Asuransi Allianz

4.8 / 5.0 (1.622 Ulasan)
Diskon Terbaik
500+ Pilihan
Bantuan Klaim
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Cicilan 0%Hemat 25%
 

Asuransi Kesehatan & Jiwa Allianz Life

Asuransi Allianz (Allianz Life) adalah brand asuransi jiwa yang dikelola oleh PT Asuransi Allianz Life. Beroperasi sejak 1996 di Indonesia, Allianz Life menawarkan berbagai varian asuransi, seperti asuransi jiwa, asuransi kesehatan, unit link, asuransi kumpulan, dan juga asuransi syariah.

Asuransi kesehatan Allianz adalah salah satu produk yang paling populer dari brand ini. Pasalnya, Allianz menawarkan perlindungan kesehatan di seluruh dunia dengan uang pertanggungan tinggi. Dari segi layanan nasabah juga sangat menarik karena nasabah Allianz bisa mendapatkan bantuan Allianz Hospital Assistant untuk mempermudah klaim di rumah sakit.

Ringkasan

  • (+) Allianz menawarkan produk-produk asuransi jiwa yang terbilang lengkap yang bisa melindungi nasabah hingga usia 100 tahun dan disertai dengan manfaat investasi.
  • (+) Allianz memberikan perlindungan jiwa disertai proteksi 49 jenis penyakit kritis.
  • (+) Terdapat produk yang memberikan pembebasan premi jika tertanggung atau pihak yang diasuransikan meninggal dunia.
  • (+) Layanan nasabah didukung oleh keberadaan puluhan kantor pemasaran utama dan cabang yang tersebar di seluruh kepulauan utama di Indonesia, yaitu di kepulauan Jawa, Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, Ambon, Bali, dan Papua.
  • (+) Allianz memiliki lebih dari 6.000 agen pemasaran aktif untuk mendukung penjualan.
  • (+) Allianz memiliki ratusan rumah sakit bagi nasabah untuk mendapatkan layanan cashless dan reimburse. Khusus rumah sakit rekanan, jaringan berada di dalam negeri dan di luar negeri.
  • (+) Allianz memiliki layanan nasabah eAZy yang memudahkan nasabah serta layanan Allianz Hospital Assistant sebagai bantuan klaim di rumah sakit.
  • (-) Asuransi investasi yang ditawarkan oleh Allianz belum tentu sesuai dengan prediksi imbal hasil awal sebagaimana adanya faktor fluktuatif di dalam pasar investasi pada tiap periode yang dijalani.

Sekilas Tentang Allianz Life

Asuransi Allianz atau PT Asuransi Allianz Life Indonesia adalah salah satu perusahaan asuransi di Indonesia yang memberikan layanan asuransi jiwa. Perusahaan ini menjadi bagian dari Allianz Group asal Jerman.

Allianz Group sendiri berdiri pada tahun 1890 yang kini menjadi salah satu perusahaan berskala internasional dengan kondisi finansial yang sangat kuat. Eksistensi Asuransi Allianz di Indonesia bermula dengan didirikannya kantor perwakilan pada tahun 1981. Namun, operasional bisnis jasa asuransinya dimulai pada tahun 1989 dengan peresmian PT Asuransi Allianz Utama Indonesia yang berfokus pada penawaran jasa asuransi umum.

Sukses dengan produk asuransi umum, Allianz Indonesia mulai melebarkan sayap bisnisnya dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia pada tahun 1996. Kali ini, masyarakat bisa memiliki proteksi dan manajemen finansial melalui produk asuransi jiwa Allianz, asuransi kesehatan Allianz, dan proteksi dana pensiun Allianz.

Tidak berhenti di situ, upaya Allianz melalui PT Asuransi Allianz Life Indonesia untuk terus mengembangkan jasa proteksi keuangan demi memenuhi kebutuhan masyarakat membuahkan produk asuransi syariah pada tahun 2006. Melalui produk asuransi syariah, Allianz menargetkan segmen pasar yang lebih luas lagi di Indonesia.

Asuransi Allianz telah mendapatkan izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai bukti unit usaha yang legal dan tepercaya bagi masyarakat. PT Asuransi Allianz Life Indonesia telah mendapatkan perizinan dari Kementerian Keuangan Indonesia melalui izin Nomor: 513/KM.071/1996.

Asuransi Allianz sebagai salah satu perusahaan asuransi terlengkap di Indonesia telah mendapat sejumlah penghargaan dalam berbagai kategori. Berikut beberapa pencapaian yang telah diraih Allianz Indonesia.

  • Digital Innovation Awards 2019 dari Warta Ekonomi.
  • Unit Link Awards 2019 untuk produk Smartlink Dollar Managed Fund, Smartwealth Equity Infrastructure Fund.
  • Indonesia Corporate Secretary & Communication Awards Predikat Platinum Rank 1
  • BusinessNews Indonesia sebagai Top Life Insurance 2018 dengan perusahaan asuransi yang memiliki aset Rp10-15 triliun.
  • Asuransi syariah terbaik pada tahun 2018 dari majalah investor.
Rasio solvabilitas perusahaan asuransi di Indonesia wajib memenuhi standarisasi keuangan yang telah ditentukan di dalam Peraturan Jasa Otoritas Keuangan (Nomor 71 dan 72 /POJK.05/2016). Ketentuan mengenai rasio solvabilitas adalah minimal 120 persen, ekuitas minimal Rp100 miliar untuk perusahaan asuransi dan minimal Rp200 miliar untuk reasuransi, dan perusahaan asuransi dikategorikan baik apabila minimal asetnya minimal Rp150 miliar.

Rasio solvabilitas adalah kemampuan perusahaan asuransi bersangkutan dalam memenuhi kewajiban terhadap nasabahnya. Kewajiban ini dapat diartikan sebagai kesanggupan memenuhi pertanggungan klaim asuransi yang diajukan oleh seluruh nasabah aktifnya.

Mengacu kepada laporan keuangan 2018, PT Asuransi Allianz Life Indonesia membuktikan performa kinerja finansialnya sebagai berikut.

  • Rasio solvabilitas: 328 persen.
  • Jumlah aset: Rp32,440 triliun
  • Ekuitas: Rp5,306 triliun.

Dari data keuangan tersebut dapat disimpulkan bahwa dari segala aspek yang dijadikan indikator penentu kualitas keuangan perusahaan, PT Asuransi Allianz Life Indonesia termasuk perusahaan dengan kondisi finansial yang layak dijadikan prioritas oleh calon nasabah. Kondisi finansial yang kuat akan memberikan jaminan kepada kualitas produk dan pemenuhan kebutuhan klaim para nasabahnya hingga tuntas.

 
 

Daftar Produk Asuransi Allianz Life

Allianz Life memiliki enam macam produk brand yang ditawarkan, yaitu:

Asuransi Jiwa Allianz

Tiga produk asuransi jiwa yang dipasarkan Allianz adalah berupa unit link. Sehingga, ada manfaat investasi di dalamnya. Premi yang ditawarkan juga relatif terjangkau, yaitu mulai dari  Rp200 ribu per bulan saja.

Menariknya, asuransi Allianz jiwa menawarkan berbagai asuransi tambahan untuk memperluas pertanggungan kita seperti pertanggungan penyakit kritis dan pembebasan premi. Namun perlu dicatat bahwa penambahan rider harus disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing ya!

