Asuransi ACA

3.9 / 5.0 (2.477 Ulasan)
Diskon Terbaik
500+ Pilihan
Bantuan Klaim
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Cicilan 0%Hemat 25%
 

ACA Asuransi (PT Asuransi Central Asia)

Asuransi ACA adalah perusahaan asuransi umum yang berada di bawah naungan PT Asuransi Central Asia. Perusahaan memiliki pengalaman lebih dari setengah abad dalam industri asuransi Indonesia. Produk asuransi yang dihadirkan mencakup asuransi properti, asuransi aneka, asuransi kendaraan bermotor, asuransi rangka kapal, asuransi pengangkutan, dan asuransi rekayasa. 

Dari pilihan produk tersebut, asuransi mobil ACA menjadi salah satu pilihan unggulan yang patut dipertimbangkan.

Ringkasan

  • Polis Medisafe memberikan manfaat asuransi kesehatan lengkap, yaitu pertanggungan biaya rawat inap + konsultasi dokter + pembedahan sekaligus. 
  • Pilihan polis Wellwoman yang menanggung risiko kanker yang rentang menyerang perempuan. Masih jarang perusahaan asuransi yang menawarkan polis serupa. 
  • Terdapat pilihan polis Labbaik Syariah yang menanggung biaya atas risiko medis atau ketidaknyamanan perjalananan selama perjalanan umroh dan haji. 
  • Polis Otomate menyediakan mobil pengganti selama kendaraan bermotor nasabah sedang dalam masa perbaikan. 
  • Asuransi ACA memiliki bengkel rekanan yang tersebar di seluruh Indonesia, ditambah dengan layanan perbaikan darurat, mobil derek, dan ambulans untuk nasabah asuransi kendaraan bermotor ACA.

Sekilas tentang ACA

ACA asuransi cocok bagi yang sedang mencari asuransi kendaraan bermotor dan asuransi properti. Karena ACA memang cukup dikenal sebagai penyedia produk asuransi tersebut. Misalnya, Asuransi Kebakaran ACA yang memberikan pertanggungan terhadap biaya kerusakan aset properti karena kebakaran. Lalu, ada juga Asuransi Otomate yang menawarkan berbagai paket proteksi kendaraan bermotor.

Apabila ingin mencari asuransi terjangkau, asuransi ACA juga memiliki produk asuransi mikro, yaitu berupa voucher dengan harga yang terjangkau. Misalnya, asuransi Rumahku yang menawarkan voucher mulai Rp30 ribu dan akan memproteksi aset rumah selama satu tahun. Selain itu, ada juga Asuransi Demam Berdarah dengan harga voucher Rp10 ribu, Rp25 ribu, hingga Rp50 ribu yang berlaku selama satu tahun.

Uniknya, khusus untuk nasabah asuransi kendaraan bermotor ACA (All Comprehensive dan Otomate), ACA menyediakan beberapa fasilitas. Pertama, aplikasi ponsel pintar bernama ACA New Travel Safe. Kedua, fasilitas mencari bengkel rekanan terdekat nasabah dengan aplikasi MoovitApp. Ketiga, ACA juga melayani antar-jemput mobil nasabah asuransi kendaraan bermotor dari rumah nasabah ke bengkel dan sebaliknya.

Layanan ini disebut Otomate Valet Service. Keempat, terdapat layanan Road Side Assistant, yaitu perbaikan kendaraan langsung di lokasi oleh teknisi dari ACA. Terakhir, nasabah asuransi kendaraan ACA bisa mendapatkan mobil pengganti saat mobilnya diperbaiki di bengkel.

Asuransi ACA Indonesia terdaftar di Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI). ACA Asuransi telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan sebagai PT Asuransi Central Asia dengan nomor izin usaha KEP-2097/MD/1986 31 Maret 1986.

Berkat konsistensinya dalam memberikan perlindungan asuransi untuk keluarga, ACA asuransi pun meraih berbagai penghargaan dan prestasi yang membanggakan, antara lain: Penghargaan Warta Ekonomi 2019 Kategori: Digital Innovation Award, Penghargaan Majalah Investor 2018, Kategori: Pertumbuhan Hasil Underwriting Tertinggi, Penghargaan Warta Ekonomi IPRA 2018 Top 5 Popular Company in General Insurance Sector.

Laporan keuangan berikut ini disadur dari data Laporan Keuangan Tahunan 2018 yang dirilis pada situs resmi ACA Asuransi. Data-data berikut dapat dijadikan rujukan untuk menentukan suatu perusahaan asuransi sehat atau tidak.

  • Rasio solvabilitas: 205,54 persen.
  • Jumlah aset: Rp9,398 triliun.
  • Ekuitas: Rp4,493 triliun.

ACA memiliki rasio kesehatan yang cukup baik jika dilihat dari rasio solvabilitasnya sebesar 205,54 persen di tahun 2018. Rasio solvabilitas secara sederhana adalah kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajibannya.

