Terjawab

Apakah perusahaan mendapatkan keuntungan dari kenaikan harga saham?

Oleh : Isthika Tisna
September 28, 2020

Jawaban

Vigi Caraka
Profesional di pasar modal yang berkarir di sekuritas dan regulator.
0 Komentar

Dalam pasar modal terdapat dua jenis pasar di mana saham ditransaksikan, yaitu:

Pasar Primer (Primary Market)

Tempat saham pertama kali di jual ke publik, saham dijual dari Perusahaan ke investor. Sering disebut dengan istilah IPO (initial public offering). Pada pasar primer perusahaan mendapatkan uang dari hasil penjualan sahamnya.

Pasar Sekunder (Secondary Market)

Saham dijual dari investor satu ke investor lainnya, ini adalah yang terjadi setiap hari di Bursa Efek. Perusahaan tidak mendapatkan uang dari transaksi di pasar sekunder.

Naik turun harga saham yang setiap hari bisa kamu pantau adalah hasil dari transaksi saham di pasar sekunder, Perusahaan tidak mendapatkan keuntungan dalam bentuk uang ketika harga saham naik. Pihak yang mendapatkan keuntungan materi dari kenaikan harga saham di pasar sekunder adalah investor.

Namun bukan berarti Perusahaan tidak peduli pada pergerakan harga sahamnya di pasar sekunder. Investor selaku pemegang saham adalah pemilik Perusahaan. Direksi sebagai wakil dari manajemen Perusahaan bertanggung jawab kepada pemegang saham atas performa Perusahaan. Performa Perusahaan yang baik akan membuat saham tersebut menjadi menarik di mata investor lainnya, sehingga harga saham naik di pasar sekunder.

Jika pemegang saham tidak puas atas kinerja Perusahaan, para pemegang saham dapat mengganti para Direksi melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).