Asuransi Kesehatan Allianz

Asuransi Allianz kesehatan adalah salah satu yang terbaik di Indonesia. Pasalnya, total manfaat yang ditawarkan tidak tanggung-tanggung, yaitu sampai dengan Rp6 miliar! Pertanggungan biaya perawatan medisnya pun sangat luas dengan adanya polis yang meng-cover biaya perawatan akibat HIV/AIDS dan kemoterapi.

Dari segi layanan juga sangat menarik karena Allianz memiliki Hospital Assistant yang bisa membantu nasabah saat mengajukan klaim di rumah sakit. Belum lagi rangkaian platform digital bertajuk eAZy yang memudahkan nasabah untuk mengelola polis. 

Asuransi Allianz Syariah 

Allianz juga mengakomodasi kebutuhan masyarakat yang ingin menghindari riba dari asuransi. Makanya asuransi syariah Allianz cukup banyak, mulai dari asuransi jiwa, asuransi kesehatan, hingga unit link. 

Allianz juga memiliki produk yang melindungi nasabah saat berangkat haji. Selain itu, fitur wakaf turut menyempurnakan layanan unit syariah dari Allianz.

Asuransi Kumpulan Allianz

Allianz Life menyediakan program asuransi kumpulan bagi perusahaan yang ingin mengasuransikan karyawannya. Terdapat tiga jenis program, yaitu Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK), asuransi jiwa kumpulan, program pesangon karyawan, dan asuransi kesehatan kumpulan. 

Bancassurance

Allianz telah bekerja sama dengan beberapa bank untuk memasarkan produk asuransi. Sehingga, perusahaan secara khusus memiliki produk bagi nasabah HSBC, Maybank, BTPN, dan QNB Bank.

Asuransi Tambahan (Rider) Allianz

Apabila perlindungan utama dari asuransi dirasa kurang, Allianz menyediakan asuransi tambahan bagi nasabahnya. Total ada tujuh rider yang bisa nasabah tambahkan.

 

Daftar Polis dan Manfaat

Dilansir dari laman produk pada situs resmi www.allianz.co.id, berikut beberapa pilihan kategori produk asuransi yang disediakan oleh PT Asuransi Allianz Life.

Asuransi Jiwa

SmartLink Flexi Account Plus

Produk asuransi jiwa Allianz yang memberikan dua manfaat (unit link

Manfaat perlindungan jiwa seumur hidup hingga usia 100 tahun,

✓ Manfaat investasi dengan cara pembayaran premi secara berkala yaitu bulanan, kuartalan, semesteran dan tahunan.

✓ Perlindungan 49 penyakit kritis dan santunan rawat inap.

Asuransi Jiwa

SmartLink New Flexi Account

Produk asuransi jiwa Allianz

✓ Memberikan dua manfaat (unit link) berupa manfaat perlindungan seumur hidup hingga usia 100 tahun

✓ Manfaat investasi lengkap, fleksibel, dan ringan.

Asuransi Jiwa

SmartLink Maxi Fund Plus

Produk asuransi jiwa Allianz,

✓ Memberikan dua manfaat (unit link) berupa manfaat perlindungan seumur hidup hingga usia 100 tahun dan manfaat investasi yang lebih optimal.

✓ Bisa melindungi satu keluarga usia 1 bulan sampai 70 tahun.

✓ Topup tunggal kapan saja, minimal Rp1 juta.

Asuransi Kesehatan

SmartMed Premier

Produk asuransi kesehatan perorangan dan keluarga.

✓ Manfaat dasar rawat inap dan manfaat tambahan persalinan, rawat jalan, rawat gigi dengan fasilitas cashless.

✓ Manfaat spesial kemoterapi, hemodialisis, HIV/AIDS.

✓ Bonus diskon 20 persen jika tidak ada klaim.

Asuransi Kesehatan

SmartMed Cancer

Asuransi tambahan untuk pertanggungan penyakit kanker.

✓ Menanggung biaya konsultasi rawat jalan lanjutan, pengobatan tradisional, konseling psikologis, konsultasi ahli diet, serta pemeriksaan diagnostik setelah didapati gejala kanker.

✓ Pengobatan di seluruh dunia (kecuali Amerika Serikat).

Asuransi Kesehatan

SmartHealth Maxi Violet

Asuransi kesehatan perorangan dan keluarga.

✓ Manfaat dasar rawat inap dan manfaat tambahan persalinan, rawat jalan, rawat gigi dengan fasilitas cashless.

✓ Diskon premi 5 persen jika mengikutsertakan anggota keluarga.

Asuransi Kesehatan

SmartHealth Maxi Violet

Asuransi kesehatan perorangan dan keluarga.

✓ Manfaat dasar rawat inap dan manfaat tambahan persalinan, rawat jalan, rawat gigi dengan fasilitas cashless.

✓ Diskon premi 5 persen jika mengikutsertakan anggota keluarga.

Asuransi Kesehatan

SmartHealth Maxi Violet

Asuransi kesehatan perorangan dan keluarga.

✓ Manfaat dasar rawat inap dan manfaat tambahan persalinan, rawat jalan, rawat gigi dengan fasilitas cashless.

✓ Diskon premi 5 persen jika mengikutsertakan anggota keluarga.

Asuransi Kesehatan

SmartHealth Maxi Violet

Asuransi kesehatan perorangan dan keluarga.

✓ Manfaat dasar rawat inap dan manfaat tambahan persalinan, rawat jalan, rawat gigi dengan fasilitas cashless.

✓ Diskon premi 5 persen jika mengikutsertakan anggota keluarga.

Asuransi Kesehatan

AlliSya Care

Produk asuransi yang memberikan pertanggungan terhadap risiko biaya perawatan medis yang dikelola dengan prinsip syariah.

✓ Menawarkan 8 jenis plan yang bisa dipilih.

✓ Manfaat rawat inap dan rawat jalan.

Asuransi Syariah

Allisya Maxi Fund Plus

Produk asuransi jiwa syariah.

✓ Manfaat perlindungan hingga usia 100 tahun dengan manfaat tambahan berupa investasi dari dana yang disetorkan.

Asuransi Syariah

Allianz Tasbih

Program tabungan asuransi biaya haji.

✓ Memberikan manfaat tunai dalam merencanakan pembiayaan perjalanan haji dengan benefit berupa proteksi jiwa dan evakuasi medis jika mengalami risiko sebelum menunaikan ibadah haji atau pada saat menunaikan ibadah haji.

Asuransi Syariah

AlliSya Protection

Produk asuransi jiwa syariah.

✓ Memberikan kebebasan dalam pembayaran premi secara fleksibel serta manfaat investasi jangka panjang.

Asuransi Kumpulan

Dana Pensiun Lembaga Keuangan

Program dana pensiun untuk karyawan perusahaan.

✓ Didukung tim investasi berpengalaman dan Allianz Investment Management.

✓ Menawarkan beragam pembayaran dana pensiun: Manfaat Pensiun Normal, Manfaat Pensiun Dipercepat, Manfaat Pensiun Meninggal, dan Manfaat Pensiun Cacat

Asuransi Kumpulan

Smart Protection

Produk asuransi yang memberikan pertanggungan terhadap risiko meninggal dunia, didaftarkan secara kumpulan dengan perlindungan 24 jam.