Poin yang disebutkan di atas merupakan beberapa indikator kesehatan keuangan perusahaan asuransi dan reasuransi yang perlu dipertimbangkan, berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (Nomor 71 dan 72 /POJK.05/2016). Ketentuan mengenai rasio solvabilitas adalah minimal 120 persen, ekuitas minimal Rp100 miliar untuk perusahaan asuransi dan Rp200 miliar untuk reasuransi, dan perusahaan asuransi dikategorikan baik apabila minimal asetnya Rp150 miliar.

 
 

Produk Asuransi ACA

ACA Asuransi menghadirkan berbagai produk asuransi, mulai dari asuransi properti, asuransi aneka, asuransi syariah, asuransi kendaraan bermotor, asuransi rangka kapal, asuransi pengangkutan, dan asuransi rekayasa. 

Asuransi Properti

Asuransi properti dari ACA memberikan proteksi atas risiko kebakaran, pencurian, dan hingga gempa bumi. Khususnya untuk asuransi gempa bumi, produk ini terbilang cukup jarang ada di berbagai perusahaan asuransi umum.

Asuransi Aneka

Kategori asuransi aneka dari ACA terbilang cukup beragam. ACA menyediakan produk asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan diri, dan asuransi mikro seperti asuransi demam berdarah, serta banyak lagi. Salah satu produk yang cukup menonjol adalah Asuransi Medi+ yang bekerja sama dengan Admedika.

Asuransi ACA Syariah

Selain menyediakan produk asuransi konvensional, perusahaan juga memiliki unit syariah melalui ACA Syariah. Adapun produk yang ditawarkan, antara lain asuransi perjalanan untuk ibadah haji dan umrah serta produk asuransi kecelakaan diri berbasis syariah.

Asuransi Kendaraan Motor ACA

Asuransi kendaraan bermotor dari ACA terbilang cukup populer. Lifepal juga bekerja sama dalam menyediakan asuransi mobil ACA, baik produk all risk maupun TLO. Kelebihan produk asuransi mobil ACA ini adalah paket yang memberikan gratis asuransi kecelakaan diri hingga Rp50 juta dan asuransi tanggung jawab hukum hingga Rp75 juta.

Asuransi Rangka Kapal

Selain menyediakan produk retail, ACA juga menyediakan asuransi yang dikhususkan untuk bisnis dan proyek. Asuransi rangka kapal dari ACA bahkan telah bekerja sama dengan Dirjen Perhubungan Laut melalui penyediaan asuransi terhadap 13 ribu unit kapal.

Asuransi Pengangkutan

Ada pula produk asuransi yang dikhususkan untuk proteksi terhadap barang-barang yang dibawa oleh transportasi darat, laut, dan udara.

Asuransi Rekayasa

Asuransi rekayasa dari ACA bermanfaat untuk proyek konstruksi. Adapun proteksi yang diberikan adalah penggantian kerugian terhadap proyek itu sendiri, alat dan bahan yang digunakan, dan tanggung jawab hukum.

 

Polis & Manfaat Pertanggungan

Pertanggungan asuransi ACA adalah benefit atau manfaat yang diberikan oleh perusahaan asuransi. Tentu saja berdasarkan produk asuransi yang disepakati berdasarkan polis tertulis. Agar lebih jelas, mari simak apa saja pertanggungan atau manfaat asuransi ACA berdasarkan jenis produknya berikut ini.

Asuransi Properti

Asuransi Kebakaran

Produk asuransi properti ini memberikan penggantian terhadap risiko kebakaran dengan pertanggungan sebagai berikut.

  • Uang penggantian bila rumah mengalami kebakaran, petir, ledakan, asap, dan kejatuhan pesawat terbang.
Asuransi Properti

Asuransi Pencurian dan Pembongkaran 

Produk asuransi properti yang memberikan penggantian terhadap pencurian dan pembongkaran dengan manfaat sebagai berikut.

  • Uang penggantian kerugian apabila terjadi tindakan pencurian dengan kekerasan dan merusak bangunan dan barang-barang di dalamnya.
Asuransi Properti

Asuransi Rumah Idaman (ASRI)

Produk asuransi properti yang memberikan penggantian terhadap kerusakan atau risiko lain pada rumah tinggal dengan pertanggungan sebagai berikut.

  • Uang penggantian apabila aset bangunan rumah terkena risiko kebakaran, petir, asap, kejatuhan pesawat terbang, dan ledakan.
  • Uang penggantian apabila aset bangunan rumah terkena risiko huru-hara, sabotase, terorisme, kerusakan, pembongkaran akibat pencurian.
  • Uang penggantian apabila aset bangunan rumah terkena risiko bencana alam; banjir, angin topan, badai, gempa bumi, letusan gunung berapi, tsunami.
Asuransi Properti

Asuransi Semua Risiko Properti/Industri

Produk asuransi properti yang memberikan penggantian terhadap segala kerusakan pada properti dengan manfaat sebagai berikut.

