Asuransi Bumiputera Bandung

DISKON HINGGA 20% Temukan pilihan polis sesuai kebutuhan dan anggaranmu!

+62
+62
+62
+62
 

Asuransi Bumiputera Bandung

Asuransi Bumiputera Bandung adalah adalah perusahaan asuransi jiwa yang memberikan layanannya di Kota Bandung. Asuransi Bumiputera adalah perusahaan asuransi jiwa yang memiliki sistem kepemilikan sekaligus penguasaan perusahaan. Secara sederhana dapat diartikan bahwa para pemegang polis Asuransi Bumiputera merupakan pemilik perusahaan yang diwakili oleh Badan Perwakilan Anggota sebagai pengawas jalannya perusahaan.

Namun, Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera kini tengah dilanda prahara. Kinerja AJB Bumiputera 1912 mencatatkan kinerja keuangan negatif sejak tahun 2018 hingga mencapai angka Rp20 triliun. Itulah mengapa saat ini pemerintah, OJK, DPR, dan manajemen Bumiputera tengah berusaha menyelamatkan laju perusahaan ke depan.

Asuransi Bumiputera seperti halnya Asuransi Jiwasraya tidak bisa membayar kewajibannya kepada nasabah yang polisnya sudah masuk jatuh tempo. 

Asuransi Bumiputera sebenarnya bukan perusahaan asuransi baru di Indonesia. Perusahaan asuransi in bahkan dianggap sebagai pelopor perusahaan asuransi jiwa di Indonesia. Beberapa produk yang ditawarkan oleh Asuransi Bumiputera mencakup asuransi jiwa perorangan, kumpulan, serta dana pensiun. Namun pada perkembangan terbaru, perusahaan asuransi yang telah berusia 107 tahun ini sedang dihadapkan kepada kasus kegagalan pelunasan kewajiban kepada para pemegang polisnya.

Agen dan Broker Asuransi Bumiputera 

Sebagai salah satu langkah menunjang pemasukan perusahaan, Asuransi Bumiputera memanfaatkan tenaga pemasaran melalui agen perorangan dan instansi. 

Dikutip dari Kontan, manajemen pemasaran Asuransi Bumiputera kini tengah menggiatkan perekrutan agen. Pada saat ini sudah terdaftar sejumlah 9.000 agen perorangan resmi dan rencananya akan melakukan penambahan 6.000 agen baru. Dengan begitu akan didapatkan total 15 ribu agen untuk meningkatkan pendapatan dari premi asuransi.

Untuk melakukan pendaftaran bisa dilakukan dengan mengunjungi situs resmi Asuransi Bumiputera di http://ajb.bumiputera.com/ atau mendatangi kantor Asuransi Bumiputera secara langsung.

Selain melalui agen, proteksi asuransi dari Asuransi Bumiputera bisa didapatkan melalui peran broker asuransi.

Berbeda dengan agen asuransi selaku orang pribadi atau instansi yang bekerja secara langsung untuk suatu perusahaan asuransi, broker asuransi adalah perusahaan yang menjadi pihak perantara antara calon nasabah asuransi dengan perusahaan asuransi. 

Keuntungan mendapatkan bantuan melalui broker asuransi, calon nasabah asuransi bisa mendapatkan informasi pembanding antarproduk asuransi terbaik bagi dirinya sendiri maupun kelompok.

Broker asuransi memosisikan diri sebagai orang yang mewakili kepentingan pihak calon nasabah asuransi. Broker asuransi juga senantiasa membantu nasabah asuransi dalam proses pengajuan klaim.

Lifepal merupakan broker asuransi terbaik di Indonesia. Calon nasabah dapat membandingkan produk asuransi terbaik dan murah melalui situs web Lifepal.co.id. Lifepal adalah marketplace asuransi nomor satu di Indonesia yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Alamat Kantor Asuransi Bumiputera Bandung

  • Kantor pusat Jakarta: WISMA BUMIPUTERA, Lantai 18 – 21, Jl. Jend. Sudirman Kav 75, Jakarta – (021) 2512154
  • Kantor Cabang Bandung: Kantor Operasional Soreang, Jl. Raya Soreang No.1 Soreang, Jawa Barat 40911 – (022) 5891659-5891656

Asuransi Bumiputera memiliki rekanan rumah sakit, klinik, laboratorium, jika dibutuhkan oleh nasabah sesuai dengan risiko dan pertanggungan yang dijamin dalam polis asuransi. Berikut daftar rumah sakit rekanan perusahaan Asuransi Bumiputera yang memberikan pertanggungan atas biaya perawatan kesehatan sesuai dengan ketentuan dalam polis asuransi.

  • RS Muhammadiyah Bandung, Jl.Kh.Ahmad Dahlan No. 53 Bandung 40264, 022-7301062
  • RSUD Al Ihsan, Jl.Kiastramanggala Baleendah, Bandung 40381, 022-5940872
 

Asuransi Bumiputera memiliki beberapa jenis produk asuransi berbasis konvensional. Beberapa produk asuransi yang ditawarkan antara lain:

  • Asuransi Jiwa Perorangan
  • Asuransi Jiwa Kumpulan
  • Dana Pensiun
 

Meskipun Asuransi Bumiputera tengah bermasalah, tetapi ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan warga Bandung terkait dengan asuransi jiwa yang akan memberikan jaminan perlindungan dan pengalihan risiko. Berikut ini adalah beberapa fakta tentang kota Bandung.