✓ Santunan kematian dan cacat tetap total.

✓ Manfaat tambahan pengobatan rawat jalan akibat kecelakaan.

Asuransi Kumpulan

Smart Finance

Produk asuransi yang menyasar segmen perusahaan, bertujuan untuk mengelola dana pesangon dan penghargaan nasabah.

✓ Menawarkan manfaat jatuh tempo, manfaat berhenti bekerja, dan manfaat meninggal dunia.

Asuransi Kumpulan

Smart Health Classic Premier

Produk asuransi kesehatan kumpulan yang menanggung rawat inap, melahirkan, dan keluarga berencana.

✓ Penggantian biaya perawatan medis dengan sistem as charged.

✓ Untuk peserta minimal 100 orang, penghapusan ketentuan pre existing condition.

✓ Perlindungan kesehatan sampai usia 70 tahun.

Asuransi Kumpulan

Smart Health Blue Sapphire

Produk asuransi kesehatan kumpulan yang menanggung rawat inap, melahirkan, dan keluarga berencana.

✓ Perlindungan komprehensif; rawat inap, rawat jalan, kacamata, dan perawatan gigi.

✓ Minimum peserta 10 orang dengan minimum premi Rp2,5 juta.

Asuransi Kumpulan

Smart Health Light Titanium

Produk asuransi kesehatan kumpulan yang menanggung rawat inap, melahirkan, dan keluarga berencana.

✓ Perlindungan komprehensif; rawat inap, rawat jalan, kacamata, dan perawatan gigi.

✓ Minimum peserta 10 orang dengan minimum premi Rp2,5 juta.

✓ Untuk peserta minimal 100 orang, penghapusan ketentuan pre existing condition.

Asuransi Jiwa Mikro

Smart Protection Group Term Life

Produk asuransi jiwa mikro dengan premi terjangkau yang bisa didapatkan dengan mendaftar pada RW setempat.

✓ Manfaat meninggal dunia Rp2 juta.

✓ Premi Rp1.500 per orang

Asuransi Jiwa Mikro

Sekoci

Produk asuransi yang memberikan pertanggungan terhadap risiko meninggal dunia dengan premi terjangkau.

✓ Manfaat santunan kematian Rp3 juta, Rp5 juta, dan Rp10 juta.

✓ Premi mulai dari Rp35 ribu.

✓ Santunan 5 kali lipat apabila meninggal karena kecelakaan.

Bancassurance (Bank HSBC Indonesia)

Care Invest Plus

Produk asuransi yang memberikan proteksi jiwa sekaligus manfaat investasi, hasil kerja sama Allianz Life dengan Bank HSBC Indonesia

✓ Manfaat perlindungan jiwa, investasi dan manfaat jatuh tempo.

✓ Investasi mulai dari tahun pertama.

Bancassurance (Bank HSBC Indonesia)

Joint Life Care

Produk asuransi yang memberikan pertanggungan terhadap risiko meninggal dunia, hasil kerja sama Allianz Life dengan Bank HSBC Indonesia

✓ Pertanggungan jiwa suami istri dalam satu polis.

✓ Uang pertanggungan sampai Rp1,5 miliar.

✓ Santunan meninggal karena kecelakaan 300 persen uang pertanggungan.

Bancassurance (Maybank)

MyProtection Infinite

Produk asuransi yang memberikan proteksi jiwa sekaligus manfaat investasi, hasil kerja sama Allianz Life dengan Maybank.

✓ Uang pertanggungan sampai Rp12 miliar.

✓ Perlindungan tiga jenis penyakit kritis utama.

Bancassurance (Maybank)

MyProtection Sejahtera

Produk asuransi yang memberikan pertanggungan terhadap risiko meninggal dunia dengan manfaat investasi, hasil kerja sama Allianz Life dengan Maybank.

✓ Perlindungan jiwa hingga usia 100 tahun.

✓ Minimum premi berkala bulanan Rp500 ribu.

Bancassurance (Maybank)

MyProtection Jiwagarda

Produk asuransi yang memberikan pertanggungan terhadap risiko meninggal dunia, hasil kerja sama Allianz Life dengan Maybank.

✓ Santunan kematian sampai Rp2,5 miliar.

✓ Premi mulai dari Rp100 ribu per bulan.

✓ Pengembalian premi 80 persen.

Bancassurance (Maybank)

MyProtection Jiwasiaga

Produk asuransi yang memberikan pertanggungan terhadap risiko meninggal dunia, hasil kerja sama Allianz Life dengan Maybank.

✓ Santunan kematian sampai Rp2,5 miliar.

✓ Premi mulai dari Rp100 ribu per bulan.

✓ Santunan kematian akibat kecelakaan sampai 2000 kali premi bulanan.

Bancassurance (Maybank)

MyProtection Prima

Produk asuransi yang memberikan pertanggungan terhadap risiko meninggal dunia berbalut investasi, hasil kerja sama Allianz Life dengan Maybank.

✓ Manfaat proteksi jiwa dan investasi.

✓ Pilihan rider banyak.

Bancassurance (BTPN)

Guardia Signature

Produk asuransi yang memberikan pertanggungan terhadap risiko meninggal dunia dan penyakit kritis, hasil kerja sama Allianz Life dengan BTPN.

✓ Uang pertanggungan sampai Rp12 miliar.

✓ Perlindungan 3 penyakit kritis utama.

Bancassurance (BTPN)

Guardia WealthLink

Produk asuransi yang memberikan pertanggungan terhadap risiko meninggal dunia dengan manfaat investasi, hasil kerja sama Allianz Life dengan BTPN.

✓ Alokasi premi tunggal untuk investasi.

✓ Uang pertanggunan sampai Rp300 juta.

Bancassurance (BTPN)

Guardia WealthLink

Produk asuransi yang memberikan pertanggungan terhadap risiko meninggal dunia, hasil kerja sama Allianz Life dengan BTPN.

✓ Alokasi premi tunggal untuk investasi.

✓ Uang pertanggunan sampai Rp300 juta.

Bancassurance (QNB Bank)

First Invest Shield

Produk asuransi yang memberikan pertanggungan terhadap risiko meninggal dunia dengan manfaat investasi, hasil kerja sama Allianz Life dengan QNB Bank.

✓ Perlindungan jiwa sampai usia 75 tahun.

✓ Investasi optimal 105,26 persen.

Bancassurance (QNB Bank)

First Life Shield

Produk asuransi yang memberikan pertanggungan terhadap risiko meninggal dunia dengan manfaat investasi, hasil kerja sama Allianz Life dengan QNB Bank.

✓ Perlindungan jiwa sampai usia 100 tahun.

✓ Investasi 110 persen sejak tahun ke-3.

Asuransi Tambahan (Rider)

Payout & Spouse Payor Protection

Asuransi tambahan yang akan memberikan pembebasan premi, sebagai rider dari produk utama asuransi jiwa Allianz.

✓ Pertanggungan penyakit kritis untuk anak, bahkan ketika orangtua sudah meninggal dunia.

Asuransi Tambahan (Rider)

Critical Illness (CI) 100

Asuransi tambahan yang memberikan pertanggungan terhadap risiko penyakit kritis dari produk utama asuransi jiwa Allianz.

✓ Pertanggungan 100 penyakit kritis.