  • Uang penggantian apabila aset bangunan terkena risiko kebakaran, petir, asap, kejatuhan pesawat terbang, dan ledakan.
  • Uang penggantian apabila aset bangunan terkena risiko huru-hara, sabotase, terorisme, kerusakan, pembongkaran akibat pencurian.
  • Uang penggantian apabila aset bangunan terkena risiko bencana alam; banjir, angin topan, badai, dan dengan perluasan risiko gempa bumi, letusan gunung berapi, tsunami.
Asuransi Properti

Asuransi Gempa Bumi Indonesia

Produk asuransi properti ini memberikan penggantian terhadap kerusakan akibat gempa bumi dengan manfaat sebagai berikut.

  • Uang penggantian apabila aset bangunan, perabot, mesin, barang dagangan terkena risiko gempa bumi, letusan gunung berapi, tsunami.
Asuransi Aneka

Medisafe

Produk asuransi kesehatan untuk individu dengan menjamin biaya perawatan medis dengan pertanggungan sebagai berikut.

  • Biaya pertanggungan rawat inap.
  • Biaya pertanggungan konsultasi dokter.
  • Biaya pertanggungan pembedahan.
Asuransi Aneka

AsuransiKu

Produk asuransi aneh yang menjamin risiko kecelakaan diri akibat kecelakaan atau meninggal dunia dengan pertanggungan sebagai berikut.

  • Santunan meninggal dunia atau cacat tetap akibat kecelakaan sebesar Rp30 juta.
Asuransi Aneka

Asuransi RumahKu

Produk asuransi mikro yang menanggung kerugian akibat kebakaran rumah dengan pertanggungan sebagai berikut.

  • Biaya kerugian akibat bangunan dan isinya rusak karena kebakaran, asap, petir, kejatuhan pesawat, dan ledakan.
  • Santunan bila tertanggung meninggal dunia karena peristiwa di atas sebesar Rp5 juta.
Asuransi Aneka

Asuransi Demam Berdarah

Produk asuransi ini menawarkan pertanggungan biaya perawatan medis akibat demam berdarah dengan manfaat sebagai berikut.

  • Uang santunan apabila tertanggung terkena demam berdarah, maksimal Rp10 juta.
Asuransi Aneka

Asuransi Dana Rumah

Produk asuransi mikro dalam bentuk voucher ini menawarkan ganti rugi apabila terjadi kebakaran rumah tinggal dengan manfaat sebagai berikut.

  • Uang santunan bila terjadi kebakaran, tersambar petir, ledakan, asap, dan kejatuhan pesawat terbang pada rumah yang diasuransikan sebesar Rp3 juta.
Asuransi Aneka

Asuransi Dana Gempa

Asuransi mikro ini menawarkan pertanggungan ganti rugi pada rumah tinggal akibat risiko gempa bumi dengan manfaat sebagai berikut.

  • Uang santunan bila terjadi kerusakan pada rumah yang diasuransikan akibat gempa sebesar Rp2 juta.
Asuransi Aneka

Wellwoman

Produk asuransi ini menawarkan perlindungan risiko kanker pada wanita dengan pertanggungan sebagai berikut.

  • Santunan kanker payudara, saluran tuba falopi, ovarium, leher rahim, uterus, vagina, dan vulva dengan nominal maksimal Rp100 juta.
Asuransi Aneka

New Travel Safe

Produk asuransi ini menawarkan perlindungan terhadap risiko selama perjalanan dengan pertanggungan sebagai berikut.

  • Santunan meninggal dunia selama perjalanan.
  • Santunan rawat inap apabila memerlukan perawatan medis selama perjalanan.
  • Biaya kerugian akibat kehilangan bagasi, penundaan/pembatalan pesawat, pembajakan, kehilangan dokumen perjalanan, ketinggalan penerbangan lanjutan, dan tanggung jawab hukum pihak ketiga.
  • Santunan bila terjadi pencurian/perampokan.
Asuransi Aneka

Asuransi D&O Liability Insurance

Produk asuransi ini menawarkan pertanggungan atas risiko kelalaian direktur dan officer yang menimbulkan tuntutan pihak ketiga. Berikut manfaat pertanggungannya.

  • Biaya kerugian akibat tuntutan hukum pihak ketiga atas pelanggaran, kekeliruan, salah memberikan pernyataan, kelalaian direktur dan officer dalam menjalankan tugas.
Asuransi Aneka

Asuransi Mikro Perjalanan

Produk asuransi mikro ini menawarkan pertanggungan terhadap risiko perjalanan dan hanya dijual melalui partner e-commerce. Berikut manfaat pertanggungannya.

  • Santunan meninggal dunia atau cacat tetap, maksimal Rp50 juta.
  • Biaya perawatan medis akibat kecelakaan, maksimal Rp5 juta.
  • Biaya kerugian akibat kerusakan rumah karena kebakaran, maksimal Rp5 juta.
  • Biaya kerugiaan akibat penundaan perjalanan (maksimal 4 jam), maksimal Rp400 ribu.
Asuransi Aneka

Asuransi Medi+

Produk asuransi kumpulan ini menawarkan pertanggungan biaya perawatan medis dengan manfaat berikut.