Jumlah rumah sakit di kota Bandung menurut catatan BPS adalah 18 Rumah Sakit Umum (RSU) dan 16 Rumah Sakit Khusus (RSK). Ditambah lagi dengan 7 Puskesmas Rawat Inap. Artinya jika dijumlahkan, maka ada terdapat 41 layanan fasilitas kesehatan di kota Bandung.

Jumlah tersebut belum termasuk dengan adanya fasilitas kesehatan lain, seperti puskesmas nonrawat inap, puskesmas keliling, klinik, praktik pengobatan tradisional, apotek, dan toko obat.

Dilansir dari Kompas, jumlah ideal daya tampung rumah sakit adalah satu tempat tidur untuk per 1.000 penduduk. Dengan 41 layanan fasilitas kesehatan rawat inap berupa RSU, RSK, dan puskesmas rawat inap, masih dirasa kurang untuk melayani sekitar 2,4 juta jiwa penduduk kota Bandung.

Selain rasio jumlah rumah sakit dengan jumlah penduduk kota Bandung yang kurang ideal, warga juga dihadapkan dengan risiko serangan penyakit. Tercatat lima penyakit terbesar di kota Bandung yang dilaporkan Dinas Kesehatan Kota Bandung pada tahun 2017 dalam laporan BPS Bandung 2018.

Penyakit tersebut antara lain penyakit infeksi saluran pernafasan atas akut tidak spesifik yang menempati urutan pertama, selanjutnya diikuti oleh nasofaringitis akut (common cold), hipertensi primer, myalgia, serta penyakit pulpa dan jaringan periapikal dengan jumlah kasus rata-rata di atas 43 ribu.

Risiko kesehatan tersebut akan lebih mudah ditanggulangi jika warga memiliki layanan proteksi dari asuransi kesehatan terbaik. Dengan adanya jaminan dari asuransi kesehatan, nasabah bisa mendapatkan kualitas penanganan medis yang lebih berkualitas sesuai dikarenakan adanya jaminan finansial berdasarkan polis dan produk asuransi kesehatan yang dimiliki.

Inflasi kota Bandung pada tahun 2017 adalah 3,46 persen, yaitu lebih rendah dibandingkan dengan inflasi nasional sebesar 3,61 persen. Tidak mengherankan jika beberapa barang dan kebutuhan pokok di kota Bandung memiliki harga yang lebih rendah dibandingkan dengan di Jakarta atau kota-kota besar lainnya.

Secara sederhana, rendahnya tingkat inflasi di kota Bandung akan membuka peluang yang lebih besar bagi warganya untuk  bisa lebih alokasi dana pensiun dengan kelebihan pendapatan yang ada. Setidaknya dana pensiun bisa disiapkan paling tidak lima persen dari pendapatan bulanan setiap tahun dalam jangka waktu tertentu. 

Jumlah Wisatawan di Kota Bandung

Kota Bandung memiliki breagam tempat wisata yang menarik serta fasilitas hotel mulai dari kelas melati hingga bintang lima. Tingginya kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara turut mendukung pergerakan perekonomian kota Bandung.

Tercatat sejumlah 5-6 juta wisatawan domestik dan mancanegara yang mengunjungi kota Bandung. Apalagi kini kota Bandung dikenal sebagai salah satu daerah tujuan wisata belanja unggulan bagi wisatawan asal Negeri Jiran, Malaysia.

Fakta-fakta tersebut menunjukan bahwa warga Bandung memiliki kemampuan secara finansial yang lebih terjamin, apalagi jika melihat rendahnya inflasi serta potensi wisata yang cukup tinggi. 

Maka dari itu, tingkat perekonomian warga Bandung pada umumnya dapat menyanggupi pengalokasian dana untuk menjamin diri atas risiko kesehatan yang ada.

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • http://ajb.bumiputera.com/
  • https://money.kompas.com/read/2019/06/28/054800026/keuangan-ajb-bumiputera-negatif-rp-20-triliun-ini-kata-ojk
  • https://money.kompas.com/read/2019/11/19/060900926/penyelamatan-asuransi-bumiputera-status-mutual-dihapuskan?page=all
  • https://www.cnbcindonesia.com/news/20190910182018-4-98446/bank-dunia-sebut-bumiputera-jiwasraya-bahaya-apa-kata-ojk
  • https://bandungkota.bps.go.id/
  • https://lifestyle.kompas.com/read/2014/09/18/144719023/Daya.Tampung.RS.Tidak.Merata?page=all
  • https://keuangan.kontan.co.id/news/kerek-premi-ajb-bumiputera-akan-rekrut-6000-agen-asuransi

Apa Kata Mereka Tentang Kami

qudratullah Akim
qudratullah Akim
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Pusaka Ayudiguna
Pusaka Ayudiguna
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Tri Aprilistiyani
Tri Aprilistiyani
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
didik setyadi
didik setyadi
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0

Mereka yang Sudah Percaya pada Lifepal

Client Lifepal
Client Lifepal