✓ Usia masuk 5-70 tahun dan pertanggungan sampai 100 tahun.

Asuransi Tambahan (Rider)

Critical Illness (CI) Plus

Asuransi tambahan dari produk utama asuransi jiwa Allianz, yang akan memberikan pertanggungan terhadap risiko penyakit kritis.

✓ Pertanggungan 49 penyakit kritis.

✓ Perlindungan sampai usia 70 tahun.

✓ Usia masuk 1 sampai 64 tahun.

Asuransi Tambahan (Rider)

Critical Illness (CI) Accelerated

Asuransi tambahan dari produk utama asuransi jiwa Allianz, yang akan memberikan pertanggungan terhadap risiko penyakit kritis.

✓ Pertanggungan 49 penyakit kritis tahap akhir.

✓ Perlindungan sampai usia 85 tahun.

✓ Usia masuk 1 sampai 64 tahun.

Asuransi Tambahan (Rider)

FLEXI CI

Asuransi tambahan dari produk utama asuransi jiwa Allianz, yang akan memberikan pertanggungan terhadap risiko penyakit kritis.

✓ Pertanggungan 168 penyakit kritis termasuk kanker.

✓ Layanan Expert Medical Opinion.

Asuransi Tambahan (Rider)

FLEXI CI Syariah

Asuransi tambahan berbasis syariah dari produk utama asuransi jiwa Allianz, yang akan memberikan pertanggungan terhadap risiko penyakit kritis..

✓ Pertanggungan 168 penyakit kritis termasuk kanker.

✓ Layanan Expert Medical Opinion.

Asuransi Tambahan (Rider)

Total Permanent Disability

Asuransi tambahan dari produk utama asuransi jiwa Allianz, yang akan memberikan pertanggungan terhadap risiko cacat tetap.

✓ Memberikan perlindungan terhadap risiko catat tetap total karena sakit atau mengalami kecelakaan hingga usia tertanggung 70 tahun.

Asuransi Tambahan (Rider)

Term Life

Asuransi tambahan untuk produk asuransi jiwa Allianz, yang akan memberikan uang santunan tambahan jika tertanggung meninggal dunia.

✓ Memberikan manfaat santunan tambahan jika tertanggung meninggal dunia karena sakit atau kecelakaan.

Asuransi Tambahan (Rider)

Payor & Spouse Payor Benefit

Asuransi tambahan dari produk utama asuransi jiwa Allianz.

✓ Memberikan manfaat pembebasan pembayaran premi jika tertanggung didiagnosa menderita satu dari 49 penyakit kritis, mengalami cacat total tetap, atau meninggal dunia karena sakit maupun kecelakaan.

 

Berita Terbaru Allianz Utama

Direktur Allianz Life menyampaikan bahwa asuransi jiwa dan kesehatan Allianz menanggung semua nasabah yang terkena Covid-19. Perusahaan juga menghapuskan klaim masa tunggu untuk pasien yang terdiagnosa Covid-19 hingga 31 Mei 2020.

Mei 2020 - Allianz Life mendapatkan sertifikat ISO27001:2013. Lewat sertifikat tersebut, perusahaan bisa menerbitkan polis secara digital, khususnya produk asuransi jiwa individu. Lingkup yang telah tersertifikasi adalah keamanan data nasabah.

 

Tanya Jawab

Berikut beberapa tips dan pertanyaan yang sering diajukan oleh calon nasabah ataupun nasabah terkait Asuransi Allianz, baik informasi premi, profil perusahaan, dan lain sebagainya.

Asuransi Allianz adalah brand yang dikelola oleh PT Asuransi Allianz Life di Indonesia, bagian dari Allianz Group. Asal asuransi Allianz adalah Jerman dan kini sudah menjadi perusahaan multinasional.

Untuk menilai bagus atau tidaknya sebuah perusahaan asuransi, tentu bergantung pada keperluan masing-masing. Apabila sedang mencari asuransi kesehatan atau unit link dengan manfaat lengkap, Allianz Life adalah pilihan yang tepat. 

Selain itu, asuransi Allianz juga memiliki layanan digital eAZy yang bisa membantu nasabah dalam mengajukan klaim, mencari rumah sakit rekanan, hingga mengelola polis. Nasabah asuransi kesehatan Allianz juga akan mendapatkan bantuan klaim melalui Allianz Hospital Assistant di rumah sakit.

Nasabah asuransi Allianz Life sempat dikabarkan mengalami kesulitan klaim pada tahun 2017. Dilansir dari Tirto, Nasabah berinisial IA menderita tifus lalu mengajukan klaim tagihan rumah sakit Rp12 juta ke Allianz Life dan langsung dibayar tanpa masalah.

Beberapa bulan kemudian, IA kembali mengalami sakit dan dirawat di rumah sakit. Saat mengajukan klaim ke Allianz Life, sayangnya perusahaan diduga mengulur waktu. Penyedia asuransi meminta waktu 2 bulan untuk investigasi klaim. Padahal menurut nasabah dalam polis batas maksimal pengembalian klaim adalah 30 hari. 

Setelah itu ia datang ke kantor Allianz dan diminta untuk menyerahkan rekam medis dalam waktu 14 hari. Jika tidak, klaim akan ditolak. Pada saat itu masa tenggang tersebut memang sudah dilewati oleh IA. CS Allianz juga mengaku tidak bisa mendapatkan rekam medis dari rumah sakit dan nasabah merasa kecewa bahwa ia dimintakan rekam medis.

Kasus itu kemudian dibawa ke kepolisian dengan menuntut mantan Presiden Direktur Allianz Life, Joachim Wessling dan mantan manajer klaim Yuliana Firmansyah. Namun Wessling tidak datang saat dipanggil karena sedang ada di luar negeri. Beberapa bulan kemudian IA mencabut laporannya dan Allianz menuntut balik kuasa hukum IA. 

Mengutip opini Tirto, kasus permintaan rekam medis harus lebih dicermati. Pasalnya, berdasarkan hukum,  hak pasien hanya mendapatkan resume medis, bukan rekam medis. 

Lantas, apakah kasus asuransi Allianz di atas menandakan bahwa asuransi Allianz penipu dan mengecewakan? Perlu dipahami bahwa kasus seperti ini bisa dimulai dari kesalahpahaman. 

Jika ingin menghindari kejadian serupa, ada baiknya kita selalu menanyakan dengan jelas kepada penyedia asuransi terkait dengan ketentuan klaim. Selain itu, pastikan semua yang dijanjikan agen tertulis dalam polis sehingga kita memiliki kekuatan hukum untuk menuntut hak sebagai nasabah.

Berdasarkan laporan keuangan tahun 2018, asuransi Allianz Life memiliki rasio solvabilitas 328 persen, di atas ketentuan pemerintah sebesar 120 persen. Hal tersebut menandakan bahwa perusahaan sanggup melunasi utang jangka panjangnya (termasuk klaim) sebesar nyaris tiga kali lipat. Apalagi didukung dengan kekuatan aset perusahaan yang mencapai Rp32 triliun. Dapat disimpulkan bahwa asuransi Allianz aman.