  • Pertanggungan biaya rawat inap.
  • Pertanggungan biaya rawat jalan.
  • Pertanggungan biaya rawat gigi.
  • Pertanggungan biaya melahirkan.
Asuransi ACA Syariah

Asuransi Labbaik

Produk asuransi perjalanan ini menawarkan pertanggungan risiko selama perjalanan umroh dan haji dengan pertanggungan sebagai berikut.

  • Biaya medis apabila diperlukan selama perjalanan umroh dan haji.
  • Biaya kerugian akibat kehilangan bagasi selama perjalanan.
  • Biaya kerugian akibat pembatalan perjalanan umroh dan haji.
Asuransi ACA Syariah

PA Amanah Syariah

Produk asuransi personal accident ini ditujukan untuk perlindungan terhadap kecelakaan diri dengan konsep syariah. Berikut manfaat yang ditawarkan.

  • Santunan meninggal dunia dan cacat total akibat kecelakaan.
  • Santunan gangguan jiwa akibat kecelakaan.
  • Pertanggungan biaya perawatan medis akibat kecelakaan.
Asuransi Kendaraan Motor

Comprehensive (Gabungan) 

Produk asuransi untuk perlindungan terhadap risiko kerugian, kerusakan, dan kehilangan kendaraan bermotor dengan pertanggungan sebagai berikut.

  • Uang pertanggungan atas kerugian apabila kendaraan bermotor mengalami benturan, tabrakan, terbalik, tergelincir, kebakaran akibat sambaran petir.
  • Uang pertanggungan atas kerugian bila kendaraan bermotor rusak/hilang akibat perbuatan jahat orang lain, pencurian, dan lainnya.
  • Kerusakan selama pengiriman dengan feri.
Asuransi Kendaraan Motor

Otomate

Produk asuransi kendaraan bermotor untuk berbagai perbaikan dengan pertanggungan dan fasilitas gratis sebagai berikut.

  • Apabila mobil mengalami kerusakan, asuransi ini akan menyediakan mobil pengganti selama 5x24 jam.
  • Fasilitas perbaikan darurat, mobil derek, dan valet.
  • Uang penggantian kendaraan 100 persen apabila mobil (maksimal berusia 6 bulan dari pembelian) mengalami kerusakan 100 persen atau kehilangan.
  • Uang pertanggungan atas kerugian apabila kendaraan bermotor mengalami benturan, tabrakan, terbalik, tergelincir, kebakaran akibat sambaran petir.
  • Uang pertanggungan atas kerugian bila kendaraan bermotor rusak/hilang akibat perbuatan jahat orang lain; pencurian, dan lain-lain.
  • Kerusakan selama pengiriman dengan feri.
  • Penggantian biaya kerugian tuntutan hukum pihak ketiga.
Asuransi Rangka Kapal

Asuransi Protection & Indemnity (P&I)

Produk asuransi ini menjamin risiko yang terjadi sehubungan dengan kegiatan maritim untuk pemilik kapal dengan pertanggungan sebagai berikut.

  • Biaya penggantian kerugian akibat tuntutan hukum pihak ketiga.
  • Biaya kerugian kerusakan harta benda pihak ketiga.
  • Uang pertanggungan jika awal kapal sendiri dan kapal lain bertabrakan terluka atau meninggal dunia.
  • Biaya kerusakan kargo.
  • Biaya penarikan kapal, karantina, denda, dan lain-lain.
  • Biaya pelabuhan, perbekalan, bunker, asuransi, makanan, dan lain-lain.
  • Biaya hukum akibat pencemaran air laut akibat operasi kapal.
Asuransi Pengangkutan

Asuransi Pengangkutan

Produk asuransi ini menawarkan perlindungan harta benda selama proses pengangkutan yang mencakup manfaat sebagai berikut.

  • Biaya pertanggungan kerugian dan kerusakan akibat tergelincirnya alat angkut keluar dari rel.
  • Biaya pertanggungan kerusakan barang akibat kapal kandas, tenggelam, kebakaran, terbalik.
  • Pertanggungan risiko kerugian selama pembongkaran barang di darat.
  • Biaya pertanggungan kerugian akibat gempa bumi, petir dan letusan gunung api.
Asuransi Rekayasa

Contractor’s All Risk

Produk asuransi ini menjamin segala risiko yang terjadi selama masa konstruksi, meliputi jaminan pekerjaan utama, pekerjaan sementara, pekerjaan persiapan, bahan-bahan yang digunakan. Berikut manfaatnya.

  • Biaya kerugian akibat bencana alam, kebakaran, ledakan, kelalaian pekerjaan, pencurian, penggunaan bahan yang keliru.
  • Biaya pembersihan reruntuhan.
  • Biaya tanggung jawab hukum pihak ketiga.
  • Pertanggungan risiko kerusakan mesin-mesin dan alat besar.
Asuransi Rekayasa

Erection All Risk

Produk asuransi ini menjamin mesin-mesin dalam proyek atas kerusakan akibat berbagai hal, mulai dari kebakaran hingga pencurian dengan manfaat sebagai berikut.

