• BPJS_TK_44_1_D
Cicilan 0%
Hemat 25%

Asuransi Pelengkap BPJS Ketenagakerjaan

  • Diskon Terbaik
  • 500+ Pilihan
  • Bantuan Klaim
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.

Pilihan Terbaik Asuransi Pelengkap BPJS Ketenagakerjaan

Berikut ini pilihan asuransi jiwa terbaik untuk melengkapi jaminan dari BPJS Ketenagakerjaan:

Asuransi Pelengkap BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan adalah badan hukum publik yang menyelenggarakan program jaminan sosial kepada seluruh tenaga kerja Warga Negara Indonesia (WNI). BPJS Ketenagakerjaan memberikan rasa aman bagi seluruh pekerja dari berbagai bahaya yang mengancam jiwa selama melakukan aktivitas pekerjaan. 

Terlebih lagi, BPJS Ketenagakerjaan ini memiliki premi yang terbilang murah, dan sebagian ditanggung oleh pihak perusahaan tempat peserta bekerja. Meski murah, manfaat yang diberikan sangatlah lengkap, termasuk santunan kecelakaan kerja dan meninggal dunia. 

Namun, untuk mendapatkan proteksi yang lebih luas lagi, tidak ada salahnya bagi Anda untuk membeli produk asuransi jiwa dari perusahaan swasta. Salah satu contoh keunggulan asuransi jiwa adalah memberikan Uang Pertanggungan (UP) yang lebih besar dengan premi fleksibel. Berbeda dengan BPJS Ketenagakerjaan yang sudah dipatok sekian persen dari penghasilan.

Keunggulan Asuransi Jiwa Pelengkap BPJS Ketenagakerjaan

  • Jaminan penyebab kematian yang ditanggung beragam, mulai dari meninggal alami, sakit, atau kecelakaan. Bahkan, beberapa asuransi jiwa menanggung cacat tetap total
  • Beberapa produk seperti asuransi jiwa seumur hidup atau pengembalian premi memberikan santunan hari tua
  • Uang Pertanggungan (UP) jauh lebih besar ketimbang BPJS Ketenagakerjaan. Beberapa produk asuransi jiwa ada yang dibanderol dengan premi ratusan ribu tetapi UP hingga ratusan juta, bahkan miliaran rupiah

Apa Saja Program BPJS Ketenagakerjaan?

Masing-masing program BPJS Ketenagakerjaan memiliki manfaat yang berbeda. Contohnya seperti Jaminan Pensiun (JP) yang dikhususkan untuk memastikan pekerja bisa hidup layak di hari tua melalui santunan yang diberikan secara berkala setiap bulannya.

Sedangkan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) bisa memberikan manfaat santunan bagi pekerja yang mengalami kecelakaan saat menjalani aktivitas pekerjaannya. Untuk lebih jelasnya, simak manfaat program-program BPJSTK berikut ini:

Program JKK menjamin perlindungan terhadap risiko kecelakaan yang terjadi pada saat kerja ataupun terkait dengan pekerjaan.

Program Jaminan Kematian (JKM) memberikan manfaat berupa uang tunai yang diberikan kepada ahli waris ketika peserta mengalami kematian bukan diakibatkan oleh kecelakaan kerja.

Program Jaminan Hari Tua (JHT) memberikan manfaat uang tunai dari nilai akumulasi iuran yang ditambahkan dari hasil pengembangan.

Program Jaminan Pensiun (JP) memberikan manfaat bagi peserta di hari tua agar tetap mendapatkan kehidupan yang layak. Jika peserta meninggal dunia, maka manfaat akan diberikan kepada ahli waris.

Manfaat yang Ditawarkan BPJS Ketenagakerjaan

ProgramManfaat Diberikan
Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK)Santunan meninggal dunia akibat kecelakaan kerja + pertanggungan biaya perawatan penyakit akibat pekerjaan
Jaminan Kematian (JKM)Santunan meninggal dunia karena sebab selain kecelakaan kerja
Jaminan Hari Tua (JHT)Dana pensiun yang bisa dicairkan sekaligus
Jaminan Pensiun (JP)Dana pensiun bulanan + santunan meninggal dunia dan cacat tetap

Siapa Saja Peserta BPJS Ketenagakerjaan?