Berdasarkan laporan keuangan tahun 2018, asuransi Allianz Life memiliki rasio solvabilitas 328 persen, di atas ketentuan pemerintah sebesar 120 persen. Hal tersebut menandakan bahwa perusahaan sanggup melunasi utang jangka panjangnya (termasuk klaim) sebesar nyaris tiga kali lipat. Apalagi didukung dengan kekuatan aset perusahaan yang mencapai Rp32 triliun. Dapat disimpulkan bahwa asuransi Allianz aman.

Mengapa harus asuransi Allianz? Karena terdapat berbagai manfaat jika kita memilih brand ini. Pertama, Allianz memiliki varian produk yang sangat beragam seperti unit link, asuransi kesehatan, asuransi syariah, asuransi mikro, DPLK, dan lain-lain. Kedua, layanan nasabah Allianz sangat bagus, karena memiliki aplikasi digital eAZy untuk membantu nasabah mengurus asuransi. Ketiga, Allianz sudah dikenal secara global sebagai penyedia asuransi terbaik dengan aset miliaran euro. 

Cari tahu premi Asuransi Allianz dengan cara mengakses laman produk di situs resmi perusahaan, menghubungi agen, maupun broker asuransi terkait. Pada umumnya, premi asuransi dipengaruhi oleh berbagai faktor berikut.

  • Jenis asuransi yang diambil oleh pemegang polis.
  • Profil tertanggung: usia, pekerjaan, jenis kelamin, riwayat penyakit, dan lain-lain.
  • Jenis dan nilai aset atau harta benda yang diasuransikan.
  • Cakupan pertanggungan, mulai dari pertanggungan utama hingga rider (pertanggungan tambahan).

Premi asuransi Allianz bisa dibayar secara tahunan atau diangsur setiap semester (per enam bulan), kuartal (per tiga bulan), setiap bulan sekali, dan akan diakui penanggung pada saat premi diterima di rekening penanggung.

Adapun kanal pembayaran yang disediakan sebagai berikut.

  • Pembayaran premi online melalui Allianz eAZy Payment (khusus nasabah perorangan Asuransi Jiwa Allianz).
  • Pembayaran premi melalui Indomaret.
  • Pembayaran secara Setor Tunai.
  • Melalui ATM BCA dan ATM Mandiri.
  • Melalui fasilitas internet banking.
  • Pembayaran menggunakan Virtual Account.
  • Pembayaran dengan autodebet kartu kredit atau rekening bank.
  • Pembayaran melalui Kantor Pos Indonesia.
  • Pembayaran melalui Kantor Pegadaian.
  • Pembayaran menggunakan GOPAY.

Pada penerapannya, metode pembayaran pada tiap fasilitas yang disediakan sama saja. Yang terpenting adalah mengetahui nomor polis pribadi. 

Informasikan atau input nomor polis yang sesuai, kemudian lakukan pembayaran premi sesuai dengan jumlah yang harus dibayarkan. Jangan lupa simpan bukti pembayaran sebagai arsip. Setiap transaksi pembayaran yang berhasil akan dikirimkan melalui notifikasi SMS ataupun surel di hari yang sama. 

Metode penggantian biaya Allianz  terdiri dari dua, yaitu reimbursement dan cashless. Berikut penjelasannya.

 

  • Reimbursement adalah metode penggantian biaya di mana nasabah harus membayar terlebih dahulu biaya kerugian rumah sakit, kemudian pihak asuransi akan mengganti biaya yang sudah dibayarkan. Biasanya metode ini digunakan untuk klaim biaya perawatan medis. 
  • Cashless adalah metode penggantian biaya di mana nasabah bisa langsung datang ke rumah sakit dan menjalani perawatan tanpa membayar; hanya mengisi formulir dan menunjukkan kartu asuransi. Biaya rumah sakit langsung dibayar dari perusahaan asuransi ke rumah sakit. Disebut metode cashless karena nasabah tidak perlu mengeluarkan uang tunai sama sekali. Metode ini biasanya digunakan untuk klaim biaya perawatan medis di rumah sakit rekanan Allianz.
  • Uang santunan adalah metode pencairan sejumlah uang pertanggungan apabila terjadi klaim asuransi. Umumnya digunakan pada klaim kematian atau kecelakaan terhadap asuransi yang menjanjikan uang santunan. 

 

Berikut adalah alur klaim asuransi kesehatan dan asuransi jiwa Allianz sistem reimburse.

  1. Nasabah meminta formulir klaim dan formulir surat keterangan dokter ke Customer Service atau melalui situs resmi Allianz.
  2. Nasabah melengkapi atau mengisi formulir dan dokumen lainnya.
  3. Nasabah menyerahkan formulir dan dokumen pendukung.
  4. Allianz melakukan verifikasi dokumen yang sudah diserahkan.
  5. Jika data lengkap, Allianz akan melakukan analisis klaim. Jika klaim diterima, maka uang santunan akan dikirimkan ke rekening nasabah. Jika klaim ditolak, Allianz akan mengirimkan email pemberitahuan.
  6. Jika data belum lengkap, Allianz akan mengirimkan surat ke nasabah agar segera melengkapi dokumen.

Sementara itu, di bawah ini adalah alur klaim cashless asuransi kesehatan khusus untuk rawat inap, dan melahirkan.

  1. Nasabah membawa identitas diri dan kartu Allianz ke rumah sakit rekanan.
  2. Administrasi di rumah sakit akan menghubungi Allianz untuk meminta persetujuan rawat inap.
  3. Nasabah menandatangani formulir pelayanan medis dan menjalani perawatan medis.
  4. Biaya kesehatan dibayarkan oleh Allianz di awal, tapi jika terdapat kelebihan klaim, maka nasabah harus melunasinya.
  5. Nasabah pulang ke rumah.

Berikut adalah alur klaim cashless asuransi kesehatan khusus untuk rawat jalan dan perawatan gigi.

  1. Nasabah membawa identitas diri dan kartu Allianz ke rumah sakit rekanan.
  2. Administrasi di rumah sakit akan memverifikasi manfaat pada kartu Allianz nasabah.
  3. Nasabah menjalani perawatan medis.
  4. Biaya kesehatan dibayarkan oleh Allianz di awal, tapi jika terdapat kelebihan klaim, maka nasabah harus melunasinya.
  5. Nasabah pulang ke rumah.

Berikut ini dokumen klaim yang diperlukan untuk menerima pencairan asuransi Allianz.

Klaim meninggal dunia

  • Polis asli.
  • Formulir klaim yang diisi nasabah.
  • Formulir klaim yang diisi dokter.
  • Surat kuasa berisi rekam jejak medis tertanggung.
  • Surat keterangan meninggal yang sudah dilegalisir.
  • Jika meninggal karena kecelakaan, melampirkan Berita Acara dari Kepolisian.
  • Jika meninggal di rumah tanpa ada perawatan rumah sakit, buat surat kronologis kematian yang ditandatangani ahli waris.
  • Hasil pemeriksaan medis (salinan)
  • Formulir pemberitahuan nomor rekening serta fotokopi buku rekening.
  • Fotokopi identitas tertanggung dan ahli waris.
  • Fotokopi kartu keluarga. 
  • Dokumen lain yang dibutuhkan.

Klaim cacat tetap

  • Polis asli.
  • Formulir klaim yang diisi nasabah.
  • Formulir klaim yang diisi dokter.
  • Surat kuasa berisi rekam jejak medis tertanggung.
  • Fotokopi identitas tertanggung.
  • Formulir pemberitahuan nomor rekening serta fotokopi buku rekening.
  • Dokumen lain yang dibutuhkan.