  • Biaya kerugian akibat bencana alam, kebakaran, ledakan, kelalaian pekerjaan, pencurian, penggunaan bahan yang keliru.
  • Jaminan hubungan pendek dan jatuhnya objek yang akan diasuransikan.
  • Biaya pemasangan, bea masuk, dan penyingkiran reruntuhan.
 

Cara Klaim Asuransi ACA

Untuk mengajukan klaim asuransi ACA, berikut prosedurnya.

Asuransi Kendaraan Bermotor

  • Lapor ke kantor polisi jika mengalami kehilangan kendaraan, atau kecelakaan lalu lintas.
  • Melaporkan klaim: bisa dengan datang langsung ke kantor cabang , telepon, SMS, atau aplikasi klaim yang disediakan oleh perusahaan asuransi. Biasanya laporan klaim harus dilakukan maksimal 5×24 jam setelah kejadian, tergantung kebijakan perusahaan.
  • Menyiapkan dokumen klaim: dokumen kendaraan (SIM dan STNK), dokumen polis asuransi, formulir klaim yang telah diisi, foto-foto mobil saat terjadi kecelakaan/kerugian lainnya yang akan diklaim. Dokumen yang perlu disiapkan tergantung pada jenis kerugian yang dialami.
  • Untuk klaim kerusakan: Datang ke bengkel rekanan asuransi. Bengkel rekanan akan menghubungi pihak asuransi untuk mengonfirmasi dan verifikasi data. Jika sudah disetujui, mobil bisa langsung diperbaiki di bengkel tersebut.
  • Untuk klaim kehilangan. Tim asuransi melakukan survei dan analisis: proses ini bertujuan untuk menghitung estimasi kerugian yang terjadi. Tunggu hasil survei dan analisis: tim dari perusahaan asuransi akan menilai klaim yang dapat disetujui. Kemudian, nasabah mendapatkan penggantian klaim atas kerugian yang terjadi.

Asuransi Properti

  • Tertanggung harus melaporkan klaim sesegera mungkin kepada perusahaan asuransi dengan waktu maksimal seminggu setelah terjadi kerugian. Kedua, tertanggung perlu melengkapi dokumen maksimal dua minggu setelah terjadi kerugian.
  • Beberapa dokumen yang perlu disiapkan di antaranya formulir klaim, detail kronologi kejadian, laporan dari kepolisian, fotokopi tagihan untuk memperbaiki objek properti, analisis oleh teknisi terkait penyebab kerusakan, foto dokumentasi kerusakan, kuitansi pembelian objek, dan dokumen pendukung lainnya.
  • Pihak penanggung akan melakukan penelitian polis Anda; mengecek status premi sudah dibayarkan dan polis masih berlaku. Selanjutnya, penanggung atau perusahaan asuransi meneliti kebenaran klaim yang Anda buat dengan melakukan estimasi nominal penggantian kerugian.
  • Penanggung akan menunjuk loss adjuster (penilai kerugian) apabila nominal klaim yang terjadi cukup besar. Anda akan mendapat hasil penelitian klaim dan mendapat kesempatan untuk melakukan negosiasi bila hasilnya kurang memuaskan, setelah itu loss adjuster akan melakukan penilaian ulang.
  • Apabila sudah sepakat dengan nominalnya, pihak asuransi memproses pencairan klaim dan dana akan segera dikirim ke rekening tertanggung.

Asuransi Perjalanan

  • Kunjungi situs www.aca.co.id, lalu klik laman Klaim.
  • Isi formulir dengan lengkap secara online.
  • Setelah formulir klaim diterima, maka pihak asuransi ACA akan segera menghubungi calon nasabah untuk melakukan proses lebih lanjut terkait pengajuan klaim. Cara lainnya, juga dapat menghubungi customer service ACA melalui nomor (021) 31999100.
  • Adapun dokumen-dokumen pendukung yang perlu disiapkan, antara lain identitas tertanggung, surat bukti/laporan untuk biaya obat-obatan dan perawatan medis, surat polisi jika terjadi kehilangan, atau surat keterangan dari maskapai jika ada keterlambatan penerbangan, bukti kepemilikan barang yang hilang, tiket perjalanan, kuitansi dan bukti lainnya.
 

Bengkel Rekanan Asuransi ACA

ACA asuransi memiliki bengkel rekanan yang siap melayani nasabahnya. Berikut daftar rekanan bengkel ACA asuransi.

DKI Jakarta

  • Mitra Asia Mobilindo: Jalan Kedoya Raya No. 31 RT/RW 008/007 Kel. Kedoya. Telepon: (021) 5823719, 5824707.
  • Nissan Pos Pengumben: Jalan Pahlawan No. 81 Pos Pengumben, Kebon Jeruk. Telepon: (021) 53662368.
  • Talenta Motor: Jalan Kemandoran VIII No. 6. Telepon: (021) 5305060.
  • Terminal Central Interindo: Jalan Meruya Ilir Utara No. 53. Telepon: (021) 5845749, 5867853.
  • WSW: Jalan Hadiah No. 21-23 Daan Mogot 11460. Telepon: (021) 5602909, 5654909.
  • Altrindo Motor: Jalan Joglo Raya No. 90 Kembangan. Telepon: (021) 36856556.
  • Asia Motor: Jalan Daan Mogot Km. 11 No. 37 Jakarta Barat. Telepon: (021) 6198718, 6198667.
  • Auto Prima: Jalan Raya Srengseng No. 133. Telepon: (021) 58900800.
  • Bengkel Surya: Jalan Duri Kosambi No. 88 Duri Kosambi Cengkareng. Telepon: (021) 54376839, 70809091.
  • Benindo Motor: Jalan Rawa Kepa VIII/334-34 Tomang. Telepon: (021) 5672342, 5680231.

