Kesehatan

Asuransi Kesehatan Terbaik di Indonesia

DISKON HINGGA 25% Dapatkan penawaran asuransi kesehatan terbaik dengan premi termurah. Hemat 10% untuk premi tahunan.

+62
 

Asuransi kesehatan menanggung biaya medis yang harus dikeluarkan ketika kita mengalami risiko kesehatan dan harus ke dokter atau rumah sakit. Adapun manfaat utama yang diberikan oleh asuransi kesehatan mencakup biaya rawat inap, rawat jalan, pembedahan, dan medical check-up. Sementara manfaat tambahan (rider) meliputi melahirkan, perawatan gigi, dan mata.

Biaya Apa Saja yang Ditanggung?

Secara umum, asuransi kesehatan memberikan manfaat dasar berupa pertanggungan biaya rawat inap dan pembedahan, dan rawat jalan pra atau pasca rawat inap. Kemudian, terdapat manfaat tambahan (rider) berupa pertanggungan maternity (melahirkan), perawatan kesehatan gigi, perawatan mata, dan lain-lain. Dengan catatan, ada tambahan biaya premi untuk tiap rider tersebut.

infografik asuransi kesehatan

Kriteria Asuransi Kesehatan Terbaik

Biaya pelayanan kesehatan terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Bahkan Indonesia menjadi salah satu negara dengan inflasi biaya kesehatan paling tinggi di Asia. Untuk itu, kita perlu lebih cermat memilih manfaat asuransi kesehatan yang dibeli. Berikut ini adalah beberapa kriteria asuransi kesehatan yang bagus dan menguntungkan nasabah: 

  • Metode klaim cashless. Dengan sistem klaim cashless nasabah bisa datang ke rumah sakit bermodal kartu peserta asuransi kesehatan saja. Artinya, nasabah tidak perlu mengeluarkan anggaran yang besar untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di rumah sakit rekanan. Namun, cashless tidak selalu menjadi terbaik. Tetap ada plus-minus. Baca di sini mengenai perbandingan klaim cashless dan reimbursement.
  • Menanggung biaya rawat jalan. Biaya perawatan pra dan pasca rawat inap tidaklah murah. Untuk itu, sebaiknya pilih asuransi kesehatan yang menanggung biaya rawat jalan tersebut.
  • Menanggung biaya ambulans. Berdasarkan Peraturan Gubernur Nomor 2019/205 tentang tarif pelayanan ambulans, layanan ambulans dalam kota DKI Jakarta dikenakan tarif mulai dari Rp650 ribu. Biaya tersebut belum termasuk tambahan tenaga medis dan layanan luar kota. Itu sebabnya, manfaat ambulans akan sangat berguna ketika dibutuhkan. 
  • Manfaat pengembalian premi asuransi kesehatan. Beberapa asuransi juga menawarkan pengembalian premi apabila tidak ada klaim hingga masa polis berakhir. Umumnya besaran pengembalian premi tiap polis perusahaan berbeda-beda ada yang 20 persen, 50 persen, bahkan hingga 100 persen dari total premi yang telah dibayarkan.
  • Plafon asuransi kesehatan. Plafon yang ditawarkan oleh asuransi kesehatan memang sekilas terkesan besar. Misal uang pertanggungan Rp20 juta terkesan banyak saat ini. Namun, jika dibandingkan dengan biaya perawatan kesehatan di Indonesia saat ini yang mana biaya operasi memakan biaya sekitar Rp7-15 juta, tentu manfaat pertanggungan Rp20 juta sangatlah kecil.
  • Rasio klaim tahunan. Penting untuk kita mencari tahu catatan penyelesaian klaim atas perusahaan asuransi sebelum membeli produknya. Tanyakan rasio klaim (ICR) perusahaan asuransi kepada agen atau broker terkait, atau dapat melihat laporan tahunan perusahaan dan menghitung rumus ICR. ICR: Beban Klaim/ Pendapatan Premi
  • Kebijakan renewal guarantee. Artinya, perusahaan asuransi menjamin kebijakan perpanjangan polis yang berlaku untuk kondisi sakit apapun yang diderita nasabah selama masa pertanggungan. Kebijakan ini dapat membuat nasabah lebih tenang meski mendekati masa akhir polis asuransi.
  • Masa tunggu. Untuk pre-existing condition perusahaan asuransi akan menetapkan masa tunggu normalnya 30 hari. Jadi, usahakan memilih asuransi kesehatan yang memiliki masa tunggu lebih dari sebulan. 

free PA button

 

Pertanyaan & Jawaban

Bagaimana mendapatkan asuransi kesehatan yang bagus?

Terdapat ratusan pilihan asuransi kesehatan yang tersedia di Indonesia. Adapun manfaat yang dihadirkan tiap perusahaan asuransi berbeda-beda, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran nasabah. Untuk mendapatkan asuransi kesehatan terbaik rekomendasi Lifepal, daftar di sini!

Mengapa Membeli Asuransi Kesehatan secara Online?

Membeli asuransi kesehatan secara online akan sangat praktis bagi Anda. Sebab, Anda tidak perlu keluar rumah dan menghabiskan banyak waktu untuk mengurus berbagai keperluan administratif terkait asuransi. Selain itu, Anda akan mendapatkan harga termurah karena bisa membandingkan berbagai produk asuransi mobil dengan sekali klik.

 

 

Apa Kata Mereka Tentang Kami

Mereka yang Sudah Percaya pada Lifepal

Client Lifepal
Client Lifepal