 

Klaim penyakit kritis

  • Polis asli.
  • Formulir klaim yang diisi nasabah.
  • Formulir klaim yang diisi dokter.
  • Salinan pemeriksaan medis tertanggung
  • Surat kuasa berisi rekam jejak medis.
  • Fotokopi identitas tertanggung.
  • Formulir pemberitahuan nomor rekening serta fotokopi buku rekening.
  • Dokumen lain yang dibutuhkan.

Pengajuan klaim asuransi Allianz bisa dilakukan secara online lewat aplikasi Allianz eAZy Claim. Klaim akan diproses dalam waktu 7 hari kerja.

Untuk berhenti dari asuransi Allianz Utama, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan.

  • Menghubungi agen asuransi atau perusahaan langsung untuk menyatakan keinginan untuk berhenti asuransi. 
  • Datang langsung ke kantor Allianz Utama untuk mengajukan penutupan polis.
  • Menghubungi lewat call center Allianz Utama.

Persiapkan juga dokumen terkait seperti polis asuransi dan identitas diri. Umumnya pihak asuransi akan mengenakan biaya penutupan polis. 

Asuransi Allianz memiliki rekanan rumah sakit, klinik, laboratorium, hingga optik yang siap melayani nasabahnya di dalam maupun luar negeri. Berikut daftar rumah sakit dan perusahaan rekanan perusahaan asuransi Allianz di Jakarta.

Jakarta Barat

  • Rs Anggrek Mas (021)5305720 Jl. Anggrek, Rt.9/Rw., Kebon Jeruk, Jakarta Barat
  • Rs Bina Sehat Mandiri (021)5669411 Jl Duri Raya No 22 Duri Kepa, Jakarta Barat 
  • Rs Cendana (021)29863838 Jl.Raya Kedoya No.2, Rt.07, Rw.03, Kebon Jeruk, Jakarta Barat
  • Rs Ciputra Citra Garden City (021)22557888 Jl Boulevard Blok G1 No 1, Citra 5 Garden City, Jakarta Barat
  • Rs Grha Kedoya (021)29910999 Jl. Panjang Arteri No. 26, Kedoya Utara, Jakarta Barat
  • Rs Hermina Daan Mogot (021)5408989 Jl. Kintamani Raya No.2,, Daan Mogot, Jakarta Barat
  • Rs Jakarta Eye Center Kedoya (021)29221000 Jl Terusan Arjuna Utara I, Kedoya, Jakarta Barat 
  • Rs Jantung & Pembuluh Darah Harapan Kita(021)5684093 Jl. S. Parman Kav. 87, Slipi, Jakarta Barat 
  • Rs Mht Cengkareng (021)54396298 Jl Daan Mogot Km 17, Jakarta Barat
  • Rs Mitra Keluarga Kalideres (021)22523700 Jl Peta Selatan No 1, Rt 007/11 Kalideres, Jakarta Barat 
  • Rs Pelni (021)5306901 Jl. Aipda Ks Tubun 92-94, Jakarta Barat
  • Rs Pondok Indah Puri Indah (021)25695222 Jl. Puri Indah Raya, Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat
  • Rs Royal Taruma (021)56958338 Jl. Daan Mogot No. 34, Grogol, Jakarta Barat
  • Rs Siloam Hospitals Kebon Jeruk (021)25677888 Jl. Raya Perjuangan Kav 8, Jakarta Barat 
  • Rs Sumber Waras Grogol (021)5605800 Jl Kyai Tapa No 1, Grogol, Jakarta Barat 

Jakarta Pusat

  • Rs Abdi Waluyo (021)3144989 Jl. Hos. Cokroaminoto No.31-32, Menteng, Jakarta Pusat
  • Rs Hermina Kemayoran (021)22602525 Jl Selangit Blok B 10 Kav 4, Gunung Sahari, Kemayoran,Jakarta Pusat
  • Rs Husada (021)6490090 Jl. Raya Mangga Besar, Jakarta Pusat
  • Rs Islam Jakarta (021)4244208 Jl. Cempaka Putih Tengah I / I, Jakarta Pusat
  • Rs Jakarta Eye Center Menteng (021)31935600 Jl. Cik Ditiro No. 46, Menteng, Jakarta Pusat
  • Rs Khusus Bedah Ss Medika (021)3913336 Jl Salemba Satu No 11-13, Jakarta Pusat 
  • Rs Khusus Bedah Tht Proklamasi (021)3900002 Jl. Proklamasi No. 43, Jakarta Pusat 
  • Rs Mht Salemba (021)3904422 Jl. Salemba Tengah 24-28, Jakarta Pusat 
  • Rs Mitra Kemayoran (021)6545555 Jl. Hbr Motik, Kemayoran, Jakarta Pusat
  • Rs Pertamina Jaya (021)4204056 Jl. Achmad Yani No. 2, Jakarta Pusat
  • Rs Rumkital Dr.Mintohardjo (021)5703081 Jl. Bendungan Hilir No. 17, Jakarta Pusat
  • Rs Sahid Sahirman (021)57853911 Jl Jend Sudirman No 86, Jakarta Pusat
  • Rs St Carolus Salemba (021)3904441 Jl Salemba Raya No 41, Jakarta Pusat
  • Rsia Bunda Jakarta (021)31922005 Jl. Teuku Cik Ditiro No 28,, Menteng, Jakarta Pusat
  • Rsia Tambak (021)2303444 Jl. Tambak No. 18, Manggarai, Jakarta Pusat
  • Rspad Gatot Soebroto (021)3840484 Jl. Abdul Rahman Saleh No. 24, Jakarta Pusat
  • Rsu Budi Kemuliaan Jakarta (021)3842828 Jl Budi Kemuliaan No. 25, Gambir, Jakarta Pusat
  • Rsu Bunda Jakarta (021)31923344 Jl Teuku Cik Ditiro No 21, Menteng, Jakarta Pusat
  • Rsu Kramat 128 (021)3909514 Jl Kramat Raya 128 Rt 001/08, Kel. Kenari Kec. Senen, Jakarta Pusat.
  • 35 Rsud Tarakan (021)3503150 Jl K. Caringin No 7, Jakarta Pusat
  • 36 Rsu Ypk Mandiri (0213)909725 Jl. Gereja Theresia No. 22, Menteng, Jakarta Pusat