Jawa Timur

  • United Motor Centre: Jalan A. Yani No. 40-44 Surabaya. Telepon: (031) 8290638.
  • WIN: Jalan Mastrip 224 Surabaya. Telepon: (031) 7669900.
  • Auto Dakar: Jalan Kumbokarno No. 16 Ponorogo. Telepon: (0352) 483100.
  • Indo Kreatif: Jalan Supersemar 48 Kediri – Jawa Timur. Telepon: (0354) 699088.

Bali dan Yogyakarta

  • Honda Anugerah: Jalan Janti No. 91 Karangjambe Yogyakarta. Telepon: 0274-488508.
  • Sumber Auto: Jalan Magelang Km 5,8 Yogyakarta. Telepon: 0274-623425.
  • Parwatha: Jalan A Yani 168X No. 208, Denpasar. Telepon: 0361-434709.
  • Auto Metallic: Jalan Raya Batu Bulan, Denpasar. Telepon: 0361-299495.

Jawa Tengah

  • Nissan Soba: Jalan Palem Raya Solo Baru, Langenharjo, Grogol, Sukoharjo Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia 57552. Telepon: 0271-6727906.
  • Dwi Dharma: Jalan Raya Solo-Wonogiri RT 02/ RW 01, Telukan, Grogol, Telukan, Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57552. Telepon: +62 878-3616-7788. 
  • Darman: Jalan Yosodipuro, Timuran, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57139. Telepon: 0271-641637.
  • Tejo Motor: Jalan Pedurungan Kidul 82 – Semarang. Telepon: 024-6711001.
  • PT Nasmoco: Jalan Gerilya Timur 56 – Purwokerto. Telepon: 0281-634436.

Jawa Barat

  • Sapphire: Jalan Moh Toha No. 341, Bandung. Telepon: 022-5205695.
  • Auto Cemerlang: Jalan Soekarno Hatta No. 390, Bandung. Telepon: 022-5221918.
  • Cipendawa motor 3: Jalan Pelabuhan II no.272 A, Sukabumi. Telepon: (0266) 6252866-7.
  • Autorep: Jalan Raya Singkil No. 9ÿ Adiwerna, Tegal. Telepon: 0283-3448198.
  • Honda Pekalongan: Jalan Dr. Sutomo No. 149 Pekalongan. Telepon: 0285-435333.
  • Chandra Pratama Motor, PT: Jalan Raya Kalibanger Km. 3, Pekalongan. Telepon: 0285-420020.
  • Pacific Motor: Jalan Perintis Kemerdekaan (Jebrod) No 8, Cianjur. Telepon: 0263-260358.
  • Auto 2000: Jalan Brigjen Dharsono No. 14 , Cirebon. Telepon: 0231-232000.
  • Megah Jaya: Jalan Ronggo Waluyo no. 72, Teluk Jambe, Karawang. Telepon: 0267-8455819.

Sulawesi

  • PT. Bintang Auto Cat: Jalan Abd Kadir No.15 – Makassar. Telepon: 0411-862801.
  • PT. Megah Putra Sejahtera: Jalan G.Latimojong No.96 – Makassar. Telepon: 0411-323374.
  • SPM Auto Solution Center: Jalan Laode By Pass no. 33 Kendari. Telepon: 0401-3190395.
  • CV. Combos Palu: Jalan Diponegoro No. 158 Palu. Telepon: 0451-454470.

Kalimantan

  • PT. Wira Megah Profitamas: Jalan A. Yani Km 10 No. 10 Rt.02 – Banjarmasin 70652. Telepon: 0511-4312000.
  • Bengkel Berlian Motor: Jalan Bumi Mas Raya No. 1 Rt.8, Banjarmasin. Telepon: 0511-3254059.
  • PT Semoga Jaya Raya: Jalan MT Haryono Nomor 09, Balikpapan. Telepon: (0542) 877797.
  • PT Serba Mulya: Jalan PM Noor No.8 Sempaja, Samarinda. Telepon: 0541-221000.
  • Wiltra Motor: Jalan M. Sohor No.47 Pontianak. Telepon: 0561-742588.
  • Eka Prima: Jalan Jend. Sudirman No. 203, Pekan Baru. Telepon: 0761-29605.

