yang didapat dari pengelolaan dana asuransi dibagi ke semua peserta dan perusahaan asuransi secara merata Keuntungan dari kegiatan asuransi sepenuhnya jadi milik perusahaan
Peserta wajib membayar zakat yang diambil dari jumlah keuntungan perusahaan Tidak ada
Ada DPS di tiap perusahaan asurnasi untuk mengawasi ketaatan menjalani prinsip syariat. Pengawasan dana dilakukan secara internal oleh manajemen, tidak ada pihak luar yang dilibatkan
Dana yang disetor peserta asuransi bisa diambil kalau dalam perjalanannya tidak sanggup melanjutkan pembayaran. Hanya ada potongan kecil berupa dana tabarru’ Jika tidak sanggup bayar premi, seluruh dana yang sudah disetor statusnya hangus alias jadi milik perusahaan
Dana asuransi unit link hanya boleh diinvestasikan ke sektor yang dinilai tidak haram. Dana bebas diinvestasikan ke bidang mana pun, asal berpotensi untung

Tetapi Kenapa Memilih Asuransi Syariah?

Fungsi dan Manfaat Asuransi Syariah

Untuk memahami fungsi dan manfaat asuransi syariah harus dilihat dari sudut pandang prinsip tolong-menolong.

Fungsi Asuransi syariah

Fungsi asuransi syariah khususnya terasa bagi masyarakat secara keseluruhan. Berikut beberapa fungsi asuransi syariah yang bisa dirasakan masyarakat (baik umat Muslim dan bukan) serta kepada diri sendiri.

  • Asuransi syariah menerapkan prinsip tolong-menolong yang disebut dengan dana tabarru’ sehingga kontribusi (premi) yang disetorkan tidak akan ada pengembalian tunai.  Inilah salah satu perbedaan antara asuransi konvensional dengan asuransi syariah.
  • Salah satu prinsip asuransi syariah adalah saling membantu satu sama lain jika penerima manfaat atau tertanggung menghadapi musibah. Untuk tujuan itulah asuransi berfungsi mengumpulkan dana dari para penerima manfaat atau tertanggung.
  • Asuransi syariah menerapkan sistem sharing of risk atau pembagian risiko. Sistem ini berbeda dengan dengan asuransi konvensional dengan mengalihkan risiko kepada perusahaan asuransi sebagai penanggung.
  • Asuransi syariah juga berfungsi sebagai pengendali risiko jika sewaktu-waktu tanpa diduga terjadi hal yang tidak diinginkan. Pada saat itulah asuransi berfungsi sebagai pengendali risiko terhadap kemungkinan kerugian yang akan terjadi.

Manfaat Asuransi Syariah

Selain fungsi, asuransi syariah juga menghadirkan manfaat tersendiri bagi orang pribadi. Berikut manfaat asuransi syariah yang bisa menjadi pertimbangan penting saat memilih asuransi.

  • Dengan memiliki asuransi syariah, penerima manfaat akan lebih tentram dan tidak dipusingkan lagi dengan berbagai persiapan dana jika terjadi risiko seperti kesehatan atau kecelakaan.
  • Penerima manfaat asuransi syariah akan mendapatkan proteksi sesuai dengan kontribusi yang dibayarkannya baik untuk kesehatan maupun proteksi nilai hidup seseorang atau asuransi jiwa syariah.
  • Dengan mengikuti asuransi syariah, akan memberikan rasa aman kepada peserta ataupun penerima manfaat, sesuai dengan kontribusi yang diberikan yaitu berupa uang pertanggungan dengan nilai yang cukup besar.
  • Premi atau kontribusi asuransi syariah relatif lebih rendah dibandingkan dengan asuransi konvensional sehingga lebih terjangkau bagi semua kalangan.

Plus-Minus Asuransi Syariah

Asuransi syariah memang masih memiliki market yang terbatas, apalagi kesadaran masyarakat dalam membeli asuransi masih rendah. Namun demikian, ada beberapa kelebihan asuransi syariah yang tidak dimiliki oleh asuransi konvensional. Berikut adalah ulasannya:

Nilai Plus Asuransi Syariah

  • Bagi hasil lebih tinggi daripada asuransi konvensional. Bahkan nasabah bisa mendapatkan bagi hasil lebih besar hingga 70 persen dari modal yang diinvestasikan pada instrumen halal dan sesuai dengan prinsip syariat.
  • Perusahaan asuransi syariah dapat mengembalikan kontribusi peserta saat peserta berhenti atau sudah melunasi kontrak sesuai dengan jatuh temponya. Singkatnya kontribusi tidak akan hangus dan bisa dihibahkan atau diambil.
  • Dana yang dikumpulkan oleh perusahaan asuransi syariah dapat diberikan kepada peserta yang terkena musibah sebagai dana abadi yang ditujukan untuk memberikan proteksi kepada seluruh peserta saat terjadi hal yang tidak diinginkan.
  • Asuransi syariah bersifat terbuka dan transparan sehingga instrumen investasi pun benar-benar diketahui alirannya agar dipastikan aman dan sesuai dengan prinsip syariat.
  • Prinsip bagi hasil artinya sama-sama untung. Pada saat mengalami kerugian pun tidak sepenuhnya hanya dibebankan kepada peserta tetapi juga perusahaan ikut menanggungnya.
  • Ada pengawasan ketat dari Dewan Pengawas Syariah sehingga semua keputusan perusahaan benar-benar dipastikan kehalalannya.
  • Produk asuransi syariah tidak terbatas hanya untuk salah satu agama atau golongan saja. Asuransi syariah terbuka untuk siapapun dan bersifat netral seperti produk asuransi konvensional lainnya.
  • Asuransi syariah bisa dobel klaim untuk rawat inap sesuai dengan ketentuan yang ada di dalam kontrak atau polis.

Kekurangan Asuransi Syariah

  • Asuransi syariah memiliki produk yang terbatas jika dibandingkan dengan asuransi konvensional.
  • Asuransi syariah tidak bisa mendapatkan keuntungan lebih besar karena instrumen investasi terbatas hanya pada jenis yang aman dan halal mengikuti prinsip syariat.
  • Instrumen investasi benar-benar dipastikan dalam koridor agama yang juga diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah sehingga secara ekonomi akan sulit untuk bersaing dengan asuransi konvensional.

Apa Kata Mereka Tentang Kami

Tobias Wijaya
Tobias Wijaya
(5)
Sangat Baik
5 / 5.0
Abdi Surya
Abdi Surya
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Endro Bayu
Endro Bayu
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Laurenchia Kairen
Laurenchia Kairen
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Nandya Utami
Nandya Utami
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Saras Utami
Saras Utami
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0

Mereka yang Sudah Percaya pada Lifepal

Client Lifepal
Client Lifepal
Chat Bantuan Chat Bantuan