Jakarta Selatan

  • Klinik Utama Rawat Inap Medika Plaza – Beltway (021)80866099 Beltway Office Park, Jl Tb Simatupang Kav 41, Jakarta
  • Rs Agung (021)8294955 Jl Sultan Agung Manggarai, Jakarta Selatan
  • Rs Ali Sibroh Malisi (021)7270681 Jl.Warung Silah No.1 Rt.08/05, Kel.Cipedak, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan
  • Rs Andhika (021)7863408 Jl Warung Sila No 8 Rt.06/Rw.4, Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan
  • Rs Asri Duren Tiga (021)7992211 Jl. Duren Tiga Raya No. 20, Jakarta Selatan
  • Rs Aulia (021)7270208 Jl Jeruk Raya No 15, Jagakarsa, Jakarta Selatan
  • Rs Gandaria (021)7250718 Jl. Gandaria Tengah Ii No.6-14, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
  • Rs Jakarta (021)5732241 Jl Jend Sudirman Kav 49, Jakarta Selatan
  • Rs Khusus Mata Prof Dr Isak Salim Aini (2152)56228 Jl Rs Mata Aini Hr Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan
  • Rs Mayapada Lebak Bulus (021)29536660 Jl Lebak Bulus 1 Kav 29, Cilandak Barat, Jakarta Selatan
  • Rs Medika Permata Hijau (021)5347411 Jl Raya Kebayoran Lama 64, Jakarta Selatan
  • Rs Medistra (021)5210200 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav.59, Jakarta Selatan
  • Rs Mmc (021)5203435 Jl. Hr. Rasuna Said Kav. C21, Kuningan, Jakarta Selatan
  • Rs Mrccc Siloam Hospital Semanggi (021)29962888 Jl. Garnisun Kav. 2-3, Semanggi, Jakarta Selatan
  • Rs Pondok Indah (021)7657525 Jl. Metro Duta Kav. Ue, Pondok Indah, Jakarta Selatan
  • Rs Prikasih (021)7501192 Jl. Rs. Fatmawati No.74, Pondok Labu-cilandak, Jakarta Selatan
  • Rs Pusat Pertamina (021)7219000 Jl. Kyai Maja No. 43, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
  • Rs Setia Mitra (021)7656000 Jl. Fatmawati No 80-82, Cilandak, Jakarta Selatan
  • Rs Siloam Hospitals Tb Simatupang (021)29531900 Jl Kartini No 8 Cilandak, Jakarta Selatan 
  • Rs Tebet (021)8307540 Jl. M.T. Haryono No. 8, Jakarta Selatan
  • Rs Tria Dipa (021)7993058 Jl. Raya Pasar Minggu No.3a, Pancoran, Jakarta Selatan
  • Rs Yadika Kebayoran Lama (021)7291074 Jl Ciputat Raya No. 5, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan
  • Rs Zahirah (021)7872210 Jl. Sirsak No.21 Jagakarsa, Jakarta Selatan Ya
  • Rsia Asih Panglima Polim (021)2700610 Jl. Panglima Polim I No.34, Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
  • Rsia Brawijaya Antasari (021)7211337 Jl Taman Brawijaya No 1, Cipete Utara, Jakarta Selatan
  • Rsia Budhi Jaya (021)8312378 Jl Dr Saharjo No 120, Jakarta Selatan 
  • Rsia Kemang Medical Care (021)27545454 Jl. Ampera Raya No. 34, Jakarta Selatan
  • Rsu Kartini Ciledug (021)7245646 Jl Ciledug Raya No 94-96, Cipulir Kebayoran Lama, Jakarta Selatan
  • Rsu Muhammadiyah Taman Puring (021)7208358 Jl. Gandaria I No.20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
  • Rs Siaga Raya (021)7972750 Jl. Siaga Raya Kav 4-8, Pejaten Barat, Pasar Minggu, Jakarta Selatan
  • Rs Petukangan (021)7340906 Jl Ciledug Raya No 8a-b, Petukangan, Pesanggrahan, Jakarta Selatan

Jakarta Timur

  • Klinik Dan Rb Annisa Ciracas (021)87720807 Jl. Raya Ciracas No 17, Ciracas, Jakarta Timur 
  • Rb Mht Pondok Gede (021)80887175 Jl Raya Pd. Gede 23-25, Jakarta Timur
  • Rs Antam Medika (021)80614888 Jl Pemuda Raya No 1a, Pulo Gadung, Jakarta Timur
  • Rs Cijantung Kesdam Jaya (021)8400535 Jl. Mahoni No. 1, Cijantung Ii, Jakarta Timur
  • Rs Columbia Asia Pulomas (021)29459999 Jl Kayu Putih Raya No 1, Jakarta Timur
  • Rs Dharma Nugraha (021)4707433 Jl. Balai Pustaka Baru No 19, Rawamangun, Jakarta Timur
  • Rs Haji Jakarta (021)8000693 Jl. Raya Pondok Gede, Jakarta Timur
  • Rs Harapan Bunda Jakarta (021)8400257 Jl Raya Bogor Km 22 No 44, Jakarta Timur
  • Rs Harum (021)8617212 Jl. Tarum Barat Kalimalang, Jakarta Timur
  • Rs Hermina Jatinegara (021)8191223 Jl. Raya Jatinegara Barat, No. 126, Jakarta Timur
  • Rs Islam Jakarta Timur (021)8630654 Jl. Raya Pondok Kopi, Jakarta Timur
  • Rs Mediros (021)4750042 Jl.Perintis Kemerdekaan Kav 149, Jakarta Timur
  • Rs Omni Medical Center(Omc) (021)29779999 Jl. Pulomas Barat Vi, Jakarta Timur
  • Rs Premier Jatinegara (0211)500908 Jl. Raya Jatinegara Timur, No 85-87, Jakarta Timur
  • Rs Universitas Kristen Indonesia (Uki) (021)8092317 Jl Mayjen Sutoyo No 2, Cawang, Jakarta Timur
  • Rs Yadika Pondok Bambu (021)8615754 Jl Pahlawan Revolusi No 47, Pondok Bambu, Jakarta Timur
  • Rsia Bunda Aliyah (021)86602525 Jl. Pahlawan Revolusi No. 100, Pondok Bambu, Jakarta Timur
  • Rsia Resti Mulya (021)48701488 Jl Pahlawan Komarudin Raya No 5, Penggilingan, Jakarta Timur
  • Rsia Restu Kasih (021)8001177 Jl Raya Bogor Km 19, Kramat Jati, Jakarta Timur
  • Rsia Sammarie Basra (021)86613145 Jl. Basuki Rachmat No.31,, Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur
  • Rsu Evasari (021)4201515 Jl. Rawamangun No 47, Pramuka, Jakarta Timur
  • Rsu Kartika Pulomas (021)4703333 Jl. Pulo Mas Timur K No. 2, Jakarta Timur

Jakarta Utara

  • Rs Atmajaya (021)6606127 Jl Pluit Raya 2, Jakarta Utara
  • Rs Duta Indah (2166)676188 Jl Teluk Gong Raya No 12, Jakarta Utara Ya
  • Rs Gading Pluit (021)4521001 Jl. Boulevard Timur Raya, Kelapa Gading, Jakarta Utara
  • Rs Hermina Podomoro (021)6404910 Jl. Danau Agung 2, Blok E 3 No. 28-30, Sunter, Jakarta Utara
  • Rs Islam Jakarta Utara (Sukapura) (021)4400778 Jl. Tipar Cakung No.5 Sukapura, Jakarta Utara
  • Rs Mitra Keluarga Kelapa Gading (021)45852700 Jl. Bukit Gading Raya Kav.2,, Kelapa Gading Permai, Jakarta Utara
  • Rs Mulyasari (021)43931111 Jl Raya Plumpang Semper, No 19, Jakarta Utara Ya
  • Rs Pantai Indah Kapuk (021)5880911 Jl. Pantai Indah Utara Iii, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara
  • Rs Pluit (021)6685070 Jl Raya Pluit, Jakarta Utara
  • Rs Royal Progress (021)6400261 Jl.Danau Sunter Utara, Perumahan Sunter Paradise I,
  • Jakarta Utara
  • Rs Satya Negara (021)64715200 Jl. Agung Utara Raya, Blok A No. 1, Jakarta Utara
  • Rs Sukmul Sisma Medika (021)4301269 Jl Tawes No 18-20, Tanjung Priok, Jakarta Utara

Tidak hanya di Jakarta, jaringan rumah sakit rekanan asuransi kesehatan Allianz meliputi kota-kota lainnya di Indonesia. Untuk mendapatkan Informasi selengkapnya, silakan kunjungi langsung https://www.allianz.co.id/layanan/customer-service/daftar-rumah-sakit.