Sumatera

  • PASS: Jalan Demang Lebar Daun No.26 Palembang. Telepon: 0711-3278007.
  • INTERNATIONAL BODY: Jalan Flamboyan 23, No. 40 Rt. 19, Kebun Kenanga, Ratu Agung, Kota Bengkulu, Bengkulu 38223. Telepon: 085268547700.
  • Sinar Wira Karya: Jalan Soekarno Hatta No 204, Gg Satam Pangkal Pinang , Bangka. Telepon: 081367376018.
  • Fix Car: Jalan Yoenoes Sanis No. 32A Kel. Handil Jaya – Jambi. Telepon: 0741-43971.
  • Makna Motor: Jalan AR Hakim No. 66, Padang. Telepon: 0751-841468.
  • Capella Body Center: Jalan S.M. Raja km. 6.5 , Medan. Telepon: 061-7872942.
 

Berita Terbaru PT Asuransi Central Asia (ACA)

November 2019 - Pendapatan premi asuransi pengangkutan ACA menyumbang pendapatan premi total ACA sebesar 8 persen, yaitu Rp200-300 miliar. Padahal, terjadi perlambatan ekspor Crude Palm Oil (CPO) ke Uni Eropa dan juga perlambatan komoditas batu bara akibat isu lingkungan sedang menguat. Nominal premi tersebut terbantu oleh Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No. 80 tahun 2018 tentang ketentuan penggunaan angkutan laut dan asuransi nasional untuk kegiatan ekspor impor barang tertentu.

November 2019

Pendapatan premi ACA sebanyak 10 persen didapatkan dari bisnis asuransi penjaminan. Angkanya tumbuh sebesar 2 persen pada September 2019 dibandingkan dengan tahun sebelumnya pada periode yang sama, yaitu sebesar Rp300 miliar.

November 2019

Kondisi pasar otomotif sedang menurun, hal ini tentu berdampak pada bisnis asuransi kendaraan bermotor. Untuk mengantisipasinya, ACA melakukan diversifikasi produk ke varian asuransi lain, di antaranya asuransi perjalanan, marine hull, marine cargo, dan lain-lain.

Maret 2019

PT Asuransi Central Asia (ACA) bekerja sama dengan Bank Victoria meluncurkan produk bank garansi. Bank garansi adalah produk yang menghubungkan kebutuhan klien asuransi dan nasabah bank. Tujuannya, menjamin penerbitan berbagai jenis bank garansi.

Jenis bank garansi yang ditawarkan di antaranya; jaminan penawaran (bid bond), jaminan uang muka (advance payment bond), jaminan pelaksana (performance bond), jaminan pemeliharaan (maintenance bond), dan bank garansi untuk keperluan lain. Sebelumnya, ACA telah menerbitkan kontra bank garansi sejak tahun 2011 dengan total premi sekitar Rp 100 miliar dengan klaim 2,5 persen.

Maret 2018

PT Asuransi Central Asia (ACA) melepaskan 35 persen atau keseluruhan sahamnya di PT Bess Central Insurance. Pelepasan saham tersebut telah terlaksana Desember 2017.

 

Tanya Jawab

Berikut beberapa tips dan pertanyaan yang sering diajukan oleh calon nasabah ataupun nasabah terkait PT Asuransi Central Asia (ACA), baik informasi premi, profil perusahaan, dan lain sebagainya.

Asuransi ACA adalah perusahaan asuransi umum di bawah naungan perusahaan PT Asuransi Central Asia. Perusahaan berfokus menyediakan produk asuransi mobil ACA (produk Otomate), asuransi perjalanan, asuransi kesehatan, dan lain-lain.

Dalam menjalankan perusahaannya, asuransi ACA selalu didukung oleh Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas yang saat ini mencapai 1.585 karyawan. ACA adalah salah satu perusahaan asuransi nasional dengan jumlah aset terbesar hingga mencapai Rp9,4 triliun.

Kini, asuransi ACA telah tumbuh secara konsisten dan sudah memiliki satu kantor pusat, dua kantor pusat operasional, 22 kantor perwakilan, empat kantor perwakilan Unit Layanan Asuransi Syariah (ULAS), serta 41 kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia.

Produk ACA Asuransi terdiri atas asuransi mobil atau kendaraan Otomate, properti, aneka yang terdiri atas asuransi kesehatan, kemudian terdapat pula asuransi rangka kapal, pengangkutan, dan rekayasa. ACA Asuransi juga menyediakan produk unit syariah.

Pada umumnya, premi asuransi dipengaruhi oleh berbagai faktor berikut:

  • Jenis asuransi yang diambil oleh pemegang polis.
  • Profil tertanggung: usia, pekerjaan, jenis kelamin, riwayat penyakit, dan lain-lain.
  • Jenis dan nilai aset atau harta benda yang diasuransikan.
  • Cakupan pertanggungan, mulai dari pertanggungan utama hingga rider (pertanggungan tambahan).

Klaim kerusakan

Segera hubungi pihak asuransi ketika ada peristiwa yang menimbulkan klaim. Jangan lupa catat kronologi dan dokumentasikan kejadian. Datanglah ke bengkel rekanan ACA dengan membawa kartu asuransi. Nantinya, bengkel akan mengonfirmasi identitas nasabah ke perusahaan asuransi.Jika sudah disetujui, kendaraan akan diperbaiki di bengkel tersebut.