Dari berbagai program BPJSTK, tidak semua peserta bisa mendapatkannya karena harus mengikuti ketentuan yang sudah ditetapkan. Hal tersebut disesuaikan dengan jenis kepesertaannya. Berikut penjelasannya:

Iuran BPJS Ketenagakerjaan 

Sama seperti dengan asuransi lainnya, peserta dalam hal ini para pekerja juga akan dibebankan premi atau iuran untuk bisa menikmati manfaatnya. Masing-masing program memiliki besaran iuran yang berbeda-beda, berikut ini rinciannya seperti dikutip dari situs resmi BPJS Ketenagakerjaan: 

Program JaminanBesaran Iuran
Pekerja Penerima UpahPekerja Bukan Penerima Upah Pekerja Imigran IndonesiaJasa Konstruksi 
Jaminan Kecelakaan Kerja  0,24-1,74% dari upah1% dari upahRp370 ribu0,21% berdasarkan nilai proyek
Jaminan KematianRp6.800Rp370 ribu0,21% berdasarkan nilai proyek
Jaminan Hari Tua2% dari upah2% dari upahRp105-600 ribu
Jaminan Pensiun1% dari upah

Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan

Mencairkan saldo Jaminan Hari Tua (JHT) BPJSTK bisa dilakukan secara offline dan online, berikut ini tata caranya:

Layanan dan Call Center BPJS Ketenagakerjaan

Peserta bisa mencari tahu informasi lengkap seputar BPJS Ketenagakerjaan, mulai dari premi dan pengajuan klaimnya melalui berbagai media, seperti telepon, WhatsApp, fax hingga email. Atau, peserta juga bisa mendatangi langsung kantor pusat atau kantor cabang terdekat. Berikut informasi selengkapnya:

  • Alamat BPJS Ketenagakerjaan Pusat: Jl. Jendral Gatot Subroto No. 79 Jakarta Selatan Indonesia 12930
  • Telepon BPJS Ketenagakerjaan Pusat: (021)520-7797 
  • Fax: (021)520-2310
  • Email: [email protected]
  • Tanya BPJSTK: 175
  • WhatApp (WA): +62 811-9115910 dan +62 855-1500910 (khusus pekerja imigran Indonesia di luar negeri)

Berita Terkait BPJS Ketenagakerjaan

Tentang BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan adalah badan hukum publik yang didirikan dengan tujuan memberikan perlindungan jaminan sosial kepada tenaga kerja Indonesia. Program BPJS Ketenagakerjaan ini dikembangkan dengan menggunakan dana dari peserta utamanya, baik itu para pekerja formal maupun informal.

BPJS Ketenagakerjaan memiliki empat program utama, yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), dan Jaminan Pensiun (JP). Keempatnya memiliki segudang manfaat yang dibutuhkan para pekerja demi meningkatkan kesejahteraan.

Ringkasan

  • Program pensiun yang diwajibkan pemerintah
  • Memberikan jaminan kecelakaan, kematian, hari tua, dan dana pensiun
  • Iurannya terjangkau, karena sebagian dibebankan ke perusahaan
  • Dana Jaminan Hari Tua bisa ditarik sebesar 10 persen, 30 persen, dan 100 persen

BPJS Ketenagakerjaan adalah badan penyelenggara program jaminan sosial. Keberadaan lembaga ini sebagai bentuk tanggung jawab dan kewajiban negara dalam memberikan perlindungan sosial kepada masyarakat khususnya para pekerja.

Jaminan sosial ini dijalankan berdasarkan prinsip gotong royong, yang artinya dana sepenuhnya didapat dari peserta, dan digunakan sepenuhnya untuk kesejahteraan peserta.

Berita Terbaru

Pertanyaan Seputar BPJS Ketenagakerjaan

Berikut beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh calon peserta ataupun peserta BPJS Ketenagakerjaan, baik informasi tentang profil perusahaan, cara pencairan saldo dan lain sebagainya.

Chat Bantuan