Ada beberapa layanan yang diberikan kepada nasabah Asuransi Kesehatan Allianz, di antaranya adalah:

  • Allianz eAZy Payment. eAZy Payment adalah salah satu fitur layanan pembayaran premi secara online dengan memasukkan nomor polis, tanggal lahir dan akun email nasabah. Metode pembayaran tetap menggunakan kartu kredit atau kartu debit.
  • Allianz Hospital Assistant adalah layanan bagi nasabah yang menjalani rawat inap di rumah sakit rekanan Asuransi Allianz Life Indonesia. Setiap nasabah akan mendapatkan pendampingan sebelum, saat, dan sesudah menjalani rawat inap. Nasabah juga akan mendapatkan bantuan dalam keadaaan darurat dengan menelepon Allianz Care 1500136.
  • Layanan Allianz eAZy Med adalah layanan pemesanan dan pengantaran obat resep dokter bagi nasabah Asuransi Allianz Indonesia hanya melalui aplikasi HaloDoc dengan fitur ApotikAntar. Layanan ini memudahkan nasabah untuk mendapatkan obat dengan resep resmi tanpa harus repot antre di Apotik rekanan HaloDoc di seluruh Indonesia.
  • Allianz Gift adalah hadiah atau kejutan yang diberikan Allianz kepada nasabahnya.  
  • Customer Care: Nomor telepon (021)2926-8888; Nomor fax (021)2926-9090; Email [email protected]

Layanan call center Allianz dapat dicapai dengan berbagai media. Adapun informasi lebih jelas mengenai produk, klaim Allianz, dan sebagainya, silakan menghubungi layanan Allianz Care sebagai berikut.

  • AllianzCare: 1500 136
  • AllianzCare Sharia: 1500139
  • Fax: 021 2926 8080
  • Email: [email protected]

Allianz Indonesia memiliki kantor pusat yang berlokasi di Jakarta. Selain itu, Allianz juga memiliki 23 kantor yang tersebar di seluruh Indonesia.

Kantor Pusat PT Asuransi Allianz Life Indonesia

Allianz Tower

Jl. HR. Rasuna Said, Kawasan Kuningan Persada Super Blok 2, Jakarta 12980

Telepon: +6221-2926 8888

Faksimile: +6221-2926 8080

Email : [email protected]

Jam Kerja: Senin-Jumat (08.00-17.00 WIB)

Kantor Cabang Allianz Indonesia

Allianz Center Jakarta

Allianz Tower

Jl. HR. Rasuna Said, Kawasan Kuningan Persada Super Blok 2, Jakarta 12980

Telepon: +6221-2926 8888

AllianzCare: 1500 136

AllianzCare Sharia: 1500 139

Faksimile: +6221-2926 9090

Allianz Center Bandung

Wisma CIMB Niaga, 7th floor

Jl. Gatot Subroto No. 2, Bandung 40262

AllianzCare: 1500 136

AllianzCare Sharia: 1500 139

Allianz Center Denpasar

Bali JEFF Building Lantai 1

Jl. Raya Puputan No. 488, Renon – Denpasar 80235

AllianzCare: 1500 136

AllianzCare Sharia: 1500 139

Faksimile: +62361-226 110

Allianz Center Surabaya 

Gedung Graha Pacific, Lantai 1-2

Jl. Basuki Rahmat No. 87-91, Surabaya 60271

AllianzCare: 1500 136

AllianzCare Sharia: 1500 139

Faksimile: +6231-532 9237

Jam Kerja: Senin-Jumat (08.00-17.00)

Allianz Center Medan

Forum Nine Lt. 6 (Plaza CIMB Niaga)

Jl. Imam Bonjol No. 9, Medan – Sumatera Utara 20112

Terdapat perbedaan antara agen dan broker asuransi. Agen asuransi Allianz biasanya adalah orang pribadi yang bekerja untuk perusahaan asuransi, dalam hal ini Allianz. Sementara itu, broker adalah pihak independen yang menjadi perantara antara Allianz dengan calon nasabah.

Sebagai bagian dari upaya memudahkan masyarakat mendapatkan akses kepada informasi terkait berbagai produk asuransi yang dimiliki agen asuransi Allianz, Allianz Star Network (ASN) hadir sebagai kanal distribusi keagenan PT Asuransi Allianz Life Indonesia secara resmi.

Setiap individu yang tergabung ke dalam ASN akan diperkenalkan kepada sistem bisnis Allianz sekaligus mendapatkan pelatihan demi bisa mengembangkan jaringan usaha pribadinya secara berkelanjutan. Dengan demikian, setiap agen diharapkan bisa meraih imbal hasil usaha yang dapat diandalkan juga.

Tidak hanya berorientasi kepada pengembangan bisnis, Allianz Life pun menitikberatkan kepada peningkatan kualitas para agen resminya terkait teknik pemasaran dan perluasan jaringan. Lebih dari itu, tiap agen dibekali dengan pengenalan prinsip dasar yang mengedepankan efektivitas dan kejujuran kepada calon nasabah dan nasabahnya.

Melalui ASN, khususnya calon nasabah senantiasa dapat terhubung dengan Allianz dengan mudah. Kemudahan ini mencakup akses kepada penjelasan produk asuransi, membeli produk asuransi, dan bantuan pengajuan klaim jika dibutuhkan.

Tidak hanya melalui agen, Lifepal sebagai broker asuransi tepercaya yang mendampingi calon nasabah dalam mendapatkan ulasan dan referensi produk-produk asuransi terbaik yang terjangkau dan sesuai kebutuhan, turut menjadi rekanan dalam memasarkan produk Asuransi Allianz.

Lifepal telah bekerja sama dengan Allianz dalam memasarkan produk perlindungan jiwa mikro dari Asuransi Allianz, yaitu AllianzAsmik Sekoci. 

Manfaat yang bisa didapatkan oleh nasabah melalui produk ini berupa pemberian santunan tunai jika nasabah mengalami kecelakaan yang berakibat cacat sehingga tidak bisa beraktivitas secara produktif seperti sedia kala. Selain itu, keluarga atau ahli waris nasabah juga bisa mendapatkan manfaat serupa jika nasabah meninggal dunia akibat sakit atau kecelakaan.

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • https://www.allianz.co.id/
  • https://keuangan.kontan.co.id/news/tawarkan-perlindungan-diri-dan-aset-allianz-life-indonesia-rilis-unitlink-terbaru
  • https://tirto.id/direktur-allianz-life-ini-peran-kami-saat-pandemi-corona-fCUt
Penulis Dzulfikar Financial Content Writer yang mengemas informasi, tips, dan kiat keuangan dengan bahasa yang lebih mudah dicerna. Lihat profile penulis