Klaim kehilangan

Segera laporkan kasus kehilangan ke kepolisian. Setelah itu, hubungi pihak asuransi bahwa akan mengajukan klaim. Lengkapi dokumen yang diminta, misalnya BPKB, faktur pembelian, SIM, STNK, KTP, dan sebagainya. Ajukan klaim ke perusahaan asuransi. Jika sudah disepakati, uang pengganti akan dikirimkan ke rekening nasabah.

Durasi klaim asuransi ACA Mobil akan cepat bila nasabah mengirimkan data secara lengkap. Adapun langkah mengajukan klaim adalah sebagai berikut.

Langkah pertama, yaitu melakukan klaim asuransi ACA mobil ketika terjadi kecelakaan adalah langsung mengambil foto bagian mobil yang rusak. Hal ini penting dilakukan terutama saat mobil mengalami kerusakan yang cukup berat. Adanya foto dapat dijadikan bukti sebagai bukti saat klaim asuransi ACA mobil.

Saat melakukan proses klaim asuransi ACA mobil, nasabah akan dikenakan biaya risiko sendiri (own risk atau biasa disingkat OR) yang besarnya tergantung kebijakan perusahaan asuransi dan juga diatur oleh OJK, yaitu sekitar Rp300 ribu  untuk setiap kejadian.

Kedua, mengikuti beberapa prosedur umum dan mengisi semua data diri dan data mobil. Setelah semua data diisi, dapat menanyakan kepada pihak bengkel rekanan asuransi ACA mobil tentang lama tidaknya dalam perbaikan kendaraan.

Untuk kerusakan kecil, waktu klaim yang diperlukan adalah hanya 1-2 hari saja, sedangkan jika kerusakannya sangat parah, maka bisa jadi akan memakan waktu berminggu-minggu atau bahkan hingga sebulan lebih.

ACA asuransi memiliki beberapa kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Berikut ini beberapa daftar kantor cabang ACA asuransi yang melayani layanan asuransi.

Kantor Pusat ACA Asuransi

Wisma Asia Lt. 10, 12-15 Jalan Let. Jend. S. Parman Kav. 79 Slipi, Jakarta. Telepon: (021) 56998288, 56998222.

Kantor Cabang ACA Asuransi

  • Media Komunikasi Jakarta: Gedung Hermina Tower 1 Lt. 3, Jalan HBR Motik blok B-10, Kemayoran, Jakarta 10720. Telepon: (021) 39711600.
  • Bintaro: Bintaro Jaya Sektor IX Blok D1-D3, Tangerang. Telepon: (021) 7451923-24.
  • Bekasi: Kompleks Mitra Bekasi Blok B No. 5, Jalan Ir. H. Juanda No. 151, Bekasi. Telepon: (021) 88345178-79.
  • Bogor: Jalan Siliwangi No. 72E, Bogor. Telepon: (0251) 8326248, 8312317.
  • Tangerang: Jalan Merdeka No. 296 A – B, Tangerang. Telepon: (021) 5520488.
  • Bandung: Wisma HSBC Lantai 5 Jalan Asia Afrika No. 116, Bandung. Telepon: (022) 4236766.

 

No Telp ACA Asuransi

Customer Care Centre:  Wisma Asia Lt. 10, 12-15 Jalan Let. Jend. S. Parman Kav. 79 Slipi, Jakarta.

Call center: (021) 31999100.

Telepon: (021) 56998288.

Faksimile: (021) 5638029.

Email: [email protected] 

Situs resmi: aca.co.id

ACA bekerja sama dengan ratusan bengkel rekanan di seluruh Indonesia. Untuk melihat daftar bengkelnya, silakan pilih tab “Bengkel Rekanan“.

ACA bekerja sama dengan jaringan rumah sakit dari Admedika untuk klaim asuransi kesehatan cashless.

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman perusahaan asuransi yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • Situs resmi https://www.aca.co.id/home
  • https://keuangan.kontan.co.id/news/bank-victoria-gandeng-aca-untuk-fasilitas-bank-garansi
  • https://keuangan.kontan.co.id/news/aca-catat-pendapatan-premi-asuransi-penjaminan-senilai-rp-300-miliar
  • https://keuangan.kontan.co.id/news/hadapi-tantangan-bisnis-asuransi-aca-fokus-pada-core-bisnis-dan-edukasi
  • https://finansial.bisnis.com/read/20180314/215/749605/aca-pastikan-lepas-bess-insurance
  • https://keuangan.kontan.co.id/news/pendapatan-premi-asuransi-central-asia-aca-terbantu-permendag-80-tahun-2018?page=all
  • https://keuangan.kontan.co.id/news/hadapi-tantangan-bisnis-asuransi-aca-fokus-pada-core-bisnis-dan-edukasi
Penulis Helda Sihombing Berpengalaman di industri FinTech dan jurnalis media finansial selama 5 tahun. Bercita-cita meningkatkan literasi keuangan masyarakat Indonesia lewat digital. Lihat profile penulis